Mengenal Leadership Skill, Manfaatnya Hingga Cara Meningkatkannya

Meski hanya menjabat sebagai staf, sebagai pekerja kita juga perlu menanamkan leadership skill. Sehingga, tidak hanya para petinggi saja yang harus menguasai kemampuan ini karena skill ini wajib dimiliki oleh setiap pekerja, karyawan, bahkan pebisnis. 

Namun, sebelum memahami istilah leadership skill, mari simak terlebih dahulu apa arti dari leadership atau kepemimpinan.

Apa itu Leadership?

Untuk istilah leadership sendiri merupakan salah satu fungsi manajemen di sebuah perusahaan atau organisasi untuk mempengaruhi, mengarahkan memotivasi dan mengawasi orang lain (karyawan), untuk menyelesaikan kewajiban-kewajiban yang telah direncanakan sebelumnya, guna mencapai tujuan. 

Dengan adanya leadership di sebuah organisasi tentu akan mempengaruhi kelancaran operasional. Namun, keterampilan leadership pada setiap personal juga akan sangat mempengaruhi kinerja organisasi.

Sehingga, tidak hanya seorang pemimpin (dalam hal ini adalah bos atau head) yang harus memiliki leadership skill, dalam menjalankan operasional organisasi, tapi sikap ini juga harus dimiliki oleh setiap karyawan. 

Memang sikap seperti apa yang harus dimiliki, agar bisa disebut sebagai leader yang baik? 

Sikap Seorang Leader

Jadi, seseorang (bos atau staf biasa) dapat dikatakan memiliki skill leadership yang baik jika memiliki beberapa kemampuan khusus dalam bersikap. Adapun, beberapa sikap dari leadership skill ini, antara lain adalah; 

Keterampilan Sosial

Skill pertama yang harus dimiliki seorang leader atau pemimpin adalah harus mempunyai kepekaan terhadap situasi sosial.  Adapun segala tindakannya harus bisa ditindak sesuai dengan situasi.

Kebijaksanaan 

Sikap seorang pemimpin atau leadership yang selanjutnya adalah harus memiliki kebijaksanaan. Kebijaksanaan di sini, adalah harus bisa memiliki pikiran yang terbuka untuk perspektif orang lain.

Keberanian

Leadership skill yang berikutnya ini, juga harus dimiliki yakni keberanian, karena berani di sini tidak hanya untuk berani soal menghadapi kekuatan fisik. Tapi berani dari segala sisi, termasuk menghadapi masalah, bahkan berani dalam membuat keputusan, dari sebuah permasalahan.

Baca Juga : Apa Itu Problem Solving?

Manfaat Leadership dalam Perusahaan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa di dalam sebuah organisasi, harus terdapat leadership untuk mengatur segala kegiatan. 

Lantas, kira-kira apa saja manfaat dengan keberadaan leadership dalam sebuah tim di perusahaan? 

1. Mampu meningkatan produktivitas tenaga kerja. 

2. Bisa membantu meningkatkan kemampuan para karyawan, untuk mampu bekerja di bawah tekanan 

3. Tim bisa sambil belajar dalam meningkatkan kecerdasan emosional. 

4. Menciptakan karismatik dan keseriusan dalam operasional organisasi dalam perusahaan dan bisnis 

5. Membantu menumbuhkan rasa kepercayaan diri.

6. Mampu meningkatkan keterampilan mendengarkan dan berkomunikasi. 

7. Mampu memberikan nilai-nilai dan meningkatnya kesadaran akan keberagaman di dunia kerja.

Alasan Leadership Skill Diperlukan dalam Perusahaan

Banyak yang menyebutkan bahwa, leadership skill adalah kunci keberhasilan sebuah tim, agar bisa mencapai tujuannya dengan baik dan tepat sasaran. 

Pasalnya, seluruh keputusan, kegiatan, waktu, proses, hingga laju pembangunan, pasti membutuhkan Leadership. Di kelas saja, perlu ketua dan wakilnya agar kelas bisa disiplin. 

