Apa Itu MYOB? Kenali Kelebihan dan Kekurangannya!

Mind Your Own Business atau biasa kita tahu MYOB adalah salah satu aplikasi komputer akuntansi yang digunakan untuk mengelola dan mengolah data akuntansi. Bisa dibilang MYOB ini adalah aplikasi pembukuan yang dapat digunakan oleh berbagai macam jenis usaha, baik itu yang skalanya kecil maupun besar.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga bisa dengan mudah dioperasikan oleh orang awam sekalipun.

Sebenarnya setiap perusahaan itu mengolah data dengan cara yang sama. Namun, memang ada beberapa faktor yang menjadi pembeda sistem akuntansi satu perusahaan dengan yang lain, salah satunya yaitu teknologi yang digunakan.

MYOB membawa dampak yang baik karena memberikan kemudahan untuk mengelola siklus akuntansi. 

Untuk bisa memahami, para pengguna harus mengetahui cara kerja dari aplikasi ini dengan detail karena jika kesalahan kecil saja dilakukan maka Anda harus mengulang prosesnya dari awal.

Awal Mula MYOB (Mind Your Own Business) di Benua Asia

Pembahasan mengenai aplikasi MYOB ini memang cukup menarik, ternyata aplikasi ini pertama kali dikembangkan oleh MYOB Limited Australia pada tahun 1991. Saat ini, perkembangan MYOB pun semakin pesat sehingga sudah beredar pula di Kanada, Amerika, Inggris, Selandia Baru, dan beberapa negara Asia lainnya. 

Banyak pula perusahaan yang menggunakan MYOB dengan fitur multi currency (banyak mata uang) serta multi user (banyak pengguna). Meskipun dikembangkan di Australia, MYOB memiliki versi masing-masing negara di wilayah Asia seperti Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Vietnam, Brunei hingga Timor-Timor.

Keunggulan utama dari aplikasi MYOB terletak pada tampilannya yang mudah dipelajari dalam waktu yang cukup singkat. Jadi, Anda sebagai pengguna hanya perlu mengisi data dan menekan tombol perintah yang telah tersedia untuk bisa menggunakan program dengan optimal.

Baca Juga: Program ERP untuk Bisnis: Apa Saja Jenis ERP dan Manfaatnya?

Fungsi MYOB 

Untuk Anda yang berkecimpung dengan dunia akuntansi tentu saja aplikasi MYOB ini sangat bermanfaat karena fungsinya yang bisa memudahkan dalam pekerjaan. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari MYOB. Yuk, lihat apa saja fungsinya!

  1. Alat bantu untuk menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan akuntansi.
  2. Mempersingkat waktu pengerjaan pembukuan.
  3. Membuat Anda sebagai pengguna lebih paham mengenai bisnis.
  4. Membantu dalam proses jual-beli, tracking piutang dagang, utang dagang, pajak, quotation dan invoice yang hanya dalam sekali klik beberapa tombol yang tersedia.
  5. Pengelolaan barang menjadi lebih mudah.

Kelebihan MYOB (Mind Your Own Business)

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari MYOB:

  • Tampilannya user-friendly karena penggunaan dan transaksinya sederhana, berupa gambar sehingga mudah dipahami untuk para pemula.
  • Menyajikan menu chart of account atau daftar rekening siap pakai dalam Bahasa Inggris dan tersedia 105 jenis perusahaan yang bisa dibaca dalam lampirannya.
  • Memiliki kemampuan untuk mengexport data ke program Excel sehingga laporan bisa dibaca dan dicetak dalam bentuk Excel.
  • Memiliki laporan keuangan yang banyak, termasuk setting pajak dan menampilkan analisa dalam bentuk grafik

Kekurangan MYOB (Mind Your Own Business)

Selain keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh MYOB, aplikasi ini tentunya juga memiliki kekurangan. Berikut ini adalah kelemahan dari MYOB:

Tidak Ada Fitur Pelaporan Perpajakan Indonesia

Dikarenakan MYOB dikembangan di Australia maka dari itu beberapa fiturnya masih mengadopsi Australian style, termasuk perpajakannya. Sehingga untuk Anda yang ingin menghitung pajak dan pelaporannya harus menggunakan software lain.

Hanya Bisa Diterapkan pada Satu Perusahaan

MYOB ini lebih cocoknya digunakan untuk pebisnis yang memiliki satu perusahaan saja. Untuk Anda yang memiliki lebih dari satu perusahaan, aplikasi MYOB ini kurang cocok karena belum bisa memenuhi kebutuhan lainnya untuk para pelaku usaha.

