Perbandingan Harga 6 Software Akuntansi Terbaik Tahun 2022

Banyaknya vendor software akuntansi di Indonesia pasti membuat Anda bingung harus memilih mana yang terbaik. Atau mungkin Anda masih bertanya-tanya mengapa harga software akuntansi bisa berbeda tiap paketnya? Sejatinya, software akuntansi terbaik adalah yang bisa memenuhi dan menyederhanakan semua proses bisnis Anda. Efisiensi adalah manfaat utama dari software akuntansi.

Artikel ini akan menjelaskan faktor apa saja yang mempengaruhi software akuntansi beserta perbandingan 6 harga software akuntansi untuk membantu Anda memilih software yang sesuai budget perusahaan.

Apa Itu Software Akuntansi?

Software akuntansi terbaik adalah software yang dapat membantu Anda mencatat arus uang dan melacak kondisi keuangan perusahaan Anda. Dengan software akuntansi, Anda bisa mencatat transaksi, membuat laporan, mengelola kontak vendor dan pelanggan, membuat pesanan pembelian, melacak level stok, menagih pelanggan dan memonitor saldo akun.

Menggunakan software akuntansi dapat meningkatkan efisiensi kerja, Anda dapat menghemat waktu dan mencegah kesalahan dalam kerja. Daripada copy dan paste data dari spreadsheet satu ke spreadsheet lain, Anda bisa memiliki semua informasi di satu software akuntansi. Anda dapat dengan mudah melihat pendapatan dan pengeluaran uang kapan saja, tanpa perlu bingung mencari di mana file tersebut disimpan.

Dengan software akuntansi, Anda tidak perlu lagi memasukkan data dan transaksi secara manual, Anda dapat menggunakan fitur bank untuk menghubungkan software ke rekening bisnis dan kartu kredit. Anda jadi lebih cepat memperoleh update transaksi harian.

Sebagian besar software akuntansi memiliki dashboard yang menyajikan tampilan data real time dengan matriks penting yang Anda butuhkan.

Software akuntansi dapat membuat berbagai laporan bisnis dan laporan keuangan termasuk laba rugi dan neraca yang diperlukan untuk meminta pendanaan dari investor. Anda juga bisa membandingkan aktivitas atau laporan transaksi dari bulan atau tahun sebelumnya dengan waktu saat ini, untuk membantu menganalisis pertumbuhan bisnis, tren penjualan dan matriks lainnya yang diperlukan untuk membuat keputusan bisnis yang tepat di masa sekarang dan masa depan.

Software akuntansi dapat digunakan untuk membuat kategori pengeluaran dan jadwal serta membayar tagihan, ini akan membantu Anda melacak transaksi dan mengelola arus kas perusahaan.

Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk mencatat pembayaran yang diterima secara tunai atau cek, serta membuat faktur dan info jatuh temponya.

Software akuntansi membantu membuat tugas akuntansi yang berulang menjadi otomatis, serta meningkatkan keakuratan data dan membuat pembukuan menjadi lebih efisien.

Kalau perusahaan Anda menggunakan software akuntansi cloud, maka Anda dapat menggunakannya di mana saja dan kapan saja selama ada sinyal internet.

Baca Juga: Jangan Salah Pilih! Ini 15 Tips Memilih Software Keuangan Perusahaan

Faktor yang Mempengaruhi Harga Software Akuntansi

Sebelum mengetahui berbagai harga dari software akuntansi yang tersedia di Indonesia, Anda perlu memahami apa saja faktor yang mempengaruhi harga software akuntansi dan mengapa harganya bisa berbeda tiap vendor.

User (Pengguna)

Pertama, pertimbangkan  jumlah pengguna yang akan mengakses software akuntansi Anda. Secara umum, software akuntansi diberi harga per user. Software akuntansi untuk bisnis berskala kecil memiliki harga yang lebih terjangkau tetapi biasanya memiliki fitur yang terbatas.

Berbeda dengan software akuntansi yang sudah terintegrasi dengan sistem lain seperti manufaktur dan distribusi, biasanya memiliki fitur yang lebih lengkap dan harga yang lumayan mahal. Tetapi ingat, software untuk bisnis adalah sebuah investasi untuk bisnis karena bisa meningkatkan ROI.

Baca Juga: Ini Manfaat dan Alasan Bisnis Manufaktur Harus Pakai ERP

Implementasi

Apakah Anda akan menggunakan software akuntansi di server kantor atau di cloud, ini akan mempengaruhi harga softwarenya.

