Faktor Produksi Ekonomis Bisnis yang Pelu Diketahui

Saat ini ekonomi memang erat kaitannya dengan kegiatan produksi. Maka dari itu penting bagi kita untuk belajar ekonomi agar dapat memahami produksi dan faktor produksi apa yang telah ada.

Jika Anda pembisnis ataupun mahasiswa manajemen bisnis, sudah tidak asing dengan istilah faktor produksi ini. Karena hal tersebut sudah menjadi salah satu unsur yang bisa dilakukan dan dipelajari.

Tetapi, masih banyak orang yang belum mengerti tentang faktor produksi ini secara mendalam. Jadi artikel ini akan menjelaskan tentang pengertian, jenisnya beserta faktor-faktor produksinya secara lengkap.

Pengertian Faktor Produksi

Faktor produksi adalah sesuatu barang ataupun proses yang bisa dimanfaatkan untuk wadah dalam menciptakan nilai jual atau produk atau jasa.

Jika disimpulkan dari pengertian diatas, semua barang yang dapat meningkatkan nilai dna manfaat dari produk itu bisa dikatan faktor produksi.

Ataupun makna lainnya sebagai benda yang bisa membantu melancarkan proses produksi diperusahaan.

Secara khusus faktor produksi ini adalah semua kebutuhan usaha yang dibutuhkan oleh produsen agar bisa menjalankan produksi dengan mudah dan lancar.

Dilihat dari pengertian diatas, faktor produksi ialah hal penting yang harus ada dalam perusahaan. Karena jika tidak tersedia maka produksi tersebut tidak bisa berjalan dengan baik.

Efek panjangnya tidak ada produk yang dihasilkan nantinya, proses produksi menjadi tersendat dan mengakibtakan kerugian perusahaan.

Tujuan Faktor Produksi

Faktor produksi harus disediakan oleh produsen sebelum membangun usahanya. Karena ini memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai. Berikut ini tujuan-tujuannya:

Melancarkan Produksi

Pertama tujuannya tentu untuk melancarkan produksi produk/jasa. Karena semua sarana dan prasarananya sudah tersedia. Bahkan ini tidak hanya terkait dengan produksi produk saja.

Tetapi juga dengan proses pemasaran, penggalangan dana modal, manajemen perusahaan dan lain sebagainya.

Karena hal inilah maka faktor produksi memang harus tersedia dengan lengkap. Jangan sampai satu unsur hilang karena akan merusak unsur lainnya.

Keuntungan Perusahaan

Tujuan kedua adalah untuk memberikan keuntungan pada perusahaan. Ini sudah jelas karena jika faktor tersebut tersedia dan berjalan dengan baik, tentu produk yang dihasilkan juga bagus.

Jika ini dipasarkan dan berhasil di pasar, tentu pihak produsen akan mendapatkan keuntungan yang besar. Sehingga bisa dijadikan modal untuk meningkatkan bisnis termasuk mengembangkan faktor produksi selanjutnya.

Produk Sesuai Harapan Konsumen

Tujuan terakhir ialah produk yang dihasilkan oleh perusahaan lebih sesuai dengan harapan konsumen. Dilihat dari segi kualitas dan kuantitasnya. Ini diperlukan faktor produksi yang lengkap juga bermutu tinggi.

Jika ini tidak tersedia maka produk akan disukai oleh pelanggan minimal tepat dengan kebutuhan mereka. Karena tujuan-tujuan inilah maka faktor produksi harus dimasukkan ke dalam rencana perusahaan.

Minimal dapat diketahui sarana seperti apa yang bisa membuat produk sesuai dengan keinginan target pasar .

Jika dilihat dari tujuan ini memang seharusnya manajemen perusahaan mengarahkan faktor ini pada titik prioritas, karena ini yang bisa mendatangkan kepuasan yang efeknya penjualan bisa semakin meningkat.

Baca Juga : Mengenal Laporan Perubahan Modal

Jenis Faktor Produksi

Di dalam pengembangan bisnis diperlukan faktor produksi yang bagus dan berjalan baik. Oleh sebab itu dipetakanlah beberapa jenisnya yang harus ada di dalam proses pembuatan produk. Ini dia jenis-jenis yang dimaksud:

Sumber Daya Alam

Faktor sumber daya alam adalah jenis faktor produksi yang termasuk di dalam bahan-bahan mentah untuk dijadikan produk.

