Wirausaha Menurut Ahli dan Tokoh Wirausahawan Ternama Indonesia

Sering dikaitkan dengan kegiatan jualan, sebenarnya apa sih pengertian wirausaha secara umum, serta wirausaha menurut ahli?

Kira-kira, siapa saja tokoh wirausaha ternama Indonesia, yang bisa dijadikan contoh calon wirausahawan? Yuk, kita ulik di sini!

Wirausaha atau lebih dikenal dalam penyebutan Bahasa Inggris, yakni entrepreneur, memang seringkali disebut-sebut, sebagai salah satu kegiatan berbisnis.

Tapi, apakah semua orang yang berbisnis atau jualan, bisa disebut wirausaha atau entrepreneur?

Sebelum membahas ke pengertian wirausaha menurut ahli, yuk ketahui dulu arti wirausaha secara umum!

Pengertian Wirausaha Secara Umum

Pengertian wirausaha secara umum bisa disebut sebagai, seseorang yang melakukan aktivitas bisnis, secara mandiri, kreatif, dan berani da

la menggerakkan segala hal, agar bisnisnya bisa berjalan dan mencapai tujuan.

Mulai dari kemampuannya menciptakan produk baru, mencari bahan, menentukan sistem produksi, menyusun aktivitas produksi, menyusun manajemen, pemasaran produk, hingga mengatur keuangannya.

Selain mandiri dan berani, wirausaha juga harus mampu memberikan manfaat usahanya, untuk masyarakat sekitar.

Sebut saja seperti menciptakan peluang usaha baru, dan menjaring pekerja atau sumber daya manusia.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa wirausaha harus mandiri, kreatif,dan berani, dalam menjalankan usahanya, termasuk dalam prosesnya.

Jika di kantor bos hanya bisa menyuruh bawahan, berbeda dengan wirausahawan, yang lebih cocok disebut pemimpin. Karena semua proses wirausaha juga ia lakukan, bersama dengan para karyawannya.

Mulai dari memilih sumber daya alam, tenaga kerja, bahan atau material yang akan digunakan, mencari atau membeli peralatan, ide yang membuat produk menjadi bernilai.

Dengan skill tersebut, wirausaha juga tidak merasakan keuntungan sendiri. Justru, dengan adanya wirausaha, perekonomian negara menjadi lebih baik.

Inovasi-inovasi yang diciptakan, memberi dampak, sebagai perbaikan atau pembaharuan produk lama, yang lebih menguntungkan. 

Skill inilah yang mungkin, tidak semua orang dimiliki, untuk menjadi wirausaha yang berkualitas.

Bagaimana dengan Wirausaha Menurut Ahli?

Nah, itu dia pengertian wirausaha secara umum, bagaimana dengan pengertian wirausaha menurut ahli atau pakar?

Pasalnya, mereka juga memiliki pandangan yang unik dan berbeda tentang arti wirausaha.  

Bukan orang sembarangan, beberapa ahli ini juga sangat kompeten di bidangnya, sehingga bisa mendefinisikan wirausaha sesuai dengan pemikirannya.

Terlebih, jika pandangan tersebut dilontarkan oleh ahli, dari berbagai negara.

Karena setiap watak atau sifat seseorang, sistem keuangan, perdagangan, dan lainnya di setiap negara, juga berbeda-beda.

Deretan Pandangan Wirausaha Menurut Ahli di Seluruh Dunia

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa pandangan wirausaha menurut ahli:

Menurut Richard Cantillon (1755)

Pengertian wirausaha menurut ahli yang pertama adalah dari Richard Cantillon. Berikut pandangannya terkait wirausaha:

Entrepreneurial is an innovator and individual developing something unique and new

Artinya: Wirausaha adalah seorang penemu dan individu yang membangun sesuatu yang unik dan baru.

Harvey Leibenstein (1968, 1979)

Wirausaha menurut ahli yang kedua adalah dari Harvey Leibenstein, yang menyebutkan bahwa wirausaha adalah:

Kegiatan kewirausahaan meliputi diperlukan untuk membuat atau melaksanakan perusahaan ketika semua pasar belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksi tidak sepenuhnya diketahui.

