Pahami Manfaat dan 10 Fitur Wajib Software Akuntansi Manufaktur

Rumitnya proses manufaktur terkadang tidak dapat difasilitasi oleh software akuntansi dasar atau bahkan spreadsheet. Betapa rumitnya memiliki ratusan spreadsheet untuk menjalankan bisnis manufaktur. Karena alasan tersebut, perusahaan manufaktur membutuhkan solusi agar proses manufaktur menjadi lebih efisien dan efektif, dan software akuntansi manufaktur adalah solusinya.

Beberapa manfaat software manufaktur antara lain dapat memudahkan Anda dalam mengatur budget produksi serta memantau inventory secara real time kapan saja dan di mana saja. Untuk mengetahui manfaat software manufaktur beserta fitur apa saja yang wajib ada di dalamnya, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Manfaat Software Akuntansi Manufaktur

Perusahaan berskala kecil mungkin tidak memerlukan software akuntansi manufaktur untuk menjalankan aktivitas mereka, tetapi perusahaan manufaktur akan mendapatkan banyak manfaat dari software ini.

Dengan permintaan pelanggan yang terus meningkat, software akuntansi manufaktur dapat membantu perusahaan mempertahankan alur kerja yang tepat sehingga bisa memenuhi permintaan pelanggan.

Berikut ini enam alasan Anda perlu menggunakan software manufaktur:

Data Terpusat

Salah satu manfaat software akuntansi manufaktur adalah Anda bisa mengelola berbagai proses bisnis perusahaan dari satu sistem saja. Sebagian produsen masih memiliki sistem terpisah untuk manufaktur, akuntansi, keuangan, sumber daya manusia, dan lain-lain. Perusahaan harus mengeluarkan banyak biaya untuk membeli sistem berbeda, anggaran pun menjadi membengkak.

Kalau proses bisnis dikelola secara terpisah tentu saja akan berpeluang besar mengalami kesalahan data, double input catatan, double fungsi, kurang komunikasi dan masih banyak lagi.

Masalah tersebut dapat diatasi dengan software manufaktur yang mengintegrasikan semua proses bisnis ke dalam satu sistem untuk mencapai efisiensi kerja.

Tracking Proyek secara Real Time

Banyak perusahaan manufaktur menghadapi masalah pelacakan inventory atau persediaan barang, data yang mereka miliki tidak akurat seperti biaya yang lebih tinggi, gudang yang tidak cukup menampung karena persediaan yang berlebihan serta produktivitas yang rendah karena persediaan yang tidak mencukupi, dan lain-lain.

Software manufaktur memungkinkan manajer melihat semua data, memantau kemajuan proyek dan merencanakan proses dengan tepat karena tersedia laporan real time sehingga kesalahan dan penundaan proses produksi dapat diketahui lebih cepat.

Baca Juga: Jenis Software Manufaktur

Hemat Anggaran

Menghemat biaya selalu menjadi alasan utama untuk mengimplementasikan software akuntansi manufaktur.

Ketika Anda memakai software manufaktur, Anda mendapatkan data real time yang berhubungan dengan operasi harian perusahaan, sehingga dapat mengurangi biaya administrasi dan operasional.

Misalnya, menyatukan sistem dari berbagai fungsi manufaktur akan membantu staf Anda menggunakan waktu lebih efisien karena mereka lebih mudah mengambil informasi dari database terpusat, ini dapat meningkatkan output kerja mereka juga.

Dengan software manufaktur, Anda akan terbantu ketika akan membuat keputusan penting menentukan cara efektif memanfaatkan tenaga kerja, inventory dan peralatan produksi untuk meminimalkan biaya selama proyek.

Meningkatkan Produktivitas

Tanpa software manufaktur yang bagus, pekerjaan mungkin akan sulit diselesaikan tepat waktu. Pekerjaan seperti membuat laporan dan melacak tingkat inventory tidak akan lagi memakan waktu untuk diselesaikan secepatnya.

