7 Peluang Bisnis Ramadhan 2022 yang Menjanjikan Cuan

Bulan Ramadhan tinggal hitungan hari dan ini bisa menjadi kesempatan emas bagi Anda membuka bisnis dadakan. Saat bulan Ramadhan, masyarakat biasanya lebih memiliki keinginan berbelanja lebih tinggi daripada bulan-bulan biasanya.

Ini tentu saja dapat menjadi kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari segi finansial yang bisa menambah pundi-pundi saldo keuangan Anda. Berikut ini 7 ide bisnis yang bisa Anda coba untuk bulan Ramadhan.

Takjil dan Makanan Berbuka Puasa

Setiap bulan Ramadhan tiba, pasti Anda pernah merasakah atmosfer jajan takjil di suatu tempat yang cukup ramai, bukan?

Adzan magrib adalah sesuatu yang paling ditunggu bagi orang yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Dan biasanya akan mencari takjil untuk berbuka puasa saat ngabuburit. Ini bisa menjadi ide bisnis Ramadhan yang bisa Anda coba.

Anda bisa menjual berbagai menu takjil tanpa memerlukan modal yang besar seperti aneka minuman manis seperti cendol atau jus buah, sop buah, jajanan pasar, kue basah atau makanan lain yang sekiranya laku di area rumah Anda.

Agar banyak pembeli, sebaiknya Anda memasang harga jual yang pas di kantong alias tidak terlalu mahal.

Baca Juga: 7 Perbedaan UKM dan UMKM yang Perlu Diketahui

Catering Sahur dan Buka Puasa

Selain takjil, bagi Anda yang suka memasak bisa membuat catering sahur dan berbuka puasa. Catering yang Anda tawarkan dapat membantu para anak kos mahasiswa dan karyawan yang tidak sempat memasak untuk sahur dan berbuka. Anda harus pintar-pintar menyusun menu yang menarik dan bergizi.

Buatlah paket menu yang menawarkan kebutuhan gizi lengkap dari karbohidrat, sayuran, protein sampai buah.

Anda bisa memberikan harga yang lebih murah jika pembeli berlangganan catering sahur dan berbuka puasa sekaligus selama Ramadhan.

Selain untuk perorangan, Anda juga bisa menawarkan menu untuk berbuka puasa bersama seperti nasi box, nasi liwet, tumpeng beserta dengan jasa antarnya sampai ke tempat tujuan.

Jangan asal berjualan, Anda wajib memperhatikan rasa dan kebersihan makanan beserta pelayanan agar pelanggan senang membeli makanan Anda.

Anda juga bisa menjual menu dengan target market khusus seperti menu vegetarian, menu rendah carbo dan lainnya.

Kurma

Menurut sunnah, kurma  adalah makanan untuk berbuka puasa. Bisnis Ramadhan yang menjanjikan salah satunya adalah berjualan kurma.

Kurma yang beredar di pasaran pun ada banyak jenisnya, dari yang harganya paling murah hingga ratusan ribu. Anda bisa pilih sesuai target market Anda, apakah target market Anda mau membeli kurma dengan harga mahal? Atau hanya harga murah?

Anda dapat mencari agen kurma dan menjadi reseller atau buat branding sendiri untuk bisnis Anda dan menjualnya secara online agar bisa dijangkau lebih luas oleh calon pelanggan.

Fashion Muslim dan Alat Ibadah

Saat Ramadhan tiba biasanya masyarakat muslim akan mencari baju muslim atau alat ibadah baru untuk memaksimalkan ibadah. Tidak hanya wanita atau ibu-ibu, tetapi kaum pria pun juga.

Kalau Anda mendapat banyak pelanggan saat berjualan fashion muslim di bulan Ramadhan, Anda bisa melanjutkannya lagi walaupun Ramadhan telah usai.

Buatlah pakaian muslim yang memiliki ciri khas unik agar brandmu dikenal banyak orang karena berbeda dengan yang lain.

Kalau Anda tidak memiliki modal yang besar, Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper dari pedagang besar yang brandnya sudah dikenal banyak orang.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, penjualan bisa semangkin meningkat karena banyak yang mencari mukena, sarung dan peci untuk beribadah dan kembaran saat lebaran.

