Tips Berjualan di Marketplace untuk Pemula

Apakah Anda ingin memulai berbisnis dengan memasarkan produk secara online? Anda bisa berjualan di marketplace yang sudah banyak digunakan oleh para pelaku usaha, baik berskala kecil atau besar.

Perkembangan teknologi yang meningkat, terlebih lagi di dunia digital, akan memudahkan proses penjualan khususnya bagi Anda yang ingin berbisnis tetapi belum mempunyai tempat.

Mungkin dahulu banyak masyarakat yang berjualan melalui media sosial, namun sekarang banyak yang melirik dan beralih ke marketplace karena dianggap lebih aman, nyaman dan menguntungkan.

Apa Itu Marketplace

Saat ini masih banyak orang yang mengetahui marketplace itu sama dengan online shop pada umumnya, padahal keduanya berbeda.

Melalui marketplace, proses jual beli dapat berjalan dengan cepat dan mudah karena dibantu dalam mempromosikan produk dagangan dan juga memberi fasilitas dalam hal bertransaksi secara online.

Marketplace adalah website atau aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli dari berbagai toko, kurang lebih sama dengan pasar tradisional.

Transaksi online tersebut diatur oleh marketplace dan setelah menerima pembayaran penjual akan mengirim barang tesebut kepada pembeli.

Salah satu yang menjadi alasan mengapa marketplace terkenal yaitu adanya kemudahan dan kenyamanan ketika menggunakannya.

Industri marketplace saat ini semakin berkembang. Mungkin Anda sudah menemukan banyak barang yang dibeli di marketplace Indonesia, mulai dari kebutuhan pokok sampai sekadar hobi saja.

Tips Sukses Berjualan di Marketplace

Pemilihan Marketplace

Pemilihan marketplace sangat perlu diperhatikan untuk Anda sebagai pemula, pilihlah marketplace yang terpercaya. Anda bisa mencari tahu dan membandingkan dari satu marketplace ke marketplace lainnya.

Usahakan memilih marketplace yang sudah terkenal dan masyarakat sudah mengenalnya seperti sering melihat iklan di tv, media sosial atau dari orang lain.

Ketika memilih marketplace yang sudah dikenal luas oleh masyarakat, pembeli ataupun konsumen akan lebih percaya untuk membeli di marketplace tersebut karena sudah mempunyai pelanggan.

Pembeli akan mudah menemukan produk yang Anda jual di marketplace tersebut dan pembeli merasa nyaman bertransaksi di marketplace itu.

Membuat Toko di Marketplace Lain

Saat ini banyak sekali marketplace yang sudah menguasai pasar Indonesia. Hal tersebut bisa Anda jadikan peluang yang sangat bagus.

Anda bisa membuat toko online di marketplace lain, jadi Anda tidak fokus pada satu marketplace saja. Itu akan mendatangkan pembeli yang lebih beragam,

Contohnya Anda membuka toko di marketplace Tokopedia untuk produk yang terbaru dan satu lagi Anda bisa membuka toko di marketplace Shopee untuk produk yang sedang diskon.

Dari situlah Anda bisa melihat karakter pembeli dan menguasai pasar bagi usaha kita. Sebut saja pada salah satu marketplace akan memberi keuntungan 20%, jadi jika Anda membuka toko online pada tiga marketplace Anda bisa mendapatkan untung sampai 60%, menarik bukan?

Tetapi dengan Anda membuka banyak toko online marketplace ini jangan lupa untuk tetap pantau semua toko tersebut.

Menawarkan Promo Produk

Selanjutnya adalah tawarkan promo pada produk yang Anda jual. Dengan adanya promo yang lebih murah dari kompetitor hal ini bisa dibilang sangat bagus untuk ajang promosi.

Tetapi jangan asal memasang harga promo jauh lebih murah dibandingkan kompetior, bisa jadi konsumen akan ragu dengan produk yang dijual karena harga yang Anda tawarkan terlalu murah.

Anda bisa jadwalkan promo ini pada awal bulan dan berselang selama satu minggu, coba Anda jadwalkan rutin untuk promo tersebut. Konsumen akan mengingat promo produk Anda akan selalu ada di awal bulan.

Kata promo menjadi kata yang tepat untuk menarik pembeli tanpa ragu. Tetap perlu diingat, banyaknya kompetitor di marketplace yang menjual produk sejenis, jadi Anda harus kreatif dalam membuat promo untuk menarik konsumen.

Bersikap Ramah

Kurang rasanya jika kita sudah memberikan diskon tetapi tidak ada komunikasi yang baik kepada konsumen.

Usahakan selalu senang menanggapi pertanyaan ataupun keluhan yang diajukan oleh pembeli.

Adanya tanggapan atau respon yang baik dalam pelayanan akan membuat konsumen nyaman dan senang hati berbelanja di toko online Anda.

Sikap profesional harus Anda utamakan, walaupun ada beberapa konsumen yang bisa memberikan komentar negatif, Anda harus profesional dan menanggapinya dengan ramah.

Deskripsi Produk yang Detail

Tidak bisa dipungkiri, mungkin produk yang Anda jual melalui marketplace akan sama jenisnya dengan penjual lainnya.

Untuk membedakannya, buatlah deskripsi produk yang kreatif, jelas, detail, dan informatif.

Deskripsi ini harus diberikan rincian pada produk yang Anda jual agar pembeli mengetahui gambaran tentang produk tersebut sebelum memutuskan membeli.

Foto Produk Asli

Dengan membeli online di marketplace, konsumen tidak bisa melihat produk tersebut secara langsung, tetapi mereka tetap bisa membayangkan dengan melihat visual produknya melalui gambar atau foto asli.

