4 Tips Mengumpulkan Sinking Fund dan Bedanya dengan Dana Darurat

Terdapat banyak cara untuk mengelola keuangan, mulai dari memisahkan uang menjadi beberapa kategori atau amplop yang tujuan utamanya adalah untuk saving, salah satunya istilah sinking fund, ternyata sinking fund adalah salah satu aspek yang tidak boleh terlewat dalam proses perencanaan keuangan.

Memulai perencaaan menjadi poin utama dalam hal mengelola keuangan. Dengan adanya persiapan tersebut, Anda jadi lebih siap secara finansial ketika menghadapi situasi apa saja, termasuk situasi darurat yang membutuhkan banyak dana. 

Namun sayangnya masih banyak masyarakat yang belum familiar dengan istilah yang satu ini. Untuk itu agar lebih mengenal dan tahu mengenai sinking fund, berikut ini adalah ulasan lengkapnya untuk Anda!

Mengenal Sinking Fund

Sinking fund adalah dana khusus yang dipisahkan untuk kebutuhan bisnis di masa yang akan datang. Akan tetapi sebelum Anda mengumpulkan dana ini, tentu saja harus membuat rencana dan menetapkan tujuan yang jelas terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar Anda bisa lebih fokus dan spesifik pada saat mengumpulkan dananya.

Seperti misalnya Anda melakukan sinking fund untuk biaya perbaikan rumah, liburan, biaya nikah, dan masih banyak kegiatan lainnya. Bisa dibilang sinking fund ini menjadi salah satu cara yang bijak dan sehat dalam pengelolaan keuangan.

Kenapa demikian? Ini karena walaupun misalnya Anda sudah menyusun anggarannya secara terperinci, namun terkadang ada saja pengeluaran tambahan yang sewaktu-waktu menjadi ancaman untuk pengelolaan finansial Anda. Dengan memiliki sinking fund akan meminimalisir resiko untuk berhutang untuk membeli atau membayar sesuatu karena dananya sudah disiapkan. 

Baca Juga: Mengenal 4 Jenis Reksadana Beserta Risiko dan Cara Berinvestasinya!

Perbedaan Sinking Fund dan Dana Darurat

Dilihat dari pengertiannya mungkin banyak dari Anda yang mengira jika sinking fund ini sama dengan dana darurat. Ternyata berbeda, loh! Seperti yang sudah dijelaskan, sinking fund adalah dana yang Anda kumpulkan secara rutin untuk kebutuhan tertentu di masa depan dan tujuannya sudah ditentukan terlebih dahulu.

Berbeda dengan dana darurat yang tujuannya untuk penggunaan yang belum pasti. Dana darurat erat kaitannya dengan kondisi mendesak yang kamu hadapi. Seperti misalnya pada saat pandemi seperti saat ini, banyak kebutuhan untuk pengobatan, tiba-tiba dipecat dari perusahaan, dan masih banyak lagi keadaan darurat lainnya.

Kenapa Perlu Menyiapkan Sinking Fund?

Selain dana darurat mungkin Anda bertanya kenapa si harus juga mengumpulkan sinking fund? Anda juga perlu tahu jika tujuan utama menyiapkan sinking fund adalah guna merencanakan pengeluaran di masa depan. Dengan begitu Anda tidak akan menggunakan alokasi dana yang lain untuk keperluan tertentu.

Apalagi untuk merencanakan pengeluaran dalam jumlah besar, sinking fund akan sangat membantu. Anda bisa menyisihkan sedikit demi sedikit sehingga bisa mencapai jumlah yang diinginkan pada waktu yang tepat.

Misalnya Anda memiliki impian untuk bisa membeli mobil baru dan membelinya secara tunai, maka bisa menerapkan sinking fund ini agar terhindar dari hutang cicilan perbulannya. Dengan begitu Anda pun bisa lebih fokus mengelola keuangan untuk kebutuhan lainnya.

Tips Mengumpulkan Tabungan untuk Sinking Fund

Untuk Anda yang baru ingin mulai mengumpulkan sinking fund tidak ada kata terlambat dan bisa mulai dari sekarang. Banyak sekali manfaat yang didapat jika kita memiliki dana sinking fund. Berikut ini adalah beberapa tips bagaimana mengumpulkan sinking fund.

