Intip 6 Strategi Marketing Paling Ampuh Beserta Manfaatnya

Perusahaan di bidang apapun, pasti memerlukan strategi marketing agar barang yang diproduksinya bisa dikenal, diminati, dan terjual dengan lebih efektif. Kira-kira strategi marketing seperti apa yang bisa ampuh dilakukan di zaman sekarang ini?

Namun, sebelum mengetahui daftar strategi marketing yang paling ampuh yuk ketahui terlebih dahulu selengkapnya.

Pengertian Strategi Marketing

Buat kamu yang menempuh pendidikan di bidang pemasaran atau marketing pasti bidang pekerjaannya pun tidak jauh dari marketing juga. 

Nah, untuk bekerja menjadi seorang marketing maka harus memiliki banyak strategi marketing. Adapun pengertian dari strategi marketing sendiri adalah sebuah rencana yang dibuat secara menyeluruh dengan tujuan untuk pemasaran bisnis dan menjangkau orang yang tadinya tidak mengenal produk kita menjadi pelanggan untuk produk atau layanan, dari perusahaan sediakan. 

Tidak asal promosi, perusahaan juga harus memiliki tim marketing yang mempunyai strategi marketing yang baik dan efektif. 

Karena, dalam strategi tersebut harus berisi proposisi nilai plus perusahaan, cara pemasaran terbaik, informasi tentang kualifikasi pelanggan, hingga hal-hal lain yang berhubungan dengan rencana pemasaran.

Selain itu, dalam strategi marketing juga perusahaan harus memiliki jangka waktu yang lebih panjang daripada rencana pemasaran individu. Mengapa? Karena strategi ini mempertaruhkan proposisi nilai dan elemen-elemen penting dari sebuah merek produk yang diciptakan perusahaan. 

Perlu kamu ketahui juga, bahwa nyatanya strategi marketing berbeda dengan rencana pemasaran. Kedua hal tersebut memang saling berhubungan tapi tidak bisa disatukan, karena tidak berada dalam satu definisi.

Manfaat Strategi Marketing

Apasih manfaatnya, perusahaan memiliki strategi marketing selain untuk memperkenalkan produk lebih efektif? Berikut tiga manfaatnya;

Distribusi Menjadi Lebih Efisien

Manfaat strategi marketing yang pertama adalah tentu bisa membuat distribusi produk, menjadi lebih efisien. Pasalnya, promosi dengan strategi marketing yang baik akan memudahkan perusahaan dalam mengetahui siapa target pelanggan kisaran harga produk yang tepat. Sehingga, hal tersebut akan membantu tim marketing menentukan cara distribusi produk yang paling efektif.

Seperti contoh, jika kamu melayani demografi target milenial, maka kamu harus memberikan opsi pembelian produk menggunakan layanan pembayaran digital seperti dompet digital, PayPal dan kartu kredit. Terlebih, layanan tersebut juga akan lebih memudahkan pelanggan sehingga hal tersebut bisa meningkatkan penjualan loyalitas pelanggan.

Baca Juga : Strategi dan Metode Penilaian Persediaan Barang Dagang

Membangun Citra Merek/Brand

Manfaat yang kedua adalah dengan cara membangun citra merek atau brand dari produk yang dijual. Dengan citra merek yang solid, maka pelanggan akan terus mengingat tentang merek tersebut meski muncul kompetitor lain. 

Karena, ada banyak kesalahan strategi marketing yang menempatkan iklan di platform yang tidak sejalan dengan citra merek produk kamu.

Menciptakan Produk Yang Menjual

Selain itu, manfaat dari strategi marketing lainnya juga adalah bisa membantu menciptakan produk yang lebih menjual. Tidak hanya sekadar menjual, melakukan pemasaran yang efektif, juga harus bisa mengambil hati pelanggan kamu bahkan bisa mengetahui apa yang menjadi kebutuhan mereka. 

Pasalnya, perusahaan di sisi lain juga butuh mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan permintaan pelanggan agar perusahaan bisa membuat produk yang bisa memenuhi keinginan mereka. 

Sehingga, apa yang kita jual akan sangat bermanfaat bagi pelanggan sehingga mereka akan menjadi pelanggan tetap, dan repeat order. Perbaharui juga, sistem dan strageti marketing mengikuti dengan perubahan teknologi dan ekonomi agar lebih relevan. 

Strategi Marketing Paling Ampuh

Membuat Konten Pemasaran yang Kreatif

Strategi marketing yang pertama adalah membuat konten pemasaran yang kreatif terlebih di era serba digital seperti sekarang ini, semakin banyak juga perusahaan yang menjadi kompetitor. 

Pintar saja tidak cukup, strategi marketing harus dibuat secara kreatif dengan memanfaatkan soft selling sehingga bisa sekaligus memberikan edukasi meski didalamnya tersemat pesan-pesan provokatif bersifat persuasif untuk menarik calon pembeli.

Contoh konten pemasaran kreatif juga bisa dibuat berbagai jenis, seperti iklan berbentuk video, gambar, caption di media sosial, hingga artikel di website.

Tawarkan Program Referral

Strategi marketing yang kedua adalah dengan menawarkan program refferal, pasalnya, di dalam dunia bisnis program referral atau afiliasi, sebenarnya sudah sangat umum dan sering digunakan. 

