Tips dan Skills yang Harus Dimiliki Seorang Salesman

Menjadi salesman adalah bukan suatu pekerjaan yang mudah. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh seorang salesman. Oleh karena itu, tidak semua orang mampu menjadi seorang salesman. Dibutuhkan suatu teknik dan keterampilan khusus untuk menjadi seorang salesman sehingga calon konsumen mau membeli apa yang Anda tawarkan.

Sebelum kita membahasnya lebih jauh, kita harus tahu dulu sales itu apa. Jadi, sales adalah bagian dari aktivitas penjualan produk, barang, dan layanan yang dilakukan penjual ke pembeli. Orang-orang yang melakukannya biasanya terdiri atas satu tim. Di beberapa perusahaan, aktivitas ini menjadi satu divisi tersendiri yang terdiri dari beragam peran. Namun, di beberapa perusahaan yang lain, proses penjualan termasuk ke dalam divisi marketing atau juga divisi penjualan.

Tahapan dalam Sales

Prospek

Dilihat dari makna katanya, prospek adalah organisasi atau klien berpotensi yang menyerupai profil pelanggan ideal. Namun, dalam dunia penjualan dan bisnis, prospek juga termasuk mereka yang belum memiliki minat pada produk, barang, atau layanan yang dijual. Istilah prospek juga merujuk kepada cara yang digunakan oleh salesperson dalam mendekati pelanggan. Beberapa contohnya adalah panggilan telepon, email marketing, serta social selling. Jika salesman berhasil melakukan prospek kepada pelanggan, barulah bisa mulai ke tahapan selanjutnya, yaitu deal.

Deal

Ada tahapan deal. Deal sendiri adalah persetujuan antara harga beli dengan barang atau jasa yang dijual. Dalam proses jual beli, deal ini memiliki banyak tingkatan. Nah, tingkatan ini bisa berbeda-beda, tergantung bisnis dan industri yang dijalankan oleh perusahaan. Salesman bisa menyusun rencana deal sesuai kebutuhan dan kondisi. Tujuannya supaya proses penjualan bisa berjalan sesuai periode waktu yang ditentukan dan target yang dicanangkan.

Baca Juga: Software Penjualan: 8 Fitur dan Rekomendasi Software Terbaik

Sales pipeline

Tahapan selanjutnya salesman adalah sales pipeline. Istilah ini mengacu pada langkah-langkah dalam proses penjualan produk, barang, atau layanan. Pipeline ini menjadi gambaran nyata dari proses penjualan itu sendiri. Salah satu pipeline yang banyak dijadikan acuan adalah diagram rencana sebuah tim penjualan. Diagram ini biasanya menggambarkan serangkaian tahap yang harus dilalui dari menilai prospek, bertemu dengan prospek, menawarkan barang atau jasa, hingga akhirnya terjadi transaksi atau deal. 

Sales plan

Hal ini berbeda dengan sales pipeline. Ini menyangkut gambaran jangka panjang dari tujuan, strategi, serta objektif dari sebuah tim penjualan sebuah perusahaan. Di dalamnya, ada detail-detail mengenai target pelanggan, kondisi pasar, target pendapatan, harga, struktur tim, dan yang lainnya. Sales plan juga menyertakan taktik dan teknik untuk mencapai target dari waktu yang sudah yang ditetapkan.

Skill Menjadi Salesman

Interpersonal skill

Interpersonal skill berupa kemampuan komunikasi dengan orang lain baik secara individu maupun kelompok. Hal yang ditekankan dalam interpersonal skill yaitu kemampuan untuk menjadi pendengar yang baik bagi calon pelanggan, agar dapat memahami kebutuhan mereka melalui produk atau layanan yang disediakan serta membangun komunikasi yang efektif. Di samping keduanya, kamu juga harus pintar mengolah emosi saat berkomunikasi dengan mereka.

