Apa Itu Software Akuntansi ERP? Ini 5 Manfaatnya

Software akuntansi ERP bukan hanya berkaitan dengan laporan akuntansi, planning dan resource. Namun, inti dari adanya ERP yaitu untuk menyatukan seluruh bagian/departemen dan fungsi yang ada pada sebuah perusahaan ke satu sistem komputer yang dapat mengakomodasi seluruh kebutuhan spesifik dari departemen yang berbeda.

Pengertian Software ERP

Software ERP dapat menyederhanakan dan mengintegrasikan proses bisnis secara menyeluruh seperti keuangan, human resources, procurement, distribusi, produksi dan lain sebagainya. Biasanya software akuntansi ERP beroperasi pada satu database. ERP awalnya dirancang untuk perusahaan manufaktur, tetapi saat ini sudah banyak digunakan oleh industri jasa, layanan keuangan, konstruksi, kesehatan, pemerintahan bahkan perhotelan.

Setiap industri memiliki spesifikasi khusus untuk software ERP yang mereka gunakan. Misalnya, pemerintahan menggunakan ERP untuk contract lifecycle management (CLM) daripada pembelian secara tradisional, dan sistem tersebut mengikuti aturan akuntansi pemerintah. Bank memiliki proses penyelesaian back-office untuk melakukan rekonsiliasi cek, kartu kredit, kartu debit dan instrumen lainnya.

Baca Juga: Lengkap! Harga dan Fitur 7 Software ERP Terbaik di Indonesia

Software akuntansi ERP bisa menjadi sebuah investasi untuk perusahaan karena dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dengan berbagai cara. Dengan mengintegrasikan informasi keuangan perusahaan dalam satu sistem an dapat menyatukan laporan keuangan perusahaan. Mereka juga mengintegrasikan manajemen penjualan, manufaktur, inventory, akuntansi dan distribusi menjadi proses yang jauh lebih sederhana dan mencegah human error.

Sebagian besar ERP juga sudah terintegrasi dengan tools customer relationship management (CRM) untuk melacak inventory pelanggan, sehingga memberikan insight lebih dalam mengenai perilaku dan kebutuhan pelanggan.

ERP juga dapat membuat proses manufaktur lebih terstandar dan terotomatisasi, serta menyatukan data procurement di seluruh unit bisnis perusahaan yang berbeda.

Beberapa software ERP yang sudah dilengkapi dengan modul SDM dapat menyajikan laporan waktu kerja, tracking pengeluaran uang, training, pencocokan skills dan sejenisnya. Kemampuan perusahaan dapat meningkat dalam menyajikan laporan yang diperlukan untuk pemerintah, HR, dan supplier.

Mengoperasikan software ERP dengan baik akan mengurangi waktu yang dibutuhkan perusahaan untuk menyelesaikan setiap proses bisnis. Tiap departemen dapat berkolaborasi melalui satu database yang dapat diatur berdasarkan tanggung jawab departemen tersebut sehingga Anda dan tim dapat mengambil keputusan lebih cepat dan akurat.

Software akuntansi ERP dengan database terpusat sehingga tingkat keamanannya lebih tinggi dibandingkan kalau perusahaan Anda memiliki data yang tersebar di banyak sistem.

Manfaat ERP dalam Berbagai Industri

Pada saat itu, ERP hanya digunakan oleh industri manufaktur saja, karena adanya persaingan ketat serta pesanan pasar yang selalu terlampau banyak, maka penggunaan ERP sangat membantu di industri ini.

Dikarenakan sistem kerja dari manufaktur yang berfokus terhadap pekerjaan mesin sehingga harus mengurangi segala tindakan yang memakan biaya, seperti penyimpanan data dengan kertas harus dihilangkan.

Adanya ERP hal tersebut dapat direalisasikan karena sistem penyimpanan yang dimiliki software ini menggunakan cloud dan tersimpan secara digital, sehingga perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk keperluan penyimpanan data. Selain itu, ada beberapa manfaat yang didapat jika mengimplementasikan ERP pada perusahaan, yaitu:

Meningkatkan Kolaborasi

Data yang telah dimasukkan ke dalam sistem ERP yang terpusat dan konsisten, akan meruntuhkan gap antar departemen, sehingga kolaborasi antar departemen akan berjalan lancar, karena tiap departemen dapat mengakses data dari departemen lainnya. Selain itu, ERP yang berbasis cloud akan memperluas kolaborasi antar tim yang ada di seluruh perusahaan melalui koneksi internet.

