Jenis Jaringan Komputer Serta Dampak Positif dan Negatifnya

Penggunaan internet sudah hampir mencakupi seluruh penjuru dunia, apalagi di Indonesia sendiri pengguna internet semakin terus mengalami peningkatan yang signifikan, karena memang salah satu fungsi dari internet adalah untuk bisa menghubungan jaringan komputer dengan jenis-jenis jaringan komputer yang lainnya. 

Berbicara mengenai jaringan, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis jaringan komputer hingga manfaat dari jaringan itu sendiri. Di sini Anda bisa mempelajari mengenai berbagai istilah yang mungkin sering ditemukan dalam keseharian. Yuk, kita bahas lebih lanjut berikut ini!

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah koneksi dua perangkat komputer atau lebih yang terhubung satu sama lainnya yang digunakan untuk berbagai data.

Bisa dikatakan jaringan komputer terhubung atau terkoneksi jika device yang ada pada jaringan tersebut bisa saling bertukar informasi/data dan juga berbagi resource yang dimilikinya. Jaringan komputer sendiri dibangun dengan menggunakan hardware dan software. 

Di setiap titik akhir pada suatu jaringan juga memiliki tanda pengenalnya masing-masing yang biasa disebut dengan IP atau alamat media access control. Endpoint mencakup komputer pribadi, server, telepon, dan juga berbagai jenis hardware jaringan.

Nah, jaringan komputer juga dibuat dengan menggunakan gabungan teknologi kabel dan wireless. Lalu, perangkat jaringan berkomunikasi melalui media transmisi kabel atau wireless.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

PAN (Personal Area Network)

Jenis jaringan komputer yang pertama ini cakupan wilayahnya kecil, misalnya jaringan pada kantor dan rumah. Biasanya digunakan untuk berbagai resources seperti internet dan printer.

LAN (Local Area Network)

LAN menghubungan jaringan yang jaraknya relatif pendek seperti sebuah sekolah, gedung, atau rumah dan jaringannya itu hanya berisi satu LAN saja. Banyak juga orang yang menggunakan konektivitas tertentu yaitu terutama pada token ring dan ethernet. Selain itu, LAN menyediakan teknologi jaringan wireless menggunakan Wifi atau yang dikenal dengan WLAN (Wireless Local Area Network).

WAN (Wide Area Network)

WAN bisa dibilang adalah kumpulan LAN yang tersebar secara geografis. Perangkat jaringannya disebut router menghubungkan LAN dan WAN. Dalam jaringan IP, router juga menyimpan alamat LAN dan WAN.

WAN menggunakan teknologi seperti ATM, Frame Relay dan X.25 untuk konektivitas jarak yang lebih jauh lagi.

CAN (Campus Area Network)

Jaringan CAN ini memiliki kesamaan dengan MAN tapi ruang lingkupnya lebih terbatas hanya pada kampus atau akademisi saja. Jaringan CAN ini lebih banyak digunakan untuk keperluan praktek lab, pembaruan kelas, email, dan juga masih banyak yang lainnya.

Internet

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, internet merupakan jaringan terbesar yang pernah diciptakan oleh manusia. Ruang lingkupnya tentu saja meliputi seluruh penjuru dunia. Siapa saja bisa mengakses informasi, berita, dalam berbagai perangkat komputer seperti smartphone, laptop, PC, tablet, TV, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga: Software Komputer: Ketahui 5 Manfaatnya dalam Bisnis!

VPN (Virtual Private Network)

VPN adalah solusi untuk bisa menyediakan koneksi internet yang lebih aman.VPN bisa membuat jalur aman guna kebutuhan transmisi data. Saat ini pun banyak platform yang menjual VPN secara gratis dan ada juga yang menyediakan akses premium.

Topologi Jaringan Komputer

Pada jaringan komputer, topologi juga mengacu pada tata letak perangkat yang terhubung. Topologi jaringan ini juga bisa dibilang sebagai bentuk dari virtual jaringan. Topologi jaringan pun dikategorikan dalam beberapa tipe berikut ini.

Topologi Bus

Topologi bus adalah jenis topologi yang memiliki kabel tunggal dan masing-masing workstation dan servernya saling terhubung satu sama lain. Kelebihan dari topologi bus ini adalah ketika akan melakukan pengembangan jaringan dan workstation yang baru, maka tidak akan mengganggu workstation lainnya. Namun kekurangannya kabel akan putus jika keseluruhan jaringan mengalami kerusakan.

Topologi Cincin (Ring)

Topologi cincin ini terbentuk ketika perangkat telah terhubung sehingga mirip dengan cincin yang berpola lingkaran. Jadi, masing-masing workstation akan menerima informasi dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya. 

Kelebihan dari jenis topologi ini adalah tidak akan terjadi collision atau tabrakan antar data. Kekurangannya adalah jika salah satu node mengalami kerusakan atau masalah maka seluruh jaringan akan mengalami gangguan.

