Pengertian, Tujuan dan 6 Manfaat Financial Accounting

Financial accounting adalah akuntansi keuangan tetapi dalam bidang akuntansi ini nyatanya tidak hanya penting dipahami oleh mereka yang harinya berkutat dengan keuangan, misalnya finance namun juga oleh owner bisnis terutama mereka yang baru saja memulai bisnisnya agar bisa mengendalikan keuangan bisnis dengan baik.

Di sini, akan diulas lebih dalam tentang financial accounting, apa saja perbedaannya dan aplikasi penunjang untuk financial accounting ini, simak di sini ya.

Pengertian Financial Accounting

Financial accounting adalah cabang akuntansi yang melacak transaksi keuangan perusahaan. Ini mengacu pada pembukuan dengan mengklasifikasikan, menganalisis, meringkas, serta mencatat transaksi keuangan seperti pembelian, penjualan, utang dan piutang, serta akhirnya mempersiapkan laporan keuangan.

Laporan keuangan ini nantinya akan ditunjukkan kepada orang- orang di luar perusahaan dengan penerima utama ialah pemilik saham dan pemberi pinjaman tertentu. Tetapi, bila saham perusahaan diperdagangkan secara publik, laporan keuangannya umumnya diedarkan secara luas, serta datanya mungkin akan menjangkau penerima sekunder seperti pesaing, pelanggan, karyawan, organisasi pekerja, serta investasi.

Perlu dipahami bahwa tujuan financial accounting sendiri bukan untuk melaporkan nilai perusahaan. Tetapi, tujuannya ialah untuk membagikan data yang cukup bagi orang lain untuk menilai suatu perusahaan.

Baca Juga: Software Akuntansi: Panduan Komprehensif Sebelum Membeli

Tujuan Financial Accounting

Tujuan utama dari financial accounting ini adalah menghasilkan laporan keuangan atau fiinancial statement dari balance sheet, income statement, equity statement dan cashflow statement. Kemudian siapa saja yang memiliki kepentingan mengenai financial-financial statement tersebut. Pihak-pihak yang berkepentingan mengenai laporan-laporan keuangan perusahaan yaitu:

Creditor

Bank berkepentingan membaca laporan keuangan perusahaan untuk melihat kemampuan perusahaan membayar cicilan hutang dan bunga

Investor

Investor berkepentingan membaca laporan keuangan untuk melihat peluang dividen yang akan dibagikan kepada pemegang saham

Supply Chain Manager

Supply chain manager membaca laporan keuangan supplier untuk melihat kemampuan supplier menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan perusahaan

Credit Manager

Credit manager membaca laporan keuangan pelanggannya di dalam memberikan kredit tambahan kepada pelanggannya

HRD Manager

Bagian sumber daya manusia membaca laporan keuangan sebagai dasar dalam negoisasi gaji dan bonus kepada karyawan

Perbedaan Finance dan Accounting

Finance adalah bagian yang mengelola dan memegang uang secara langsung baik dalam bentuk uang kartal maupun uang giral. Pengertian finance adalah seni dalam mengelola uang yang memengaruhi kehidupan setiap orang atau organisasi.

Sementara accounting adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi, serta menginterpretasikan aktivitas keuangan. Jika dilihat definisi accounting merupakan pengukuran, penjabaran, dan pemberian kepastian terhadap informasi keuangan yang akan membantu pimpinan dalam mengambil keputusan.

Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa finance mengelola arus keluar dan masuk keuangan. Kemudian accounting mengolah data aktivitas keuangan tersebut dan menyajikannya dalam laporan keuangan.

Manfaat Aplikasi Financial Accounting

Membicarakan financial accounting, tidak akan lengkap apabila tidak mangulas tentang aplikasi ataupun perangkat lunak akuntansi. Di masa teknologi ini, banyak perusahaan telah meninggalkan metode akuntansi manual yang memakan waktu serta rentan terhadap human error. Peran aplikasi keuangan jadi sangat krusial karena bisa teruji dalam meningkatkan efisiensi, meminimalkan human error, meningkatkan akurasi, serta bahkan mengurangi biaya.

Mempercepat Pembuatan Laporan

Laporan keuangan yang terbuat secara manual umumnya sangat rentan terhadap human error, sehingga informasi yang dihasilkan jadi tidak akurat. Dalam pembuatannya dapat memakan waktu yang lumayan lama, sehingga mengurangi produktivitas staf keuangan. Aplikasi keuangan membolehkan pembuatan laporan keuangan secara praktis. Aplikasi keuangan yang baik tentu menyediakan informasi keuangan real- time yang cocok dengan regulasi keuangan di Indonesia.

Keunggulan Menggunakan Software

Jadi, kenapa banyak perusahaan sukses memilih menggunakan aplikasi keuangan? Berikut ini merupakan sebagian keunggulan dari aplikasi keuangan yang lebih baik.

Pengelolaan Utang Serta Piutang yang Lebih Baik

Aplikasi keuangan memungkinkan Kamu mencatat piutang serta utang secara akurat serta gampang. Dengan aplikasi keuangan, Kamu akan mempunyai catatan tentang seluruh tagihan serta faktur. Alat ini bisa membantu Kamu meminimalkan piutang yang tidak tertagih serta seluruh denda keterlambatan dari pelunasan utang Kamu.

Arus Kas Bisnis Secara Akurat

Aplikasi keuangan yang baik bisa menunjang perusahaan memprediksi pendapatan, keuntungan, biaya pengeluaran, sampai kerugian bisnis mereka di masa depan. Tentunya sangat menolong bisnis dalam mengendalikan serta mengalokasikan anggarannya. Estimasi arus kas juga bisa memudahkan perusahaan yang tengah mencari investor, karena pemangku kepentingan eksternal butuh meninjau prospek perusahaan saat sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Menghitung Aset Otomatis

Aplikasi keuangan yang baik mempermudah Anda menghitung depresiasi ataupun penyusutan aset tetap secara otomatis serta akurat. Depresiasi aset tetap bisa dihitung dengan bermacam metode sesuai kebijakan perusahaan Anda serta sesuai dengan pajak dan standar akuntansi yang berlaku.

Rekonsiliasi Bank Secara Cepat

Dengan aplikasi keuangan, Anda bisa secara otomatis mencocokkan transaksi, saldo, serta kas langsung dengan kondisi akun bank Anda dan memberikan rekomendasi transaksi yang sesuai dengan nominal pada transaksi.

Kesimpulan

Seperti yang telah kita bahas di atas, financial accounting adalah hal yang wajib dijalankan oleh perusahaan karena mengacu pada pembukuan dengan mengklasifikasikan, menganalisis, meringkas, serta mencatat transaksi keuangan seperti pembelian, penjualan, utang dan piutang, serta akhirnya mempersiapkan laporan keuangan.

Apabila Anda pemimpin perusahaan, meskipun tugas ini biasanya dijalankan oleh akuntan perusahaan atau KAP yang digunakan perusahaan tapi Anda juga harus mengetahui konsep-konsep dasarnya supaya tidak ada kesalahaan.

Tentunya akuntansi keuangan menjadi lebih mudah di tracking apabila Anda telah menggunakan software akuntansi modern di perusahaan Anda, seperti MASERP.

Apabila Anda memiliki kebutuhan khusus, Anda dapat langsung berkonsultasi dengan konsultan kami melalui gambar di bawah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menjawab pertanyaan Anda seputar akuntansi keuangan.

Baca Juga: Standar Akuntansi Keuangan: Pengertian, Fungsi dan Jenis

New call-to-action