Wirausaha Kerajinan Limbah: Pengertian, Karakteristik dan Contoh

Saat ini hampir semua orang menyadari pentingnya menjaga lingkungan terutama masalah limbah untuk meminimalisir pencemaran lingkungan.

Wirausaha kerajinan limbah selain dapat meminimalisir pencemaran lingkungan juga bisa menjadi ladang penghasilan bagi Anda.

Limbah dapat digunakan sebagai bahan baku untuk bisnis Anda.

Pengertian Wirausaha Kerajinan Limbah

Wirausaha kerajinan limbah adalah kegiatan usaha yang menggunakan bahan baku dari produk limbah baik industri maupun rumah tangga.

Biasanya limbah yang dapat dimanfaatkan kembali menjadi produk bernilai ekonomi adalah limbah padat seperti plastik, kaleng, kain, kardus dan lain-lain.

Sebelum mengetahui contoh wirausaha kerajinan bahan limbah, Anda perlu mengetahui beberapa karakteristik wirausaha yang perlu dimiliki agar bisnis Anda bisa berjalan dengan baik

Karakteristik Wirausaha Kerajinan Limbah

Dalam membuat kerajinan seni tentu saja harus kreatif dan inovatif dalam membuat produk yang memiliki estetika.

Selain estetika, produk yang bisa membantu dan memberi kemudahan bagi konsumen adalah hal yang penting karena akan menjadi kunci dalam penjualan nantinya.

Inovasi produk dalam wirausaha kerajinan limbah akan membuat Anda selangkah lebih maju dan bisa bersaing dengan competitor di industri  ini.

Membuat produk kerajinan limbah yang orisinil dan unik dapat menciptakan branding tersendiri untuk bisnis Anda.

Produk kerajinan limbah Anda akan lebih diingat oleh konsumen karena memiliki ciri khas dari bisnsis Anda. Selain itu, memiliki peluang lebih besar bertahan di pasar dan dicari konsumen.

Dalam berwirausaha Anda harus berani mengambil resiko. Begitu juga dengan wirausaha kerajinan limbah.

Setiap proses dari mulai pengumpulan bahan limbah, pembuatan produk baru kemudian menjual produk kerajinan bahan limbah harus diperhatikan resikonya karena Anda akan menemukan banyak pertimbangan dan membutuhkan keputusan yang tepat.

Baca Juga: Daftar Pengusaha Sukses di Indonesia Yang Menginspirasi

Contoh Wirausaha Kerajinan Limbah

Kalau Anda ingin membuat produk kerajinan limbah yang memiliki kualitas bagus sebaiknya Anda memilih bahan limbah yang tidak terlalu rusak atau yang masih bisa dimanfaatkan.

Hal itu akan menentukan kualitas dari hasil produk bisnis Anda.

Semakin bagus Anda memilih limbah, maka produk yang dihasilkan juga bagus. Berikut ini beberapa contoh wirausaha kecil kerajinan limbah yang bisa Anda coba

Limbah Botol Plastik

Botol plastik mudah ditemukan sebagai bahan baku dalam pembuatan kerajinan limbah. Anda harus membuatnya menarik secara tampilan agar bisa diterima di pasaran.

Saat pandemi seperti ini banyak sekali peminat tanaman hias, membuat pot gantung dari botol bekas air mineral bisa Anda coba jadikan produk yang bernilai ekonomi.

Selain pot tanaman, kerajinan limbah dari botol bekas ini bisa berinovasi dengan membuat produk untuk anak-anak seperti membuat mainan robot dan celengan anak berkarakter binatang atau kartun.

Membuat hiasan bunga berwarna-warni juga bisa menjadi ide produk berwirausahan karena bisa saja konsumen Anda membutuhkan hiasan untuk kado.

Anda dapat mempercantik produk-produk dari botol bekas tersebut dengan diberi cat berwarna dan motif yang menarik agar konsumen suka dengan produk Anda.

Limbah Kemasan Plastik

Limbah kemasan plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa terurai secara alami.

Sebelum diproses menjadi produk yang bernilai ekonomi, Anda perlu membersihkan limbah plastik terlebih dahulu.

Biasanya produsen kerajinan limbah plastik tidak menggunakan bahan baku limbah seluruhnya, untuk mempercantik dan menambah kualitas jual Anda bisa menambahkan bahan baku lain seperti kain atau tali.

Limbah plastik bekas kemasan minuman bisa dijadikan produk tas totebag.

Limbah Kain Perca

Sisa kain tekstil atau pakaian dapat menjadi ide dalam wirausaha kerajinan limbah.

Banyaknya motif dan warna pada kain perca bisa mempermudah Anda dalam mengembangkan kreatifitas produk.

Kain perca dapat dikreasikan menjadi produk keset, taplak meja, tas bahan, ikat rambut, sarung bantal dan boneka.

Produk kerajinan limbah kain perca ini bisa dibuat banyak produk untuk berbagai kalangan dan umur, sehingga target maerketnya pun luas.

Bahan baku pembuatan kerajinan kain perca cenderung memiliki modal awal yang terjangkau.

Limbah Kaleng

Limbah kaleng bekas bisa dimanfaatkan menjadi produk dekorasi yang unik dan menarik.

Anda bisa menjadikan limbah kaleng menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis seperti hiasan lampu tidur, celengan berwarna, tempat alat tulis, pot tanaman dan miniatur mainan.

Pastikan Anda memilih limbah kaleng yang masih berkualitas baik agar proses pembuatan produknya mudah dan hasilnya berkualitas bagus.

Limbah Kayu

Kayu bekas sisa bangunan juga dapat digunakan sebagai bahan baku untuk wirausaha kerajinan limbah.

Limbah kayu dapat dimanfaatkan menjadi dekorasi patung pahat, miniatur, jam dinding, jam tangan, alas makan dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Itulah beberapa ide wirausaha kerajinan limbah yang bisa Anda coba dengan modal yang relatif kecil.

Sebagai wirausaha sukses, Anda harus mengerti mengenai manajemen produksi sumber daya yang dikenal dengan 6M diantaranya man (manusia), money (uang), material (bahan), machine (peralatan), method (cara kerja) dan market (pasar).

Salah satu yang harus diperhatikan dalam bisnis adalah manajemen akuntansi.

Untuk merencanakan dan melacak aktivitas keuangan bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi modern seperti MASERP.

Dengan menggunakan software akutansi Anda dapat menghindari cashflow negatif yang bisa mengganggu jalannya operasional bisnis Anda.

Setelah membaca penjelasan di atas, kira-kira bisnis kerajinan limbah apa yang akan Anda coba setelah ini?

Baca Juga: Contoh Wirausaha Kecil Yang Potensial Di Masa New Normal