5 Keuntungan Dropshipping yang Bisa Anda Ikuti

Berbicara bisnis online, Indonesia disebut-sebut akan menjadi pasar e-commerce terbesar di Asia. Wajar saja bila para ahli ekonomi memprediksi bahwa pendapatan dari bisnis online akan mencapai 20% pendapatan negara. Karena itu, bisnis online dianggap salah satu sektor paling strategis saat ini. Adapun skema bisnis dropship dengan modal dan risiko minimal menjadi salah satu opsi bisnis online yang sangat potensial. Hal ini sama sekali tidak mengherankan sebab dropshipping adalah dapat dijalankan oleh siapa saja, asal Anda memahami e-commerce dan gigih mempromosikan produk.

Apa itu Bisnis Dropshipping?

Bisnis dropshipping adalah model bisnis di mana seseorang menjual produk yang dibuat oleh pihak lain. Namun, untuk menjual produk tersebut, orang ini tak perlu menyetok dan mengirimkannya secara manual. Lewat bisnis dropship, produsen juga lah yang mengirimkan produknya ke konsumen.

Lalu, apa itu dropshipper? Dropshipper adalah orang menjalankan bisnis dropship. Kalau Anda nantinya menjalankan bisnis dropship, Anda akan disebut sebagai dropshipper.

Keuntungan Menjadi Dropshipper

Sebagai sebuah bisnis online, apa yang membuat dropship mampu mendatangkan keuntungan yang menjanjikan? Inilah beberapa keuntungan menjadi dropshipper:

Tak Perlu Keluar Modal Besar

Bisnis dropship bisa Anda mulai berapapun modal yang Anda miliki. Alasannya, Anda tidak perlu melakukan pembelian produk di awal. Pembelian hanya Anda lakukan jika sudah ada permintaan konsumen atas produk tertentu.

Selain itu, semua biaya untuk melakukan pengelolaan barang, termasuk pengiriman ditanggung oleh produsen barang. 

Sebagai dropshipper, modal yang Anda perlukan hanyalah biaya untuk membangun dan mengelola website. Itupun dalam jumlah yang kecil.

Menghadapi Resiko yang Minim

Resiko yang dihadapi seorang dropshipper relatif kecil. Sebagai contoh, adanya perubahan tren pembelian produk. Jika Anda membeli produk terlebih dahulu baru menjualnya, Anda akan menanggung kerugian jika ternyata produk tersebut sudah tidak lagi diminati oleh pasar.

Di sisi lain, cara di atas mengharuskan Anda menanggung resiko jika terjadi kerusakan barang yang akan dijual.

Hal ini tidak akan terjadi pada bisnis dropship. Sebab, tidak diperlukan pembelian produk di awal layaknya Reseller.

Tak Perlu Punya Gudang

Dropshipper tidak perlu menyiapkan gudang untuk menyimpan barang yang hendak dijual. Sebab, barang tersebut memang akan langsung dikirimkan oleh produsen ke konsumen langsung.

Tidak adanya gudang berarti tidak diperlukan tenaga dan sistem untuk mengelolanya. Artinya, biaya operasional bisa lebih minimal.

Bebas Menjual Aneka Produk

Menjalankan bisnis dropship memungkinkan Anda untuk berjualan berbagai produk. Mulai dari produk kebutuhan sehari-hari hingga produk digital seperti ebook.

Meskipun harus tetap memperhatikan strategi bisnis, Anda bisa menjual aneka produk sekaligus. Cukup memajang produk-produk tersebut di toko online Anda dengan mudah. 

Bebas Berjualan Dari Mana dan Kapan Saja

Seperti halnya bisnis online lain, dropship bisa dijalankan dari mana saja. Selama ada jaringan internet, Anda bisa melayani permintaan pelanggan yang mengunjungi website toko online Anda.

Selain itu, Anda tidak terikat dengan jam buka seperti halnya toko offline. Website online yang sudah dilengkapi dengan fitur notifikasi dan tracking akan memudahkan bisnis dropship Anda berkembang dengan cepat.

Kesimpulan

Baik Anda seorang wirausahawan baru atau seorang  yang telah lama malang melintang di dunia marketplace, bisnis dropshipping adalah salah satu bisnis berisiko dan berbiaya rendah yang bisa dipilih untuk mulai berjualan online.

Dengan meningkatnya aplikasi pihak ketiga seperti alat otomatisasi pemasaran software ERP menjalankan bisnis Anda secara online tidak lagi sulit. 

Terlebih untuk masalah pendataan stok, pengeluaran, pemasukan, dan lainnya yang harus tercatat.

Di manapun bisnis Anda pastikan tidak lupa untuk melakukan pendataan laporan keuangan dan sejenisnya,

Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti MASERP yang bisa memudahkan Anda mencatat laporan keuangan dan mentracking dari mana saja dan kapan saja tanpa harus menunggu tutup buku apalagi sampai mengalami kerugian.

Laporan keuangan yang baik bisa menjadi bahan analisis Anda dalam menentukan keputusan bisnis Anda ke depannya.

MASERP adalah software dengan sistem ERP dan bisa dicustom sesuai dengan bisnis flow Anda.

New call-to-action