Hanya dalam Bahasa Inggris

Program dari MYOB ini dilengkapi dengan fitur multi bahasa dan itu hanya menggunakan bahasa Inggris saja. Memang ini bukan masalah yang begitu penting, namun terkadang ada beberapa user yang merasa bingung dengan perbedaan istilah bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Format Neraca dalam Format Keuangan Australia

Dikarenakan dibuat di perusahaan Australia, format neracanya juga merupakan neraca keuangan Australia. Hal ini tentu saja cukup membuat repot karena perbedaan format dengan yang biasanya digunakan di Indonesia.

Belum Mendukung Fitur Multi Gudang

Kelemahan lainnya adalah MYOB belum bisa mendukung bagi Anda yang memiliki lebih dari satu gudang atau multi warehouse. Hal ini tentu saja membuat kesulitan, apalagi jika Anda yang memiliki lebih dari satu gudang penyimpanan.

Fitur MYOB

  • Anda dapat menyimpan data di cloud untuk menghindari hilangnya catatan keuangan atau hardware yang rusak.
  • Dapat digunakan offline untuk penyimpanan akun dan penagihan di tempat yang tidak dijangkau internet.
  • Support team tersedia setiap hari (7 hari dalam seminggu).
  • Budgeting untuk membantu bisnis berkembang, menjaga pengeluaran agar sesuai dan tidak over budget.
  • Tanda terima dan tagihan dapat disimpan melalui aplikasi MYOB Capture sehingga mengurangi penggunaan kertas di perusahaan Anda.
  • MYOB merupakan sistem yang dapat dipakai oleh bisnis kecil hingga skala perusahaan.
  • Multi currency yang cocok untuk bisnis ekspor dan impor.
  • Inventory control untuk melacak persediaan barang, serta barang yang perlu dipesan ulang atau dipindahkan ke lokasi lain.
  • Tracking pekerjaan, durasi kerja dan generate faktur.
  • Faktur yang fleksibel untuk kirim faktur langsung dari mana saja melalui HP atau gadget Anda yang lain.
  • Pembayaran dengan kartu kredit untuk mempercepat proses pembayaran faktur.
  • Laporan keuangan yang dapat disesuaikan untuk mendapatkan informasi yang spesifik dan penting bagi bisnis Anda.
  • Rekonsiliasi bank otomatis yang terhubung ke lebih dari 150 lembaga keuangan.

Pencatatan Transaksi Perusahaan pada Program MYOB

Terdapat beberapa cara pencatatan transaksi perusahaan dalam MYOB, yaitu sebagai berikut:

Purchase Pembayaran ke Pemasok

Jenis pembayaran ini dilakukan perusahaan kepada pemasok yang hubungannya langsung dengan membeli barang atau jasa sebagai aktivitas utama dari perusahaan.

Sales-Penerimaan dari Konsumen

Jenis pencatatan yang satu ini dimanfaatkan untuk mencatat segala jenis transaksi penjualan jasa atau barang, retur penjualan, dan penerimaan yang hubungannya dengan penjualan.

Sales-Permohonan Pesanan dari Pelanggan

Pencatatan ini gunanya untuk membuat permohonan dari pelanggan kepada penjual untuk suatu barang dagangannya.

Sales-Penjualan kepada Pelanggan

Pencatatan ini merupakan proses data dari menu-sales yang penggunaannya dengan mengisi faktur penjualan dalam praktik akuntansi yang dilakukan dengan manual.

Banking-Penyetoran Dana

Jenis pencatatan yang satu ini dimanfaatkan untuk merekap transaksi yang hubungannya dengan cash atau bank yang menggunakan kredit atau cek.

Kesimpulan

Untuk kegiatan accounting aplikasi MYOB ini memang sangat membantu mengelola keuangan, terutama untuk Anda para pelaku usaha atau bisnis. Dengan aplikasi ini kegiatan mengelola dan mengolah data akuntansi jadi lebih mudah.

Namun dibalik kelebihannya, MYOB memiliki beberapa kelemahan diantaranya adalah format-formatnya yang belum sesuai dengan yang ada di Indonesia. Hal ini membuat Anda perlu melakukan prosesnya terlebih dahulu agar bisa digunakan. 

Jika Anda mencari aplikasi atau software akuntansi yang memudahkan dan fitur-fiturnya sudah sesuai dengan yang ada di Indonesia, Anda bisa mencoba MASERP. Software akuntansi bisa membantu Anda mengolah data dan mengelola kegiatan akuntansi termasuk laporan keuangan.

Tidak hanya dapat membantu menyediakan laporan keuangan, tapi seluruh kegiatan akuntansi lainnya bisa dilakukan sehingga jadi lebih efisien dan efektif. MASERP juga sudah dilengkapi dengan banyak fitur dan terintegrasi dengan banyak fungsi bisnis lainnya seperti keuangan, manufaktur, dan juga masih banyak lagi yang lainnya.

Software akuntansi MASERP bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk segala kebutuhan akuntansi usaha Anda. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: Daftar Software Akuntansi Berdasarkan Ukuran Perusahaan