12 Manfaat ERP Bagi Perusahaan, Anda Wajib Tahu!

Software ERP memiliki fitur-fitur yang bisa mengcover semua urusan bisnis dari mulai penjualan, inventory, keuangan, manufaktur, distributor bahkan sampai urusan pajak. Manfaat ERP dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan, dan ini bisa memudahkan perusahaan dalam mencapai goalsnya.

Dengan ERP, Anda bisa mentracking urusan bisnis dari berbagai departemen dan mengantisipasi atau bahkan menangani risiko lebih awal. Perusahaan Anda tidak perlu ribet menggunakan software berbeda di tiap departemennya karena semuanya sudah tersedia di dalam satu sistem ERP.

Berikut ini adalah manfaat mengimplementasikan ERP untuk perusahaan Anda, baik untuk saat ini maupun di masa yang akan datang.

Hemat Biaya

Manfaat terbesar dari implementasi sistem ERP adalah dapat menghemat keuangan perusahaan. Dengan mengotomatisasi pekerjaan secara sederhana dan berulang, Anda dapat meminimalisir kesalahan dan menambah tenaga kerja agar pertumbuhan bisnis berjalan lebih cepat.

Perusahaan yang memiliki banyak cabang dapat menghemat pengeluaran dan mengoptimalkan seluruh sumber daya dari tenaga kerja, inventory hingga aset. Dengan ERP, perusahaan bisa dengan cepat melihat value proposition dari sebuah software yang mereka beli.

Alur Kerja Jelas

Software ERP memberikan kemudahan bagi karyawan dan perusahaan untuk melihat alur kerja, informasi dan data dalam satu tempat. Karyawan memiliki akses ke sistem serta dapat melihat status proyek dan kinerja berbagai fungsi bisnis yang terkait dengan pekerjaan mereka.

Bagi manajer dan pimpinan perusahaan, alur kerja yang jelas dan terlihat ini sangat penting karena prosesnya akan lebih cepat daripada harus mencari dokumen dan terus meminta update dari rekan kerja lain.

Pelaporan dan Analisis

Data akan berguna kalau perusahaan bisa menganalisis dan memahaminya, sistem ERP membantu dalam pelaporan dan analisis data di setiap fungsi bisnis.

Solusi utama memiliki tools pelaporan dan analisis yaitu user tidak hanya bisa melacak KPI (Key Performance Indicator), tetapi juga bisa menampilkan metriks atau perbandingan yang ingin Anda lihat.

ERP mengintegrasikan hampir seluruh fungsi bisnis, dengan ini Anda bisa memahami bagaimana perubahan atau masalah pada satu departemen bisa mempengaruhi departemen lain di perusahaan lain.

Baca Juga: Pentingnya Manajemen Data Bagi Perusahaan

Insight Bisnis

Karena ERP bisa mengakses data dari seluruh fungsi bisnis yang dimiliki perusahaan, sistem ERP bisa menunjukkan bagian mana yang berdampak dan memberikan insight bisnis yang luas.

Manfaat ERP dalam hal ini dapat memudahkan pihak manajemen perusahaan dalam mengambil keputusan yang lebih baik karena memiliki akses mudah ke semua data yang relevan.

Patuh Aturan dan Keamanan Data

Standar pelaporan keuangan dan keamanan data biasanya sudah diatur oleh pihak tertentu dan bisa mengalami perubahan. Bahkan untuk setiap industri bisnis pun sering berubah terkait dua hal ini. ERP dapat membantu perusahaan Anda memiliki data yang aman dan patuh terhadap peraturan.

Manfaat ERP adalah dapat mengetahui jejak audit dengan mentracking setiap transaksi, termasuk kepatuhan pada work flow yang memerlukan persetujuan. Selain itu, software ERP dapat mengurangi kesalahan terkait otomatisasi karena menyediakan laporan keuangan yang sudah sesuai dengan standar dan peraturan yang berlaku.