Topologi Bintang (Star)

Topologi bintang adalah jenis topologi yang masing-masing dari workstationnya memiliki jalur terhubung langsung melalui server atau hub. Kelebihan dari topologi ini adalah jika salah satu workstation mengalami masalah atau gangguan maka tidak semua jaringan mengalami hal serupa.

Hal ini dikarenakan masing-masing workstation memiliki kabel atau jalur sendiri. Kelemahannya terletak pada biaya yang cukup besar karena kabel yang dibutuhkan cukup banyak.

Topologi Pohon (Tree)

Topologi tree merupakan gabungan topologi star dan bus. Topologi ini bentuknya menyerupai akar pohon sehingga bisa dibilang perangkat hub saja yang langsung terhubung langsung menuju bus pohonnya. Setiap akarnya berfungsi pada hub pohon.

Kelebihan dan kekurangan pada topologi pohon juga sama dengan topologi bus dan star. Akan tetapi jaringan pohon mendukung jika ada perluasan jaringan yang lebih baik.

Mesh

Jenis topologi yang satu ini dipakai saat suatu kondisi tidak adanya hubungan komunikasi yang terputus secara absolut antar node pada sebuah jaringan komputer. Dimana antar perangkat akan terhubung langsung selama masih dalam jaringan yang sama.

Kelebihannya adalah komunikasi antar komputer yang lebih cepat dan keamanan yang lebih terjamin. Sedangkan kekurangannya juga ada pada biaya yang cukup besar untuk dikeluarkan karena perlu penyediaan kabel yang banyak.

Macam-Macam Jaringan Komputer

Sekarang ini sudah banyak berkembang berbagai macam perangkat komputer untuk bisa membantu kinerja sistem jaringan lebih optimal. Nah, berikut ini adalah macam-macam jenis jaringan komputer.

  • Server, fungsinya sebagai penyimpan informasi serta mengelola jaringan komputer
  • NIC (Network Interface Card), digunakan agar komputer bisa terhubung dengan jaringan
  • Kabel jaringan, guna menghubungkan satu perangkat dengan perangkat yang lainnya
  • Hub dan switch yang merupakan perangkat jaringan komputer berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer
  • Router berfungsi menghubungkan jaringan LAN ke dalam jaringan WAN dan mengelola lalu lintas data didalamnya.
  • Bridge berfungsi untuk membagi jaringan yang besar menjadi beberapa jaringan yang kecil
  • Modem digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer dengan media layanan internet
  • Repeater berfungsi untuk memperkuat jaringan dan sinyal yang masuk
  • Wireless card perangkat yang wajib digunakan jika ingin terhubung dalam jaringan nirkabel.

Manfaat Jaringan Komputer

Ternyata membangun sebuah jaringan komputer itu termasuk penting karena telah dipertimbangkan dengan sedemikian rupa. Nah, berikut ini adalah manfaat jaringan komputer yang manfaatnya tentu kita rasakan juga dalam kehidupan sehari-hari.

  • Dengan adanya jaringan komputer kita bisa berbagi resource tanpa harus terkendala oleh jarak
  • Untuk menjaga dan memudahkan manajemen keamanan data perusahaan yang penting
  • Jaringan komputer sangat memudahkan dalam berkomunikasi antar tim maupun orang yang letak geografisnya berbeda secara cepat
  • Penyampaian informasi menjadi lebih cepat tanpa mengenal batasan waktu juga tempat
  • Membantu kegiatan manusia menjadi lebih efektif dan efisien

Dampak Negatif Jaringan Komputer

Selain memiliki dampak yang baik, jaringan komputer juga memiliki dampak negatif yang akan dijabarkan berikut ini.

  • Untuk bisa menggunakan jaringan dengan baik maka dibutuhkan biaya untuk mempersiapkan networknya seperti software, hardware, serta investasi perencanaan network lainnya.
  • Biaya manajemen dan maintenance juga perlu diperhatikan oleh tim IT profesional agar bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi
  • Adanya lalu lintas yang tidak bisa terkontrol dengan baik maka bisa saja terjadi aktivitas sharing yang tidak diinginkan
  • Adanya ancaman dari keamanan jaringan

Kesimpulan

Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dan digunakan untuk bisa saling berbagi data. 

Pada perusahaan tentu saja hadirnya jaringan komputer ini bisa memudahkan untuk mengelola data dan informasi. Dalam hal ini, sistem ERP bisa menjadi solusinya karena sistemnya yang otomatis dan terintegrasi. Umumnya ERP ini mengintegrasikan fungsi-fungsi bisnis seperti SDM, purchasing, SCM, CRM, penjualan, investasi, manufaktur, dan akuntansi.

Nah, MASERP ini menawarkan layanan hybrid cloud sehingga Anda bisa memasang software di server kantor dan software tetap bisa digunakan apabila koneksi internet mati atau sedang gangguan.

Software akuntansi MASERP bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk segala kebutuhan akuntansi usaha Anda. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: Cloud Accounting: Pertimbangkan 5 Hal Ini Ketika Ingin Menggunakannya

New call-to-action