5 Fitur Wajib dan Rekomendasi Software Akuntansi

Pembahasan kita kali ini tentang software akuntansi, pada zaman yang semakin modern membuat semua pekerjaan pun bisa dilakukan lebih cepat dan dengan teknologi yang lebih canggih tidak terkecuali dengan pekerjaan accounting yang biasanya dilakukan para akuntan di seluruh Indonesia dan Dunia, salah satunya pemanfaatan software akuntansi adalah memudahkan pekerjaan jadi lebih mudah dan efesien.

Jika dahulu pekerjaan ini dikerjakan secara manual di buku dan menghitung secara manual atau menggunakan kalkulator, saat ini manusia sudah membuat teknologi yang lebih keren dan lebih canggih lagi. Dengan software atau aplikasi akuntansi, seorang akuntan bisa mengerjakan pekerjaannya dengan lebih mudah dan lebih cepat, sehingga lebih efisien waktu.

Mengenal Software Akuntansi

Software akuntansi adalah seperangkat sistem yang dirancang untuk mendukung kegiatan akuntasi dengan berbasis modularitas yang saling terhubung dengan meliputi modul pembelian account payable, penjualan account receivable, buku besar, penggajian, dan sebagainya.

Software tersebut biasanya dapat dikembangkan sendiri oleh perusahaan atau juga dapat bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menyediakan layanannya. Bukan tanpa tujuan, adanya software akuntasi mampu memudahkan menyusun laporan akuntansi keuangan berupa neraca (balance sheet), laporan laba rugi (profit loss statement), cash flow, dan laporan akhir.

Anda harus melakukan input awal untuk data yang harus diproses pada software akuntasi. Kemudian Anda bisa menyusun di buku besar dengan kode dan nama yang jelas. Sehingga nantinya buku besar harus memiliki pos-pos yang jelas pada tiap-tiap posisi laporan keuangan, neraca, laba rugi, manufaktur, dan biaya produksi.

Software akuntansi bekerja secara real-time dari berbagai divisi yang sudah saling berhubungan sebelumnya. Maka dari itu, sebagai contoh Anda tidak perlu menunggu cukup lama untuk mendapatkan laporan laba rugi. Berbagai transaksi yang berjalan seperti penjualan, pembelian, produksi, stok opname, dan pengeluaran biaya di perusahaan akan secara otomatis masuk dalam jurnal dan selalu diperbarui setiap saat.

Hal inilah yang akan membantu segala proses pembukuan dan perhitungan akuntansi di perusahaan menjadi lebih otomatis dan mudah. Setelah mengetahui pengertian software akuntasi berikut ini ada beberapa manfaat dari penggunaan software akuntansi.

Baca Juga: Jenis dan 5 Contoh Software Akuntansi Beserta Harga

Fitur-Fitur Wajib Software Akuntansi

Sebelum memilih software akuntansi yang cocok dan sesuai visi misi perusahaan Anda, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan tersebut salah satunya yaitu fitur-fitur software akuntansi yang harus dimiliki. Yuk simak beberapa poin berikut ini.

Laporan Keuangan

Pada laporan keuangan adalah yang paling utama. Anda harus memperhatikan kemampuan software dalam melakukan proses akuntansi double entry dan akuntansi akrual., Fitur lain yang penting adalah laporan neraca untuk menganalisis kondisi keuangan, laporan laba rugi, perubahan modal, arus kas, laporan jurnal, dan laporan buku besar.

Fitur Purchasing

Purchasing merupakan kegiatan yang akan selalu ada dalam setiap lini bisnis. Fitur ini akan membantu melihat status dan laporan transaksi seperti pembelian jatuh tempo, pelunasan, dan lain sebagainya. Bukan hanya itu, software akuntansi juga harus mampu memiliki fitur dalam pembuatan faktur dan retur pembelian, pembelian, dan pengiriman pada supplier produk.

Manajemen Utang Piutang

Fitur ini juga sangat penting dalam kegiatan bisnis Anda. Dengan fitur ini, Anda bisa membuat laporan utang atau piutang dari pelanggan maupun supplier dan mengontrol kapan waktu jatuh tempo utang yang harus dibayar.

Financial Forecasting

Fitur satu ini termasuk salah satu fitur yang paling penting, karena dalam setiap jalannya bisnis menginginkan melakukan estimasi biaya pendapatan dengan tepat. Nah fitur financial forecasting inilah yang dapat membantu dalam mengontrol keuangan dengan bijak karena dapat menghilangkan biaya yang tidak perlu dan keuntungan menjadi maksimal.

Budgeting

Dengan adanya fitur ini, anda dapat mencatat segala laporan tentang budgeting yang telah dibuat seperti membuat anggaran bersisa atau tak bersisa yang dapat disesuaikan dengan periode aktifitas bisnis Anda. Fitur ini juga dapat digunakan sebagai untuk menghitung anggaran laba rugi.

