4 Strategi Pemasaran Online Cocok Bagi Milenial

Biasanya, bisnis online selalu naik daun terlebih lagi di saat menjelang hari raya Idul Fitri kali ini. Semakin banyaknya orang yang menggunakan teknologi internet, semakin berkembang pula dunia bisnis. Maka dari itu, pemilik bisnis berbondong-bondong menggencarkan pemasaran online untuk membuat produk yang dijualnya laku. Berikut ini, akan dijelaskan penjelasan pemasaran online beserta jenis dan strateginya.

Apa Itu Pemasaran Online?

Mungkin Anda bertanya-tanya apakah yang dimaksud pemasaran online. Tentu, hal tersebut jadi salah satu faktor penting dalam berbisnis, terutama secara online. Pemasaran online adalah strategi mempromosikan produk yang sangat berpengaruh pada penjualan. Karena online, maka dilakukannya pun melalui platform-platform di internet. Pemasaran online dapat dilakukan dengan iklan berbayar atau media lainnya. Tujuan pemasaran online pastinya untuk mengenalkan produk online pada konsumen dan meningkatkan minat beli mereka.

Baca Juga: 7 Pertimbangan dan Alasan Memakai Sistem Akuntansi Online

Jenis Pemasaran Online untuk Usaha

Berikut jenis-jenis pemasaran online yang dapat Anda terapkan pada usaha yang sedang dilakukan, yaitu:

Reseller atau Dropshipper

Reseller atau dropshipper dapat menjadi salah satu pekerjaan sampingan bagi sebagian orang. Tidak hanya itu, dengan adanya reseller produk usaha yang dihasilkan memiliki penyebaran yang meluas di kalangan masyarakat. Dengan begitu, metode pemasaran ini cocok dilakukan oleh usaha yang memang masih berada di level bawah hingga usaha level atas.

Prinsip kerja dari metode ini adalah seorang reseller akan mempromosikan suatu produk usaha kepada konsumen atau calon konsumen. Terget pasar tersebut dapat diperoleh melalui relasi dari reseller. Semakin banyak reseller maka semakin banyak pula konsumen dan calon konsumen yang mengakibatkan profit dari sebuah usaha juga semakin meningkat.

Social Media Marketing

Penggunaan sosial media merupakan alternatif untuk memasarkan suatu produk. Dengan metode ini, pelaku usaha dapat mengunggah buku katalog maupun deskripsi secara singkat mengenai produk yang akan dipasarkan. Umumnya, media sosial yang sering digunakan untuk promosi ini adalah Instagram, Facebook, Twitter, dan aplikasi lainnya.

Email Marketing

Dari sekian metode, email menjadi salah satu bagian dari jenis-jenis pemasaran yang dapat diakses secara online. Pelaku usaha dapat melakukan pemasaran dengan cara mengirimkan pesan pada email konsumen. Umumnya, pesan tersebut dibuat secara resmi untuk menunjukkan identitas dari suatu usaha atau perusahaan.

Google Ads

Google Adwords atau Google Ads merupakan bagian dari jenis-jenis pemasaran online efektif, dengan cara menempatkan iklan pada mesin pencarian Google. Dengan metode ini, profil dari produk usaha diatur sedemikian rupa untuk menempati urutan pertama pada mesin pencarian Google.

Manfaat dari penggunaan Google Ads ini yaitu kemudahan penargetan iklan baik itu berdasarkan keyword, lokasi iklan, usia, bahasa, hari, waktu, dan perangkat. Manfaat selanjutnya adalah pemberian kendali biaya, mempermudah penilaian kesuksesan usaha, dan pengelolaan campaign yang lebih efektif.

Influencer Marketing

Tidak cukup dengan adanya sosial media, ketika seseorang berencana untuk melakukan pemasaran secara online dan akan menggunakan sosial media tersebut. Jumlah dari pengikut pada media sosial juga sangat berpengaruh.

Maka dari itu, sebagian besar pelaku usaha merekrut influencer yang cukup diartikan sebagai seseorang yang mampu memberikan perubahan bagi orang lain. Hal ini digunakan untuk menarik perhatian dan minat konsumen. Metode ini dapat dilakukan melalui sosial media maupun iklan di website, Youtube, maupun iklan di televisi.

Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM) juga memiliki prinsip yang sama dengan SEO. Pada metode ini, dilakukan peningkatan visibilitas website pada laman pencarian Google. Uraian tersebut merupakan rangkuman dari jenis-jenis pemasaran online yang dapat dilakukan baik di rumah maupun di tempat kerja.

Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu dari jenis-jenis pemasaran online yang dilakukan dengan mengoptimalkan sebuah website pihak perusahaan atau pelaku usaha. Website menjadi salah satu media untuk memasarkan produk.

Tentunya, pada website tersebut diperlukan konten yang menjelaskan mengenai deskripsi produk baik secara umum maupun mendetail. Dengan adanya SEO maka akan diperoleh hasil pencarian nomor teratas untuk konten website sehingga akan lebih mudah dikunjungi oleh konsumen.

Strategi Marketing Online

Akun Media Sosial dan Website

Media sosial dan website merupakan ujung tombak strategi pemasaran online. Mengapa? Karena apabila kamu tidak bisa menghadirkan keduanya, maka rasanya akan sulit untuk menunjukkan eksistensi bisnis secara maya. Sesuaikan media sosial dengan target pasarmu, misalnya jika kamu memiliki target pasar berusia 20-35 tahun, maka Instagram dapat menjadi pilihan yang tepat, atau jika kebanyakan target pasar kamu memiliki demografi diluar kota maka Facebook menjadi salah satu pilihan juga.

Pilih Nama Brand yang Mudah

Yang dimaksud dengan mudah adalah mudah untuk diucapkan dan juga mudah untuk diingat. Semakin mudah nama brand diucapkan maka semakin mudah juga diingat, dengan begitu orang akan merasa terus membicarakan produk.

Jika diperhatikan, saat ini banyak sekali brand yang dimiliki oleh para millenial memiliki nama yang aneh dan nyeleneh, hal ini bertujuan agar mudah diingat dan menjadi perbincangan di masyarakat.

Foto Produk yang Menarik

Strategi marketing online tidak bisa terlepas dari penampilan visual, oleh karena itu menyajikan foto atau video produk dalam bentuk paling menarik menjadi kewajiban. Membuat sebuah foto yang menarik mata, sehingga tanpa adanya tulisan apapun, foto yang kamu ciptakan seakan mampu berbicara sendiri dari refleksi gambar yang ditampilkan.

Beri perhatian lebih pada hal ini, karena foto merupakan sebuah aset penting di era digital saat ini, apalagi jika bisnis kamu bergelut di dunia online.

Berikan Promosi Spesial

Hal ini mungkin terkesan biasa, tapi tahukah Anda bahwa memberikan diskon adalah salah satu strategi marketing online yang paling diminati oleh pelanggan? Dengan memberikan diskon akan memungkinkan kamu menarik konsumen baru ataupun pelanggan untuk kembali membeli dengan Anda. Berikan diskon yang menarik dan sering, namun tetap lakukan perhitungan bagi bisnis.

Kesimpulan

Dari semua metode pemasaran ini, pastinya Anda sudah memiliki gambaran metode mana yang pas yang bisa diterapkan untuk bisnis Anda.

Jika Anda tidak menguasai semuanya, memang dibutuhkan kerjasama antara mereka yang ahli di bidang IT atau teknologi serta marketing strategist dan bahkan orang yang bisa menganalisa.

Perlu diingat baik-baik, bisnis merupakan hal yang harus diperhatikan dan dirawat dengan baik dengan semangat dan perjuangan.

Jangan lupa untuk mencatat juga seluruh alur transaksi termasuk pengeluran dan pemasukan pada bisnis pada pembukuan yang baik dan sesuai standar untuk mendapat laporan keuangan dan data financial untuk integrasi bisnis yang lebih baik.

Jika Anda kesulitan untuk melakukan pelaporan, Anda bisa menggunakan software akuntansi MASERP yang memiliki fitur Barcode Scanner untuk penerimaan barang, surat jalan dan penjualan produk yang bisa membantu meningkatkan kecepatan dan keakuratan kinerja Anda.

Anda juga dapat melakukan tracking umur piutang customer Anda dengan fitur reminder untuk piutang jatuh tempo setiap harinya agar dapat melakukan penagihan tepat waktu dan menjaga kesehatan cash flow.

Jika Anda membutuhkan software ERP tersebut, Anda dapat menghubungi MAS Software dengan klik gambar di bawah ini!

New call-to-action