Apa Itu Resume? Bagaimana Cara Membedakan Resume dan CV?

Anda masih bingung dalam membedakan apa itu Resume dan apa itu CV? Bagi Anda yang baru lulus kuliah, belum tahu tentang Curriculum Vitae (CV) atau arti resume adalah hal lumrah.

Tetapi masih banyak yang ternyata beranggapan bahwa curriculum vitae (CV) dan resume adalah dua hal yang sama, padahal keduanya memiliki perbedaan yang terbilang cukup signifikan.

Apa Itu Reseume?

Resume adalah ringkasan atau gambaran singkat mengenai diri Anda yang disertai dengan alasan kenapa perusahaan harus merekrut Anda sebagai karyawan. Resume memiliki sifat yang lebih fleksibel jika dibandingkan CV.

Jika CV hanya berisikan riwayat kehidupan, resume bisa disesuaikan dengan lowongan kerja yang Anda inginkan.

Selain itu, apa yang tertulis di dalam resume bisa Anda ubah sesuai dengan kebutuhan karena tujuan pembuatannya untuk mengiklankan diri dan kemampuan Anda.

Selain itu, jika CV dapat ditulis dengan jumlah lebih dari dua halaman, resume hanya perlu ditulis dalam satu halaman saja.

Hal ini untuk melihat apakah Anda dapat meringkas kemampuan yang dimiliki dalam satu halaman singkat.

Tujuan Pembuatan Resume

Tujuan resume adalah mengetahui materi yang disajikan dengan pemahaman yang lebih detail, tidak hanya paham namun bisa menguasai materi yang telah disampaikan.

Selain itu tentunya memudahkan pembaca memahami maksud atau intisari dari sebuah karangan atau tulisan yang begitu panjang, tanpa adanya kesulitan memahami setiap kalimat yang begitu panjang yang mungkin lebih susah ditangkap.

Kemudian juga dapat memberikan pengajaran kepada setiap orang untuk lebih bisa menjelaskan sesuatu yang panjang menjadi singkat, jelas dan padat.

Walaupun singkat namun lebih mudah dimengerti, dipahami dan diterima bagi siapa pun yang menerimanya.

Tujuan lainnya adalah lebih mudah mengingat materi yang telah disampaikan tanpa membuka lagi tulisan yang mulanya belum diresume.

Fungsi Resume

Mengenai fungsi resume hampir sama dengan tujuan dari resume. Ada beberapa fungsi resume dintaranya adalah:

  • Menjadikan tulisan yang semulanya panjang lebar menjadi ringkas dan kaya makna.
  • Tulisan yang ringkas, padat dan penting akan mudah diingat.
  • Memudahkan penyampaian materi karena telah terkonsep.
  • Memudahkan pembaca menerima materi yang disampaikan.
  • Lebih mudah mengingatkan materi yang telah lalu karena tinggal membaca ulang dari resume yang telah dibuat.

Baca Juga : Pentingnya Slip Gaji Karyawan di Setiap Perusahaan

Apa Itu CV?

CV merupakan singkatan dari curriculum vitae. CV adalah gambaran kronologis dan mendalam mengenai perjalanan hidup dan karier yang pernah Anda tempuh.

Berhubung CV adalah cerita kehidupan Anda, maka konten yang ditulis dalam CV haruslah berisikan gambaran rinci tentang pengalaman, kualifikasi, hingga prestasi yang pernah Anda raih.

Baik itu prestasi akademis maupun prestasi yang terkait dengan pekerjaan yang akan Anda lamar nanti.

Di dalam CV Anda juga perlu mencantumkan informasi pribadi, seperti status perkawinan, kewarganegaraan, tempat dan tanggal lahir, beserta foto.

Namun, rekruiter kerja tertarik, Anda perlu melakukan personalisasi CV dan membuatnya lebih dari sekadar biografi karier.

Semua informasi di dalam CV harus disusun secara benar dan runut, sehingga rekruiter dapat memahami CV kamu secara menyeluruh dan memahami perjalanan hidup.

Biasanya CV ditulis dalam dua atau lebih halaman kertas.  Jadi, untuk menuliskan rekam jejak yang pernah Anda raih selama hidup di dalam CV, terutama prestasi-prestasi yang pernah Anda raih.

Perbedaan Resume dan CV ( Sumber : Glints.com )

Perbedaan Resume dan CV

Anda masih bingung dengan perbedaan antara CV dan resume? Jika iya, berikut ini akan dijelaskan lebih detail, mulai dari panjangnya, tujuan pembuatannya, dan bentuknya.

  • Resume berisi ringkasan singkat kemampuan yang Anda miliki dalam satu halaman.

Curriculum Vitae (CV) harus disusun dengan rapi karena memuat informasi mengenai kehidupan secara rinci dan jumlah halamannya tidak dibatasi (boleh lebih dari satu halaman).

  • Resume dapat ditulis sesuai kebutuhan posisi yang Anda lamar.

Curriculum Vitae (CV) harus ditulis sesuai dengan aturan yang berlaku (tidak bisa diubah aturannya).

  • Resume memiliki urutan penjelasan yang tidak baku.

Curriculum Vitae (CV)  memiliki urutan informasi yang berlaku atau telah ditentukan (tidak bisa diubah).

  • Resume memiliki isi yang lebih pendek, bentuknya tidak tetap, dan dapat diubah sesuai dengan kebutuhan pelamar.

Curriculum Vitae (CV) umumnya berisi panjang, statis, dan memuat informasi karier Anda secara panjang dan lengkap.

Tips dan Langkah Membuat Resume

Setelah mengetahui pengertian dan perbedaan CV dan resume, mari kita membahas langkah selanjutnya, yaitu tips dan langkah membuat resume. Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuat resume.

  • Gunakan aplikasi Microsoft Word yang dapat mempermudah Anda dan HRD. Buatlah resume sesingkat, sejelas, dan sepadat mungkin. Ingat, buatlah resume dalam satu halaman saja.
  • Pada bagian pertama, Anda bisa memulainya dengan mengisi data diri dengan benar, setidaknya mencakup nama lengkap, nomor telepon, alamat, dan email yang aktif.
  • Lanjutkan dengan menulis riwayat pendidikan dan kualifikasinya secara lengkap.
  • Tulis pengalaman kerja beserta dengan jabatan Anda secara lengkap. Sertakan juga apa saja yang Anda kerjakan.
  • Pastikan untuk selalu mengecek semua tulisan yang Anda buat di dalam resume, baik dari segi ejaan dan tanda baca untuk memastikan informasi yang dibuat sempurna serta tidak ada kesalahan.

Kesimpulan

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu resume dan Curriculum Vitae (CV), Apakah sekarang Anda sudah memahami dengan jelas dan perbedaannya? Memang, secara sekilas keduanya tampak sama, tapi jika ditelaah lebih lanjut ternyata memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Di Indonesia sendiri, baik CV atau resume memang masih sering digunakan secara beriringan oleh para recruiter. Oleh karena itulah, penting bagi Anda untuk mengetahui perbedannya agar dokumen yang Anda berikan kepada HRD sesuai.

Selain itu, sebagai calon karyawan tentunya Anda juga harus mengetahui bagaimana cara membuat keduanya dengan baik dan benar.

Membicarakan soal Curriculum Vitae (CV) dan resume, tentunya tidak akan terlepass dari Human Resource Development (HRD). HRD adalah divisi yang bertanggung jawab penuh dengan perekrutan yang akan membaca CV dan resume Anda.

Baca Juga : Payroll Adalah Sistem Modern untuk Penggajian Karyawan

New call-to-action