Apa Itu ERP? Daftar Harga dan Fitur 3 ERP Terbaik 2021

Siapa yang tidak tahu ERP? Enterprise Resource Planning biasa kita tahu dengan sistem ERP adalah singkatan dari tiga elemen kata enterprise (perusahaan), resource (sumber daya), planning (perencanaan).

Ketiga kata tersebut mencerminkan konsep yang berujung pada kata kerja planning. Jadi ERP sendiri menekankan kepada aspek perencanaan. Di mana, tiga kata tersebut mencerminkan sebuah konsep yang berujung pada kata kerja yaitu planning. Dengan demikian, berarti Enterprise Resource Planning menekankan kepada aspek perencanaan.

Secara umum, enterprise resource planning, merupakan konsep untuk merencanakan dan mengelola sumber daya perusahaan, yaitu berupa paket aplikasi program terintegrasi dan multi modul yang dirancang untuk melayani dan mendukung berbagai fungsi dalam perusahaan.

Sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien dan dapat memberikan pelayanan lebih bagi konsumen, yang akhirnya dapat menghasilkan nilai tambah dan memberikan keuntungan maksimal bagi semua pihak yang berkepentingan atas perusahaan.

Sejarah ERP

ERP berkembang dari Manufacturing Resouces Planning (MRP II) di mana MRP II sendiri adalah hasil evalusi dari Material Requirement Planning (MRP) yang berkembang sebelumnya.

Sistem ini secara modular biasanya menangani proses manufaktur, logistik, distribusi persediaan, pengapalan, invoice dan akunting perusahaan. Artinya sistem tersebut dapat membantu mengontrol aktivitas bisnis seperti penjualan, pengiriman, produksi, manajemen persediaan, manajemen kualitas dan sumber daya manusia.

Enterprise Resource Planning dan pendahulunya, Manufacturing Resource Planning (MRP II), memungkinkan terjadinya kemajuan yang sangat besar dalam manajemen proses-proses manufaktur. ERP juga salah satu faktor penyumbang pada performa ekonomi Amerika yang luar biasa pada era 1990-an. Tidak diragukan bahwa ERP adalah tonggak sejarah dalam proses industri.

Baca Juga: 9 Modul Penting yang Wajib Ada di Sistem ERP Perusahaan Anda

Enterprise Resource Planning (ERP)

ERP adalah singkatan dari “Enterprise Resource Planning“ yaitu proses konsolidasi pengumpulan dan pengorganisasian data bisnis melalui rangkaian perangkat lunak terintegrasi.

Software ERP berisi aplikasi yang mengotomatiskan fungsi bisnis seperti produksi, laporan penjualan, akuntansi, dan lainnya. ERP yaitu memfasilitasi operasi perusahaan Anda di setiap departemen. Sistem ini meningkatkan cara Anda menangani sumber daya bisnis, apakah itu bahan mentah untuk produksi atau jam staf untuk sumber daya manusia.

Ada lebih banyak lagi definisi ERP yang berbeda-beda apakah ditujukan untuk pengembang, vendor atau media teknologi. Sebagian besar setuju ERP dimaksudkan untuk melayani semua departemen perusahaan dengan proses bisnis yang lebih baik.

Daftar Software ERP dan Harganya

MASERP

MASEP yaitu software akuntansi yang sudah lama berdiri sejak tahun 1984, MAS Software sendiri adalah perusahaan lokal yang bisa mengembangkan software ERP di Indonesia dengan Accounting sebagai corenya.

MASERP juga sudah digunakan oleh ribuan perusahaan di Indonesia, baik skala nasional maupun internasional, seperti Pembangunan Jaya, Bitdefender, Schneider Electric, Opple Lighting dan lainnya.

