Sales Promotion: Cara Menyusun Promotion yang Efektif

Sales promotion adalah salah satu element dari bauran pemasaran atau marketing mix yang digunakan untuk memperkenalkan produk baru, sehingga dapat menaikkan angka penjualan dari setiap produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Sales promotion mampu menarik minat target pasar dengan menumbuhkan daya tarik terhadap produk yang dijual.

Membuat strategi sales promotion yang dapat berjalan efektif jadi tugas penting seorang sales marketing. Ini juga sangat penting untuk kamu yang ingin memulai karir di bidang marketing. Untuk tahu lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Sales Promotion?

Sales promotion adalah program promosi penjualan dengan menawarkan produk yang dirancang untuk menumbuhkan daya tarik konsumen. Tujuan utama sales promotion untuk memikat hati konsumen, supaya penjualan dapat meningkat. Secara umum, sales promotion adalah strategi marketing yang dilakukan perusahaan untuk mendorong suatu produk agar terjual dengan lebih cepat. Sehingga sales promotion bagian dari marketing plan yang telah tersusun dan dikerjakan pada periode tertentu.

Sales promotion kerap dilakukan saat awal tahun bertajuk “promo tahun baru” atau pada akhir tahun dengan tema “clearance sale” atau cuci gudang untuk menghabiskan stok yang tersedia di gudang.

Baca Juga: Business Plan: 7 Jenis dan Cara Agar Bisnis Mencapai Target

Tujuan Sales Promotion

Meningkatkan Brand Awareness

Dengan melakukan sales promotion maka akan menaikan brand awarness, di mana hal ini akan mempengaruhi penjualan produk karena brand semakin dikenal banyak konsumen.

Ada Pasar untuk Produk Baru

Produk baru akan semakin dikenal di pasaran, sehingga perusahaan akan mengetahui targetnya di pasar mengenai siapa saja dan saat kapan konsumen membelinya, dengan begitu maka akan mendapatkan data-data mengenai produk tersebut seperti sasaran konsumen yang tepat.

Menjaga Produk atau Brand Tetap Kompetitif di Pasaran

Dengan melakukan promosi dapat membuat produk atau brand tetap kompotitif di pasaran, sehingga tidak akan tergerus oleh produk atau brand kompetitor.

Loyalitas Konsumen

Dengan melakukan sales promotion maka akan membuat konsumen mendapatkan keuntungan saat membeli produk yang di promosikan seperti konsumen bisa mendapatkan diskon atau bonus, dengan begitu konsumen akan lebih loyal berlangganan produk yang kita jual.

Contoh Sales Promotion

Ada beberapa contoh sales promotion yang bisa kamu terapkan sebagai seorang sales marketing, diantaranya.

Voucher

Contoh sales promotion menggunakan voucher dan kupon bisa memberikan kesan eksklusif saat kamu memberikannya kepada orang-orang tertentu. Dengan menambahkan batas waktu terbatas pada voucher, si penerima akan merasa sangat perlu menggunakannya sebelum tanggal lewat atau kupon akan hangus.

Buy 1 Get 1

Kegiatan sales promotion yang satu ini termasuk yang paling sering digunakan, untuk menaikan minat pembeli. Kamu bisa membuat promosi ini dengan menggabungkannya dengan produk lain. Misal beli produk A gratis produk B, cara seperti ini akan memainkan psikologi pembeli.

Sample Gratis

Konsumen akan sangat senang bila mendapatkan sesuatu secara cuma-cuma. Nah, memberikan sample gratis bisa membuat konsumen membeli produk yang kamu jual. Bahkan saat mereka tidak memikirkan untuk membeli sebelumnya.

Diskon

Diskon jadi salah satu contoh sales promotion yang  selalu berhasil meningkatkan pembelian. Ide bahwa konsumen bisa mendapatkan produk yang mereka inginkan dengan harga yang lebih murah, adalah bentuk dorongan yang selalu berhasil mendorong pembelian.

Hadiah Gratis

Memberikan hadiah gratis bisa jadi contoh sales promotion yang kamu coba. Hadiah gratis yang masih ada kaitannya dengan produk tidak hanya akan meningkatkan jumlah pembelian, tapi juga bisa meningkatkan nilai produk di mata konsumen.

Cara Menyusun Sales Promotion yang Efektif

Jika kamu ingin menerapkan contoh sales promotion, jangan lakukan itu tanpa strategi. Segalanya harus direncanakan dengan matang supaya dapat berjalan efektif dan tujuan tercapai. Sebagai seorang sales marketing yang kompeten, berikut ini beberapa poin yang harus dipertimbangkan saat membuat sales promotion.

Target Pasar

Pertama kita harus tahu dulu, siapa yang jadi target pasar kita. Target pasar yang tepat akan memberikan hasil yang memuaskan. Lalu, bagaimana sih cara menentukan target pasar yang tepat itu? Untuk menentukannya, kamu dapat menganalisa dan memahami lewat database pelanggan. Dari database tersebut lakukan identifikasi tentang beberapa permasalahan yang bisa diselesaikan dengan menggunakan produk yang kamu tawarkan. Dengan begini kamu akan memiliki data target pasar yang terbagi dari segmentasi, target, dan juga permasalahan mereka. Data ini menjadi dasar bagi kamu untuk membuat program sales promotion.

Pencapaian

Dalam membuat program promosi, kamu harus tahu pencapaian apa yang ingin diraih. Ini membuat kegiatan lebih terukur dan spesifik. Hindari membuat pencapaian yang terlalu general seperti meningkatkan penjualan. Kamu bisa membuatnya lebih spesifik, misalkan meningkatkan penjualan dan memperoleh konsumen baru.

Menentukan Waktu Pelaksanaan

Pemilihan waktu sangat penting dalam program sales promotion. Hal ini berkaitan dengan momentum yang sedang berlangsung di tengah konsumen. Sebuah promosi akan memberikan hasil bila mengandung unsur urgensi di dalamnya. Contohnya memberikan diskon menjelang lebaran.

Kesimpulan

Nah, sekarang kamu sudah tahu secara mendalam tentang sales promotion. Itu berarti kamu sudah siap untuk berkarir di dunia marketing. Sekian penjelasan mengenai sales promotion beserta contohnya. Semoga adanya ulasan di atas dapat membantu kamu untuk mengetahui mana strategi sales promotion yang cocok dengan brand kamu.

Perlu diingat baik-baik, bisnis merupakan hal yang harus diperhatikan dan dirawat dengan baik dengan semangat dan perjuangan.

Jangan lupa untuk mencatat juga seluruh alur transaksi termasuk pengeluran dan pemasukan pada bisnis pada pembukuan yang baik dan sesuai standar untuk mendapat laporan keuangan dan data financial untuk integrasi bisnis yang lebih baik.

Jika Anda kesulitan untuk melakukan pelaporan, Anda bisa menggunakan software akuntansi MASERP yang memiliki fitur Barcode Scanner untuk penerimaan barang, surat jalan dan penjualan produk yang bisa membantu meningkatkan kecepatan dan keakuratan kinerja Anda.

Anda juga dapat melakukan tracking umur piutang customer Anda dengan fitur reminder untuk piutang jatuh tempo setiap harinya agar dapat melakukan penagihan tepat waktu dan menjaga kesehatan cash flow.

Jika Anda membutuhka software ERP tersebut, Anda dapat menghubungi MAS Software dengan klik gambar di bawah ini!