Adapun alasan umum leadership skill penting dimiliki seorang pemimpin adalah agar bisa membangun tim yang kuat dan pastinya disiplin dalam setiap kegiatan. 

Selain itu, pemimpin juga harus bisa menerapkan visi dan misi organisasi, dan tugas pemimpin dan timnya harus mampu mencapai tujuan tersebut, dengan cara kerja keras.

Tanpa bimbingan dari orang yang memiliki leadership skill yang kuat, maka belum tentu tim bisa melakukan pekerjaan yang sesuai dan bisa mencapai tujuan sesuai target.  

Leadership skill yang dimiliki pemimpin juga bisa membentuk kerja sama tim, untuk melalui segala hambatan dan rintangan.

Nah, buat kamu yang sedang mencari pekerjaan atau sedang direkomendasikan naik jabatan, pastikan untuk memiliki leadership skill berikut ini. Karena, deretan leadership skill ini, paling dicari perusahaan manapun. 

Deretan Leadership Skill Paling Dicari Perusahaan

Integritas

Leadership skill pertama yang paling dicari adalah integritas, karena integritas di dunia kerja bisa membantu kamu dalam membuat pilihan atau keputusan yang tepat dan bijak.

Dengan skill tersebut juga, kamu bisa membantu perusahaan agar bisa mempertahankan citra positifnya, karena seorang yang memiliki integritas tinggi pasti jujur dan tulus.

Sehingga, dalam prakteknya sikap ini adalah sikap yang datangnya dari hati. Sehingga, bisa menjadi contoh yang kuat dan positif baik di dalam tim maupun di perusahaan.

Membangun Hubungan

Tidak diam saja dan asal suruh, pemimpin yang baik harus memiliki leadership skill yakni mampu membangun hubungan, sekaligus memelihara hubungan tersebut, terlebih dengan para anggota tim. 

Tidak hanya pemimpin dengan tim, pemimpin juga harus bisa membangun hubungan antara sesama tim. Jika tim tertutup satu sama lain, maka pemimpin yang bisa menyatukan mereka. 

Pasalnya, dengan hubungan yang sehat, dan saling support, maka akan tercipta sebuah tim yang mampu bekerja sama dengan baik, kolaboratif, dan memiliki visi misi yang sama dalam mencapai tujuan yang sama.

Dalam menerapkan skill tersebut, pemimpin juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik agar kamu bisa menginformasikan segala hal seperti tugas dan tanggung jawab dengan efektif.

Problem Solving

Pernah dibahas di artikel sebelumnya, bahwa problem solving ternyata masuk sebagai salah satu leadership skill, yang paling dicari perusahaan. 

Karena, skill tersebut memang sangat penting untuk diterapkan pada sebuah organisasi. Pasalnya, seorang pemimpin yang baik, harus memiliki keterampilan problem solving yang mumpuni.

Adapun leadership skill berupa problem solving ini, akan membantu para pemimpin perusahaan, untuk membuat berbagai keputusan dengan cepat dan tepat.

Misalnya, dalam menyelesaikan masalah projek tepat waktu, menyelesaikan semua pekerjaan sesuai spesifikasi, serta menyelesaikan masalah-masalah lainnya dengan tim.

Solusi yang dibuat pemimpin dalam menyelesaikan masalah juga, harus dibuat dengan tepat, agar tidak menimbulkan masalah lain. 

Percuma bukan, masalah yang satu selesai, tapi solusi yang digunakan akan menimbulkan masalah baru. 

Berpikir Kritis

Leadership skill yang selanjutnya adalah memiliki sikap berpikir kritis. Pasalnya, pemimpin yang hanya melihat sesuatu satu sisi saja, tidak akan bisa bijak dalam berpikir. 

Sehingga, pemimpin harus kritis dalam berpikir, agar mereka bisa melihat gambaran besar dari suatu masalah atau tujuan yang hendak dicapai.  

Berpikir kritis dalam segala hal, juga akan memudahkan seorang pemimpin memberikan masukan atau jalan keluar, kepada seluruh tim, dengan tujuan agar perusahaan bisa berjalan menjadi lebih baik.

