Rekomendasi 4 ERP Certification untuk Upgrade Skill Anda!

Tidak sedikit perusahaan yang kebingungan saat memilih dan mengimplementasikan software untuk bisnisnya, terutama software ERP dengan segudang fiturnya. Di sini lah, konsultan yang memiliki ERP certification memiliki peran penting. Tidak hanya konsultan, tetapi Anda sebagai karyawan dan pengguna ERP pun ternyata perlu memiliki ERP certification agar bisa meningkatkan skill yang akan meningkatkan gaji juga.

Kenapa harus mempertimbangkan sertifikasi ERP? Apa saja kelebihan dan kekurangan kalau memiliki sertifikasi ERP? Di mana bisa mendapatkan sertifikasi untuk ERP? Temui jawabanya di bawah ini!

Apa Itu ERP Certification?

ERP atau enterprise resource planning merupakan software manajemen bisnis terintegrasi yang digunakan oleh berbagai industri dan perusahaan. Software ERP digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola dan menganalisis data dari berbagai aktivitas bisnis seperti akuntansi, pembelian, penjualan, manufaktur, manajemen proyek, supply chain dan lain-lain.

Vendor software menawarkan ERP berdasarkan ukuran dan kebutuhan bisnis perusahaan. ERP membantu teknologi yang berbeda fungsinya menjadi terhubung satu sama lain. Dengan ERP, Anda tidak perlu membeli software double yang akan membuat pengeluaran membengkak, apalagi membeli software yang tidak relevan dengan alur bisnis Anda.

ERP memfasilitasi departemen yang berbeda untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dengan lancar. Jadi, informasi dan data dapat digunakan dan diolah secara produktif antar divisi yang berkepentingan.

Untuk memastikan kualitas, implementasi ERP perlu dibuat persetujuan dari perusahaan konsultan dan profesional. Ini merupakan alasan kenapa pengusaha mencari profesional bersertifikat untuk mengkonsultasikan software ERP dan bisnis mereka.

Keberhasilan penggunaan software manajemen bisnis membutuhkan pengetahuan mengenai software ERP beserta prinsipnya, dan ini harus melibatkan semua pihak yang terlibat di software tersebut.

Untuk memastikan semua orang yang terlibat dalam implementasi, penggunaan dan support memiliki pemahaman yang baik mengenai logika dan fungsi dari sistem ERP, vendor ERP besar seperti SAP dan Oracle telah mengembangkan sertifikasi ERP tersendiri.

Tentu saja tingkat pengetahuan dan skill divisi IT seperti developer dan admin sistem berbeda dengan user ERP seperti analis bisnis. Oleh karena itu sertifikasi pun dibedakan untuk beberapa jenis tugas seperti administrator, analis atau user fungsional.

Durasi dan penyampaian program sertifikasi ERP juga berbeda tiap vendor, biasanya memakan waktu harian hingga mingguan. Banyak juga instansi pendidikan yang menawarkan sertifikasi ERP seperti Binus. Caranya pun bisa dilakukan dengan langsung maupun secara online (remote).

Munculnya cloud computing dan ERP cloud mempengaruhi sertifikasi ERP sampai tingkat tertentu. Misalnya, perusahaan yang menggunakan ERP cloud tidak memerlukan administrator dan staf IT yang bertanggung jawab atas server internal.

Aspek penting lain dari sertifikasi ERP terkait dengan partner vendor ERP. Partner ini biasanya mewakili vendor di wilayah tertentu dan memberikan layanan untuk pelanggan mereka (mulai dari penjualan, implementasi dan support setelah implementasi). Partner tersebut harus disertifikasi oleh vendor agar dapat memberikan kualitas layanan yang sesuai. Secara keseluruhan, sertifikasi ERP merupakan aspek yang perlu dipertimbangkan ketika memilih software dan partner ERP.

Baca Juga: Cara Memilih Vendor ERP yang Tepat untuk Perusahaan

Alasan Memiliki ERP Certification

Implementasi ERP lebih tentang memahami proses bisnis dan mengintegrasikannya secara teknis sebagai solusinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang membuat ERP certification menjadi program yang populer.

  • Meningkatkan produktivitas dengan menyederhanakan dan membuat proses bisnis menjadi otomatis.
  • Mendapatkan wawasan atau ilmu yang lebih mendalam untuk dapat menjawab pertanyaan penting dalam bisnis.
  • Meningkatkan kinerja secara real time.
  • Memaksimalkan visibilitas dan kontrol dalam bisnis.
  • Gaji yang menggiurkan.
  • Berpeluang bekerja di perusahaan bisnis besar seperti IBM, SAP dan lain-lain.

Baca Juga: ERP Consultant: Apa Saja Skill dan Tanggung Jawabnya?

Kelebihan Memiliki Certification

Memahami sebuah sistem berarti harus siap kewalahan mempelajari semua fitur dan fungsi di dalamnya. Walaupun terlihat menakutkan, ini akan membantu Anda meningkatkan kinerja mereka saat ini atau bahkan mempermudah pekejaan lain di waktu yang akan datang.