Bisnis yang Akurat

Selain itu hal paling penting bagi kemajuan bisnis adalah prakiraan (forecast) yang tepat. Pemangku kepentingan dalam perusahaan akan bergantung pada laporan untuk membuat prakiraan yang pada akhirnya akan memengaruhi keputusan yang akan diambil.

Maka, penting bagi bisnis mendapatkan laporan yang lengkap, konsisten, serta real time. ERP mampu memfasilitasi semua itu. Laporan yang dihasilkan dalam sistem ERP menggunakan filter dan analitik canggih yang dapat menyaring data yang tidak konsisten. Sistem ini memastikan bahwa data yang diperoleh dihasilkan berdasarkan waktu yang sebenarnya.

New call-to-action

Mengoptimalkan Efisiensi

Sistem ERP memiliki fungsi menyederhanakan berbagai aktivitas operasional yang memakan banyak waktu dan tenaga, seperti halnya pemantauan jam kerja, proses penggajian, penggunaan aplikasi laporan keuangan, semuanya dapat dilakukan secara otomatis. Dengan begitu tim dapat lebih fokus dalam melakukan pekerjaan lainnya.

Dengan kemudahan akses data dalam sistem ERP, seorang manajer atau pemangku kepentingan di perusahaan dapat memantau indikator kinerja utama melalui dasbor seluruh data yang dibutuhkan dapat dihasilkan secara real time.

Keamanan Data

Untuk mencegah pelanggaran data ERP memiliki firewall, di mana seluruh data disimpan dalam sistem terpusat sehingga titik akses dapat dimonitor dengan ketat dan keamanannya terjaga.

Admin yang mengelola data perusahaan dapat memberikan hak akses terbatas kepada karyawan. Misalnya, manajer HR dapat menyembunyikan data-data penting hanya untuk dirinya dan pemangku kepentingan, sementara memberikan hak akses kepada karyawan untuk melihat data mereka masing-masing.

Selain itu, ERP dapat menunjukkan aktivitas pengguna, sehingga admin dapat mengidentifikasi tindakan yang tidak sah atau aktivitas yang mencurigakan dalam sistem dengan mudah.

Menghemat Biaya Operasional

ERP dapat menghemat biaya operasional, karena sebagian besar aktivitas operasional diotomatiskan, sehingga berbagai kendala, gangguan, dan kerusakan dapat diantisipasi dengan baik. Seluruh pekerjaan kompleks dapat diselesaikan lebih cepat, bahkan perusahaan dapat mengurangi biaya tenaga kerja karena ERP dapat mengambil alih berbagai pekerjaan manual.

Software Akuntansi ERP Memasuki Banyak Jenis Industri

Seiring perkembangannya, ERP saat ini digunakan hampir seluruh industri. Hal ini disebabkan karena keuntungan yang diterima oleh pengguna sangat banyak, dan untuk mengelola seluruh kebutuhan perusahaan akan mudah dengan software ini.

Selain itu, dampak positif penggunaan ERP ini dirasakan oleh perusahaan food and bakery, karena mereka dapat melakukan pemesanan bahan baku produksi lebih mudah, dan sangat membantu dalam merancang inventory ritel.

Lalu, rencana jadwal kerja setiap pegawai sangat mudah dirancang oleh industri ritel, hal ini memungkinkan kepala toko atau staf dapat berfokus pada pekerjaan lain yang diperlukan. Perkembangan ERP belakangan ini terus bertumbuh sangat pesat.

Baca Juga: MASERP: ERP Terbaik dengan Fitur Lengkap dan Terpercaya

Kesimpulan

Software akuntansi ERP kumpulan modul produksi, penjualan, akuntansi, aset, HR dan lain-lain. Beberapa fungsi dari software ini bisa Anda terapkan di perusahan dan bisa membantu perusahan mencapai goalsnya. Kemudian cara kerja ERP ini juga bisa dipelajari dan memudahkan proses keuangan perusahaan.

Software akuntansi ini memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP menawarkan dedicated support pada jam kerja melalui WhatsApp dan call untuk membantu kendala Anda dalam menggunakan ERP system.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: ERP System Adalah: Ketahui Jenis dan Cara Kerjanya

New call-to-action