Menurut Dan Stein dan Jhon F.Burgess (1993)

Yang selanjutnya adalah pengertian wirausaha menurut ahli, dari Dan Stain dan Jhon F.Burgess. Adapun ia menyebutkan bahwa:

Wirausaha adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala resiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.

Menurut Geoffrey G. Meredit (1995)

Pandangan wirausaha menurut ahli, yakni menurut Geoffrey G. Meredit, mengatakan bahwa:

Wirausaha atau entrepreneur adalah orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan kesempatan bisnis mengumpulkan sumber sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan daripadanya serta mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan kesuksesan.

Menurut Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz (2004)

Tidak hanya menjual produk, menurut Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machoedz, wirausaha adalah seorang inovator yang mampu mengubah kesempatan menjadi sebuah ide yang bisa dijual, dapat memberikan nilai tambah melalui upaya, waktu, biaya, serta kecakapan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Arif F. Hadipranata

Selanjutnya mari ketahui pandangan wirausaha menurut ahli dari Indonesia, yakni Arif F. Hadipranata, yang mengatakan bahwa:

Wirausaha adalah orang-orang yang mengambil risiko yang diperlukan untuk mengelola dan mengatur semua urusan, dan menerima sejumlah manfaat finansial dan non-keuangan.

Eddy Soeryanto Soegoto

Tidak hanya mengatur jalannya produksi dan mengerti finansial, wirausaha menurut ahli, yakni dari Eddy Soeryanto Soegoto, menyebutkan bahwa:

Kewirausahaan atau entrepreneurship adalah usaha kreatif yang dibangun berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberi manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.

Joko Untoro

Selanjutnya ada Joko Untoro, mengemukakan pandangan wirausaha yang berarti suatu keberanian untuk melakukan upaya upaya memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, atas dasar kemampuan dengan cara manfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

Ahmad Sanusi (1994)

Punya pandangan lain, ini arti wirausaha menurut ahli, yakni pendapat dari Ahmad Sanusi, dimana wirausaha adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.

Siswanto Sudomo (1989)

Yang terakhir ada pengertian wirausaha menurut ahli, bernama Siswanto Sudomo, yang mengatakan bahwa:

Kewirausahaan atau entrepreneurship adalah segala sesuatu yang penting mengenai seorang wirausaha, yakni orang yang memiliki sifat bekerja keras dan berkorban, memusatkan segala daya dan berani mengambil risiko untuk mewujudkan gagasannya.

Tokoh Wirausaha Sukses Ternama di Indonesia

– William Tanuwijaya – Tokopedia

– Hendy Setiono – Baba Rafi

– Johnny Andrean – Johnny Andrean Salon, J.CO, Bread Talk

– Chairul Tanjung – CT Corp

– Rachel Vennya – Selebgram

– Ferry Unardi – Traveloka

– James Prananto – Kopi Kenangan

– Ali Muharam – Makaroni Ngehe

– Aruna Harsa – Dekoruma

– Reza Nurhilman – Maicih

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah kamu tertarik ingin menjadi wirausaha sukses juga, seperti mereka? Bisa kok!

Apapun bidang usahanya, pastikan kalian konsisten membangun bisnis, terlebih dalam mengatur keuangan.

Jangan sampai, mentang-mentang bisa raup omzet hingga ratusan juta rupiah, kamu tidak memperdulikan perencanaan keuangan selanjutnya.

Nah, agar penyajian data keuanganmu lebih mudah diatur, kamu bisa menggunakan software akuntansi modern, yang saat ini sudah pakai di banyak perusahaan.

Pasalnya, saat ini sudah nggak zaman lagi, untuk membuat penyajian keuangan di sebuah buku, dan kamu harus mengisinya secara manual.

Selain repot, ada banyak risiko yang membuat data dan laporan keuanganmu hilang, rusak, atau tak terbaca.

Maka dari itu, untuk mempermudah pekerjaanmu dalam membangun bisnis, terutama dalam hal finansial perusahaan, lebih baik gunakan software akuntansi

Software akuntansi apa yang paling direkomendasikan, apalagi untuk wirausaha pemula? Software akuntansi MASERP, bisa jadi solusi.

Anda bisa lihat artikel lainnya tentang seputar wirausaha dan akuntansi di blog kami. Nantikan artikel lainnya ya!

Baca Juga: Pelajari Akuntansi Manajemen Secara Mendalam