Parcel Ramadhan dan Hari Raya

Saat ini, parcel tidak hanya dicari saat menjelang Ramadhan saja, tetapi juga sebelum berpuasa. Pasti Anda sering melihat banyak yang memposting parcel untuk bulan Ramadhan di media social.

Masyarakat banyak yang mengirim parcel ke klien, partner bisnis, sanak saudara dan teman-teman mereka.

Tentu saja ini bisa menjadi peluang bisnis Ramadhan yang bisa menambah pundi-pundi keuangan Anda.

Anda bisa menjual parcel makanan, kue, peralatan ibadah atau bahkan perlengkapan rumah tangga.

Susun dan rangkai parcel sekreatif dan semenarik mungkin agar banyak pembeli yang memesan parcel Anda.

Kue Kering

Kue kering menjelang lebaran adalah salah satu checklist yang dicari bagi masyarakat muslim. Kue-kue ini akan disajikan di rumah mereka untuk menyuguhkan sanak saudara dan kerabat yang datang berkunjung.

Dan ini lah peluang bisnis Ramadhan untuk Anda yang suka membuat kue agar tidak hanya menjadi hobi saja, tetapi juga menghasilkan uang.

Seperti bisnis fashion, Anda juga bisa menjadi reseller atau dropshipper kalau tidak memiliki modal yang besar dan tidak bisa membuat kue.

Tawarkan packaging yang menarik untuk menambah nilai bisnis Anda. Anda bisa menjual secara online dan pasarkan lewat grup-grup yang ada di WhatsApp Anda.

Kue kering ini juga bisa dijadikan parsel yang dapat dikirimkan ke keluarga dan kerabat Anda.

Laundry

Bagi masyarakat yang terbiasa menggunakan asisten rumah tangga pasti akan sedikit terbebani saat lebaran karena ART mereka pulang kampung.

Bisnis laundry bisa menjadi peluang bisnis Ramadhan setiap tahunnya. Anda bisa membuka usaha laundry kiloan dengan harga bersaing di sekitar daerah rumah Anda.

Tidak perlu menjual dengan harga tinggi, yang terpenting banyak pelanggan yang datang ke toko laundry Anda. Tawarkan harga member atau promo menarik lainnya untuk customer langganan Anda.

Untuk bisnis laundry memang akan membutuhkan modal yang cukup besar yaitu memerlukan mesin cuci dengan pengering, setrika dan timbangan untuk barang (pakaian).

Utamakan kualitas dan kebersihan dari hasil laundry untuk memberikan kepuasan bagi pelanggan.

Baca Juga: Strategi Penyusunan Laporan Keuangan UMKM

Kesimpulan

Peluang bisnis Ramadhan yang bisa Anda lakukan untuk menambah pundi-pundi saldo rekening antara lain takjil dan makanan berbuka puasa, catering sahur dan berbuka, kurma, fashion muslim, parcel, laundry dan kue kering.

Anda bisa memilih peluang bisnis sesuai dengan passion atau kesukaan Anda agar tidak menjadi paksaan saat berbisnis.

Apabila Anda adalah pelaku UMKM, sebaiknya perhatikan mengenai manajemen keuangan dan pembukuan keuangan bisnis walaupun bisnis Anda masih berskala kecil. Banyak usaha bisnis yang collapse karena keuangannya tidak tercatat dengan benar dan rapi.

Anda bisa mencatat laporan keuangan dengan menggunakan software akuntansi seperti MASERP di mana sudah terintegrasi dengan berbagai fitur bisnis seperti penjualan, pembelian, distributormanufaktur dan lainnya.

Dengan MASERP, Anda bisa mencatat laporan keungan secara akuntansi dan bisa ditracking dari mana saja dan kapan saja tanpa harus menunggu tutup buku apalagi sampai mengalami kerugian.

Laporan keuangan yang baik bisa menjadi bahan analisis Anda dalam menentukan keputusan bisnis Anda ke depannya.

MASERP adalah software dengan sistem ERP dan bisa dicustom sesuai dengan bisnis flow Anda. Tunggu apalagi? Segera konsultasikan kebutuhan Anda dengan konsultan ahli kami dengan mengklik gambar di bawah ini. GRATIS!

Jangan lupa share artikel ini dan sampai jumpa di artikel berikutnya!

New call-to-action