ERP Cloud vs Konvensional. Mana yang Lebih Efisien?

Saat ini, banyak perusahaan yang menggunakan software untuk mengoptimalkan proses bisnis. Salah satu yang paling populer adalah ERP. Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan software untuk membantu pengelolaan bisnis, mulai dari sales, produksi, keuangan, SDM, dan lain-lain. Software ERP memiliki tipe yang beragam yaitu ERP Cloud dan ERP Konvensional, salah satunya sistem ERP konvensional on-premise yang sudah banyak digunakan oleh berbagai industri bisnis. Baru-baru ini, sistem ERP berbasis cloud juga mulai naik daun. 

ERP konvensional

ERP konvensional memungkinkan beberapa kustomisasi, sementara ERP berbasis cloud hanya menawarkan kustomisasi yang terbatas. Menerapkan ERP konvensional melibatkan banyak investasi dalam hal hardware, software, sumber daya IT seperti administrator sistem, network engineer, operator input data, administrator database, dan lain-lain.

Hal ini juga mencakup biaya maintenance dan upgrade berkala. Akan tetapi, ERP berbasis cloud memerlukan implementasi sederhana dari client-software yang mudah diakses melalui browser internet dengan persyaratan sistem yang minimal.

ERP Cloud

ERP berbasis cloud merupakan pilihan yang baik bila perusahaan tidak memiliki anggaran besar untuk diinvestasikan dalam implementasi awal. Salah satunya investasi yang dibutuhkan dalam kasus cloud based ERP adalah workstation untuk entri data dan koneksi internet berkecepatan tinggi yang aman.

Workstation on-site akan terhubung ke server berbasis web melalui koneksi internet untuk mengambil data hasil olahan dari server dan mengirim data ke server untuk diproses dan disimpan.

Setiap pengembangan software atau hardware, dilakukan di server-end tanpa mempengaruhi pengguna akhir atau klien.

Software MASERP juga menawarkan solusi ERP berbasis cloud yang terlengkap dan terintegrasi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas berbagai operasional bisnis, seperti pengelolaan HR, akuntansi, perpajakan, benefits, komunikasi, dan customer relations.

Baca Juga: MASERP: Software Asset Management Beserta Fitur Powerfulnya

Keuntungan ERP Cloud

Mengurangi Ketergantungan

Ada banyak benefit menggunakan software ERP berbasis cloud yang bisa didapatkan perusahaan. Yang pertama adalah mengurangi ketergantungan kepada sumber staff IT. Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa perusahaan banyak yang menerapkan sistem konvensional.

Dengan sistem tersebut perusahaan pastinya harus melakukan pemeliharaan dan maintenance software. Tidak heran jika perusahaan terus mengeluarkan biaya yang besar demi bisa memenuhi ketergantungan staff IT.

Nah, jika Anda menggunakan cloud ERP software tentu saja Anda tidak perlu khawatir karena perusahaan sudah menggunakan cloud dan tidak ketergantungan terhadap staff IT. Kalau pun butuh, staff yang dibutuhkan lebih sedikit sehingga perusahaan bisa menekan biaya yang dikeluarkan. 

Biaya yang Lebih Murah

Keuntungan menggunakan software ERP selanjutnya adalah biaya yang lebih murah. Cloud ERP software lebih murah dibandingkan software konvensional. Anda tidak perlu menggunakan hardware untuk mengoperasikan server.  

ERP konvensional membutuhkan biaya tambahan untuk maintenance, troubleshooting, software pelengkap. Anda juga harus mengeluarkan biaya untuk update dan kustomisasi. Berbeda dengan, sistem cloud ERP akan dikelola oleh vendor.

Di bagian tenaga kerja, sistem ERP konvensional membutuhkan waktu cukup lama untuk upgrade software karena perlu menyesuaikan dengan sistem ERP terbaru dan sistem sebelumnya yang berbasis cloud untuk melakukan update lebih mudah karena pihak vendor melakukan pembaruan secara berkala.

Lebih Fleksibel

Benefit menggunakan software ERP berbasis cloud selanjutnya adalah lebih fleksibel. Anda bisa memantau berbagai cabang bisnis yang tersebar di seluruh wilayah kapan pun dan di mana pun. Bahkan Anda bisa mengakses melalui perangkat seluler atau desktop yang terhubung ke internet.

Semua pihak bisa terhubung satu sama lain yang berada di lokasi berbeda-beda. Anda bisa saling berkomunikasi dan membuat keputusan bisnis tanpa harus bertemu satu sama lain dan bisa membuat berbagai macam laporan lebih mudah dan lebih terpusat.

Disesuaikan Kebutuhan Bisnis

Kelebihan menggunakan software ERP cloud yang bisa Anda dapatkan selanjutnya adalah bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. ERP dengan basis cloud bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan skala bisnis Anda.

Misalnya saat perusahaan semakin berkembang Anda  juga membutuhkan ERP yang bisa mengikuti perkembangan perusahaan Anda. Nah, untungnya ERP yang satu ini bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan dan skala perusahaan Anda.

Kesimpulan

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software ERP dari MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action