New call-to-action

Rekomendasi 5 Software Accounting

Jurnal

Software accounting yang ditujukan bagi para pengusaha UKM serta bisnis menengah ini kini telah sudah di terkenal ditengah masyarakat Indonesia dan sudah menjadi satu dengan aplikasi lain dan mengubah menjadi Mekari.

Jurnal memiliki 6 kelebihan yaitu :

  • Menggunakan cloud sehingga laporan keuangan dapat dilihat melalui handphone atau komputer di mana pun & kapan pun.
  • Laporan keuangan bisa dilihat real time di mana pun & kapan pun.
  • 11 jenis faktur yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pengusaha.
  • Jumlah inventory mudah diperiksa secara real time.
  • Pencatatan biaya & penyimpanan bukti yang mudah.
  • Memiliki modul manajemen aset, sehingga user tetap bisamenjaga nilai aset selalu tinggi & memiliki masa penggunaan yang tidak sebentar.

Accurate

Software accounting Accurate telah berdiri sejak 1998, dengan bukti kehadirannya yang cukup sudah lama di Indonesia, Accurate sudah banyak dipercaya oleh masyarakat Indonesia dari berbagai golongan, tak terkecuali dari kaum mahasiswa. Fitur standar yang ada di Accurate antara lain:

  • Pembelian
  • Penjualan
  • Buku Besar
  • Persediaan
  • Aktiva Tetap
  • Kas/Bank
  • Pembiayaan Pesanan (Job Costing)
  • RMA (Return Merchandise Authorization)

Zahir

Zahir salah satu software acounting yang telah mendapat banyak mendapatkan berbagai prestasi seperti :

Penghargaan Presiden RI pada tahun 2003 dan sudah tersebar di 3 negara yaitu Indonesia, Malaysia, serta Australia kemudian mendapat Juara Pertama Teknopreneur Award Tahun 2008.

Menurutnya terdapat beberapa fitur menarik yaitu, Chart of Account yang fleksibel, Department & Job Costing, Pengurusan persediaan, Pengingat yang cerdas, Jurnal Otomatis, Analisis Bisnis, E-faktur pajak, Rekonsiliasi Bank.

Hashmicro

Hashmicro juga sudah semakin terkenal di Indonesia, program ini disebut juga sebagai Equip ERP. Di Dalam program ini terdapat beberapa modul yang terpisah seperti Modul Accounting, Manufacturing, HRM, Inventory, dan CRM yang dapat dikonfigurasikan atau diintegrasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Software ini tidak mengenakan biaya tambahan pada setiap penambahan user. Ada juga paket ERP yang berisikan beberapa modul berbeda disesuaikan dengan kebutuhan usaha Anda.

MASERP

MASERP software akuntansi adalah buatan anak bangsa (Indonesia) sendiri dan telah berdiri sejak 1984. Setelah 36 tahun berkarya MASERP kini telah melayani lebih dari 1000 lebih customer.

MASERP yang memiliki motto “make your dream software system a reality” ini memungkinkan customernya untuk melakukan modifikasi unik sesuai dengan kebutuhan perusahaan dengan harga yang relatif terjangkau.

Bagi para pemilik bisnis menengah ke atas yang bisnisnya memiliki flow yang rumit tentunya hal ini adalah jalan keluar yang akan sangat membantu. Di dalam paket program MASERP sudah terdapat 14 modul dari Account Receivable, Inventory Control, Billing, hingga Project Management.

Fitur andalan MASERP yang telah banyak membantu customer antara lain:

  • Modul Pengajuan pembayaran supplier.
  • Modul Quotation Supplier.
  • Modul Export csv E- Faktur.
  • Modul Perbaikan data (dimana program bisa memperbaiki nilai HPP dengan sekali klik).
  • Sub Modul untuk mengontrol penagihan piutang.

Kesimpulan

Setelah Anda mengetahui software akuntansi dengan beberapa fitur dan rekomendasinya, semoga Anda bisa semakin yakin untuk berinvestasi pada software akuntansi dengan kualitas terbaik daripada harus menggunakan pembukuan manual.

Anda harus memilih sistem yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, dan biasanya sistem akuntansi sudah menyediakan paket untuk industri tertentu seperti konstruksi, manufaktur, perusahaan jasa, medis dan lain-lain.

Saat ini software akuntansi sudah berkembang menjadi software ERP, dengan fitur yang lebih lengkap. Secara umum, sistem ERP mengintegrasikan beberapa fungsi bisnis seperti akuntansi, inventarismanufaktur, SDM, purchasing, SCM, penjualan dan CRM.

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: Perbandingan Harga 6 Software Akuntansi Terbaik Tahun 2021

New call-to-action