Bahkan, dengan strategi marketing tersebut bisa memberikan seseorang berpotensi untuk mendapatkan hingga puluhan juta rupiah per bulan, dengan cara menjualkan barang-barang milik orang.

Nah, jika kamu berminat dengan strategi ini, kamu diharapkan siap untuk menyisihkan sebagian keuntungan dari penjualan perusahaan, untuk dibagikan kepada para kontributor, yang berniat mendaftar menjadi refferal.

Mengikuti Acara Pameran / Networking

Strategi berikutnya ini, juga bisa digunakan, meskipun perkembangan gadget dan teknologi sangat canggih. Namun, pemasaran secara langsung, juga tidak kalah baik, demi menciptakan engagement dengan networking.

Bahkan, dengan mengikuti acara pameran, maka hal tersebut, bisa menarik pembeli yang cukup signifikan untuk bisnis di perusahaan kamu.

Membangun Image Brand

Saat ini, image branding bisa sangat mempengaruhi penjualan suatu produk. Bahkan, dengan image branding, produk yang kualitasnya biasa saja, akan tetap dicari pelanggan, karena image yang sangat baik. 

Contohnya, seperti brand-brand fashion  high class, Supreme, CK, Gucci, dan lainnya, bisa menjual produk hingga jutaan rupiah, padahal, kualitasnya tidak jauh berbeda dengan produk lokal Indonesia. 

Padahal kualitas dan tampilannya tidak jauh berbeda dibandingkan kaos biasa? Nah, jawaban dari hal tersebut adalah branding.

Di mana dengan image branding, mereka rela mengeluarkan uang, demi merek fashion tersebut, karena mereka meyakini bahwa merek tersebut mampu menaikkan image strata sosial mereka. 

Jangan khawatir, jika image brand kamu belum sebesar mereka, karena kamu juga bisa membuat image branding dengan baik, seperti merek make up lokal Make Over.  Nah, bisa meniru strategi mereka dalam membangun image di mata pelanggan. 

Search Engine Optimization (SEO)

Semakin canggih teknologi, ada sistem yang juga bisa dijadikan strategi marketing yakni search engine optimization atau seo. Sehingga si zaman sekarang, sangat tepat untuk kamu melakukan strategi ini. 

Terlebih, bagi kamu yang memiliki bisnis dibidang online. Mengapa harus sekarang? Karena jika ditunda, akan muncul banyak pesaing dan nantinya akan menjadi kompetitor kamu. 

Apa itu seo? SEO sendiri merupakan proses optimasi mesin pencari yang biasa digunakan ketika perusahaan sudah memiliki website usaha, atau bisa juga sosial media. 

SEO akan membantu website atau sosial media kamu, akan terjaring lebih mudah oleh mesin pencari Google, ketika orang mencari sesuatu dengan bantuan keyword. 

Saat ini, juga sudah banyak tutorial untuk melakukan optimasi, yang ampuh meningkatkan promosi produk melalui berbagai channel marketing seperti artikel.

Email Marketing

Tidak hanya berupa konten artikel, jika kamu ingin memiliki goals yang lebih banyak, maka kamu bisa lakukan strategi marketing melalui media email. 

Bahkan, cara ini sudah mulai dilakukan sejak kemunculan internet. Meski saat ini sosial media dan lainnya, menjadi media yang paling banyak dilihat, namun email masih tetap mampu mendongkrak penjualan secara signifikan. 

Namun, perlu kamu ketahui, bahwa konten email dan media sosial berbeda, karena konten yang dibuat akan dikirim secara personal, untuk menjaring calon pelanggan. 

Sehingga, disarankan kirimkan penawaran melalui email kepada seseorang yang alamat emailnya memang didaftarkan sebelumnya. Jadi, jangan kirimkan ke email yang tidak didaftarkan secara suka rela ke layanan mailing list buatan perusahaan kamu.

Kesimpulan

Intinya dari daftar strategi marketing paling ampuh ini adalah, perusahaan memang harus memiliki strategi yang matang sehingga penjualan produk bisa lebih efektif. 

Strategi marketing dibuat, agar promosi produk kamu, dipromosikan tepat pada sasarannya. Sehingga, untuk mendapatkan ide strategi marketing yang baik, kamu harus melakukan banyak hal, termasuk riset pasar dan analisis data menggunakan alat-alat seperti PEST (Politik, Ekonomi, Sosial dan Analisis teknologi) dan analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman).

Selain tim marketing yang membutuhkan alat-alat bantuan tersebut, di sisi lain marketing bersama dengan tim keuangan juga butuh alat-alat yang bisa membantu pekerjaan mereka lebih mudah yakni seperti software akuntansi MASERP. 

Dengan MASERP, perusahaan kamu akan lebih mudah dalam membuat pembukuan bisnis, laporan keuangan, pemasukan, dan pengeluaran. 

Dengan MASERP juga, kamu bisa mengetahui bagaimana peningkatan pendapatan, setelah dilakukannya strategi marketing tersebut. Evaluasi pun akan berjalan dengan lebih akurat. 

Baca Juga : Strategi Lead Generation sebagai Kunci Sukses Penjualan

New call-to-action