Tunjangan Adalah Income di Luar Gaji Pokok. Kenali 7 Jenis Tunjangan

Dalam menjalankan suatu bisnis, salah satu pengeluaran utama yang kita keluarkan apabila memiliki karyawan adalah gaji atau upah. Besaran gaji yang diberikan kepada karyawan sudah seharusnya berdasarkan kesepakatan yang telah disepakati bersama antara perusahaan dan pekerja. Selain gaji, tunjangan adalah salah satu hak karyawan.

Gaji bisa dikatakan adalah suatu bentuk pembayaran imbalan kepada karyawan yang dinyatakan dalam suatu kontrak kerja. Dari sisi bisnis, gaji dianggap sebagai biaya yang diperlukan untuk memberdayakan sumber daya manusia dalam menjalankan aktivitas perusahaan.

Lalu, apa itu tunjangan? Apa saja jenis tunjangan yang bisa diperoleh karyawan? Simak penjelasan berikut agar tak salah paham mengenai tunjangan!

Tunjangan Karyawan

Tunjangan karyawan adalah tambahan berupa imbalan uang yang diberikan perusahaan kepada karyawan di luar gaji pokok yang diterima. Ya, selain gaji pokok, tunjangan diberikan sebagai biaya tambahan untuk menunjang pekerjaan karyawan.

Bersama dengan gaji pokok, tunjangan adalah salah satu komponen gaji atau upah. Biasanya tunjangan diketahui besaran hingga komposisinya saat karyawan menerima gaji per bulan atau periode yang telah disepakati.

Biasanya, komponen tunjangan dalam gaji terbagi menjadi dua, yaitu tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap. Tunjangan tetap merupakan kompensasi yang dibayarkan secara rutin bersamaan dengan gaji pokok kepada karyawan. Sementara itu, tunjangan tidak tetap jumlah dan waktu pembayarannya tidak tetap dan dapat diberikan secara langsung maupun tidak.

Perhitungan tunjangan dilakukan berdasarkan jenis tunjangan yang akan diberikan suatu perusahaan. Tunjangan tetap biasanya akan ditetapkan jumlahnya setiap bulan dan tidak terpengaruh oleh kondisi tertentu seperti tunjangan makan dan jabatan.

Sementara itu, tunjangan tidak tetap sangat bergantung dengan situasi dan kondisi dari karyawan. Misalnya, terdapat tunjangan yang hanya akan diberikan jika karyawan memenuhi persyaratan tertentu seperti tunjangan lembur dan THR.

Baca Juga: 5 Cara Mengajukan Reimbursment untuk Mengganti Pengeluaranmu!

Jenis Tunjangan

Terdapat beberapa jenis tunjangan yang perusahaan berikan untuk karyawannya. Tunjangan ini memiliki ketentuan yang berbeda sesuai dengan keperluan dan karyawannya. Berikut beberapa tunjangan yang lazim diberikan perusahaan:

Tunjangan Makan

Untuk memenuhi kebutuhan harian, biasanya perusahaan memberikan tunjangan biaya makan kepada karyawan. Tunjangan makan pun beragam macamnya, mulai dari tunjangan makan harian, makan siang, hingga makan tambahan. Biasanya tunjangan makan hanya akan diberikan atau dihitung sesuai dengan kehadiran karyawan yang bersangkutan.

Namun, ada beberapa perusahaan yang tidak memberikan tunjangan makan kepada karyawannya. Perusahaan tersebut menggantinya dengan memberikan fasilitas makan di kantor sehingga tidak memasukkan biaya tunjangan makan ke dalam gaji.

Tunjangan Transportasi

Untuk melakukan perjalanan ke tempat kerja atau kantor tentunya karyawan suatu perusahaan memerlukan biaya yang dihabiskan untuk beban transportasi. Banyak perusahaan sudah memberikan biaya tambahan untuk karyawan dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Biasanya, perusahaan memberikan tunjangan transportasi.

Dalam praktiknya, perusahaan memberikan tunjangan transportasi kepada karyawan sesuai dengan jarak yang ditempuh atau bahkan menyamaratakan jumlahnya bagi semua karyawan. Sama seperti tunjangan makan, tunjangan transportasi juga hanya akan diberikan ketika karyawan hadir di hari bekerja.

Tunjangan Lembur

Untuk tunjangan yang satu ini diberikan sebagai tambahan saat karyawan bekerja melewati jam kerja normal. Biasanya, tunjangan lembur akan diberikan sesuai dengan aturan dan regulasi yang berlaku. Perlu diingat, tunjangan ini hukumnya wajib diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya.

