7 Manfaat Internship yang Bisa Dirasakan Fresh Graduate

Kata internship biasanya melekat pada mahasiswa tingkat akhir atau fresh graduate yang ingin mencari pengalaman kerja. Magang atau yang juga dikenal dengan istilah internship adalah sebuah pelatihan kerja yang biasanya dilakukan mahasiswa semester akhir atau wisudawan baru di sebuah perusahaan.

Program internship ini tentu saja sangat diminati karena akan memberikan banyak keuntungan seperti ilmu yang bermanfaat dan pengalaman kerja sebelum benar-benar menapaki dunia kerja yang sebenarnya. Jadi bagi lulusan baru boleh kalian simak seluk-beluk dan manfaat dari internship pada artikel kali ini.

Pengertian Internship

Internship adalah istilah yang mengacu pada periode pengalaman kerja yang ditawarkan oleh pemberi kerja untuk memberikan siswa dan lulusan baru lingkungan kerja.

Internship atau intern seringkali dilaksanakan dalam industri tertentu yang berkaitan dengan bidang studi mereka. Dikutip dari AllAboutCareers, menjelaskan bahwa kegiatan magang itu seringkali bisa sesingkat 1 minggu hingga atau selama 12 dua belas bulan.

Orang yang magang atau anak magang, mereka bisa dibayar atau sukarela, namun, sebelum Anda memulai intrenship, penting untuk mengetahui hak-hak Anda melakukan pekerjaan sebenarnya terkait dengan pembayaran juga loh.

Tujuan dan Fungsi Internship

Agar lebih memahami tentang apa itu pengertian internship adalah pasti kita juga harus mengetahui apa tujuan dan fungsinya secara khusus.

Benar, selain dari yang sudah kami sebutkan di atas, internship juga memungkinkan Anda untuk melihat seperti apa pengaturan pekerjaan dan apakah itu adalah tempat yang dapat Anda bayangkan untuk menghabiskan karier Anda.

Sebagai contoh, jika Anda akan magang di stasiun berita, maka Anda akan dapat menentukan apakah Anda menyukai suasana program berita televisi yang cepat dan aktivitasnya sibuk.

Atau, seperti jika Anda internship di perpustakaan penelitian atau pada bagian programming, Anda mungkin menemukan pekerjaan yang sunyi dan menyendiri dalam kesehariannya.

Melalui intrenship, Anda meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Melakukan hal itu memberi Anda kepercayaan diri yang lebih besar dan rasa pencapaian yang akan membuat calon pemberi kerja bersemangat melihatnya.

Saat Anda menyelesaikan magang, Anda juga dapat meningkatkan keterampilan komunikasi, organisasi dan kerja tim yang semuanya akan berguna untuk posisi masa depan Anda.

Tujuan internship juga untuk membantu Anda membuat koneksi yang berguna. Jadi orang atau bagian yang mengelola Anda selama magang dapat menjadi mentor yang dapat memberikan informasi bermanfaat dan membantu membimbing Anda selama karier.

Anda dapat menggunakannya sebagai referensi untuk pekerjaan masa depan, karena mereka telah melihat Anda beraksi dan mereka mengetahui kompetensi Anda.

Baca Juga: Tips Wawancara Kerja Offline dan Online. Ketahui 6 Trik Psikologinya!

Manfaat Internship

Merasakan Pengalaman Bekerja

Manfaat yang bisa Anda dapatkan selama internship adalah mendapatkan pengalaman bekerja. Sebut saja pengalaman ini sebagai pemanasan sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja yang sebenarnya. Selama menjalani program intrenship, ada banyak hal yang bisa dipelajari seperti sistem kerja suatu perusahaan, etika kerja dan mempraktekan langsung ilmu yang selama ini sudah Anda pelajari di bangku kuliah.

Agar tidak salah dalam memilih perusahaan, sebaiknya Anda melakukan survey terlebih dahulu. Jika Anda berhasil masuk perusahaan yang sesuai dengan yang dicari, maka proses internship Anda akan berjalan sesuai rencana dan banyak ilmu yang diperoleh. Jadi nantinya ketika sudah terjun ke profesi yang selama ini diimpikan, Anda sudah punya bekal dan bisa cepat beradaptasi.

Punya Teman/Relasi Baru

Selain pengalaman, selama magang Anda juga akan bertemu dengan orang-orang baru. Jalinlah hubungan yang baik dengan orang-orang yang ada di perusahaan. Di sana Anda tentu akan berjumpa dengan senior-senior yang cukup profesional pada bidangnya.

Dari mereka Anda bisa belajar tentang bagaimana caranya mendongkrak karir dan mengembangkan potensi diri. Jika Anda terbiasa bergaul dengan orang-orang yang kompeten, bisa jadi mereka akan jadi perantara kesuksesan Anda di masa depan.