Dimulai sebagai software akuntansi, sekarang fitur MAS Software sudah dikembangkan dan memiliki fitur lengkap seperti:

  1. Inventory Management (Multi Warehouse)
  2. Account Receivable
  3. Account Payable
  4. General Ledger / Accounting (Multi Cabang/Cost Center)
  5. Fixed Asset (Aktiva Tetap)
  6. Cash Ledger (Multi Currency)
  7. Manufacturing
  8. Purchase Order, Purchase Request, RFQ, RFQ Comparison
  9. Purchasing
  10. Sales Order/Quotation
  11. Sales Invoicing
  12. User Management & Security
  13. Project Costing & Billing
  14. Multi Company

Software ERP MASERP juga dapat dipasang di server Anda secara offline/hybrid online, jadi bagi Anda yang khawatir dengan keamanan database Anda, dengan server sendiri Anda bisa memegang kendalinya.

Tentunya, salah satu keunggulan MASERP adalah, kemampuannya untuk dicustomize dan integrasi.

Software yang bisa membantu perusahaan Anda haruslah bisa di customize dan integrasi, karena target pasaran software ERP adalah perusahaan skala menengah ke atas. Dengan begitu investasi software ERP Anda bisa dipakai bertahun-tahun.

Beberapa keunggulan MASERP adalah sistem support after salesnya. Anda akan mendapatkan dedicated support dan mendapatkan 6 hari implementasi full di kantor Anda (bisa ditambah sesuai kebutuhan).

Dengan harga software ERP yang relatif terjangkau dimulai dari 75 juta hanya dengan sekali bayar, Anda sudah mendapatkan software dengan fitur yang banyak yang umum dibutuhkan semua perusahaan menengah di Indonesia.

Harga Paket Software:

  • 57 juta untuk paket trading (termasuk 5 user), penambahan user 7 juta/user
  • 75 juta untuk paket manufacturing (termasuk 5 user), penambahan user 8 juta/user

Kelebihan :

  1. Tampilan yang user-friendly meskipun fitur yang tersedia sangat banyak
  2. Web based, dapat diakses melalui komputer, smartphone dan tablet
  3. Bisa di customize dan integrasi dengan sistem lain
  4. Sudah mengakomodir kebiasaan user di Indonesia (ketinggalan/kesalahan input dapat dikoreksi dengan mudah)

Kekurangan :

  1. Hanya memiliki kantor di Jakarta, jadi implementasi luar kota memerlukan biaya tambahan

Ecount ERP

Software Ecount yang nenargetan software bagi perusahaan UKM, tetapi seiring perkembangan dan penambahan fitur, Ecount saat ini me-rebrand menjadi Ecount ERP dan mulai memasarkan produknya di luar Korea Selatan sejak tahun 2012.

Dengan kantor perwakilan di Amerika, China, Vietnam, Malaysia dan Indonesia, Ecount ERP mengabarkan bahwa softwarenya sudah dipakai di 40.000 perusahaan di seluruh dunia. Software ERP Indonesia yang satu ini cocok untuk Anda yang baru memulai usaha. Yang paling menarik adalah harganya, yaitu 700ribu per bulan untuk unlimited user.

Dengan biaya itu, Anda sudah mendapatkan fitur seperti Akuntansi, Keuangan, Pembelian, Inventory, Manufaktur, Penjualan dan HRD. Tetapi dengan banyaknya fitur ada beberapa kekurangannya yaitu dari skala software Ecount ini belum dapat di customize.

Lalu untuk support yang diberikan juga terbatas, jadi 90% akan bergantung pada vidio dan buku panduan online, tetapi Anda juga dapat menggunakan support via chat dan remote.

Jadi pastikan Anda sudah mencoba fitur-fitur di software ERPnya terlebih dahulu dan mempersiapkan pertanyaan kepada tim implementasi mereka untuk ditanyakan demi memaksimalkan waktu terbatas tersebut.