Anda harus bisa memberikan foto produk selain deskripsi produknya. Jika produk sampai di tangan konsumen tidak sama dengan gambar, mereka akan kecewa dan tingkat kepercayaan konsumen bisa menurun serta rating toko Anda akan menurun juga.

Proses yang Mudah

Kemudahan proses meliputi transaksi pembayaran, pengembalian produk jika ada kesalahan ataupun pengiriman produk.

Jika toko online Anda yang ada di marketplace bisa menarik dan diminati konsumen mereka akan menilai kemudahan prosesnya.

Selain itu, upayakan untuk membangun komunikasi yang baik dengan para konsumen. Tidak hanya soal memberikan tanggapan dengan bahasa sopan, namun juga kecepatan respon sehingga mereka merasa tidak diabaikan.

Produk Beragam

Sampai kita pada tips terakhir, adanya produk yang beragam akan menambah daya tarik pembeli, mulai dari varian sampai jenis produknya.

Konsumen akan memiliki banyak pilihan pada produk yang akan mereka cari. Jika Anda menjual pakaian wanita, sebaiknya cari model yang up to date, serta siapkan pilihan varian ukuran dan warna agar pembeli puas.

Produk Paling Laris di Marketplace

Fashion

Produk pertama yaitu fashion yang menjadi kategori paling laris yang dijual online. Semua orang memburuhkan pakaian, dari pakaian pesta, pakaian kerja, pakaian tidur dan lainnya.

Anda bisa menjual produk fashion sesuai model yang laku di pasaran dan up to date, contohnya saat ini fashion model korea sedang diminati masyarakat.

Tidak hanya itu, Anda bisa membuat katagori fashion ini dengan spesifik, misalnya toko thrift shop yang menjual pakaian tidur, olahraga dan lainnya.

Shopee biasa dikenal sebagai marketplace yang paling diminati untuk menjual kategori fashion khususnya pakaian wanita.

Produk Kecantikan

Porduk kecantikan menjadi salah satu yang paling laku dijual online. Ada banyak produk kecantikan yang bisa dijual dari merk luar ataupun merk lokal.

Produk kecantikan ini juga harus diperhatikan keasliannya, Anda bisa menjadi dropshipper dengan menjual produk kecantikan tersebut atau menjadi reseller resmi yang menjamin keaslian produk tersebut dan mendapat izin BPOM.

Anda harus mengenal produk yang akan dijual untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, Anda bisa mengedukasi konsumen mengenai manfaat produk, menunjukkan bukti misalnya dengan foto dan meng-endorse beauty blogger.

Gadget & Elektronik

Karena saat ini merupakan era digital, gadget dan alat elektronik bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan dasar. Maka tak heran kalau jumlah transaksi online untuk pembelian produk gadget dan elektronik terus meningkat.

Apalagi saat ini banyak bermunculan hobi yang membutuhkan gadget dan alat elektronik seperti kamera drone, DSLR dan action cam. Smartphone dan tablet menjadi salah satu produk gadget yang banyak dicari orang.

Tidak hanya gadget saja, aksesoris gadget pun juga ikut meningkat seperti case handphone, pelindung kaca atau screen protector, dan earphone. Adanya peningkatnya penjualan gadget, penjualan aksesorisnya pun kemungkinan besar akan meningkat.

Untuk memaksimalkan penjualan, kamu bisa menjual paket gadget beserta aksesorisnya sehingga minat belanja pembeli semakin tinggi.

Karena harga gadget umumnya cukup tinggi, kamu bisa menawarkan metode pembayaran cicilan. Untuk kategori produk ini, Bukalapak dan Tokopedia menjadi marketplace favorit.

Baca Juga: Contoh UMKM di Indonesia, Sederhana Tapi Cuannya Istimewa

Kesimpulan

Jadi apakah kalian sudah bisa mencoba tips berjualan di marketplace kali ini?

Tips tersebut bisa membatu Anda bagi pemula yang masih bingung bagaimana caranya dan memilih marketplace yang seperti apa.

Pertama, tips yang harus diperhatikan yaitu pemilihan marketplace yang tepat, Anda harus mencari tahu marketplace mana yang tepat untuk produk Anda.

Kemudian membuat lebih dari satu toko di marketplace lain lalu tawarkan promo yang bisa menarik konsumen untuk membeli.

Selanjutnya untuk berjualan di marketplace perlu yang beragam, mulai dari produk fashion yang pasti dibutuhkan oleh masyarakat, kemudian produk kecantikan dan produk elektronik ataupun gadget yang sudah menjadi kebutuhan utama juga bagi masyarakat.

Mudahnya membuka toko online di marketplace dapat membantu perekonomian masyarakat berjualan tanpa perlu menyewa tempat usaha.

Apapun usahanya pastikan Anda memiliki pengetahuan tentang bagaimana menggunakan dan mengontrol marketplace tersebut.

Terlebih untuk masalah pendataan stok, pengeluaran, pemasukan, dan lainnya yang harus tercatat.

Di manapun bisnis Anda pastikan tidak lupa untuk melakukan pendataan laporan keuangan dan sejenisnya,

Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti MASERP yang bisa memudahkan Anda mencatat laporan keuangan dan mentracking dari mana saja dan kapan saja tanpa harus menunggu tutup buku apalagi sampai mengalami kerugian.

Laporan keuangan yang baik bisa menjadi bahan analisis Anda dalam menentukan keputusan bisnis Anda ke depannya.

MASERP adalah software dengan sistem ERP dan bisa dicustom sesuai dengan bisnis flow Anda.

Baca Juga: Apa itu Sistem ERP? Panduan Cepat untuk Segala Hal Seputar ERP