Ini Cara Kerja Sistem ERP yang Bisa Mudahkan Bisnis Perusahaan

Saat ini perkembangan teknologi berkembang dengan pesat. Para pemilik bisnis harus dapat memanfaatkan teknologi untuk mempermudah proses bisnis. Semakin besar bisnis, tentu proses bisnis yang ada akan semakin kompleks. Perencanaan serta pengelolaan antara divisi harus dipertimbangkan dengan baik. Salah satu hal yang dapat memudahkan proses bisnis yaitu dengan menggunakan sistem ERP. Sistem ERP adalah sistem yang dapat memberikan kemudahan dalam proses bisnis.

Pengertian Sistem ERP

ERP merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning. Sistem ERP adalah ERP terpadu yang digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan seluruh sumber daya perusahaan. Penggunaan sistem ERP akan memudahkan perencanaan hingga pengelolaan sumber daya perusahaan.

Dengan sistem ERP memungkinkan setiap departemen di perusahaan dapat terhubung pada satu sistem yang sama. Hal ini akan memudahkan perencanaan dan pengelolaan antara departemen. Sistem ERP memiliki banyak modul yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa modul diantaranya yaitu modul gudang, keuangan, manajemen pesanan, manajemen pelanggan, manajemen sumber daya manusia, dan lain-lain. Ketersediaan modul ERP bergantung terhadap software ERP yang digunakan.

Baca Juga: Jenis dan 5 Contoh Sistem Informasi, ERP Salah Satunya!

Fungsi Sistem ERP

Ada banyak fungsi sistem erp yang dapat digunakan perusahaan. Dengan implementasi yang tepat, maka proses bisnis dapat berjalan lebih efisien. Berikut fungsi sistem ERP :

Integrasi antar departemen

Penerapan sistem ERP adalah bisa mengintegrasikan berbagai proses bisnis yang ada di perusahaan. Sehingga proses bisnis dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Meningkatkan Akurasi Proses Bisnis

Dengan sistem perusahaan yang terpusat, memungkinkan informasi antar departemen dapat disajikan secara realtime. Dengan cepatnya pertukaran informasi ini, memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan akurasi proses bisnis.

Memudahkan dalam melakukan monitoring

Monitoring antar departemen akan mudah dilakukan dengan sistem ERP. Sistem ERP adalah sistem terpusat. Sehingga, ketika perusahaan akan melakukan monitoring. Maka perusahaan hanya perlu menggunakan satu sistem saja.

Penggunaan sistem ERP pun bersifat modular. Sehingga, dalam penerapan sistem ERP akan sangat fleksibel. Perusahaan tinggal memilih modul yang dibutuhkan saja. Sistem ERP bisa digunakan untuk berbagai jenis perusahaan, mulai dari perusahaan jasa, manufaktur, hingga dagang.

Cara Kerja Sistem ERP

Dengan menggunakan ERP system sebenarnya ada hal yang menguntungkan bagi perusahaan. Segala sesuatunya telah terintegrasi dengan berbagai layanan yang ada. Mulai dari segi pengelolaan SDM hingga perencanaan keuangan. Data yang disajikan pun real time sehingga bisa mengetahui perkembangan dari detik ke detik. 

Sebagai contoh ketika perusahaan menerima pesanan dari konsumen maka ERP system akan mengarahkan ke layanan yang paling cepat dalam merespons kebutuhan konsumen. ERP system juga mempercepat distribusi pelayanan sehingga mampu menyederhanakan proses dan menghemat waktu. 

Bahkan, dalam sistem ERP terdapat cloud yang mampu menghadirkan fitur khusus demi mempercepat pelayanan. Hal ini tentu saja baik bagi perusahaan karena memperkuat brand image. 

Ketika perusahaan telah mengenali pengertian sistem ERP, fungsi, jenis, hingga cara kerja maka perusahaan siap untuk berkembang ke arah yang lebih baik. Agar bisnis makin diminati konsumen, terapkan ERP software yang mampu melayani kebutuhan konsumen. 

Kesimpulan

Sistem ERP bisa menjadi solusi bagi manajemen data yang kuat dan bisa menyederhanakan bisnis Anda dengan sistem otomatis yang prosesnya berbasis data, menganalisa data keseluruhan dan dapat menyediakan data yang lebih akurat secara terintegrasi.

Secara umum, sistem ERP mengintegrasikan beberapa fungsi bisnis seperti akuntansi, inventarismanufaktur, SDM, purchasing, SCM, penjualan dan CRM.

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software ERP seperti MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP menawakan modul-modul ERP yang sesuai dengan industri perusahaan Anda baik yang sudah tersedia ataupun Anda bisa mengcustom modul yang dibutuhkan.

New call-to-action