6 Strategi Recruitment Marketing

Recruitment marketing telah menjadi tren dalam dunia rekrutmen saat ini. Hal ini terjadi karena recruitment marketing yang sukses mendatangkan manfaat dan bisa berkontribusi pada peningkatan yang signifikan pengalaman kandidat dengan suatu perusahaan.

Itulah yang disebut recruitment marketing yaitu proses memasarkan merek dari memberi kerja kepada pencari kerja. Kamu ingin tahu penjelasan tentang recruitment marketing, mari simak artikel berikut ini.

Apa Itu Recruitment Marketing

Recruitment marketing adalah nurturing dan perhatian kandidat berbakat ke perusahaan kamu dengan melakukan marketing kepada mereka. Tujuan utamanya dari recruitment marketing adalah mendorong individu untuk posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Bisa dikatakan bahwa hal ini merupakan stage paling awal untuk menarik kandidat aktif maupun pasif dari proses rekrutmen.

Baca Juga: HR Management

Strategi Recruitment Marketing

Media Sosial

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mempromosikan brand perusahaan kamu di media sosial. Warga Indonesia tercatat sebagai pengguna internet dan media sosial yang sangat aktif, sehingga media sosial adalah media yang tepat untuk melakukan kegiatan marketing.

Meskipun banyak sekali media sosial yang tersedia dan kerap diakses oleh masyarakat Indonesia, tidak semua bisa digunakan untuk kebutuhan rekrutmen. LinkedIn, Facebook, Twitter, Instagram, dan LINE adalah beberapa media sosial yang dapat Anda gunakan sebagai tempat untuk melakukan marketing rekrutmen.

Creative Posts

Cara ini sedikit tricky karena membutuhkan keahlian khusus. Namun, jangan khawatir karena kamu bisa mengakalinya dengan cara menggunakan jasa creative designer, baik yang sudah pro maupun junior. Jika sedang menekan budget, kamu bisa cari jasa tersebut dari mahasiswa dengan jurusan terkait atau dari freelancer.

Website Perusahaan

Cara ini juga mudah, bahkan jauh lebih mudah daripada media sosial. Hanya saja, kita tidak terlalu bisa menyampaikan promosi kita ke target yang sudah ditentukan. Jadi, strategi ini juga penting untuk menyokong marketing rekrutmen kamu.

Pertama-tama, periksa kembali situs perusahaan kamu, apakah memiliki informasi perusahaan yang informatif? Apakah calon pelamar dapat dengan mudah menghubungi bagian HR untuk mengirim lamaran atau bertanya-tanya soal pekerjaan? Jika belum, segera perbarui laman situs perusahaan kamu dengan memberikan kemudahan calon pelamar untuk menghubunginya.

Buat user friendly interface, tonjolkan dengan tepat visi, misi, serta nilai perusahaan, highlight reputasi bagus perusahaan, sehingga ketika calon pelamar masuk ke situs mereka akan merasa yakin dengan identitas perusahaan kita.

Mengadakan Job Fair untuk Memperluas Networking

Sebagai pelaku HR, tentu kamu sudah tergabung di banyak forum-forum HR yang ada di Indonesia. Maka, gunakanlah kesempatan tersebut untuk aktif mencari informasi seputar event di mana kamu bisa mempromosikan perusahaan. Ini adalah momen yang sangat tepat untuk memamerkan visi, misi, serta nilai perusahaan yang kamu gunakan sebagai company branding.

Candidate Experience Sejak Awal

Menurut sebuah research, tertera hasil yang menyatakan bahwa lebih dari 60% kandidat memiliki candidate experience yang negatif terhadap suatu perusahaan, sementara 72% dari mereka memutuskan untuk membagikan bad experience mereka tersebut di depan umum. Candidate experience yang Anda berikan terhadap kandidat yang melamar ke perusahaan Anda akan mencerminkan indikator budaya di perusahaan. Hal ini menjadi faktor ini sangat penting untuk dibangun sejak awal proses rekrutmen berlangsung.

Candidate experience yang baik adalah ketika perusahaan bisa menciptakan pengalaman bagi kandidat yang terasa nyata, manusiawi, dan otentik. Seperti halnya mengajak kandidat untuk mengenal lebih jauh tentang perusahaan, sehingga bukan hanya kandidat yang dinilai oleh kamu, tapi kandidat juga bisa menilai perusahaan kamu. Hubungan ini tidak hanya semata-mata untuk memproses resume kandidat, tetapi membangun hubungan yang lebih personal.

Biasanya strategi yang sering muncul ketika berusaha menciptakan candidate experience yang baik yaitu melalui pemberian hadiah atau pun dengan mengadakan acara-acara untuk menghibur.

Meningkatkan Kualitas Kandidat

Ketika membicarakan tentang proses rekrutmen, semua pasti sepakat bahwa kualitas akan selalu diutamakan jika dibandingkan dengan kuantitas. Namun, masalah yang dihadapi oleh banyak perusahaan saat ini adalah tidak semua kandidat yang mengunjungi situs web atau halaman lowongan mereka sudah pasti mendaftarkan diri di lowongan yang tersedia tersebut.

Kandidat mungkin memang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang perusahaan kamu, tetapi mereka belum tentu ingin melamar pekerjaan kesana. Maka dari itu, perlu adanya Employer Brand yang baik untuk mengubah mindset kandidat agar mendaftar ke posisi lowong yang tersedia.

Kesimpulan

Penerapan recruitment marketing yang baik terbukti membantu perusahaan mencapai target dengan baik dan maksimal. Oleh sebab itu sebaiknya perusahaan memfokuskan hal tersebut serta memiliki sistem yang salah satunya melalui penggunaan produk atau software yang sesuai, Contohnya dengan menggunakan software akuntansi modren seperti MASERP.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud.

Software tetap bisa dipakai meskipun tidak ada koneksi internet, kemudian MASERP dapat digunakan lebih dari satu perusahaan tanpa biaya tambahan.

Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt. Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: Payroll Adalah Sistem Modern untuk Penggajian Karyawan

New call-to-action