Pengetahuan produk

Penting bagi seorang salesman adalah untuk dapat mengetahui secara mendalam tentang produk atau layanan yang dijual oleh perusahaan. Ini dilakukan supaya kamu dapat menyarankan solusi terbaik bagi calon pelanggan melalui produk atau layanan yang ada. Bisa dibayangkan bila pelanggan bertanya tentang fungsi produk, tetapi saat itu kamu tidak bisa menjelaskan secara rinci, maka yang terjadi adalah proses pemasaran yang gagal.

Kepemimpinan

Skills yang harus dilakukan sales yang tak kalah penting yakni kemampuan memimpin. Ini diperlukan manakala kamu harus memimpin beberapa tim penjualan yang ada di bawah koordinasi kamu. Tanpa skill kepemimpinan yang baik akan sulit kamu mengemban misi ini. Apalagi sebagaimana kita tahu tim penjualan berjibaku dengan target setiap bulannya. Oleh sebab itu diperlukan sosok pemimpin yang bekerja keras, kemampuan interpersonal skill yang baik dan tentunya mampu memotivasi bawahan.

Kemampuan Berhitung

Pekerjaan sales berkaitan erat dengan penjualan dan target, tak heran rasanya bila kemampuan berhitung dan berpikir yang cepat sangat dibutuhkan. Ini supaya tidak ada kesalahan hitung dalam jumlah produk atau layanan yang dibeli oleh pelanggan disamping laba yang didapatkan.

Tips Menjadi Salesman Sukses

Dibutuhkan suatu teknik dan keterampilan khusus untuk menjadi seorang salesman sehingga calon konsumen mau membeli apa yang kamu tawarkan. Berikut ini akan dipaparkan beberapa tips untuk menjadi salesman yang sukses.

Menjadi Pendengar yang Baik

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang salesman adalah menjadi pendengar yang baik. Sebagai seorang salesman, kamu harus mendengarkan dan mencatat apa yang menjadi kebutuhan konsumen atau apa yang sedang mereka cari. Tidak jarang penjualan dapat berakhir sukses setelah salesman mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumennya.

Membangun Koneksi dengan Pelanggan

Cobalah untuk membangun koneksi dengan pelanggan sebelum kamu mendemontrasikan produk kepada pelanggan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai cara dan salah satunya yaitu dengan mengajukan pertanyaan sederhana mengenai daerah asal mereka, aktivitas keseharian, dan lain sebagainya. Apabila hubungan antara kamu dan pelanggan telah berhasil terbentuk serta terjalin dengan baik, maka akan lebih mudah untuk mendemonstrasikan produk dan meyakinkan mereka untuk membelinya.

Perhatikan Nada Suara Saat Berbicara

Pilihan kata, nada suara dan kecepatan dalam berbicara dapat mempengaruhi bagaimana sebuah kalimat ditafsirkan oleh pelanggan. Oleh sebab itu, seorang penjual yang baik harus memperhatikan intonasi ketika berbicara dan jagan sampai pelanggan salah menafsirkan atau tidak memahami terhadap apa yang kamu bicarakan. Buatlah komunikasi yang efektif dengan pelanggan agar dapat membangun kesan terhadap produk atau layanan yang kamu tawarkan. Selain itu, kamu harus mampu dalam membuat mereka merasa nyaman dan tetaplah bersikap formal ketika melakukan pendekatan terhadap pelanggan.

Perhatikan Bahasa Tubuh

Keterampilan komunikasi dalam penjualan tidak hanya terdiri dari komunikasi verbal yang Anda buat tetapi juga terdapat komunikasi non verbal yang tergambar melalui bahasa tubuh. Apabila kamu mendekati pelanggan dengan senyuman dan penuh rasa percaya diri, maka ada peluang bahwa pelanggan akan tertarik untuk mendengarkan kamu. Namun jika kamu menampilkan sesuatu yang tampak membosankan, maka mereka mungkin akan menolak untuk berbicara dengan kamu.