Harga Software :

  • 700 ribu / bulan, unlimited user
  • Implementasi: Free (2 x 2 jam, offsite/remote)

Kelebihan :

  • Harga sangat terjangkau untuk software ERP
  • Karena web based, dapat diakses melalui gadget favorit Anda
  • Paket sudah mencukupi kebutuhan perusahaan UKM

Kekurangan :

  • Support terbatas
  • Tidak dapat di customize

SAP Business One

Siapa yang tidak tahu SAP di kalangan pengguna software ERP Indonesia? Di Indonesia sendiri, SAP memasarkan dua versi yaitu SAP Business All-In-One dan SAP Business One.

SAP Business One adalah yang sering digunakan di Indonesia. Di seluruh dunia juga SAP Business One sudah digunakan lebih dari 80.000 perusahaan.

Kenapa begitu? Karena harganya lebih ekonomis dibanding versi SAP lainnya. Sebenarnya harga SAP Business One lumayan rumit untuk menghitungnya, karena berbeda vendor memiliki beda harga untuk hitungan lisensi dan implementasinya.

Di Indonesia sendiri terdapat 2 vendor utama untuk penerapan SAP Business One seperti Soltius dan Sterling Team. Dimulai dari 1 milliar sudah termasuk biaya implementasi onsite, dan Anda sudah mendapatkan modul seperti:

  1. Accounting
  2. Sales & Service
  3. Project & Resource Management
  4. Inventory & Distribution
  5. Purchasing
  6. Production & MRP

Untuk perusahaan yang tepat, SAP Business One adalah solusi yang baik dikarenakan kemampuannya untuk di customize sesuai kebutuhan juga. Tetapi Anda harus siap untuk menambah ratusan juta bahkan miliaran untuk konsultasi tambahan dan pekerjaan modifikasi tambahan.

Sayangnya, SAP Business One belum memiliki terjemahan software ERPnya untuk bahasa Indonesia, jadi pastikan SDM Anda sanggup untuk menggunakan software berbahasa inggris ini.

Di review PCMag juga disebutkan bahwa SAP Business One sering dianggap software ERP yang “jadul”. Itu karena softwarenya belum memiliki versi web yang kuat dan fiturnya yang terlalu rumit dapat membuat perusahaan menengah kewalahan dalam penggunaannya.

Harga Software :

  • 185 juta (termasuk 3 user) untuk versi basic (hanya Inventory, Accounting, Purchasing dan Sales)
  • 1.74 milliar (820 juta untuk lisensi + 920 juta untuk konsultasi dan implementasi), paket lengkap dan 15 user
  • 46 juta per tambahan Professional User
  • 24 juta per tambahan Limited User
  • 3 – 6 juta per mandays konsultasi dan implementasi

Kelebihan :

  1. Dapat dicustomize selengkap apapun yang Anda inginkan (perlu biaya tambahan)
  2. Tersedia lisensi perpetual ataupun subscription, jadi Anda bisa mengatur budget pembelian lebih baik

Kekurangan :

  1. Fitur ditargetkan untuk perusahaan menengah, tetapi harga diluar jangkauan perusahaan menengah di Indonesia
  2. Client web based kurang kuat jadi belum bisa mengakses semua fitur melalui web
  3. Fitur kompleks, jadi memerlukan SDM kualitas tinggi untuk menjalankan sistemnya

Kesimpulan

Jadi, mengapa perusahaan membutuhkan ERP ini? Semua perusahaan perlu menggunakan ERP ini, baik itu perusahaan besar maupun perusahaan kecil.

Karena ERP ini dapat membantu Anda dalam proses pertumbuhan perusahaan, umumnya penggunaan sistem ERP bisa mengintegrasikan beberapa fungsi bisnis seperti akuntansi, inventarismanufaktur, SDM, purchasing, SCM, penjualan dan CRM.

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk pelaporan MASERP juga menyediakan pelaporan secara rinci mencakup dasbor yang dapat disesuaikan, bagan Gantt, bagan pai, grafik batang, dan representasi visual lainnya, atau bisa di custom sesuai kebutuhan perusahaan.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: Mencari Software Akuntansi Custom? Perhatikan 4 Pertimbangan ini!

New call-to-action