6 Jenis Struktur Organisasi Perusahaan yang Harus Anda Ketahui

Setiap perusahaan memiliki jenis struktur organisasi yang berbeda, tergantung jenis industri dan ketersediaan sumber daya di dalamnya.

Struktur organisasi perusahaan adalah sebuah komponen penyusunan perusahaan yang bisa mengambarkan pembagian kerja dan aktivitas dalam perusahaan yang berbeda tetapi bisa dikoordinasikan.

Satu fungsi dasar untuk sebuah manajemen mencapai target strategi dan sasaran ditetapkan di sebuah perusahaan.

Penyusunan struktur organisasi yang sesuai dengan bentuk perusahaan sanagt penting diterapkan, bisa di perusahaan besar ataupun kecil.

Ada beberapa jenis struktur organisasi yang bisa diterapkan.

Tetapi tidak semua jenis ini cocok diterapkan di perusahaan Anda.

Anda harus bisa memilih struktur organisasi yang tepat dan sesuai dengan bentuk perusahaan, supaya kedepannya akan lebih mudah dalam mengelompokan dan membedakan tugasnya masing-masing departemen pada perusahaan.

Kita bahas yuk kira-kira jenis struktur organisasi seperti apa yang harus ada pada perusahaan Anda?

Baca Juga: Struktur Organisasi Perusahaan Dagang Sederhana dan Tugasnya

Jenis Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Fungsional

Struktur organisasi fungsional paling umum digunakan pada sebuah organisasi perusahaan.

Pembagian kerja di struktur organisasi fungsional dilakukan berdasarkan fungsi masing-masing manajemen.

Contohnya seperti manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen produksi dan manajemen sumber daya manusia.

Setiap karyawan memiliki skill dan keterampilan yang sama, kemudian dikelompokan ke dalam satu unit kerja.

Ini yang membuat jenis struktur organisasi fungsional sangat tepat ditetapkan pada sebuah organisasi atau pun perusahaan yang menghasilkan beberapa jenis layanan jasa atau produk.

Kelebihannya struktur ini dapat menekankan biaya operasional perusahaan, memudahkan para tim manajer melakukan pengawasan dan evaluasi kinerja karyawan.

Tetapi dalam menerapkan jenis organisasi fungsional bisa berdampak pada kesulitan didalam berdiskusi dan komunikasi antara antar karyawan.

Struktur Organisasi Matriks

Struktur organisasi matriks merupakan penggabungan antara struktur fungsional dengan divisional dengan tujuan untuk saling melengkapi kekurangan yang ada pada kedua struktur organisasi tersebut.

Jenis struktur ini sering dikenal dengan nama struktur organisasi manufaktur atau proyek, dikarenakan karyawan pada unit kerja struktur organisasi fungsional harus bisa mengerjakan proyek organisasi yang dibebankan.

Penerapan ini menyebabkan akan terjadi sistem komando, di mana seorang karyawan diharuskan memberi laporan kepada pimpinan unit kerja divisional dan pimpinan unit kerja fungsional.

Struktur organisasi matriks cocok jika diterapkan untuk perusahaan sekala besar hingga perusahaan tingkat multinasional.

Kemampuan ini bisa mencapai tingkat koordinasi yang diperlukan dalam tuntutan pada lingkungan perusahaan.

Struktur Organisasi Divisional

Kedua ada jenis struktur organisasi divisional, jenis ini melakukan pengelompokan yang berdasarkan kesamaan produk, servis, jasa, pasar dan lainnya.

Jenis ini biasanya diterapkan di perusahaan bersekala menegah dan besar, karena biaya operasional yang dikeluarkan jadi lebih tinggi dibandingkan dengan struktur fungsional.

Menerapkan struktur organisasi divisional, perusahaan Anda akan memiliki kemudahaan pengelolaannya, karena bisa membagi divisi-divisi di perusahaan menjadi bagian yang lebih kecil lagi.

Kelemahan dari jenis ini yaitu terletak di alokasi sumber daya manusia dan distribusi biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan nantinya.

Struktur Organisasi Lini

Jenis yang ke tiga adalah struktur organisasi lini. Jenis struktur organisasi ada hubungan antara atasan dengan bawahan secara langsung atau vertikal.

Dari pemimpin tertinggi sampai dengan karyawan dengan jabatan terendah dalam struktur organisasi dapat dihubungkan dengan adanya garis wewenang.

Jenis struktur organisasi lini lebih dikenal dengan struktur organisasi militer.

Kelebihannya menggunakan struktur organisasi lini menjadi kesatuan pimpinan yang terletak pada satu orang.

Sedangkan untuk kelemahannya yaitu ketergantungan pada satu orang pada struktur sebenarnya.

Jenis organisasi perusahaan ini tepat jika diterapkan bagi organisasi kecil seperti wirausaha kedai nasi, bengkel, salon, dan lainnya.

Struktur Organisasi Lini dan Staff

Jenis struktur organisasi selanjutnya dengan mengambungkan antara kombinasi dari struktur organisasi lini dengan asas komando, tetapi tugas pimpinan dibantu beberapa staff.

Staff pada struktur organisasi ini memiliki peran untuk memberikan saran, bantuan pikiran, ide-ide, gagasan baru dan data informasi yang dibutuhkan oleh pimpinan perusahaan.

Struktur organisasi lini dan staff cocok jika diterapkan pada perusahaan berskala kecil karena mempunyai kelebihan pada tingginya disiplin moral karyawan sesuai deskripsi tugasnya.