List Daftar Kebutuhan di Masa Depan

Sebenarnya tidak menutup kemungkinan untuk Anda perlu menyiapkan beberapa post dana untuk sinking fund sekaligus dalam satu waktu. Anda bisa menyesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan seberapa urgent kebutuhan tersebut. Dahulukan sinking fund yang paling kamu butuhkan dalam waktu dekat.

Menentukan Target dari Sinking Fund

Setelah tahu kebutuhan apa saja yang dibutuhkan, maka kini mulai tentukan berapa jumlah target yang diinginkan. Buatlah estimasi yang akurat agar dana yang terkumpul bisa efektif dan sesuai. Target ini disesuaikan dari kebutuhan apa yang Anda rencanakan untuk keperluan di masa mendatang.

Tentukan Uang yang Akan Disisihkan Setiap Bulan

Setelah Anda tahu berapa target yang harus dikumpulkan, maka selanjutnya adalah menentukan berapa jumlah uang yang perlu disisihkan secara rutin. Perhitungan ini bisa Anda sesuaikan dengan tenggang pemakaian sinking fund dan alokasi dana yang bisa disisihkan.

Misalnya Anda akan membeli mobil baru seharga Rp800.000.000, maka dari harga ini Anda bisa menentukan berapa jumlah yang akan ditabung setiap bulan dengan menentukan jangka waktunya terlebih dahulu.

Sinking Fund dalam Rekening Terpisah

Tips terakhir yang terakhir adalah Anda menempatkan dana sinking fund ini pada rekening yang terpisah. Hal ini penting karena untuk meminimalisir penggunaan dana untuk kebutuhan yang lain. Anda juga bisa memanfaatkan sistem auto debet pada agar proses pengumpulan dana berjalan dengan lancar dan efektif.

Sinking Fund dalam Perusahaan

Sinking fund ini tidak hanya diterapkan untuk kebutuhan finansial pribadi saja, tapi juga bisa diterapkan untuk finansial perusahaan. Namun, tujuan dan cara pengumpulannya yang berbeda. 

Di perusahaan sinking fund biasanya disisihkan untuk melunasi hutang atau obligasi. Sinking fund ini bisa meringankan perusahaan saat jatuh tempo pembayaran hutang telah tiba. Selain itu, sinking fund juga membantu keamanan untuk para investor yang melakukan pendanaan pada suatu perusahaan.

Berikut ini adalah keuntungan bagi perusahaan yang menyiapkan dana untuk sinking fund:

  • memiliki risiko default yang lebih rendah karena perusahaan sudah menyiapkan dananya dalam sinking fund,
  • bisa meningkatkan kredit perusahaan dan tingkat permintaan saham pun juga akan meningkat,
  • dampak yang baik untuk finansial jangka panjang,
  • melakukan pembayaran hutang dengan sinking fund bisa memangkas biaya pengeluaran perusahaan untuk membayar bunga.

Kesimpulan

Sinking fund ini merupakan konsep keuangan yang sangat baik untuk dipahami karena memiliki banyak sekali manfaat, baik itu untuk finansial secara pribadi maupun perusahaan. Dana khusus yang dialokasikan secara rutin bisa digunakan dengan baik untuk kebutuhan yang sudah Anda rencanakan sebelumnya.

Nah, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, sebelum Anda mengumpulkan sinking fund, buatlah anggaran keuangan yang jelas. Apalagi untuk perusahaan, menyusun anggaran perusahaan terlebih membuat laporan keuangan menjadi poin yang sangat penting.

Untuk memudahkannya, Anda bisa menggunakan software akuntansi terbaik dan efektif yaitu MASERP agar membuat laporan lebih mudah.

MASERP memudahkan Anda untuk membuat pembukuan dan laporan keuangan. Selain itu di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan banyak fitur yang terintegrasi dengan fungsi-fungsi bisnis lainnya yang juga penting dilakukan oleh perusahaan.

Software akuntansi MASERP bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk segala kebutuhan akuntansi usaha Anda. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: ERP Akuntansi: Fungsi dan Manfaatnya untuk Kemajuan Bisnis

New call-to-action