Ekspor Impor: Ketahuilah Pengertian, Komoditas dan Manfaatnya

Anda tentunya pernah mendengar istilah ekspor impor . Masih ingatkah Anda apa itu ekspor dan impor? Ekspor dan impor sangat penting bagi suatu negara dan berkaitan erat dengan kegiatan ekonomi negara.

Secara singkat, ekspor adalah kegiatan menjual barang ke luar negeri. Sedangkan kegiatan impor adalah membeli barang dari luar negeri sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Dalam perdagangan Internasional merupakan perdagangan yang dilakukan dalam kerjasama antara negara dengan negara yang meliputi suatu proses ekspor dan impor.

Nah, untuk mendalami kembali pengetahuan tentang ekspor dan impor, berikut akan dipaparkan mengenai apa itu ekspor dan impor, apa saja tujuan dan manfaatnya serta komoditas ekspor dan impor di Indonesia.

Pengertian Ekspor dan Impor

Ekspor

Ekspor dan impor tentu memiliki arti yang sangat berbeda. Ekspor adalah suatu kegiatan mengeluarkan barang dari daerah pabean.

Ekspor merupakan suatu kegiatan mengeluarkan produk barang dari dalam negeri ke luar negeri, yang mana dalam aktivitasnya tetap harus memenuhi standar peraturan dan ketentuan yang ada.

Kegiatan ekspor ini umumnya dikerjakan oleh suatu negara yang mampu menghasilkan produk barang dalam jumlah yang cukup besar dan yang mana produk yang dihasilkan juga sudah terpenuhi di dalam negara tersebut.

Namun apabila kegiatan ekspor dilakukan dalam skala yang besar, maka proses pengiriman tersebut akan melibatkan bea cukai. Dalam kegiatan ini disebut sebagai eksportir.

Eksportir

Arti eksportir adalah kegiatan perseorangan atau badan hukum yang harus dilakukan dalam melakukan kegiatan ekspor. Arti eksportir ini dapat diklasifikasikan menjadi 2 yaitu eksportir produsen dan non produsen.

Arti eksportir produsen yaitu perusahaan eksportir yang juga memproduksi barang. Sedangkan arti eksportir non produsen adalah eksportir yang mengekspor barang milik perusahaan lain atau dapat disebut sebagai eksportir umum.

Impor

Apa itu impor? Impor adalah suatu aktivitas atau kegiatan membeli suatu barang atau jasa dari negeri lain yang mana tujuannya untuk memenuhi kebutuhan dasar dalam negeri.

Dalam melakukan aktivitas pengiriman barang impor juga membutuhkan proses pendampingan oleh bea cukai. Umumnya pihak pemerintah akan menentukan jumlah tarif pajak atas setiap produk impor ke masing-masing importirnya.

Maka hal tersebut yang membuat produk barang impor mempunyai harga yang lebih mahal, sebab di dalamnya sudah dibebankan biaya pajak yang harus ditanggung oleh pihak konsumen.

Baca Juga : Ketahui Perbedaan PPn dan PPnBm

Tujuan dan Manfaat Ekspor dan Impor

Ekspor

Berikut ini adalah tujuan dan manfaat yang didapatkan dari kegiatan ekspor barang dari dalam ke luar negeri:

1. Industri Dalam Negeri

Ekspor merupakan suatu bentuk kegiatan perdagangan lingkup Internasional yang bertujuan untuk memberikan respon terhadap permintaan dalam negeri yang menyebabkan tumbuhnya industri-industri pabrik besar.

Permintaan yang meningkat akan ekspor suatu produk dapat berdampak pada perkembangan industri suatu negara. Hal ini tentunya dapat menciptakan iklim usaha yang kondusif.

Selain itu, dengan melakukan perdagangan Internasional suatu negara bisa membiasakan diri untuk bersaing dalam pasar Internasional serta terlatih dalam persaingan yang ketat.

2. Harga Produk

Dengan melakukan ekspor, negara bertujuan untuk memanfaatkan kelebihan kapasitas yang ada dari suatu produk. Tujuannya adalah untuk mengendalikan harga produk ekspor yang ada di dalam negeri.

Ketika suatu produk melimpah produksinya maka harga produk tersebut di dalam negeri akan memiliki harga yang rendah karena sangat mudah didapatkan.

Oleh karena itu, untuk mengendalikan harga supaya tetap stabil, negara melakukan ekspor ke negara lainnya yang membutuhkan produk tersebut.

3. Menambah Devisa Negara

Kegiatan ekspor tentunya berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi suatu negara. Manfaat dari kegiatan ekspor adalah membuka pasar baru di luar negeri sebagai perluasan pasar domestik, menumbuhkan investasi, dan menambah devisa suatu negara.

Impor

Tujuan paling utama dari kegiatan impor adalah memenuhi kebutuhan dalam negeri. Aktivitas ekspor dan impor merupakan salah satu wujud dari inter-konektivitas setiap negara. Tidak ada negara yang mampu hidup mandiri termasuk Indonesia.

