5 Tips Keuangan dari Squid Game yang Bisa Kalian Tiru

Apakah dari kalian sudah menyaksikan serial drama yang tengah viral diperbincangkan yaitu, Squid Game? Sejak rilis pada 17 September kemarin, serial drama asal Korea Selatan ini berhasil mencuri perhatian warga dunia.

Serial yang di sutradarai Hwang Dong-hyuk telah menjadi salah satu tayangan favorit masyarakat banyak, terbukti keberhasilkan Squid Game telah menduduki peringkat pertama pada chart Netflix di banyak negara.

Banyak ide yang menjadi keseruan cerita Squid Game yang menceritakan perjuangan 456 orang yang terlilit hutang dan terpilih untuk mengikuti survival game demi memenangkan hadiah uang tunai 45,6 miliar Won.

Dari alur cerita yang menengangkan itu ada beberapa pelajaran keuangan dan tips keuangan yang penting kamu pahami, penasaran apa saja? Berikut ini ulasannya.

Hindari Kebiasaan Berhutang

Latar permasalahan yang diangkat oleh serial Netflix satu ini adalah permasalahan tentang utang. Para pemain Squid Game tidak sanggup membayar utang-utang yang telah menumpuk. Salah satunya adalah pentingnya mengelola utang yang kita punya. Sebab, banyak dari kita yang berutang namun untuk hal yang sia-sia saja dan akhirnya kesulitan membayarnya.

Jika kamu belum memiliki pendapatan tetap, sebaiknya hindari untuk berutang. Sebab, pendapatan kamu pun masih belum menentu. Berutang akan membuatmu memiliki beban pengeluaran tambahan setiap bulan.

Baca Juga: 4 Tips Jitu Perusahaan Agar Terhindar dari Sunk Cost

Kemampuan Menyusun Strategi

Dalam setiap permainan membutuhkan strategi untuk bisa menaklukannya. Pada serial Squid Game salah satu aktornya yaitu Chog Sang-woo adalah sosok yang termasuk pintar dalam menyusun strategi. Sama seperti game untuk bisa mencapai kesuksesan dan menaklukan tantangan hidup tentu membutuhkan strategi tertentu.

Maka, dari itu harus mengetahui dan pintar dalam menyusun strategi seperti Chong Sang-woo menjadi kemampuan yang sangat dibutuhkan dan penting untuk dikuasai salah satunya stategi bisnis agar perusahaan kamu bisa berkembang lebih baik kedepannya.

Miliki Dana Darurat

Gi-Hun diceritakan telah bekerja lebih dari 10 tahun di perusahaan mobil, tapi akhirnya dia dipecat karena perusahaan bangkrut. Padahal saat itu dia membutuhkan dana untuk biaya bersalin istrinya. Hal ini membuat Gi-Hun kelabakan dan berakhir dengan utang.

Dari masalah tersebut, kita mengetahui seberapa pentingnya memiliki dana darurat. Karena saat keadaan genting terjadi seperti Gi-Hun yang di-PHK dan tidak berpenghasilan lagi, kita masih dapat bertahan hidup dengan dana darurat tersebut.

Mengelola Uang

Kemampuan mengelola uang adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan. Seringkali seseorang menghadapi kesulitan akibat kebiasaan buruk terkait keuangan. Dalam serial Squid Game, semua pemain dalam survival game tersebut punya kesamaan yakni masalah keuangan. Bahkan Seong Gi-hun sang tokoh utama digambarkan punya banyak utang akibat kebiasaannya bermain judi. Secara tidak langsung, serial ini mengingatkan kepada kita terkait pentingnya mengelola keuangan loh.

Riset dan Paham Investasi

Lain lagi dengan kasus Cho Sang-Woo (diperankan Park Hae Soo) yang menggelapkan dana klien dan menginvestasikannya ke saham derivatif dan kontrak berjangka. Namun, ternyata investasi ini gagal dan Sang-Woo merugi 6 miliar won. Hal ini membuat Sang-Woo mencari segala cara untuk melunasi utangnya dan salah satunya dengan berpartisipasi dalam Squid Game.

Dari kasus Sang-Woo, kita bisa tau bahwa investasi memang bisa memberikan banyak keuntungan. Tetapi diperlukan skill yang matang dan manajemen risiko yang baik untuk berinvestasi dalam saham. Kurangnya riset dan memahami risiko investasi yang dimiliki juga berpotensi menghasilkan kerugian.

Saat ini banyak orang bisa berinvestasi di berbagai instrumen. Ada potensi keuntungan, tetapi kita juga harus memahami risikonya. Salah sataunya kamu bisa berinvestasi bagi keuangan perusahaan kamu dengan menggunakan software akuntansi.

Investasi juga bisa dilakukan oleh perusahaan maupun perorangan. Jika perhitungan keuangan perorangan mungkin lebih simpel, bagaimana dengan perhitungan keuangan perusahaan? Terlebih jika sedang melakukan investasi, mulai dari investasi dana, aset, saham dan lain-lain. 

Pastinya, kamu butuh software akuntansi modern seperti MASERP, agar semua laporan keuanganmu bisa dikerjakan dengan akurat, praktis, mudah dan cepat. 

Terlebih MASERP juga menyediakan banyak fitur yang bisa digunakan untuk membuat berbagai macam laporan keuangan perusahaan. Jadi, tim finance atau akuntan, tidak perlu repot lagi, dalam menjalankan tugasnya. 

Dengan begitu, perusahaan bisa menjalankan investasi dengan lancar, laporan keuangan berjalan dengan baik, dan evaluasi keuangan juga bisa dilihat dengan mudah.  

Baca Juga: Investasi Saham? Kenali 4 Jenis Saham dan Manfaatnya!

New call-to-action