Lengkap! Ini 12 Jenis Utility Software yang Perlu Anda Gunakan!

Apakah Anda pernah mendengar istilah utility software? Pasti hampir tidak pernah, ya? Istilah ini memang jarang sekali ditemukan di kalangan orang awam yang tidak berkecimpung di dunia teknologi. Tetapi sebenarnya, utility software ini sering sekali Anda jumpai pada saat menggunakan komputer. Contoh dari utility software adalah antivirus dan berbagai software untuk backup data.

Utility software adalah hal yang perlu ada di device Anda karena bisa membantu dalam mencegah dan mengatasi error pada sistem komputer. Gak mau dong tiba-tiba file penting hilang dan belum dibackup? Untuk memahami lebih dalam mengenai utility software beserta manfaat dan jenisnya, yuk simak pembahasan di bawah ini!

Apa Itu Utility Software?

Utility software adalah sistem software yang membantu fungsi dari sistem komputer (hardware, sistem operasi atau software) agar dapat berjalan dengan benar dan lancar. Selain itu, utility software juga membantu sistem operasi dalam mengelola, mengatur, memelihara, menganalisa dan mengoptimalkan fungsi sistem komputer. Satu jenis utility software adalah sebuah utilitas atau tools (alat).

Utility software akan melakukan tugas tertentu seperti mendeteksi virus, menginstal dan menghapus, back up data, menghapus file yang tidak diinginkan, dan lain-lain. Beberapa contohnya adalah software antivirus, file management tools, compression tools, disk management tools, dan lain-lain.

Berdasarkan asalnya, utility terbagi menjadi dua yaitu internal dan eksternal. Utility internal merupakan software atau tools yang sudan ada secara default di sistem operasi setelah menginstalnya. Salah satu yang harus ada dalam utility internal adalah defrag yang nantinya dapat membantu Anda mengatur layout file yang rusak dan mengembalikan file yang tidak hilang saat dihapus.

Nah, kalau utility eksternal itu bukan bawaan dari sistem operasi, jadi Anda perlu menginstalnya dahulu untuk bisa menggunakan. Contohnya adalah software antivirus, web programming, registry cleaner, office, multimedia dan lain-lain.

Baca Juga: Pentingnya Peran Teknologi Informasi dalam Bisnis

Keuntungan Menggunakan Utility Software

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa utility software dapat membantu perangkat komputer bekerja dengan lancar dan efisien. Di bawah ini kami jabarkan beberapa manfaat dari utility software.

  • Defragmentasi disk membantu memperbaiki error yang ditemukan di hard disk drive.
  • Memeriksa status dan profile sistem untuk melindungi status sistem komputer.
  • Backup utility dengan file compression untuk mengambil data yang hilang.
  • Scan virus dan disk cleanser untuk menghilangkan file yang tidak diinginkan.
  • Memperbaiki sistem untuk memperbaiki masalah.
  • Memonitor device secara real-time untuk mengawasi ancaman online.
  • Perangkat bawaan dengan interface yang modern.
  • Scanning cepat dengan privasi lebih canggih.
  • Membersihkan file dan registry dengan cepat untuk mengoptimalkan kinerja komputer.

Baca Juga: 5 Software Andalan Work from Home. Nomor 5 Paling Powerful!

Jenis Utility Software

Saat ini, ada beberapa jenis utility software untuk memperbaiki perangkat komputer Anda dari permasalahan yang mungkin saja menghampiri Anda. Apa saja kira-kira software itu?

Antivirus

Antivirus atau anti-malware adalah tools pendeteksi ancaman yang dirancang untuk menghilangkan semua jenis virus, malware dan ancaman dunia maya lainnya dari perangkat Anda. Software antivirus sangat penting untuk melindungi data dan menjaga keamanan sistem operasi Anda.

Kalau tidak ada antivirus, sistem operasi Anda berpeluang besar terserang virus yang bisa menghilangkan atau merusak data. Ini juga dapat berupa pencurian data yang dilakukan hacker. Sebaiknya hindari penggunaan antivirus bajakan karena justru akan membahayakan sistem operasi Anda. Contoh software antivirus antara lain SmAdav, AVG, BitDevender dan lain-lain.

software anti virus

File Management Utilities

Software ini memiliki tugas membuat arsip, backup software, membuat ukuran data lebih kecil atau mengompres dan manajer file. Sistem manajemen file digunakan untuk menangani data digital dengan mengatur file di dalam sistem dan menyediakan database yang dapat dicari dan mudah diambil. Manajer file ini penting untuk mengelola file untuk mempertahankan alur kerja bisnis.

Apakah Anda pernah kesulitan mengirim 25 file pdf ke rekan kerja melalui email? Nah, dengan adanya software management file, Anda bisa mengirimkan 25 file tersebut dengan membuat arsip .zip. Contoh software yang dapat membuat arsip dan mengompres ukuran datanya antara lain WinZip, WinRAR dan lain sebagainya.

Backup Utilities

Software ini membantu menyiapkan copy database, file dan dokumen. Backup utilities bertanggung jawab menyimpan informasi, sehingga file dapat diambil kembali jika hilang atau dicuri. Jenis software utility ini juga membantu meningkatkan kinerja sistem Anda.

Software ini melakukan incremental dan diferensial backup serta mengompres data untuk mengamankan file. Contoh software untuk melakukan kebutuhan backup yaitu Nova Backup dan Norton Ghost.

Storage Device Management Utilities

Semua software utility yang berkaitan dengan disk termasuk dalam jenis utilitas ini. Softwarenya dapat berupa pemeriksa disk, editor partisi disk, pemformat disk, penganalisis ruang disk dan sebagainya.

Tools ini digunakan untuk mengelola hardware berbasis disk yang didukung Windows. Anda dapat menggunakan tools ini untuk mengelola flash drive, optical disk drives, dan hard disk.