Sistem akuntansi berbasis cloud akan melibatkan biaya berlangganan yang berkelanjutan, sementara sistem on premise memerlukan biaya awal yang lebih tinggi karena memperhitungkan infrastruktur dan kebutuhan lisensi terus menerus.

Anda bisa menghemat dengan SaaS dengan membebaskan biaya yang seharusnya digunakan untuk mengimplementasikan dan memelihara software on premise.

Maintenance (Pemeliharaan)

Maintenance dan training dipengaruhi oleh bagaimana software Anda digunakan karena beberapa vendor berbasis cloud menawarkan maintenance dan update program sebagai bagian dari harga paket. Implementasi mana pun yang Anda pilih, ketahuilah kalau training dan support akan diperhitungkan dalam biaya selanjutnya.

Fitur

Penting untuk menganalisis penawaran dari setiap vendor untuk memastikan Anda akan menggunakan software akuntansi terbaik dengan kemampuan maksimal. Pertimbangan lainnya adalah kemampuan integrasi software akuntansi tersebut. Semakin lengkap fitur yang tersedia dan bisa memfasilitasi banyak departemen, harganya akan lebih mahal daripada hanya software yang memiliki modul akuntansi saja.

Baca Juga: 9 Modul Penting yang Wajib Ada di Sistem ERP Perusahaan Anda

Harga 6 Software Akuntansi Terbaik Tahun 2021

Cara pembayaran software akuntansi biasanya terbagi menjadi dua yaitu perpetual license dan subscription based. Apa maksud kedua pembayaran itu?

Perpetual license pembayarannya dilakukan satu kali saja saat awal untuk mengimplementasikan software akuntansinya. Bisa dikatakan ini adalah biaya investasi. Untuk selanjutnya Anda hanya dikenakan biaya maintenance dan support sesuai kebutuhan perusahaan. Dua biaya ini sangat penting karena kalau sewaktu-waktu software error atau Anda mengalami kesulitan dalam input data, pihak support akan membantu sampai masalah selesai.

Sedangkan untuk cara pembayaran subscription, Anda perlu membayar biaya sewa per bulan atau per tahun sesuai vendor dan paket yang Anda pilih. Misalnya seperti software Harmony yang memiliki harga Rp 399.000,- per bulan yang meliputi modul akuntansi dan manufaktur.

Dalam satu paket harga software akuntansi biasanya termasuk jumlah user atau lisensi, implementasi, customer support dan lainnya tergantung vendor. Umumnya ada maksimal user untuk tiap paket, dan apabila Anda ingin menambah user maka akan ada biaya tambahan.

Software Akuntansi Terbaik Harga
Daftar Harga Software Akuntansi Terbaik

Tiap vendor biasanya menyediakan paket tergantung pada industri bisnis dan ukuran bisnisnya. Industri bisnis retail, manufaktur dan restaurant pasti akan membutuhkan modul yang berbeda.

Begitu pun dengan skala bisnisnya, nilai omzet dan transaksi bisnis kecil dan enterprise pasti berbeda. Software untuk bisnis kecil tidak akan kuat menampung data ribuan bahkan jutaan transaksi bisnis enterprise, fiturnya juga tidak akan memenuhi proses kerja bisnis enterprise.

Perusahaan enterprise yang umumnya sudah memiliki banyak cabang dengan transaksi menggunakan berbagai mata uang, sistem produksinya kompleks, memiliki ribuan karyawan, level inventory tinggi dan masih banyak lagi. Untuk mendukung sistem yang kompleks itu, biasanya mereka akan mengcustom softwarenya pada vendor yang dipercaya. Salah satunya MASERP yang dapat mengcustom software akuntansi Anda sesuai bisnis flow perusahaan.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, Anda sudah mengetahui ya kalau harga software akuntansi dipengaruhi oleh jumlah user, implementasi (on premise dan cloud), biaya maintenance serta fitur yang ada di dalam software tersebut.

Membeli software untuk bisnis memang memerlukan investasi yang lumayan mahal, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

Dengan fitur Report Center di MASERP, Anda bisa mencatat dan membuat 300+ laporan yang meliputi laba rugi, arus kas, neraca dan lain-lain.

MASERP dapat dipasang di server kantor atau di cloud. Kelebihan pemasangan di server kantor, Anda bisa menggunakan program walaupun internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Yang membedakan MASERP dengan vendor lain, MASERP dapat dicustom sesuai dengan bisnis flow perusahaan Anda dan dapat juga diintegrasi dengan software lain. Biarkan software yang beradaptasi dengan bisnis flow Anda, bukan Anda yang mengikuti flow software.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan apa yang Anda butuhkan kepada konsultan ahli kami sekarang. Gratis!

New call-to-action