6 Manfaat Rekening Koran yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang pernah mengajukan kredit seperti KPR atau KTA dan yang pernah mengajukan visa pasti pernah membaca salah satu persyaratan dokumennya adalah rekening koran. Tidak hanya untuk keperluan individu, dokumen satu ini juga sangat berguna untuk kebutuhan bisnis agar mengetahui kondisi cashflow keuangan sehat atau tidak. Selain itu ada beberapa fungsi lain dari rekening koran, mau tau? Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Pengertian Rekening Koran

Rekening koran adalah dokumen yang berisi ringkasan transaksi keuangan dari sebuah nomor rekening perusahaan maupun pribadi. Dokumen ini dikeluarkan oleh pihak bank kepada nasabah dan setiap bank memiliki peraturan yang berbeda. 

Sebagai nasabah, Anda berhak meminta rekening koran dalam periode waktu tertentu. Perlu Anda ketahui, tidak semua bank memberikan dokumen ini secara berkala kalau Anda tidak memintanya. Anda perlu mengajukan permohonan terlebih dahulu dan membayar biaya sesuai bank yang Anda tuju. 

Untuk mendapatkan ini di bank terdekat, Anda tidak perlu memakan banyak waktu asal sudah membawa syarat berupa buku tabungan dan kartu identitas.

Baca Juga: Apa Itu Virtual Account? Berikut Jenis, Manfaat dan Kegunaanya

Fungsi Rekening Koran

Saat akan mengajukan KPR atau kendaraan bermotor pasti Anda diminta untuk menyertakan rekening koran, bukan? Itulah salah satu fungsi dokumen ini, sebagai syarat untuk pengajuan pinjaman untuk membuktikan peminjam yang merupakan nasabah di suatu bank memiliki penghasilan dan melakukan keluar masuk kas di rekening tersebut. Selain itu, berikut ini beberapa fungsi lain yang perlu Anda ketahui:

Mengetahui Informasi Keuangan

Rekening koran berisi ringkasan dari semua transaksi yang terjadi di rekening yang Anda miliki, dari mulai saldo awal, debit dan kredit, biaya administrasi, bunga bank, PPh, beserta saldo akhir. Anda dapat memperoleh informasi akurat mengenai detail yang terjadi di rekening Anda selama periode tertentu.

Dokumen ini berperan dalam bisnis karena dapat mentracking transaksi serta mengantisipasi terjadinya kecurangan dalam keuangan bisnis.

Baca Juga: Pengertian, Tujuan dan 6 Manfaat Financial Accounting

Sebagai Bukti Hukum

Apabila suatu hari Anda mengalami perselisihan yang berhubungan dengan keuangan dan mutasi rekening, dokumen ini dapat menjadi bukti yang sah di hadapan hukum. Sebagai contoh, Anda melakukan transfer pembayaran bahan baku senilai Rp50.000.000,- tetapi supplier Anda mengaku tidak menerima pembayaran sehingga order Anda tidak dapat diproses. Anda dapat membuktikannya dengan rekening koran sebagai dasar hukum yang kuat.

Syarat Pengajuan Visa

Bagi Anda yang berencana pergi keluar negeri yang memerlukan visa, baik untuk bekerja maupun liburan, rekening koran menjadi salah satu syarat untuk mengurus visa. Kenapa ya dibutuhkan rekening koran untuk pergi ke negara tersebut? Tujuannya adalah untuk mengecek kondisi keuangan Anda apakah mencukupi atau tidak selama berkunjung ke negara tersebut sampai kembali ke negara asal. Selain rekening koran yang berisi histori transaksi selama 3 sampai 6 bulan, dokumen lain yang mungkin dibutuhkan untuk mengajukan visa antara lain SPT PPh 21 dan slip gaji.

Syarat Ikut Lelang

Salah satu dokumen yang dibutuhkan untuk mengikuti lelang adalah rekening koran, terutama jika lelang tersebut berhubungan dengan proyek pemerintah maupun swasta, berisi ringkasan transaksi menjadi bukti bahwa Anda memiliki dana yang ditujukan dalam saldo yang terlampir di rekening koran. Dalam lelang bisnis atau perusahaan, selain rekening koran juga diharuskan menunjukkan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).

Mengajukan Pinjaman

Dokumen ini juga menjadi salah satu dokumen pendukung untuk mengajukan pinjaman di bank, PDP lending dan lembaga lain. Rekening koran dan laporan keuangan berfungsi sebagai bukti yang menunjukkan bisnis Anda memiliki cash flow keuangan yang sehat sehingga dapat membayar kredit dengan tepat waktu dan sesuai kesepakatan.

Audit Keuangan Bisnis

Bagi badan usaha atau perusahaan, rekening koran berfungsi sebagai ringkasan daftar transaksi debit dan kredit yang sudah terjadi dalam periode waktu tertentu. Pihak manajemen, owner, maupun bagian keuangan dapat segera mengambil tindakan jika ditemukan ketidakwajaran dalam transaksi yang tercatat.

Baca Juga: 9 Prosedur Audit untuk Hasil Akurat

Kesimpulan

Rekening koran berisi ringkasan transaksi keuangan dari sebuah nomor rekening perusahaan maupun pribadi dan dikeluarkan oleh pihak bank kepada nasabah. Rekening koran berfungsi sebagai sumber informasi keuangan, syarat pengajuan visa dan pinjaman, bukti hukum mengenai transaksi keuangan, syarat peserta lelang dan untuk bahan audit keuangan perusahaan.

Saat ini pasti kita lebih mudah melakukan pembayaran atau pembelian dengan cara transfer dan akan tercatat di mutasi rekening bank, tetapi ternyata bisa saja transaksi tersebut belum tercatat dalam laporan keuangan perusahaan.

Untuk memudahkan Anda memiliki laporan keuangan yang sudah seusai dengan akuntansi, Anda sebaiknya menggunakan software akuntansi MASERP.

MASERP merupakan software dengan sistem ERP yang dapat terintegrasi dengan fungsi bisnis lain seperti akuntansi, penjualan, manufaktur, inventaris dan distribusi.

MASERP memiliki fitur rekonsiliasi bank, Anda bisa melakukan rekonsiliasi secara otomatis dengan menghubungkan aplikasi MASERP Anda dengan rekening bisnis BCA.

Transaksi bank Anda dapat dicocokkan secara otomatis dengan faktur, pembayaran tagihan dan pembelian yang sudah dicatat di MASERP.

Anda juga dapat melompokkan transaksi serupa dengan bulk import sehingga dapat mencocokkannya sekaligus. Ini sangat berguna jika Anda pindah ke MASERP dan mengimpor transaksi yang lalu.

Dengan fitur Report Center di MASERP, Anda bisa mencatatat dan membuat laporan keuangan yang meliputi laba rugi, neraca, penjualan dan lain-lain.

Pencatatan dan pelaporan manual tentu saja akan memakan banyak waktu dan memiliki peluang besar terjadinya human error. Ini akan menghambat efisiensi dan produktivitas perusahaan Anda.

MASERP menyediakan software yang dapat dicustom sesuai dengan bisnis flow perusahaan Anda. Segera konsultasikan kebutuhan perusahaan Anda dengan konsultan ahli kami dengan klik gambar di bawah ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share, ya!

New call-to-action