Berinvestasi dalam software manufaktur yang tepat dapat membantu menghilangkan pekerjaan yang berlebihan, menyederhanakan alur kerja, dan mempercepat respons kepada pelanggan. Itu semua akan menuju pada peningkatan produktivitas kerja.

Melayani Pelanggan Lebih Baik

Dengan memiliki semua informasi bisnis dalam satu database terpusat, Anda dan tim dapat melihat pelanggan secara keseluruhan dan memahami kebutuhan mereka. Dengan pemahaman tersebut, Anda dapat membuat strategi penjualan untuk meningkatkan leads.

Selain itu, tracking real time yang ditawarkan software akuntansi manufaktur juga akan memudahkan untuk memberi tahu pelanggan di mana pesanan mereka sedang diproses, kapan akan dilakukan pengiriman dan berapa biaya yang harus dibayarkan.

Fitur Lebih Baik

Alasan lain untuk memilih software manufaktur adalah karena mereka hadir dengan teknologi baru yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Contoh teknologi tersebut adalah artificial intelligence, data analytics dan Internet of Things (IoT). Software akuntansi manufaktur dirancang untuk menawarkan fleksibilitas, kemampuan beradaptasi dan skalabilitas untuk pertumbuhan bisnis.

Fitur Penting Software Akuntansi Manufaktur

Software akuntansi manufaktur yang ada di pasaran umumnya memiliki moduk untuk akuntansi dan manufaktur, tapi ada beberapa vendor yang memiliki fitur lebih lengkap atau malah tidak dapat memfasilitasi proses bisnis manufaktur Anda. Untuk itu Anda harus memahami vendor dan software manufaktur dengan teliti sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

Berikut ini kami jelaskan beberapa fitur penting MASERP yang dapat digunakan dalam proses manufaktur Anda.

Bill of Material

Fitur bill of material membantu Anda menentukan harga pokok produksi (HPP) sementara dan final setelah mendapatkan biaya pasti seperti biaya tenaga kerja, biaya overhead pabrik dan biaya marketing. Semua jurnal akan otomatis terinput ke buku besar.

Kebutuhan bahan baku dari semua PO (purchase order) dapat dilihat di sistem. Anda akan mendapatkan warning apabila ada bahan baku yang tidak cukup untuk proses produksi.

Batch Number

Fitur batch number pada MASERP akan membantu dalam membedakan produksi hari ini dengan hari sebelumnya. Anda dapat mengetahui dengan pasti batch yang berhasil dan mana yang cacat. Untuk produksi yang berhasil dapat dipelajari dan diduplikat untuk produksi selanjutnya.

Fitur ini mencegah terjadinya double produksi yang malah akan membuat boros anggaran dan dapat membantu melacak expiry date produk yang diproduksi.

Assembly dan Disassembly

Proses manufaktur tiap perusahaan terkadang tidak sama, ada yang merakit bahan baku menjadi satu barang jadi maupun sebaliknya. Fitur assembly dan disassembly di MASERP, dapat menggabungkan beberapa bahan baku menjadi satu barang yang siap dijual atau sebaliknya, mengubah satu barang jadi menjadi beberapa bahan baku.

Multi Gudang

Banyak perusahaan mencari software yang dapat mengelola banyak gudang yang mereka miliki. Mengelola banyak gudang hanya dengan satu software tentu saja akan menghemat biaya daripada harus mengimplementasikan software di tiap lokasi.

Fitur multi gudang akan menampilkan semua persediaan yang ada di semua gudang dan barang yang tidak ada persediaannya di gudang tertentu tidak akan ditampilkan di software.

Warning Stock

Perusahaan manufaktur berskala besar pasti memiliki ribuan persediaan di gudang dan mungkin saja staf Anda mengalami kekeliruan mengenai jumlah persediaan barang saat ini. Fitur warning stock akan memberikan informasi kepada Anda apabila level inventory sudah mencapai jumlah minimum, sehingga permintaan pelanggan bisa tetap tersedia.

