Mencari Software Akuntansi Custom? Perhatikan 4 Pertimbangan ini!

Apakah saat ini Anda sedang bingung dalam memilih software akuntansi custom atau yang standar? Memilih software untuk bisnis memang susah-susah gampang. Karena jika Anda sampai salah memilih, nantinya software tersebut akan merepotkan Anda atau bahkan sia-sia karena tidak cocok dengan kebutuhan bisnis. Karena tujuan awalnya software tersebut dibeli adalah untuk mempermudah kinerja Anda dan membantu mengembangkan bisnis.

Dengan begitu banyak ragam software akuntansi dengan berbagai macam harga tentunya akan membingungkan bagi pengguna, terutama pemula. Ada beberapa faktor yang dapat dijadikan pertimbangan dalam pemilihan software akuntansi custom atau yang standar, simak selengkapnya di bawah ini!

Faktor Pertimbangan Sebelum Memilih Software

Kebutuhan Perusahaan Anda

Kebutuhan perusahaan baru akan berbeda dengan perusahaan yang mulai berkembang. Begitu pula kebutuhan perusahaan yang sudah mapan. Semakin rumit kebutuhan Anda, semakin banyak fitur yang Anda akan butuhkan dalam sebuah software akuntansi.

Baca Juga: Cloud Accounting: Pertimbangkan 5 Hal Ini Ketika Ingin Menggunakannya!

Pertimbangan antara Keinginan dan Kebutuhan

Pada dasarnya setiap perusahaan mempunyai kebutuhan software akuntansi yang sama. Namun karena jenis industri yang berbeda-beda, maka masing-masing perusahaan bisa mempunyai proses bisnis yang berbeda-beda.

Sebagian besar software akuntansi paket dirancang untuk kebutuhan perusahaan secara umum. Bila perusahaan Anda mempunyai proses bisnis yang unik, Anda harus pertimbangkan apakah software akuntansi custom sangat diperlukan untuk mengakomodir proses tersebut.

Ketahui Anggaran yang Disediakan

Harga software akuntansi sangat bervariasi. Ada yang ratusan ribu, ada pula yang sampai ratusan juta rupiah. Umumnya Anda harus memilih antara software paket standar yang harga lebih terjangkau atau software custom yang dibuat berdasarkan bisnis flow Anda. Ada juga software paket yang dapat dicustom salah satunya seperti MASERP.

Ketahui Kemampuan Staff

Tidak semua software cocok untuk bisnis Anda. Software yang lengkap umumnya lebih sulit digunakan dibandingkan software yang sederhana. Sesuaikan software yang Anda beli dengan kemampuan staff Anda.

Software Akuntansi Custom

Kekurangan dan Kelebihan Software Akuntansi

Sofware CustomSoftware Standar
Harga relatif mahalHarga standar
Butuh waktu untuk pengerjaanSudah jadi, bisa langsung pakai
Dibuat khusus sesuai kebutuhan Dibuat sesuai kebutuhaan umum
FleksibelTidak bisa diubah
Tidak stabilStabil
Masih butuh perbaikanSudah berjalan
Layanan support mahal Layanan support murah
Perbandingan Software Akuntansi Custom dan Standar

Jenis-Jenis Software Akuntansi

Software akuntansi yang beragam bentuknya terbagi menjadi 3 jenis berdasarkan cara pembuatannya. Yaitu software paket, software custom dan software paket yang dapat dikustomisasi.

Software Paket

Software akuntansi jenis ini sudah terpaket artinya software yang didapatkan tidak bisa diotak-atik dengan kata lain apa yang ada pada software merupakan setingan pabrik yang sudah paten.

Software jenis ini memiliki kelebihan karena harganya yang murah dan terjangkau. Selain itu karena apa yang ada dalam sotfware tidak dimodifikasi, software jenis ini dibuat sangat mudah untuk digunakan.

Karena harga nya yang relatif murah, basis pengguna nya pun sangat banyak. Alasan lain adalah software ini relatif lebih stabil dibanding dengan software yang lainnnya. Tapi ada juga beberapa kekurangan software jenis ini.

Diantaranya adalah pengguna harus menyesuaikan kebutuhan dan kegiatan ekonominya sesuai dengan keadaan software. Sehingga terkadang kebutuhan pengguna tidak sesuai dengan apa yang disediakan software.

Software Custom

Dari namanya sudah terlihat software ini dapat dimodifikasi dari keadaan awalnya untuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Modifikasi ini dapat dilakukan setelah maupun saat membeli aplikasi di software housenya. Biasanya software jenis ini dikembangkan sendiri oleh perusahaan namun tidak jarang oleh perorangan.

Keuntungan dari software custom adalah software ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda tanpa ada bagian terlewatkan yang tidak pernah digunakan, sehingga penggunaan nya dapat lebih fleksibel. Karena software ini dikembangkan sendiri risiko yang ada juga besar.

Software Paket Custom

Software ini merupakan software paket dengan modul standar yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan jika ada aktifitas lain diluar modul standar yang disediakan. Ada beberapa keuntungan yang didapat dari software jenis ini.

Harganya relatif lebih terjangkau dibanding software yang dimodifikasi dari awal. Karena berasal dari software paket maka stabilitasnya lebih terjaga, selain itu implementasi dari software dapat digunakan secara cepat karena sesuai dengan kebutuhan yang digunakan.

Tapi software ini memerlukan waktu kustomisasi yang lama jika tidak mendefinisikan apa saja hal yang dibutuhkan dari software. Ditambah lagi perbedaan modifikasi dari masing-masing user yang menggunakan berbeda-beda.

New call-to-action

Kesimpulan

Jadi itu dia beberapa faktor yang harus diperhatikan jika ingin menggunakan software akuntansi custom atau yang sudah jadi. Semua software akuntansi, baik yang dicustom atau yang sudah jadi ini, sudah banyak  tersedia di Indonesia dan digunakan di banyak perusahaan skala menengah. Semuanya tergantung kebutuhan.

Tentunya, salah satu kekhawatiran para pengusaha adalah support yang diberikan apabila produk tersebut bukan perusahaan lokal. Biasanya support perusahaan luar cenderung lebih mahal dan perlu waktu menunggu untuk memanggil support ke perusahaan Anda.

Tentu ini tidak menjadi masalah apabila Anda sudah planning terlebih dahulu support yang dibutuhkan, seperti menjadwalkan visit rutin bulanan dan sebagainya.

Dengan menggunakan MASERP, perusahaan akan terbantu dalam setiap tahapan pengelolaan akuntansi. Tak hanya itu, perusahaan juga dapat terbantu dalam mengelola dan menyajikan laporan bisnis lainnya.

Penghitungan dari laporan keuangan tersebut tersebut kini sudah tak perlu dilakukan dengan cara manual. Hal ini dapat dilakukan dengan cukup mudah karena MASERP merupakan software akuntansi yang mampu mengakomodasi seluruh kegiatan akuntansi perusahaan dan dapat dicustom sesuai kebutuhan.

Berbagai macam penghitungan dan pengelolaan keuangan dapat dilakukan secara terintegrasi. Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang memberikan banyak kemudahan, langsung saja konsultasikan kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: ERP Accounting: Fungsi, Jenis dan Manfaat Bagi Perusahaan

New call-to-action