Berikut kelebihan jika memiliki sertifikasi untuk ERP:

  • Memiliki karyawan bersertifikasi ERP membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan.
  • Mengetahui lebih banyak fitur dan fungsi ERP akan meningkatkan pengetahuan mengenai penggunaan sistem dan return on investment (ROI).
  • Dengan memiliki sertifikat ERP, karyawan Anda jadi memiliki pengetahuan tentang sistem ERP dan ini akan membuat mereka berkomitmen untuk terus belajar dan up to date mengenai sistem ERP.

Kekurangan Certification

  • Proses untuk mendapatkan sertifikasi ERP sangat panjang dan mahal, dan biasanya sertifikat tersebut ada masa berlakunya. Ini membuat Anda harus tetap up to date dengan produk terbaru ERP.
  • Peserta sertifikasi dapat menyontek dengan bantuan orang yang sudah pernah mengikuti ujian. Kalau ada permasalahan seperti itu, bisa diasumsikan pasti ada oknum yang lulus ujian sertifikasi ERP tetapi bukan hasil jerih payahnya.

Daftar ERP Certification

Ada banyak kursus atau ERP certification yang tersedia online. Dengan mempelajari sistem ERP, Anda bisa mendapatkan insight yang lebih luas dan meningkatkan peluang untuk bekerja di posisi yang melibatkan sistem ERP.

Beberapa sertifikasi akan mengajarkan Anda apa yang harus dicari saat membeli sistem ERP, cara menggunakan ERP, teknik untuk memelihara sistem dan keterampilan lain yang berkaitan dengan ERP.

Oracle University

Dilansir dari websitenya education.oracle.com, Oracle menawarkan program sertifikasi ERP secara digital, antara lain:

  • Procurement Cloud
  • Financials Cloud
  • Project Management
  • Risk Management Cloud
  • Financial Management
  • ERP Analytics

SAP Global Certification

Dengan mengikuti program SAP Global Certification, Anda bisa belajar lebih detail mengenai program SAP, menjaga skill tetap up to date, tetap update dengan rilis produk baru SAP dan memvalidasi standar tinggi sebagai expertise ERP di perusahaan Anda.

SAP menawarkan lebih dari 150 ujian sertifikasi untuk tingkat associate, delta, spesialis dan profesional. Sertifikasi tersedia dalam 9 bahasa dan dilakukan secara online dengan pengawasan mentor secara remote. Untuk dapat sertifikasinya bisa dicek di sini, ya!

NetSuite (ERP Consultant Certification)

Insight yang bisa Anda dapatkan setelah mengikuti sertifikasi dari NetSuite adalah Anda bisa mencocokkan NetSuite dengan kebutuhan bisnis, dapat memberi saran mengenai cara mengubah alur kerja ERP standar, kapan harus menggunakan scriping tools untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan kapan harus memperluas penggunaan dengan integrasi sistem.

Subjek yang akan dipelajari dalam ujian antara lain ERP analytic, platform dan data strategy. Persyaratan yang direkomendasikan yaitu skill implementasi NetSuite minimal 2 tahun dalam peran terkait konsultan, beserta:

  • Dasar ERP
  • Penetapan biaya barang inventaris
  • NetSuite: Dasar administrator
  • NetSuite: Manajemen keuangan
  • SuiteAnalytics: Laporan Keuangan dan Pencarian
  • SuiteAnalytics: Advanced searches
  • SuiteFlow: Dasar alur kerja
  • SuiteCloud: Exploring platform NetSuite
  • Sertifikasi NetSuite: Persiapan ujian konsultan ERP
  • Menggunakan piutang usaha atau accounts receiveable (AR)

Microsoft Dynamics

Sebagai salah satu vendor terbesar ERP, Microsoft juga menawarkan sertifikasi untuk produk ERP mereka. Roles yang bisa mengikuti program sertifikasinya dari mulai bisnis analis, konsultan fungsional, manager IT, developer, data analis dan lain-lain. Anda pun bisa mengikutinya dalam level beginner, advanced dan intermediate. Untuk melihat daftar sertifikasi lengkapnya, silakan cek di sini.

Kesimpulan

ERP certification sangat penting perannya untuk seorang konsultan ERP, karena konsultan akan memberikan solusi terbaik untuk sebuah perusahaan yang sedang kesulitan mengatur proses bisnisnya dalam sebuah teknologi. Dengan mengambil sertifikasi ERP, Anda bisa mendapatkan insight yang lebih luas dan meningkatkan peluang untuk bekerja di posisi yang melibatkan sistem ERP.

Beberapa vendor besar yang menawarkan sertifikasi ERP antara lain Oracle, SAP, NetSuite, Microsoft Dynamics dan lain-lain. Setiap vendor memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih sertifikasinya.

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Kalau dipasang di server kantor, software tetap bisa digunakan walau internet tidak stabil. MASERP memiliki layanan dedicated support pada jam kerja untuk membantu kendala Anda dalam menggunakan sistem ERP.

Yang membedakan dengan vendor lain, software MASERP dapat dicustom sesuai dengan bisnis flow perusahaan Anda. Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!