Bagaimana Menentukan Target Pasar untuk Bisnis?

Jika Anda adalah pelaku bisnis, pasti menginginkan bisnis yang dijalankan dapat berkembang pesat dan memberikan banyak keuntungan, terlebih lagi pada bulan yang penuh berkah. Untuk mencapai hal tersebut, maka diperlukan suatu strategi pemasaran yang tepat dan efektif, seperti menentukan target pasar.

Dalam menetapkan target pasar, perusahaan lebih dulu melakukan segmentasi pasar dengan cara mengelompokkan konsumen (pembeli) ke dalam kelompok dengan ciri-ciri (sifat) yang hampir sama.

Penentuan target pasar ini sangat penting karena perusahaan tidak dapat melayani seluruh konsumen atau pembeli yang ada di pasar.

Pembeli yang ada terlalu banyak dengan kebutuhan dan keinginan yang beragam atau bervariasi, sehingga perusahaan harus mengidentifikasi bagian pasar mana yang akan dilayaninya sebagai target pasar.

Pengertian Target Pasar

Target pasar adalah sekelompok orang yang menjadi target penjualan produk Anda. Umumnya target pasar akan memiliki karakteristik yang sama baik dari sisi kebiasaan, demografi dan lainnya.

Dengan kata lain, target‌ ‌pasar‌ ‌adalah‌ ‌calon‌ ‌pembeli‌ ‌potensial‌‌ ‌yang‌ ‌harus‌ ‌mendapatkan‌ ‌informasi‌ ‌dan‌‌ promosi‌‌ ‌terkait‌ ‌produk‌ ‌Anda.‌

‌Artinya,‌ ‌Anda‌ ‌perlu‌ ‌menentukan‌ ‌langkah‌ ‌yang‌ ‌tepat‌ ‌untuk‌ ‌menjangkau‌ ‌konsumen‌ ‌dengan‌ ‌baik.‌ Dengan tujuan ‌membuat‌ ‌konsumen‌ ‌membeli‌ ‌produk‌ ‌Anda.‌

Strategi‌ ‌pemasaran‌ ‌yang‌ ‌baik‌ ‌dimulai‌ ‌dengan‌ ‌menentukan‌ ‌target‌ ‌pasar‌ ‌yang‌ ‌potensial.‌ ‌jadi‌ ‌Anda‌ ‌bisa‌ ‌menerapkan‌ ‌satu‌ ‌strategi‌ ‌yang‌ ‌efektif‌ ‌untuk‌ ‌menawarkan‌ ‌produk‌ ‌yang‌ ‌Anda‌ ‌jual.

Tujuan Target Pasar

Menentukan target pasar tentu ada tujuan untuk keberhasilan dalam menjalankan bisnis Anda. Tujuannya adalah untuk mengarahkan kegiatan pemasaran ke kelompok konsumen tertentu, promosi, penetapan harga, dan tentunya memudahkan proses distribusi produk.

Pada era digital saat ini, tujuan target market juga bisa dikatakan agar campaign yang Anda buat secara online ini masuk sesuai dengan karakter mereka. Semakin target market merasa cocok dengan produk atau brand Anda, semakin besar juga awareness yang muncul.

Manfaat Mengetahui Target Pasar

Peningkatan Penjualan

Fokus pada target pasar memungkinkan Anda untuk membuat produk lebih cepat dan memasarkannya lebih dahulu dari kompetitor Anda. Hasilnya, penjualan produk Anda akan meningkat.

Selain itu, Anda akan lebih mudah dalam mengembangkan produk. Semua data yang Anda miliki dari target pasar Anda akan membantu dalam menentukan produk yang disukai pelanggan.

Tidak hanya itu, kemampuan Anda dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik akan mendorong customer loyalty. 65% dari keuntungan sebuah perusahaan berasal dari para pelanggan setianya.

Biaya Modal yang Dibutuhkan

Kegiatan pemasaran yang Anda lakukan akan membutuhkan biaya. Jika Anda tidak menetapkan strategi target pasar terlebih dahulu, Anda akan berupaya untuk menyasar semua orang. Artinya, anggaran yang Anda butuhkan akan sangat besar dengan cara ini.

Walaupun pada akhirnya hasil penjualan Anda banyak, keuntungan Anda akan relatif kecil akibat biaya pemasaran yang juga besar.  

Antisipasi Persaingan Pasar

Setiap bisnis akan mengalami persaingan usaha, kecuali jenis bisnis yang sangat spesifik.

Jika bisnis Anda memiliki kompetitor, jangan terlalu khawatir. Kemampuan Anda dalam mengantisipasi persaingan akan memberikan Anda keuntungan.

Kuncinya, mengetahui target pasar Anda dan melihat apa yang kompetitor tawarkan di pasar tersebut. Lalu, ciptakan keunggulan produk Anda yang belum mampu ditawarkan oleh kompetitor.

Intinya, mengetahui target pasar bisa membantu Anda berbeda dari kompetitor. Itulah yang dilakukan MASERP dengan perusahaan Software ERP lainnya, karena di MASERP laporan perusahaan Anda dapat dicustom sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga : 7 Peluang Bisnis Ramadhan 2021 yang Menjanjikan Cuan

Menyiapkan Konten Promosi

Sebuah pemasaran yang berhasil dipengaruhi oleh konten promosi yang digunakan. Semakin sesuai dengan target pasar, akan semakin menarik perhatian. Dengan demikian, potensi penjualan produk bisa digenjot dengan maksimal.

Target pasar Anda akan menentukan apakah promosi akan dilakukan melalui media cetak seperti surat kabar atau majalah? Atau pemasaran melalui sosial media saja? Hal ini membutuhkan pertimbangan yang berdasar pada data, yaitu target audiens Anda.  

