5 Kelebihan Proses Integrated System Bagi Perusahaan

Integrated system adalah salah satu hal yang dimiliki perusahaan besar maupun startup. Sistem informasi juga berkaitan dengan sistem integrasi karena kedua hal tersebut dapat saling melengkapi, sehingga menciptakan kondisi perusahaan yang baik dan terstruktur.

Dalam menciptakan sistem informasi yang baik untuk perusahaan, peran integrasi sistem sangat dibutuhkan. Untuk itu, jika Anda memulai suatu bisnis dan memiliki organisasi wajib untuk mengintegrasikan sistem yang ada di dalam bisnis.

Pengertian Integrated System

Integrated system adalah proses engineering yang menggabungkan subsistem atau komponen yang berbeda menjadi satu sistem. Jadi sistem tersebut bisa bekerja bersamaan dan data yang dihasilkan bisa terintegrasi dengan mudah.

Tujuan adanya integrated system untuk menghubungkan fungsi organisasi dari berbagai sistem, nah dari proses pengolahan data dari berbagai platform menjadi bisa lebih efektif, maka diperlukan penggunaan platform integrasi.

Selain bisa meningkatkan efisiensi sistem yang terintegrasi juga dapat menurunkan biaya operasional bisnis. Pengertian sederhana integrated system adalah proses menghubungkan sistem software yang terpisah dalam satu sistem terpusat yang lebih besar.

Baca Juga: Software Inventory Terbaik: Fitur Inventory MASERP yang Terintegrasi

Kelebihan Proses Integrated System

Setelah memulai paham sederhana integrated system, maka selanjutnya kita akan menjelaskan beberapa kelebihan proses mengintegrasikan sistem pada perusahaan.

Mempermudah Proses Optimalisasi Sumber Daya

Alasan utama adalah untuk mempermudah optimalisasi sumber daya yang ada. Untuk mengelola kebutuhan sistem dalam perusahaan, tentunya membutuhkan resource yang besar. Dari waktu, tempat, alokasi dana dll. Untuk mempermudah hal tersebut, maka sistem integrasi sangat dibutuhkan.

Optimalisasi disini memiliki banyak kriteria, misalnya saja dengan mengganti atau menambahkan beberapa fitur dan sistem penting untuk meningkatkan kinerja bisnis Anda. Peran teknologi disini sangatlah penting untuk mempersingkat suatu pekerjaan supaya lebih efisien. 

Akses Data Secara Real Time

Akses data yang dapat dilihat dan di monitoring secara real time dan langsung. Jadi, Anda tidak perlu menunggu informasi terlalu lama dan mengecek berulang dari beberapa data. Di era digitalisasi saat ini, Anda harus bijak untuk memanfaatkan berbagai teknologi dalam menunjang karir.

Misalnya saja, anda dapat mulai membuat sebuah data center (pusat data). Fungsinya disini untuk menampung banyak informasi yang tersimpan dalam basis data. Sehingga, anda dapat mengelola segala macam bentuk data dengan rapi, mudah, dan cepat. 

Anda juga tidak perlu untuk menggunakan banyak dokumen (paperless). Disisi lain, juga dapat menghemat pengeluaran dan dapat digunakan untuk kepentingan yang lainnya.

Pengambilan Keputusan

Memudahkan proses pengambilan sebuah keputusan. Jika anda menjadi seorang pemimpin, maka hal terpenting yang harus dimiliki adalah jiwa kepemimpinan (leadership). Setiap pemimpin tentunya harus mempunyai visi misi yang jelas untuk mengambil keputusan demi meningkatkan kualitas bisnis yang dijalankan. 

Dengan menggunakan sistem integrasi yang tepat, maka pengambilan keputusan menjadi lebih cepat dan tepat. Misalnya saja, anda memiliki startup yang bergerak di bidang web development, langkah pertama yang harus dilakukan pastinya adalah Anda memiliki komitmen dan sumber daya untuk mendukung terciptanya startup yang baik.