Tunjangan Kesehatan

Tunjangan kesehatan yang diberikan oleh perusahaan harus mengikuti peraturan pemerintah. Ya, perusahaan diwajibkan untuk memberikan tunjangan kesehatan dalam bentuk jaminan sosial, yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu, beberapa perusahaan juga memberikan tunjangan kesehatan berupa asuransi kesehatan dari pihak swasta. Sebagai tambahan, beberapa perusahaan mencakup keluarga karyawan dalam tunjangan kesehatan tetapi sebagian tidak mencakup hal tersebut.

Baca Juga: BPJS Karyawan: Perhitungan dan Pelaksanaan di Perusahaan

Tunjangan Hari Raya (THR)

Tunjangan ini lah mungkin yang membedakan pekerja di Indonesia dengan negara lain. Tunjangan Hari Raya atau yang biasa kita kenal dengan THR bahkan diatur dalam peraturan pemerintah. THR diberikan sebagai imbalan atau bonus bagi karyawan saat merayakan hari besar keagamaan.

Dalam perhitungannya, biasanya karyawan akan mendapat satu bulan gaji pokok. Namun, jika karyawan bekerja kurang dari 12 bulan, tunjangan akan dihitung secara prorate atau prorata. THR harus diberikan kepada karyawan selambat-lambatnya 2 minggu sebelum hari raya keagamaan.

Tunjangan Pensiun

Tak semua perusahaan memberikan jaminan saat karyawan telah berada di usia pensiun. Namun, beberapa perusahaan menjamin hari pensiun dengan memberikan tunjangan pensiun. Tunjangan ini diberikan untuk mensejahterakan karyawan saat menginjak usia pensiun. Sehingga karyawan dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka meskipun sudah tidak produktif bekerja di perusahaan.

Tunjangan Jabatan

Tunjangan jabatan merupakan tunjangan yang diberlakukan kepada karyawan yang memegang jabatan tertentu di perusahaan. Biasanya, tunjangan disesuaikan dengan tanggung jawab yang dijalankan oleh pemegang jabatan. Tunjangan jabatan memiliki jumlah yang berbeda berdasarkan jabatan yang diemban oleh setiap karyawan di suatu perusahaan.

Baca Juga: Payroll Adalah Sistem Modern untuk Penggajian Karyawan

Manfaat Tunjangan

Sebagai tambahan dari pekerjaan, tunjangan memberikan banyak keuntungan dan manfaat bagi karyawan yang menerimanya. Tidak hanya itu, perusahaan yang memberikan tunjangan juga ikut merasakan dampak dari tunjangan yang mereka sediakan. Berikut manfaat tunjangan bagi perusahaan dan karyawan

Bagi perusahaan, manfaat tunjangan adalah sebagai berikut:

  • meningkatkan loyalitas karyawan,
  • meningkatkan produktivitas karyawan,
  • perencanaan keuangan perusahaan yang lebih baik,
  • mengurangi tuntutan karyawan atas jumlah gaji,
  • mendapat respon dan citra baik dari karyawan dan stakeholder.

Sedangkan keuntungan mendapatkan tunjangan bagi karyawan, antara lain:

  • mendapatkan jaminan kesehatan,
  • memberikan keselamatan dan kenyamanan dalam bekerja,
  • tidak mengeluarkan biaya lebih untuk aktivitas perusahaan,
  • membuat kehidupan lebih sejahtera,
  • sebagai tambahan atas suatu pekerjaan.

Kesimpulan

Tunjangan adalah tambahan berupa imbalan uang yang diberikan perusahaan kepada karyawan di luar gaji pokok yang diterima. Tunjangan juga bisa dikatakan sebagai biaya tambahan untuk menunjang pekerjaan karyawan. Biasanya, tunjangan dibayarkan sebagai tambahan gaji pokok, atau termasuk di dalam gaji pokok itu sendiri.

Karena perhitungan tunjangan dihitung berdasarkan ketentuan dan jenis yang berbeda, perusahaan akan lebih terbantu dengan menggunakan MASERP. Ya, perhitungan dan pencatatan akan lebih mudah untuk dilakukan jika menggunakan software akuntansi. MASERP sebagai salah satu software akuntansi, bisa mengakomodasi kepentingan perusahaan untuk melakukan perhitungan tersebut.

Dengan berbagai fitur dan kelengkapan yang ada dan dibutuhkan perusahaan dalam melakukan pencatatan keuangan, perusahaan akan lebih terbantu dalam melakukan pencatatan keuangan khususnya untuk menghitung tunjangan bagi setiap karyawan di perusahaan.

MASERP sudah terintegrasi dengan teknologi yang mampu memfasilitasi segala keperluan perusahaan. MASERP memudahkan perusahaan dalam membuat laporan keuangan dan kegiatan akuntansi lainnya.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang memberikan banyak kemudahan, langsung saja konsultasikan kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action