Pembukuan Akuntansi: Simak Metode, Jenis dan Manfaatnya

Sebuah bisnis yang sukses diawali dengan pembukuan yang terstruktur, salah satunya pembukuan akuntansi yang tepat. Pembukuan atau pencatatan memang sangat penting untuk memantau perkembangan usaha Anda.

Adanya laporan laba-rugi, dan seluruh transaksi bisa Anda pantau dengan baik. Teori ini sederhana, namun ilmu ini tidak dapat diabaikan begitu saja. Apakah Anda berencana membuka usaha baru? Sebaiknya Anda memahami tentang teori dan contoh pembukuan akuntansi dalam artikel ini.

Pengertian Pembukuan Akuntansi

Secara umum pembukuan akuntansi adalah catatan keuangan yang berisi data akan transaksi yang erat kaitannya dengan keuangan yakni pemasukan atau pengeluaran yang terjadi dalam sebuah perusahaan.

Sebelum membuat pembukuan tersebut Anda perlu memahami dasar akuntansi dan siklus akuntansi. Siklus akuntansi berkaitan dengan laporan keuangan mengingat, aspek ini sangat penting untuk mengolah data yang dibutuhkan untuk proses pembuatan pembukuan.

Proses tersebut dimulai dari pengolahan data dari tahapan transaksi yang disesuaikan dengan bukti transaksi. Anda perlu mengumpulkan segala bukti keuangan Hal ini dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan untuk membuat laporan keuangan. Dengan adanya hal ini, kesalahan bisa diminimalisir karena setiap perubahan transaksi yang terjadi dan perbandingan jumlah debit dan kredit dari setiap transaksi telah tercatat.

Baca Juga: Format Lengkap dan Contoh Catatan Atas Laporan Keuangan

Metode dalam Pembukuan

Ada 2 metode umum untuk mencatat pembukuan dalam akuntansi yaitu sistem pembukuan input tunggal dan ganda. Berikut ini perbedaan dua metode tersebut:

Pembukuan Tunggal

Sistem ini biasa digunakan di bisnis kecil dan menengah. Metode ini efektif untuk perusahaan yang melakukan transaksi sederhana dan nominalnya kecil. Sumber pembukuan yang digunakan yaitu buku kas utama. Sistem masukan tunggal ini memiliki sifat yang mirip seperti rekening koran. Tidak ada pengelompokan khusus untuk setiap pos pengeluaran dan pemasukan.

Pembukuan Ganda

Berbeda dengan metode sebelumnya, sistem masukan berpasangan ini lebih sering digunakan oleh perusahaan berskala besar. Masukan berpasangan ini dinilai lebih baik dibandingkan dengan masukan tunggal. Tersedia akun khusus untuk pemasukan (debit) dan pengeluaran (kredit) yang terpisah. Sehingga akuntan dan perusahaan lebih mudah dalam memantau arus keuangan yang kompleks.

Manfaat Adanya Pembukuan Akuntansi

Penilaian Bisnis

Pembukuan pada bisnis merupakan sebuah rekaman tentang berbagai aktivitas yang berada dalam internal perusahaan. Dari rekaman inilah akan didapatkan gambaran tentang bagaimana kondisi dari bisnis yang telah selama ini dijalankan. Apakah akan membawa dampak yang lebih baik seperti diperolehnya laba atau justru hanya akan mendapatkan kerugian.

Jika memang telah didapatkan laba maka akan dicari tahu dan menyusun strategi dalam mempertahankan bisnis agar tetap bisa memberikan keuntungan yang maksimal. Apakah akan tetap memakai cara dan strategi bisnis yang lama dengan beberapa kali penyesuaian atau memutuskan untuk memakai cara dengan strategi baru menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Alur Transaksi

Anda dapat melihat riwayat transaksi yang kamu lakukan secara lengkap jika Anda menuliskan semua kegiatan ekonomi yang kamu lakukan. Tidak hanya dapat men-tracking distribusi uang namun juga mengetahui distribusi barang. Berapa banyak jumlah barang yang telah dikeluarkan pada hari itu dan berapa banyak pula barang yang telah dimasukkan ke dalam perusahaan. Semua ini bisa dengan mudah diketahui hanya dengan melihat dan mengecek buku keuangan Anda.

Keuntungan dan Kerugian

Dengan mengetahui setiap transaksi yang ada pada setiap harinya serta mengetahui arus distribusi uang dan barang dalam perusahaan, maka Anda dapat mengetahui estimasi untung yang akan didapat atau rugi yang akan didapat. Dari pencatatan setiap transaksi yang ada maka akan terdapat angka-angka yang bisa menunjukkan bagaimana perkembangan keuangan bisnis.

Jenis-Jenis Pembukuan

Saatnya Anda juga harus memahami tentang jenis-jenis pembukuan. Ada 3 jenis pembukuan sederhana yaitu:

Catatan Kas

Pembukuan catatan kas lebih umum disebut sebagai buku kas. Fungsinya adalah untuk mendokumentasikan segala transaksi keluar dan masuk yang dilakukan oleh perusahaan. Sumbernya berasal dari bukti transaksi berupa faktur atau kuitansi. Buku kas inilah yang menjadi acuan dalam pembuatan laporan keuangan dalam satu periode tertentu.

Persediaan

Pembukuan persediaan berguna untuk mencatat seluruh barang yang masih tersedia. Catatan ini sangat bermanfaat dalam kegiatan penjualan yang dilakukan oleh perusahaan. Fungsi utama dari pembukuan persediaan yaitu memastikan stok barang masih aman. Perusahaan akan mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan re-stok dengan melihat catatan dalam pembukuan persediaan. Selain itu, adanya pembukuan persediaan juga mencegah terjadinya tindak kecurangan. Apabila ada penjualan yang tidak tercatat akan lebih mudah terdeteksi.

Inventaris Barang

Pembukuan inventaris barang berisi catatan semua aset yang dimiliki oleh perusahaan.ini bisa didapatkan dari pembelian maupun hibah. Tujuannya yaitu untuk mempermudah pengawasan terhadap harta perusahaan dan mencegah penyalahgunaannya. Setiap barang yang dimiliki perusahaan diberi nomor tertentu kemudian didokumentasikan dalam pembukuan.

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa pembahasan dari pembukuan akuntansi, beserta metode dan jenisnya yang bisa Anda terapkan pada bisnis. Perusahaan juga disarankan untuk membuat pembukuan yang benar dan rinci agar perusahaan bisa membantu membuat laporan keuangan dengan benar. Sehingga, nantinya tidak ada kesalahan dalam pencatatan yang berdampak pada keuntungan perusahaan.

Nah, perusahaan sepertinya butuh teknologi untuk membantu kamu dalam membuat laporan keuangan di mana Anda bisa memanfaatkan software akuntansi seperti MASERP.

Selain itu, MASERP juga bisa dibuat dan gunakan juga sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sehingga, para akuntan di perusahaan bisa menggunakannya dengan mudah. Dengan MASERP semua data, jurnal hingga laporan bisa dibuat dengan mudah, cepat, dan akurat. Tentu software ini akan memudahkan seluruh kegiatan pencatatan perusahaan. 

Yuk, segera konsultasikan dengan MASERP, untuk mengetahui kebutuhan perusahaan kamu dalam melakukan pencatatan atau pembuatan laporan keuangan.

Baca Juga: Jurnal Khusus: Pengertian, Jenis, Tujuan Beserta Contoh

New call-to-action