7 Tips dan Strategi Perusahaan Saat Work From Office

Momen kembali ke kantor atau yang biasa kita kenal dengan work form office telah ditunggu oleh banyak pekerja. Tidak bisa dipungkiri, rasa rindu untuk bisa berinteraksi langsung dengan rekan kerja membuat keinginan kembali ke kantor makin membara. 

Berbagai bisnis mulai menerapkan kembali aktivitas work from office bagi karyawan. Namun pelonggaran peraturan ini bukan berarti perusahaan dapat kembali melaksanakan operasional mereka seperti biasa. Berbagai regulasi seperti PPMK mengharuskan perusahaan untuk beradaptasi untuk mengakomodir protokol kesehatan di dalam operasional mereka, dan tentu saja itu bukanlah perkara mudah.

Hal tersebut disikapi oleh beberapa kantor dengan menerapkan transisi work from office (WFO) di mana sebagian karyawan telah masuk kerja dengan sistem bergantian. Di momen ini, penting bagi kita untuk menerapkan protokol kesehatan berlapis yakni yang bersifat perlindungan dari luar dan dalam.

Tetapi dengan pelonggaran peraturan tersebut, bukan berarti perusahaan dapat dengan santai menjalankan operasional mereka seperti dulu kala. Karena meski melemah, pandemi COVID-19 ini tetap masih ada. Jika lengah, bukan tidak mungkin pandemi akan semakin bertambah parah dan kasus penularan positif semakin meningkat.

Strategi Perusahaan untuk Work From Office

Bagi para pengusaha pasti membutuhkan strategi yang pas ketika sudah memulai menerapkan WFO, nah ini dia beberapa strategi yang tepat untuk menghadapi work-life baru agar nyaman, efektif dan produktif.

Baca Juga: 6 Strategi HRM (Human Resource Management)

Cek Kesehatan Karyawan

Pemeriksaan medis tidak hanya dapat menjaga karyawan tetap baik, tetapi juga dapat membantu mengurangi rasa takut dan kecemasan tentang kembali bekerja. Untuk membantu membuat prosesnya sedikit lebih ringan, pertimbangkan untuk bermitra dengan klinik yang dapat membekali Anda dengan sumber daya yang tepat. Dari tenaga medis hingga panduan COVID-19 akan sangat berarti untuk melindungi staf perusahaan.

Tetap Suportif

Anda mungkin sudah siap untuk kembali, tetapi Anda mungkin memiliki beberapa karyawan yang masih merasa tidak nyaman untuk pergi ke kantor. Mengingat ketidakpastian seputar pandemi, karyawan sedang  berjuang dengan perasaan takut dan cemas yang sangat tinggi. Meskipun Anda tidak dapat menghilangkan ketakutan ini, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menunjukkan dukungan Anda.

Dorong staf untuk bersikap transparan tentang perasaan mereka tentang kembali bekerja, dan tunjukkan bahwa Anda mendengarkan dengan menanggapi kekhawatiran.

Kenali Permasalahan Karyawan

Saat Anda menavigasi perusahaan Anda kembali bekerja, pahami bahwa setiap karyawan memiliki kebutuhan yang berbeda. Sementara yang satu mungkin bergulat dengan pengasuhan anak, yang lain mungkin khawatir tentang mengekspos anggota keluarga yang memiliki kekebalan terhadap virus. 

Saat menerapkan strategi masuk kembali Anda, cobalah untuk memahami permasalah yang dirasakan. Sehingga dengan ini, karyawan pun merasa senang karena merasa dihargai.

Evaluasi Aturan WFO

Saat perusahaan Anda dibuka kembali, akan ada kebutuhan untuk memantau dan menyesuaikan pedoman internal Anda. Tetap up-to-date dengan peraturan yang berkembang dan bimbingan medis, sambil tetap selaras dengan kebutuhan Anda sendiri. Seiring berjalannya waktu, perusahaan bisa saja perlu mengubah program work from home karena pandemi mulai merebak dan kebijakan pemerintah ikut menyesuaikan. 

Tips-Tips Saat Work From Office

Kembalikan Semangat 

Terbiasa bangun lebih siang dan tidak perlu repot keluar rumah untuk ke kantor tentu menjadi kenyamanan tersendiri selama bekerja dari rumah. Apalagi, bagi mereka yang tinggal jauh dari kantor. Namun, ada begitu banyak hal menarik dan seru yang hanya bisa Anda dapatkan jika bekerja dari kantor. 