Bahan mentah inilah yang nantinya akan diolah menjadi barang/ jasa yang akan dipasarkan ke konsumen. Sumber daya alam yang termasuk faktor produksinya, di antaranya adalah udara, tanah, air, hewan, tumbuhan, mineral dan bahan tambang lainnya.

Contohnya adalah produk yang berbahan bulu. Maka sumber daya alamnya adalah hewan yang berbulu. Karena dari bulu hewan inilah yang dijadikan bahan mentah produk.

Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia juga jenis faktor yang sangat penting. Karena tidak mungkin bahan mentah bisa menjadi bahan setengah jadi lalu produk/barang jadi jika tidak ada manusia yang mengolahnya.

Maka dari itu sumber daya manusia juga harus ada di dalam perusahaan. Terutama yang memang memiliki kompetisi bagus dalam bidang pengolahan produk.

Termasuk bisa mengoperasikan alat-alat produksi. Sumber daya manusia bisa dibilang poin paling penting di dalam produksi. Sekalipun ada beberapa argumen kalau kinerjanya sudah bisa digantikan oleh robot.

Tetapi tentu dari segi rasa dan jiwa, manusia lebih hebat. Tak dipungkiri rasa dan jiwa ini yang juga membuat produk lebih berkualitas.

Modal

Sumber daya manusia dan juga sumber daya alam sudah tersedia, tetapi masih belum cukup untuk melahirkan produk yang bagus.

Bisa dibilang ini faktor produksi yang tidak lengkap yang hasilnya juga tidak akan memuaskan. Dalam pembuatan produk tentu membutuhkan modal produksi. Ini untuk membeli bahan mentah, alat produksi serta untuk membayar tenaga kerja.

Maka dari itu, modal juga perlu dimasukkan ke dalam faktor produksi. Jadi, modal juga berpengaruh pada terciptanya produk yang berkualitas dan disukai konsumen.

Semakin besar modal yang dimiliki, tentu produk lebih bermutu karena SDM, SDA dan alat produksi yang digunakan tentu juga hebat.

Kewirausahaan

Faktor kewirausahaan juga perlu dimasukkan ke dalam faktor ini. Karena yang menentukan keberhasilan produksi bukan hanya produk melainkan teknik, strategi, perencanaan, kontrol dan selainnya.

Bahan mentah, SDM, SDA dan modal sudah tersedia. Tetapi tidak ada strategi, rencana, kontrol dan pengawasan saat produk dibuat, tentu hasilnya juga tidak akan memuaskan.

Tentunya ini hanya akan menghasilkan produk yang tidak memiliki keunggulan dan tidak laris di pasaran. Maka dari itu faktor manajemen (kewirausahaan) diperlukan supaya proses produksi berjalan lebih lancar.

Informasi

Sumber daya informasi menjadi salah satu faktor yang juga penting terutama di jaman global semacam ini. Yang mana alur lalu lintas informasi semakin cepat dengan adanya internet.

Nah, pihak perusahaan harus mengelola faktor ini dengan baik. Minimal tidak ketinggalan informasi tentang produk apa yang dibutuhkan masyarakat di saat ini.

Kesimpulan

Jadi, itulah beberapa penjelasan singkat tentang faktor produksi, pengertian dan jenis-jenisnya yang bisa Anda pelajari dan pahami.

Dari artikel ini Anda bisa menjalankan usaha besar, menegah dan kecil dengan faktor-faktor yang sudah diketahui.

Tetapi jangan lupa untuk membuat perencanaan laporan keuangan agar perusahaan dan usaha anda bisa berjalan dengan benar, jadi semua harus diproses, agar menjadi produk jadi, yang siap digunakan atau dikonsumsi, para konsumen.

Adapun, jika perusahaan Anda kesulitan dalam memperoleh perhitungan modal dan laporan keuangan Anda bisa gunakan software akuntansi seperti MASERP.

Software akuntansi ini, juga bisa digunakan untuk instansi, lembaga, perusahaan, dan lainnya baik skala kecil, menengah, hingga besar.

Baca Juga : Apa itu Biaya Produksi?

New call-to-action