QR Barcode Scanner

Software akuntansi manufaktur MASERP mendukung barcode scanner yang akan membuat proses bisnis menjadi lebih ringkas karena Anda tidak perlu lagi menginput secara manual. Anda bisa melakukan scanning pada barcode saat penerimaan barang dari supplier, penjualan barang ke pelanggan dan surat jalan.

Harga Jual Grosir

Salah satu cara yang bisa Anda coba untuk menyenangkan hati adalah memberikan harga spesial saat mereka membeli dalam jumlah banyak. Anda bisa menggunakan fitur harga jual grosir untuk memberikan harga jual yang berbeda ke tiap pelanggan sesuai dengan jumlah barang yang mereka beli, bisa saja Anda memberikan harga lebih murah kalau mereka mengambil barang dalam jumlah banyak.

Uang Muka Supplier

Salah satu modul yang juga wajib ada yaitu account payable (AP) atau utang dagang. Perusahaan manufaktur biasanya membeli barang dengan sistem kredit atau uang muka (DP). MASERP memiliki fitur uang muka supplier yang dapat dimanfaatkan untuk mencatat uang muka saat purchase order (PO) dan mencetak dokumen bukti terima kas.

Baca Juga: Perbandingan Harga 6 Software Akuntansi Terbaik Tahun 2021

Purchase Quotation (PQ) dan Purchase Order (PO)

Purchase quotation (PQ) biasanya dibuat oleh divisi purchasing, dokumen ini berisi tipe dan jenis produk atau jasa yang sesuai dengan kesepakatan harga dari penjual. Anda dapat membandingkan harga dari tiap supplier dan memilih yang terbaik untuk bisa lanjut dibuat purchase order (PO).

Dengan fitur PO, Anda bisa melacak PO yang telah dibuat dan melihat apakah barang pesanan sudah dikirim atau belum.

Fixed Asset

Peralatan dan mesin yang digunakan dalam proses produksi merupakan bagian dari aset perusahaan, sehingga perlu dicatat keberadaannya. Dalam hal aset, MASERP memiliki fitur biaya fixed asset yang dapat Anda gunakan untuk mencatat biaya maintenance mesin dan peralatan produksi.

Anda juga dapat melihat semua nilai penyusutan aset secara otomatis, metode penyusutan yang digunakan yaitu straight line atau declining balance sesuai dengan standar PSAK.

Untuk mengetahui siapa saja yang memakai dan siapa penanggung jawab aset tersebut, Anda bisa mengeceknya dalam fitur history pemakaian.

Baca Juga: 9 Modul Penting yang Wajib Ada di Sistem ERP Perusahaan Anda

Kesimpulan

Keuntungan yang dapat dirasakan dari implementasi software manufaktur antara lain data menjadi terpusat pada satu sistem, dapat melacak proyek secara real time, menghemat anggaran, meningkatkan produktivitas, meningkatkan pelayanan pelanggan dan juga mendapatkan banyak fitur yang canggih.

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang lumayan mahal, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

Dengan fitur Report Center di MASERP, Anda bisa mencatat dan membuat 300+ laporan yang meliputi laba rugi, arus kas, neraca dan lain-lain.

MASERP dapat dipasang di server kantor atau di cloud. Kelebihan pemasangan di server kantor, Anda bisa menggunakan program walaupun internet mati.

Takut data bocor? Jangan khawatir! Anda bisa mengontrol siapa saja yang boleh membuat dan mengedit transaksi dan laporan perusahaan, jadi tidak setiap orang bisa melihat data yang bukan tanggung jawabnya.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Yang membedakan MASERP dengan vendor lain, MASERP dapat dicustom sesuai dengan bisnis flow perusahaan Anda dan dapat juga diintegrasi dengan software lain. Biarkan software yang beradaptasi dengan bisnis flow Anda, bukan Anda yang mengikuti flow software.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan apa yang Anda butuhkan kepada konsultan ahli kami sekarang. Gratis!

Baca Juga: Daftar Software Akuntansi Berdasarkan Ukuran Perusahaan

New call-to-action