Selanjutnya, menentukan service atau layanan apa yang akan anda berikan kepada customer. Anda dapat melakukan riset melalui banyak cara, salah satunya dengan memanfaatkan akses internet. Pastikan anda mengetahui kompetitor dan kebutuhan dari user mengenai pengembangan website.

Percepat Proses Komunikasi antar Departemen

Di era digital saat ini, sangat membutuhkan komunikasi yang cepat. Dengan menerapkan integrasi sistem dengan benar, maka dapat menghubungkan antar departemen dengan lebih efektif dan mudah. 

Komunikasi antar tim sangat dibutuhkan untuk mendapatkan suatu kesamaan persepsi untuk menghasilkan produk yang terbaik. Jika tidak ada komunikasi antara tiap orang, maka tidak mungkin menghasilkan sebuah produk yang berkualitas. Dalam hal ini proses integrasi sistem sangat diperlukan untuk kelancaran dalam pengembangan produk.

Kerjasama Antar Tim

Pentingnya kerja sama merupakan sebuah kewajiban apabila anda mendirikan perusahaan atau memimpin organisasi. Koordinasi antar tim harus diperhatikan dan dijaga dengan baik. Misalnya saja dalam dunia TI khususnya bidang developer. 

Untuk mengerjakan sebuah aplikasi, maka dapat dikerjakan dengan membentuk berbagai tim dapat mempermudah proses tersebut. Adanya siklus dalam pengembangan sistem dapat meningkatkan team work serta komunikasi dalam pengembangan perangkat lunak.

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan bantuan dari orang lain. Oleh karena itu, jika anda dapat mengintegrasikan sistem dengan baik maka setiap permasalahan dapat diselesaikan dengan cepat.

Metode Integrated System

Integrasi vertikal

Integrasi vertikal merupakan metode yang diintegrasikan menurut fungsinya dengan membuat entitas yang fungsional. Metode ini paling sederhana karena hanya melibatkan beberapa vendor, mitra, dan pengembang untuk menjalankan fungsi bisnis.

Integrasi horizontal

Metode system integration ini juga disebut sebagai Enterprise Service Bus (ESB).  Metodenya yaitu melibatkan pembuatan subsistem khusus yang berfungsi untuk menghubungkan dengan subsistem lainnya. Integrasi horizontal juga melibatkan pembuatan aplikasi untuk memungkinkan koneksi yang terprogram antara berbagai aplikasi lainnya.

Point to point integration

Disebut juga dengan star integration yaitu metode yang menghubungkan setiap sistem ke beberapa subsistem. Rangkaian koneksi tersebut terlihat seperti bintang sehingga disebut dengan star integration.

Contoh dari metode ini yaitu saat perusahaan melakukan segmentasi pada proses bisnisnya. Misalnya, sistem akuntansi terpisah untuk melacak keuangan atau sistem analisis web yang digunakan mengelola traffic web. Data dari setiap sistem tersebut dapat ditarik dan digabungkan sesuai kebutuhan perusahaan.

Kesimpulan

Jadi, sistem integrasi adalah sebuah proses yang terdiri dari beberapa komponen yang memiliki keterkaitan satu sama lain. Terdapat setidaknya, tujuh alasan pentingnya sistem integrasi bagi perusahaan. 

Penerapan integrasi sistem yang benar dapat meningkatkan kredibilitas dan kualitas dari perusahaan tersebut. Untuk menciptakan sistem integrasi yang baik, perlu adanya dukungan dari setiap pihak seperti sistem, lingkungan, SDM, dan resources yang lain.

Maka dari itu dibutuhkan software MASERP yang merupakan software yang dapat memfasilitasi berbagai proses bisnis dari mulai produksi, pembelian, penjualan, persediaan barang, keuangan, karyawan, aset, pajak hingga tersedia berbagai laporan bisnis siap cetak.

Biaya yang dikeluarkan untuk berinvestasi di software memang relatif mahal, tetapi ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mencapai tujuan bisnis lebih cepat kerena dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action