Kreatif

Percuma pemimpin pintar dan berani, jika tidak memiliki jiwa yang kreatif. Karena leadership skill ini, sebenarnya merupakan sikap yang sangat umum, namun menjadi kreatif bisa membuat kamu dan perusahaan bisa mendapatkan keuntungan lebih. 

Misalnya, robot yang canggih dan pintar mungkin bisa melakukan pekerjaan lebih cepat dan berat, namun belum tentu bisa kreatif seperti manusia.

Sehingga, kemampuan kreatif ini bisa menjadi sebuah keunggulan. Karena robot tidak bisa menciptakan ide dan gagasan yang inovatif, karena yang menciptakan robot juga adalah manusia yang kreatif.

Kecerdasan emosional

Mentang-mentang leader, jadi seenaknya marah-marah? Tentu tidak begitu konsepnya. Karena leadership skill yang harus dimiliki seorang pemimpin dan yang paling disenangi perusahaan adalah ia yang memiliki kecerdasan emosional. 

Pasalnya, emosi yang keluar dalam diri, bisa jadi dikelola oleh alam bawah sadar seseorang. Sehingga, di titik tertentu seseorang akan mengeluarkan seluruh emosinya. 

Namun, pemimpin yang baik, tidak secara gamblang mengeluarkan seluruh emosinya, meski berada di titik yang pelik. Ia bisa menahan segala amarah, kesedihan, kekecewaan, dan lainnya, dengan sikap yang lebih bijak. 

Dengan begitu, meski sedang di dalam emosiona yang tidak baik, pemimpin harus bisa mengelola emosinya dengan kemampuan kecerdasan emosional, agar tetap bisa berinteraksi secara positif satu sama lain. 

Negosiasi

Leadership skill yang perlu dimiliki selanjutnya adalah memiliki kemampuan negosiasi. Karena, seorang leader harus memiliki keahlian negosiasi, agar bisa mendorong kesuksesan perusahaan.

Ibaratnya, pemimpin harus bisa berpikir untuk bisa saling menguntungkan. Nah, dengan begitu, leader dapat dengan mudah melakukan kerjasama, dengan para klien dan investor, serta bisa mendapatkan keuntungan yang lebih.

Kesimpulan

Leadership skill merupakan sebuah kemampuan sikap yang harus ada di dalam diri seorang pemimpin. Namun, di kenyataannya, kemampuan tersebut harus dimiliki setiap orang bahkan staf biasa. 

Sehingga, suatu saat jika kamu dihadapkan dalam situasi yang tidak baik, maka kamu bisa menggunakan segenap leadership skill kamu untuk menjadikan organisasi lebih baik meski sudah ada pemimpin. 

Dengan begitu, kamu juga bisa dianggap sebagai pemimpin untuk dirimu sendiri. Dengan menerapkan hal tersebut, siapa tahu kamu juga akan diangkat menjadi leader di kemudian hari. 

Jadi, tanamkan sikap leadership tersebut, untuk jenjang karir yang lebih tinggi. Terlebih, untuk pengusaha atau pebisnis, sikap ini tentu saja juga harus dimiliki. 

Karena, sebagai pemilik, kamu adalah pemimpinnya. Jadi tidak hanya bos besar saja yang harus memiliki sikap ini, pebisnis juga harus punya!

Pasalnya, mulai dari mengurus karyawan, bahan baku, jadwal operasional, marketing, hingga keuangan, kamu harus bisa mengontrolnya dengan baik. 

Nah, agar tugasmu dalam mengatur semua pekerja di bisnis bisa lebih tertata dan mudah, kamu butuh software akuntansi modern seperti MASERP. 

Dengan MASERP, kamu bisa mencatat gaji karyawan, pemasukan bahan baku, pengeluaran, hingga membuat laporan keuangan. 

MASERP dibuat dengan teknologi canggih dan modern, sehingga kamu bisa membuat segala pencatatan dengan praktis, mudah, dan cepat. 

Baca Juga : Contoh Laporan Keuangan Sederhana Beserta Cara Membuatnya

New call-to-action