Membangun Komunikasi

Dengan mengetahui target pasar, Anda akan lebih mudah berkomunikasi dengan pelanggan Anda. Tujuannya, memahami kebutuhan pelanggan. 

Komunikasi yang Anda lakukan bisa dengan cara survey atau metode lain. Karena sudah mengetahui target pasar, Anda tahu siapa saja yang layak Anda libatkan dalam kegiatan tersebut.

Membuka Investasi Bagi Usaha Kecil Menengah

Investasi adalah salah satu cara yang efektif dalam pengembangan sebuah bisnis, terutama bagi bisnis kecil dan menengah.

Jika Anda ingin ada pihak lain yang berinvestasi di bisnis Anda, tunjukkan bahwa bisnis tersebut terencana dengan baik.

Salah satu caranya, menunjukkan visi dan misi yang jelas, termasuk memahami target pasar yang ingin Anda raih. Dengan demikian, para investor akan lebih yakin untuk menjalin kerja sama mengembangkan bisnis Anda.

(Ilustrasi Target Pasar Sumber : Freepik )

Bagaimana Menentukan Target Market?

Setelah mengetahui Apa saja tujuan dan manfaat dari target pasar bisnis Anda, sekarang kita akan bahas bagaimana Anda menentukan target pasar.

Lokasi Penjualan

Lokasi adalah salah satu faktor ketika menentukan target pasar dengan segmentasi geografis, karena tidak semua produk bisa Anda jual ke mana saja.

Contohnya bisnis kuliner, ada suatu produk sambal asal Surabaya, jadi Anda bisa menjualnya ke seluruh Indonesia secara online.

Namun, jika bisnis Anda adalah laundry atau jasa pencucian mobil, tentu target pasar Anda akan terbatas pada wilayah tertentu saja. Setidaknya, Anda hanya bisa menentukan lokasinya saja.  

Demografi Pembeli

Demografi adalah segala sesuatu yang terkait dengan penduduk. Hal ini meliputi jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, dan lainnya.

Jika Anda mengetahui demografi dari calon pembeli, tentu Anda akan mengetahui seberapa besar target pasar Anda dan pendekatan pemasaran apa yang paling tepat dilakukan.

Sebagai contoh, bisnis mainan anak-anak. Walaupun tujuan dari pemasaran produk Anda adalah para orang tua, konten promosi yang Anda buat akan mencerminkan dunia anak, baik dari sisi desain, pemilihan warna, jenis huruf yang digunakan dan cara penyampaiannya.

Kebiasaan Calon Pembeli

Dengan mempelajari kebiasaan calon pembeli, Anda tidak hanya mampu menentukan produk apa yang ingin Anda ciptakan namun juga waktu yang tepat untuk memasarkannya.

Sebagai contoh, jika Anda berbisnis kue kering dan konsumen cenderung membeli produk yang terjangkau, Anda bisa membuat produk dalam kemasan ekonomis.

Lalu, seluruh kegiatan promosi yang Anda lakukan berfokus pada sisi ekonomis dan harga yang ditawarkan tersebut.

Daya Beli Konsumen

Sebagian besar konsumen sangat memperhatikan harga sebuah produk sebagai pertimbangan utama. Namun, terdapat ranah bisnis yang menuntut pada kualitas produk yang ditawarkan, selain harga.

Salah satu contohnya adalah wedding organizer (WO). Untuk memastikan momen istimewanya berjalan sempurna, banyak orang menggunakan jasa wedding organizer dibanding merencanakannya sendiri.

Alasannya, pengalaman dan ketepatan dalam mengatur rangkaian proses menjadi kunci. Jadi konsumen rela mengeluarkan uang untuk mendapatkan pelayanan terbaik.

Maka, jika Anda menggeluti bisnis serupa, pastikan Anda jeli dalam menentukan harga terbaik dari jasa yang Anda tawarkan, termasuk menyediakan berbagai pilihan paket untuk target pasar yang berbeda.

Kesimpulan

Mengetahui target pasar sangat penting, baik bagi Anda yang baru saja memulai bisnis, maupun bagi Anda yang ingin meningkatkan penjualan produk.

Target pasar adalah proses yang dapat membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan calon pembeli, dan memasarkan produk sesuai dengan kebiasaan mereka.

Untuk mengetahui target pasar, Anda harus terlebih dahulu menentukan segmentasinya, baik dari sisi geografi, demografi, maupun ekonomi. Dengan menggunakan data yang tepat, Anda akan memiliki target pasar yang jelas.

Perlu diingat baik-baik, bisnis merupakan hal yang harus diperhatikan dan dirawat dengan baik dengan semangat dan perjuangan.

Jangan lupa untuk mencatat juga seluruh alur transaksi termasuk pengeluran dan pemasukan pada bisnis pada pembukuan yang baik dan sesuai standar untuk mendapat laporan keuangan dan data financial untuk integrasi bisnis yang lebih baik.

Jika Anda kesulitan untuk melakukan pelaporan, Anda bisa menggunakan software akuntansi MASERP yang memiliki fitur Barcode Scanner untuk penerimaan barang, surat jalan dan penjualan produk yang bisa membantu meningkatkan kecepatan dan keakuratan kinerja Anda.

Anda juga dapat melakukan tracking umur piutang customer Anda dengan fitur reminder untuk piutang jatuh tempo setiap harinya agar dapat melakukan penagihan tepat waktu dan menjaga kesehatan cash flow.

Jika Anda membutuhka software ERP tersebut, Anda dapat menghubungi MAS Software dengan klik gambar di bawah ini!

Baca Juga : 5 Software ERP Indonesia Terbaik Tahun 2021 (Dengan Harga)

New call-to-action