Mencari Peluang

Seorang salesman yang handal tentu akan mengetahui bahwa sebuah peluang dapat ditemukan di luar sumber prospek biasa dan akan selalu mencarinya dimanapun mereka berada. Mereka sangat memahami bahwa mengandalkan metode biasa dalam mencari calon pelanggan akan menghasilkan sesuatu yang biasa pula. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mencari peluang dan tidak hanya terfokus pada satu metode.

Fokus di Hal Penting

Tenaga penjual terbaik hanya melakukan sesuatu yang akan membawa mereka menjadi lebih dekat dengan apa yang dituju. Mereka tidak akan membuang-buang waktu dengan prospek yang tidak memenuhi syarat dan tidak melakukan penundaan dalam melakukan sesuatu. Tetap fokus dan tidak menghabiskan waktu dengan sesuatu yang tidak bermanfaat merupakan salah satu kunci kesuksesan untuk menjadi seorang salesman.

Menetapkan Target dan Tujuan Harian

Setiap orang yang berkecimpung dalam dunia pemasaran tentu memiliki sasaran bulanan yang harus dicapai. Namun seorang tenaga penjual akan menjadikan target tersebut dalam bentuk harian atau bahkan per jam. Hal ini akan menyederhanakan tujuan dan membuat pencapaian yang lebih besar.

Terus Bergerak Maju

Suatu keberhasilan kecil tidak akan membuat salesman terbaik merasa puas dan hanya berhenti sampai disitu. Salesman yang kompeten akan selalu melangkah maju tanpa mempedulikan apapun yang terjadi. Mereka akan tetap fokus dan konsisten untuk mencapai target atau tujuan.

Belajar dari Kesalahan

Sebagai seorang manusia tentu kamu tidak akan pernah luput dari kesalahan. Namun hal yang terpenting dari itu semua yaitu bangaimana cara menyikapi suatu kesalahan. Menjadikan sebuah kesalahan sebagai pelajaran dan pengalaman yang berharga merupakan ciri orang sukses. Seorang salesman terbaik tidak akan pernah membuat kesalahan yang sama hingga dua kali.

Fokus pada Satu Pelanggan di Satu Waktu

Tetap fokus pada satu orang yang diajak bicara akan membuat pelanggan merasa mendapatkan perhatian mutlak yang tidak terbagi. Salesman yang baik tidak akan terburu-buru keluar untuk menerima telepon dari pelanggan yang lain atau beralih ke kesepakatn berikutnya hingga orang yang ada dihadapannya merasa tidak dipedulikan.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan untuk menjadi salesman. Salesman adalah sebuah pekerjaan yang tugas utamanya menjual produk maupun jasa kepada klien dengan target meningkatkan angka penjualan.

Ada beberapa tips yang dapat kamu praktikan dalam menjual suatu produk. Berusaha untuk meyakinkan pelanggan dan membuatnya merasa nyaman merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam melakukan penjualan. Apabila kedua hal tersebut telah terlaksana dan Anda berhasil menarik hati pelanggan.

Untuk mempermudah dalam menjalankan suatu produk dalam penjualan salesman adalah dengan menggunakan aplikasi POS yang saat ini berperan penting dalam bisnis, karena dapat mencatat transaksi yang terjadi di suatu bisnis tanpa perlu menggunakan cara manual. Penggunakan POS membuat kinerja sales menjadi lebih efisien dan menghemat waktu.

MASPOINT merupakan sistem POS yang dapat terintegrasi dengan MASERP. Dengan MASPOINT, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas penjualan hingga pembuatan laporan.

MASPOINT sebagai salah satu sistem POS, dapat terintegrasi dengan software ERP seperti MASERP. Modul dan fitur yang ada di dalam MASERP dapat memfasilitasi banyak departemen di perusahaan seperti keuangan, karyawan, penjualan, inventory, dan masih banyak lagi.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action