Keluar dari Zona Nyaman

Dunia kampus dan dunia kerja tentunya sangat berbeda. Saat masuk ke dunia kerja, Anda harus mengeluarkan segala kemampuan yang dimiliki agar bisa bermanfaat untuk perusahaan. Dari yang tadinya tidak tahu apa-apa menjadi serba bisa.

Walaupun Anda harus berusaha keras dalam hal ini, namun manfaatnya bisa Anda petik di kemudian hari. Dengan begini Anda juga jadi tahu siapa sebenarnya Anda, sejauh mana kemampuan Anda, dan apa yang perlu ditingkatkan lagi.

Skill Komunikasi yang Meningkat

Saat menjalani internship di suatu perusahaan tentu saja Anda akan berhadapan dengan banyak orang mulai dari atasan rekan kerja atau klien. Cara berkomunikasi dengan mereka tentunya tidak sama saat berhadapan dengan keluarga atau teman. Secara tidak sadar kemampuan Anda dalam berkomunikasi pastinya akan meningkat. Hal ini tentunya akan menguntungkan bahkan bisa berpengaruh pada kehidupan karir Anda kelak.

Merealisasikan Ilmu yang Sudah Dipelajari

Manfaat lain yang bisa Anda dapat saat menjalani internship adalah bisa merealisasikan semua ilmu yang sudah dipelajari selama duduk di bangku kuliah. Jika dulu Anda hanya belajar dan belajar, kini Anda bisa mempraktekannya langsung.

Oleh karena itu penting untuk mencari tempat magang yang sesuai dengan bidang yang Anda pelajari. Jika tidak, alih-alih mempraktikan ilmu yang sudah dipelajari, malah tidak melakukan apa-apa di perusahaan tempat Anda intership.

Menambah Pengalaman dalam Curriculum Vitae

Saat perekrutan karyawan baru, pihak HRD tentunya akan mengutamakan orang yang sudah punya pengalaman kerja. Nah, momen internship Anda bisa dimasukkan dalam curriculum vitae sebagai tambahan pengalaman kerja.

Bayangkan saja jika Anda pernah magang di sebuah perusahaan yang bonafit, tentunya hal ini akan sangat menguntungkan. Apalagi jika pernah menorehkan prestasi atau manfaat pada perusahaan tempat intrenship sebelumnya, hal ini bisa jadi nilai plus sehingga persentase Anda diterima kerja semakin besar.

Dari Anak Magang Jadi Pegawai Tetap

Banyak orang yang meremehkan masa intrenship karena dianggap hanya latihan kerja saja. Selain itu, upah yang diterima pegawai magang biasanya minim dan jauh berbeda dari pegawai tetap dalam perusahaan. Hal ini kadang membuat orang jadi tidak bersungguh-sungguh dalam melakoni program internship tersebut.

Anggapan itu justru keliru dan harus Anda hindari. Banyak perusahaan yang akhirnya merekrut pegawai-pegawai magangnya karena memiliki kinerja yang brilian. Daripada repot melakukan seleksi karyawan baru, perusahaan justru lebih mengutamakan anak magang yang punya potensi.

Kesimpulan

Nah sampai disini sudah tahu kan manfaat internship di dalam suatu perusahaan? Jangan pernah menganggap remeh hal baru dan sesuatu yang kecil karena bisa saja jalan kesuksesan Anda dimulai dari situ.

Contohnya, Anda tidak bisa selamanya internship yang selalu disuapi. Sehingga, setelah itu Anda harus terjun sendiri untuk bekerja di bidang yang sesuai dengan keahlian atau passion. 

Begitu juga dengan perusahaan, setelah menggunakan intrenship, perusahaan juga boleh loh, menarik karyawan magang tersebut menjadi karyawan kontrak bahkan tetap. 

Maka dari itu, perusahaan yang membuka program intrenship biasanya harus mencatat data karyawan magang beserta kinerjanya selama bekerja.

Bahkan, saat ini banyak loh perusahaan yang mengangkat anak magang dan karyawan yang bekerja dengan awal karier menjadi anak magang di perusahaan tersebut. 

Sukses dalam dunia kerja tentunya juga harus diimbangi dengan cara mengatur finansial yang benar. Nah, agar perusahaan bisa mengetahui informasi terkait data karyawan magang bahkan karyawan biasa beserta besaran upahnya maka kamu bisa menggunakan software akuntansi seperti MASERP.

Dengan MASERP Anda bisa mengintegrasikan seluruh informasi bisnis tanpa perlu pakai software berbeda. MASERP memiliki modul penjualan, pembelian, inventory, aset, 300 laporan siap cetak, dan lain-lain.

MASERP juga dapat dicustom sesuai dengan bisnis flow perusahaan Anda. Yuk, konsultasikan sekarang dengan konsultan ahli kami, gratis!

Baca Juga: Jangan Salah Lagi! Ini Perbedaan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

New call-to-action