Data Synchronization Tools

Tools ini membantu menyinkronkan data antara dua dan lebih devices. Tools sinkronisasi data diperlukan untuk mengakses data dari mobile devices dan cloud.

Data synchronization merupakan penggabungan data dari dua atau lebih device atau aplikasi, prosesnya harus konsisten dan berkelanjutan agar selalu mendapatkan data terupdate.

Bisnis skala kecil biasanya sudah menggunakan minimal dua aplikasi atau software untuk mengolah data, apalagi dengan perusahaan besar? Bisa saja setiap divisi atau proses berbeda juga menggunakan software berbeda.

Banyaknya data dan informasi dari berbagai sumber harus dikelola dengan baik, jika tidak semua informasi dan data tersebut dapat terputus, tidak dapat dikomunikasikan dan tidak dapat diolah sesuai tujuan bisnis.

Bila data perusahaan Anda tidak tersinkron, bisa menimbulkan masalah baru antara lain data silo, duplikat data, data berkualitas rendah, data sudah tidak update/usang, data berlebih dan tidak berguna, dan masalah kolaborasi antar data.

Dengan data synchronization, Anda dapat memiliki laporan bisnis yang actionable, membuat keputusan bisnis yang tepat dengan data akurat, komunikasi lebih transparan dan tiap departemen di perusahaan menjadi lebih selaras.

Data synchronization dan integrasi adalah dua proses berbeda, synchronization adalah salah satu jenis integrasi, tetapi tidak semua proses integrasi menghasilkan synchronization data.

Integrasi adalah proses menggabungkan dua atau lebih software agar dapat bekerja bersamaan dan membuat kerja menjadi lebih efisien.

Ada dua cara data synchronization, dengan satu arah dan dua arah. Contoh cara satu arah adalah data yang dikirim ke aplikasi di gudang. Jadi, data otomatis dapat berpindah dari aplikasi ke folder desktop, aplikasi dapat mengubah folder tersebut. Tetapi, jika data diubah di folder itu, data di aplikasi tidak akan berubah.

Bagaimana dengan dua arah? Contohnya dua aplikasi terkoneksi seperti Outlook dan Google Calendar. Jika Anda mengubah di satu kalender dengan email yang sama, data di kalender lain akan terupdate

Contoh data synchronization tools antara lain MASERP, Hubspot, MAS Warehouse, Unito, AqtiveHR, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: ERP Cloud: Apa Bedanya dengan ERP On-Premise?

Disk Clean-Up Tool

Disk clean up membantu membersihkan ruang di dalam hard disk drive yang biasa disebut junk file. Tools ini akan menghapus file yang tidak diinginkan dari sistem.

Debugger

Debugger biasanya dipakai oleh programmer untuk menguji dan men-debug program yang sedang mereka buat. Debugger menggunakan set instruksi simulator. Daripada menjalankan program secara langsung di processor untuk mendapatkan level kontrol lebih tinggi saat implementasi. Debugger dapat menghentikan program dalam kondisi tertentu. Tetapi, penggunaan simulator menurunkan kecepatan implementasi.

Ketika suatu program crash, debugger menunjukkan letak error pada program. Kebanyakan debugger juga dapat menjalankan program dalam mode step by step, selain berhenti pada point tertentu. Debugger dapat mengubah status program saat sedang berjalan.

utility software adalah

Sreen Savers

Screen saver akan mengisi ruang kosong di layar komputer dengan pola, gambar bergerak, dan wallpaper. Ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Clipboard Managers

Clipboard managers digunakan untuk mengoptimalkan proses penyalinan dokumen dari sistem komputasi. Software utility ini mendukung sinkronisasi data, hotkey yang dapat dikonfigurasi bersama dengan screenshots dan history clipboard.

System Monitors

System monitor dipercaya untuk melacak sumber daya sistem melalui widget. Software monitoring juga melacak dan mengamati layanan jaringan, aplikasi, dan kegiatan user.

System Profilers

System profilers menawarkan informasi tentang hardware yang terpasang dan software yang diinstal pada suatu sistem secara cepat. Di Windows, platformnya tersedia sebagai properties di bawah bagian My Computer.

Registry Cleaners

Registry merupakan database di sistem operasi Windows. Registry bisa menjadi tidak efisien lagi kerjanya ketika Anda terlalu sering melakukan pekerjaan di sistem operasi. Oleh karena itu, registry perlu dibersihkan secara rutin.

Registry cleaners membantu menghapus registry key yang sudah lama dan tidak digunakan. Ini juga memperbaiki entri yang sudah rusak dan tidak valid. Anda dapat menggunakan CCleaner di Windows.

Baca Juga: Apa Itu Internet of Things (IoT)? Industri Apa yang Bisa Menggunakannya?

Kesimpulan

Utility software adalah sistem software yang membantu fungsi dari sistem komputer (hardware, sistem operasi atau software) agar dapat berjalan dengan benar dan lancar. Utility software akan melakukan tugas tertentu seperti mendeteksi virus, menginstal dan menghapus, back up data, menghapus file yang tidak diinginkan, dan lain-lain.

Utility software memberikan banyak keuntungan bagi para penggunanya, karena dapat membantu mencegah serta mengatasi error di sistem operasi penggunanya. Di zaman yang serba teknologi ini, kegunaan software memang harus menjadi prioritas bagi pemilik bisnis atau perusahaan.

Sistem ERP merupakan salah satu solusi bagi manajemen data dan bisa membantu proses bisnis Anda menjadi lebih efisien dan efektif. Sistem ERP mengintegrasikan beberapa fungsi bisnis seperti akuntansi, inventarismanufaktur, SDM, purchasing, SCM, penjualan dan CRM.

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!