Manajemen Risiko

Manfaat ERP ternyata juga dapat mengurangi risiko untuk masalah yang mungkin akan ditemui oleh berbagai departemen perusahaan. Software ERP dapat diakses oleh karyawan yang sudah ditentukan, jadi tidak bisa orang lain yang tidak memiliki persetujuan menggunakannya.

Data yang lebih akurat mencegah kesalahan yang bisa mengakibatkan hilangnya penjualan atau denda. Selain itu, Anda bisa melihat status seluruh operasional sehingga bisa lebih cepat menangani risiko dari masalah bisnis.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Risiko Secara Lengkap Bagi Perusahaan

keamanan data

Kemanan Data

Vendor ERP memahami bahwa sistem perusahaan Anda menyimpan data penting, sehingga mereka memiliki cara untuk memastikan keamanan data tersebut.

Ini wajib dilakukan karena zaman sekarang cyber attack semakin meningkat. Khusus software ERP berbasis cloud, menggunakan protokol keamanan yang handal untuk memastikan perusahaan Anda tidak menjadi korban cyber attack.

Kolaborasi

Salah satu manfaat ERP adalah meningkatkan efektifitas bisnis, ini dapat diwujudkan dengan kerja sama antara karyawan.

ERP memudahkan untuk berbagi informasi seperti penjualan dan keuangan antara tim, karyawan dapat diberi akses yang sesuai ke data yang berhubungan dengan departemen mereka.

Skalabilitas

Sistem ERP yang tepat akan dapat terukur dan fleksibel untuk memenuhi kebutuhan perusahaan Anda pada saat ini dan masa mendatang saat perusahaan semakin berkembang.

Sistem cloud dapat beradaptasi dengan perubahan operasional ketika data yang dimiliki oleh perusahaan dan permintaan aksesnya meningkat.

Fleksibilitas

Meskipun software ERP membantu bisnis mengikuti metode terbaik, tetapi juga menawarkan fleksibilitas untuk mendukung proses dan tujuan bisnis Anda.

Administrator bisa membuat work flow khusus perusahaan dan membuat laporan otomatis untuk berbagai departemen. ERP dapat meningkatkan inovasi perusahaan dan kreativitas karyawan.

Kustomisasi

Meskipun sebagian besar perusahaan menemukan bahwa ERP modern mendukung bisnis mereka, ternyata beberapa perusahaan perlu menambahkan fungsionalitas pada software. Sebenarnya ERP hadir untuk memberikan solusi terbaik bagi seluruh fungsi bisnis dari ribuan perusahaan, sehingga meminimalkan kustomisasi.

Kalau Anda memiliki banyak proses, carilah sistem ERP yang dapat dikostumisasi oleh staf IT dengan menuliskan coding untuk menambahkan fitur yang diperlukan atau dapat diintegrasikan dengan software lama.

MASERP menawarkan software ERP yang dapat dicustom sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Manajemen Pelanggan dan Partner

Terakhir, manfaat ERP bagi perusahaan adalah dapat memperkuat hubungan antara pelanggan dan partner.

Ini dapat memberikan insight mengenai supplier, partner pengiriman barang dan pihak lainnya. Dari urusan pelanggan, ERP dapat melacak respon survey, tiket support, pengembalian dan hal lain sehingga perusahaan bisa memantau kepuasan pelanggan.

Manfaat ERP

Kesimpulan

Itulah 12 manfaat dari implementasi ERP bagi perusahaan antara lain dapat menghemat biaya, membuat alur kerja lebih jelas, pelaporan dan analisis yang tepat, memberikan insight bisnis, kepatuhan aturan dan keamanan data, manajemen risiko, kolaborasi antar departemen, dapat terukur, fleksibilitas, dapat dicustom sesuai work flow dan dapat memperkuat hubungan perusahaan antara partner dan pelanggan.

Secara umum, sistem ERP mengintegrasikan beberapa fungsi bisnis seperti akuntansi, inventarismanufaktur, SDM, purchasing, SCM, penjualan dan CRM.

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!