Seperti bertemu dengan teman kantor secara tatap muka, koordinasi pekerjaan yang lebih cepat dan mudah, hingga nongkrong bareng teman kantor baik saat makan siang ataupun selepas jam kerja. Jadikan hal hal menyenangkan ini sebagai motivasimu agar semangat kembali kerja di kantor.

Jaga Kesehatan

Bebas beraktivitas di luar rumah bukan berarti melupakan pentingnya kesehatan dan protokol kesehatan. Dengan beraktivitas di luar rumah, tubuhmu membutuhkan proteksi kesehatan dua kali lipat lebih banyak dibandingkan hanya beraktivitas di dalam rumah. Oleh karena itu, penting untuk minum vitamin dan mengonsumsi makanan atau minuman sehat.

Salah satu yang bisa jadi pertimbangan adalah jus yang memiliki berbagai manfaat baik bagi tubuh seperti membantu menjaga imun, mencegah kanker, hingga detoxifikasi tubuh. Selain itu, perpaduan berbagai buah dalam satu minuman sehat juga mampu membantu perkuat stamina selama beraktivitas di luar rumah.

Kebutuhan Tubuh Terpenuhi

Pasti Anda pernah mendengar istilah tubuh memiliki alarm biologis. Istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi tubuh yang mulai drop setelah beraktivitas terlalu lelah. Misalnya saja ketika bekerja dari rumah, tidak jarang Anda akan mengalami lembur hingga kurang tidur. 

Membawa Makanan dari Rumah

Jika dirasa tidak memiliki waktu yang cukup untuk memasak di pagi hari, usahakan untuk menyiapkan bekal sarapan yang sederhana. Dengan mengkonsumsi sarapan di pagi hari, akan membantu seseorang memiliki fokus yang lebih tinggi saat beraktivitas seharian.Untuk memenuhi kebutuhan sarapan yang lebih sehat mulai dari camilan, gula, hingga minuman sereal bernutrisi tinggi,

Hal seperti inilah yang perlu kamu perhatikan lebih extra ketika mulai beraktivitas di luar rumah. Pastikan tubuh memiliki istirahat yang cukup, tidak depresi, dan memiliki asupan yang bergizi. Dengan begini, aktivitas harianmu tidak akan terganggu dan malah bisa menjadi lebih optimal.

Protokol Kesehatan 3M

Walaupun seluruh rekan kerja di kantor sudah divaksin, kita tetap harus rajin mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak saat berinteraksi. Protokol kesehatan 3M ini sudah terbukti menjadi langkah preventif untuk mengantisipasi tubuh dari terpapar virus.

Meeting Online Tetap Diterapkan

Berkumpul atau berdiskusi bersama-sama dalam ruangan atau di luar kantor dapat menjadi kenangan tersendiri sampai beberapa bulan ke depan. Hal itu terjadi karena meskipun sudah masuk kantor, karyawan mungkin akan tetap melaksanakan meeting online.

Ruangan Lebih Tertutup

Konsep kerja ruangan terbuka memang sudah menjadi trend bagi beberapa perusahaan. Namun sayangnya, trend ini akan menjadi tidak efektif. Tetapi dengan pemberian sekat pada setiap ruangan atau area kerja dipercaya dapat menghambat penyebaran virus.

Kesimpulan

Memang menjadi suatu tantangan tersendiri bagi para pengusaha untuk menghadapi new normal saat ini dan kembali work form office. Jagalah cash flow Anda agar tidak bocor, jagalah agar nilainya selalu positif.

Jangan lupa, selalu siapkan rencana-rencana cadangan sebagai antisipasi. Semoga setelah masa pandemi ini berlalu, usaha Anda akan menjadi semakin kuat karena telah berhasil melalui masa-masa sulit. Untuk memudahkan dalam perhitungan transaksi keluar masuk pada cash flow bisnis, Anda perlu menggunakan software akuntansi yang sudah terintegrasi seperti MASERP.

MASERP merupakan software ERP yang sudah terintergrasi dengan banyak fungsi bisnis seperti penjualan, pembelian, keuangan, manufaktur dan lain-lain.

MASERP akan memudahkan Anda mencatat, memantau dan membuat laporan keuangan sepeti arus kas dan laba rugi perusahaan secara otomatis dan kapan saja tanpa harus menunggu rugi atau negatif. Pencatatan dan pengawasan laporan keuangan harus dilakukan secara rutin untuk memastikan cash flow perusahaan selalu positif.

Ada lebih dari 300 laporan siap cetak di MASERP. Anda bisa mencustom software MASERP sesuai bisnis flow Anda. Segera konsultasikan dengan konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action