Tetapi solidaritas karyawan masih kurang karena banyaknya dari mereka tidak saling mengenal satu dengan yang lainnya.

Struktur Organisasi Komite atau Proyek

Pada struktur organisasi ini, tugas kepemimpinan dan tugas khusus lainnya dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan dengan cara kolektif oleh sekelompok pejabat yaitu dewan atau komite.

Organisasi di komite biasanya terdiri dari pimpinan komite merupakan pimpinan dengan kewenangan lini, lalu staff komite yaitu karyawan dengan kewenangan staff.

Kelebihannya jenis struktur organisasi ini bisa dilihat dari pengambilan keputusan yang berjalan baik karena melalui musyawarah bersama antara pemegang saham dengan dewan.

Sedangkan untuk kelemahannya pada penghindaran tanggung jawab jika terjadi masalah.

Pentingnya Jenis Struktur Organisasi pada Perusahaan

Struktur organisasi menjadi sistem yang digunakan untuk sebuah organisasi dengan tujuannya menetapkan cara sebuah organisasi ini bisa beroperasi dan membantu mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Pentingnya jenis struktur organisasi ini bagi perusahaan agar bisa membantu perusahaan untuk bisa memilih struktur organisasi yang tepat dan sesuai dengan bentuk perusahaan.

Agar kedepannya akan lebih mudah dalam mengelompokan dan membedakan tugasnya masing-masing departemen pada perusahaan

Beberapa hal yang jenis struktur organisasi pada perusahan menjadi penting dengan berbagai fungsinya sebagai berikut ini:

Memberikan Kejelasan dalam Tanggung Jawab

Masing-masing para anggota struktur organisasi dalam perusahaan memiliki pertanggungjawaban tentang tugas dan kewajiban kepada atasannya langsung dengan memberikan wewenang.

Pentingnya memiliki struktur organisasi perusahaan yaitu memerikan mengenai kejelasan pelaksanaan atau implementasi kewenangan yang bisa dipertanggungjawabkan bagi masing-masing anggota yang ada dalam struktur organisasi.

Menjelaskan Kedudukan dan Koordinasi Masing-masing Penyusun Perusahaan

Karyawan yang namanya sudah ada pada struktur organisasi pada perusahaan sebenarnya bisa dapat lebih mempermudah dalam mengkoordinasikan keterkaitan dengan fungsi pekerjaan yang dipercayakan.

Hal tersebut dibutuhkan dalam menghindari jika terjadi kesalahan informasi atau komunikasi yang bisa berdampak negative pada bisnis Anda.

Selain itu bisa juga dijadikan landasan untuk menyelesaikan pekerjaan yang pelu komunikasi dan diskusi antar jabatan dalam struktur organisasi.

Menjelaskan Bagaimana Jalur Hubungan Antara Masing-masing Jabatan

Kejelasan dalam jalur hubungan antar struktur organisasi sangat di perlukan, untuk mengefektifkan jalur bagi penyelesaian sebuah pekerjaan. Akhirnya bisa dapat memberikan keuntungan pda masing-masing anggota di dalam struktur organisasi itu.

Memberikan Tugas yang Secara Jelas

Tugas ataupun deskripsi pekerjaan yang ada dalam sebuah struktur organisasi dalam perusahaan akan membantu semua pihak yang terkait.

Bisa dari atasan ataupun bawahaan struktur organisasi itu. Untuk seorang atasan, setiap deskripsi pekerjaan bawahannya akan membantu mereka dalam melakukan pengendalian dan pengawasan bila ada pekerjaan yang tidak sesuai.

Sedangkan untuk bawahan, deskripsi pekerjaan yang jelas bisa membantu mereka lebih konsentrasi dalam melaksanakan tugas yang dibebankan.

Kesimpulan

Nah, itulah keenam jenis struktur organisasi yang biasanya digunakan dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Anda bisa memilih dan menyiapkan jenis struktur organisasi mana yang paling sesuai bagi perusahaan Anda.

Jenis struktur organisasi ini dapat berperan penting dalam perusahaan, karena jika tidak adanya jenis tersebut maka perusahaan Anda akan tidak terkontrol dengan baik.

Sayang sekali jika semua divisi atau karyawan mengerjakan pekerjaanya tidak terarah dengan baik, terlebih lagi persoaaln keuangan perusahaan.

Salah satunya pembagian kerja di struktur organisasi fungsional dilakukan berdasarkan fungsinya masing-masing manajemen.

Contohnya manajemen keuangan yang mengerjalan tentang laporan keuangan perusahaan. Saat ini untuk membuat laporan keuangan perusahaan tidak perlu repot dengan cara manual.

Adanya perkembangan teknologi, maka terciptanya software akuntansi yang sangat memudahkan Anda tentang melihat laporan arus keuangan perusahaan.

Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti MASERP yang bisa dimodifikasi secara spesifik sesuai kebutuhan perusahaan Anda.

Pastikan Anda menerapkan jenis struktur organisasi yang paling sesuai dengan bentuk perusahaan Anda supaya strategi dan tujuan yang ingin diraih oleh perusahaan Anda bisa tercapai.

Semoga artikel ini bisa menjadi wawasan baru untuk Anda, sampai bertemu di artikel selanjutnya!

Baca Juga: Mengenal Struktur Organisasi Startup dan Peran Jabatan di Dalamnya