Dalam memenuhi kebutuhannya, setidaknya pasti terdapat satu hal yang membuat negara tersebut harus membangun hubungan baik dengan negara lainnya.

Salah satunya, dalam aktivitas perekonomian ini. Tujuan lainnya dari kegiatan impor adalah untuk memperkuat neraca pembayaran dan mengurangi keluarnya devisa ke luar negeri.

Lalu apa manfaat dari impor? Manfaat dari kegiatan impor itu sendiri adalah memungkinkan suatu negara untuk memperoleh bahan baku, barang dan jasa suatu produk yang jumlahnya terbatas di dalam negeri ataupun yang tidak bisa dihasilkan di dalam negeri. Hal ini secara tidak langsung mendukung stabilitas negara.

Perdagangan Internasional

Komoditas Ekspor Indonesia

Ada lima komoditas ekspor paling besar yang dimiliki oleh indonesia yaitu:

Kelapa Sawit

Kelapa sawit dapat dijadikan sebagai bahan apa saja seperti bahan baku pembuatan sabun, minyak goreng, mentega, dan lainnya. Bahan ini akan diekspor berupa minta inti sawit palm kernel oil dan minyak sawit. Biasanya Indonesia akan melakukan pengiriman dalam jumlah besar ke negara India, Pakistan, hingga Cina.

Kakao

Kakao adalah sejenis biji yang diolah menjadi coklat atau makanan lain. Produk biji kakao akan dikirim keluar negeri yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia.

Karet

Seperti yang Anda ketahui bahwa negara Indonesia adalah suatu negara penghasilan karet paling besar. Maka jangan heran bila karet bisa dijadikan sebagai suatu komoditas utama di Indonesia.

Produk karet Indonesia banyak dikirimkan ke beberapa negara maju, seperti Jepang, China, dan Amerika.

Hasil Hutan

Indonesia merupakan suatu negara tropis yang memiliki banyak sekali hutan, sehingga dengan begitu banyak sekali industri kayu di indonesia memiliki prospek perkembangan yang bagus. Adapun hasil hutan yang dikirimkan ke luar negeri adalah pulp kertas dan kayu.

Tekstil

Dengan banyaknya jumlah industri tekstil di Indonesia maka dengan industri tersebut negara dapat berhasil meningkatkan devisa dalam negeri.

Faktor Mempengaruhi Komoditi Ekspor dan Impor

Komoditi merupakan suatu produk atau jasa yang mampu memenuhi kebutuhan pembeli. Namun ada 3 komoditi yang ingin hendak diekspor pada suatu negara harus mempunyai keunggulan sendiri.

Alam Ekspor dan Impor

Kondisi geografis merupakan salah satu faktor yang mampu mempengaruhi keunggulan pada suatu komoditas. Seperti contoh Indonesia, yang memiliki iklim tropis, sehingga banyak pohon karet yang tumbuh subur.

Biaya Produksi

Faktor biaya produksi juga turut mempengaruhi keunggulan atas suatu komoditi. Pengaruh harga pada suatu barang bisa dipengaruhi oleh pengeluaran biaya produksi yang rendah. Apabila semakin murah suatu harga barang makan semakin rendahnya suatu biaya produksi.

Teknologi

Kualitas produk juga sangat berpengaruh besar pada faktor teknologi. Maka keunggulan suatu produk komoditi juga bisa ditentukan dari semakin majunya teknologi yang digunakan.

Kesimpulan

Jadi, dari penjelasan di atas kita sudah mengetahui apa itu impor dan ekspor. Karena jal ini sangat penting untuk Anda ketahui, terlebih lagi jika Anda menekuni kegiatan bisnis pada perusahaan ekspor impor.

Kegiatan perusahaan ekspor impor juga harus dilakukan dengan perhitungan pendanaan atau budget yang matang, agar setiap prosedur nya dapat dilewati dengan mudah.

Namun jika perusahaan ekspor impor masih mengalami kesulitan dalam melakukan perhitungan pendanaan atau hal lain terkait manajemen keuangan atau akuntansi, mungkin Anda dapat menggunakan software akuntansi seperti MASERP.

Dengan menggunakan sistem ERP, bisa menjadi solusi bagi data keuangan yang kuat dan bisa menyederhanakan bisnis Anda dengan sistem otomatis yang prosesnya berbasis data, menganalisa data keseluruhan dan dapat menyediakan data yang lebih akurat secara terintegrasi.

Secara umum, sistem ERP mengintegrasikan beberapa fungsi bisnis seperti akuntansi, inventarismanufaktur, SDM, purchasing, SCM, penjualan dan CRM yang nantinya akan berguna dalam kegiatan ekspor impor perusahaan Anda.

Hal ini memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP menawakan modul-modul ERP yang sesuai dengan industri perusahaan Anda baik yang sudah tersedia ataupun Anda bisa mengcustom modul yang dibutuhkan.

Baca Juga : Daftar Software ERP Jakarta 2021

New call-to-action