7 Tips Memilih Perusahaan Sekuritas yang Aman untuk Berinvestasi!

Anda tidak bisa langsung bertransaksi jual beli saham perusahaan publik di pasar modal tanpa adanya perantara dari perusahaan sekuritas. Saat ini ada dua jenis perusahaan sekuritas, yaitu asing dan lokal. Tidak hanya saham, Anda juga bisa bertransaksi jual beli reksa dana, obligasi, Surat Utang Negara (SUN) dan lain-lain.

Sebelum melakukan investasi, investor harus memiliki RDN (Rekening Dana Nasabah), SID (Single Investor Identification) dan SRE (Sub Rekening Efek) untuk bisa bertransaksi efek. Proses pembuatan itu semua akan dibantu oleh perusahaan sekuritas.

Apakah perusahaan sekuritas sama dengan perbankan? Jawabannya adalah tidak, untuk lebih memahami lebih lengkap mengenai perusahaan sekuritas beserta tips memilihnya agar aman berinvestasi, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Apa Itu Perusahaan Sekuritas?

Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang memiliki izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk melakukan kegiatan usaha antara lain sebagai perantara perdagangan efek (surat berharga), penjamin emisi efek, dan kegiatan lain yang sesuai dengan ketentuan pengawas pasar modal.

Jenis perusahaan sekuritas yang beroperasi di Indonesia ada dua jenis yaitu konvensional dan syariah. Perusahaan sekuritas dan investasi perbankan adalah dua hal yang berbeda, tetapi keduanya bisa menjadi berkaitan.

Perbankan investasi memiliki tanggung jawab untuk membantu para investor menerbitkan efek. Berdasarkan UU Pasar Modal Pasal 1 ayat 5, efek adalah surat berharga yang diperdagangkan di pasar modal, antara lain saham, obligasi, surat berharga komersial, surat pengakuan hutang, reksadana, tanda bukti hutang dan lain-lain. Lalu, perusahaan sekuritas tugasnya sebagai perantara transaksi bagi investor dalam proses jual beli di pasar modal.

Menurut data KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia), sudah tercatat 108 perusahaan efek yang sudah memiliki izin dari OJK untuk melakukan kegiatan usaha. Perusahaan sekuritas tersebut antara lain BCA Sekuritas, Mandiri Sekuritas, Danareksa Sekuritas, Indo Premier Sekuritas, dan lain-lain.

Baca Juga: Warrant Adalah Bagian Penting dari Aktivitas Investasi Modal

Kegiatan Perusahaan Sekuritas

Perusahaan sekuritas memiliki dua kegiatan utama, yaitu sebagai perantara perdagangan efek dan juga sebagai penjamin emisi efek.

Perantara Perdagangan Efek

Perusahaan akan melakukan kegiatan jual beli efek berupa surat berharga yang beguna untuk kepentingan diri sendiri atau orang lain. Selain itu juga melakukan kegiatan transaksi yang berupa jual beli saham dan obligasi di BEI (Bursa Efek Indonesia) atau di luar BEI (transaksi over the counter). Perusahaan efek disebut juga broker dealer.

Penjamin Emisi Efek

Selain sebagai perantara, perusahaan juga menjamin emisi efek yaitu bertanggung jawab membantu calon emiten untuk melakukan kegiatan IPO (Initial Public Offering) dengan atau tanpa ada kewajiban membeli sisa surat berharga atau efek yang sudah terjual di pasar modal.

Tips Memilih Perusahaan Sekuritas

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, berikut ini beberapa tips memilih perusahaan efek antara lain:

Resmi

Demi keamanan dalam bertransaksi di pasar modal, hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam memilihi perusahaan efek adalah yang terdaftar resmi (legal) dan tercatat di Bursa Efek Indonesia. Anda bisa mengeceknya di sini.

Rekam Jejak Bersih

Tips selanjutnya adalah pastikan perusahaan efek Anda memiliki rekam jejak yang bagus, tidak memiliki catatan buruk atau kasus apapun. Anda bisa mengeceknya lewat mesin pencari seperti Google, ketikkan keywords kasus dan tambahkan perusahaan efek yang Anda ingin riset, contohnya “kasus perusahaan X”. Anda perlu meluangkan waktu untuk melakukan riset seperti ini agar terhindar dari kasus yang sama, dan kegiatan berinvestasi Anda menjadi aman.

Nilai Setoran Awal

Saat mendaftar ke perusahaan efek, Anda akan diwajibkan membayar setoran awal untuk membuka RDN (Rekening Dana Nasabah). Layaknya Anda membuka rekening di bank, ada setoran awal untuk rekening Anda.

Besaran setoran awal yang Anda bayarkan tergantung dari perusahaan sekuritasnya, ada yang dari Rp100.000,- atau bahkan jutaan rupiah. Anda bisa menyesuaikan setoran awal ini dengan dana yang menjadi modal investasi Anda.

Biaya Transaksi

Setiap transaksi jual dan beli efek, ada komisinya untuk perusahaan sekuritas. Biaya transaksi ini juga beragam tergantung perusahaannya, bahkan transaksi untuk jual dan beli pun bisa berbeda biaya transaksinya.

Anda harus teliti membandingkan tiap perusahan efek yang memiliki biaya transaksi paling kecil, tujuannya agar Anda bisa mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin dari kegiatan investasi.

Analisis Kompeten

Anda pasti ingin harta yang diinvestasikan ke perusahaan efek mengasilkan cuan, kan? Anda perlu meriset juga perusahaan yang dapat dipercaya mengelola dana investasi sehingga bisa memperoleh keuntugan. Rajinlah mengecek di internet hasil dari analisa perusahaan sekuritas atau meminta insight dari teman Anda yang sudah menggunakan perusahaan efek tertentu.

Mudah Bertransaksi

Tentu saja kemudahan menjadi salah satu tips yang penting. Perusahaan yang Anda pilih harus bisa memberikan kemudahan saat Anda sebagai investor ingin membuka RDN, dan pastinya juga kemudahan saat bertransaksi jual beli. Anda tidak perlu mendatangi perusahaan efek, carilah yang pembukaan rekening dan transaksinya bisa dilakukan secara online dari mana saja dan kapan saja.

Fasilitas dan Data Real Time

Tips terakhir, jangan lupa cek fasilitas dan fitur apa saja yang bisa Anda gunakan untuk berinvestasi menggunakan perusahaan sekuritas tersebut. Apakah ada fasilitas margin trading? Datanya real time? Aplikasinya cepat? Layanan CS baik? UI/UX aplikasi dan websitenya bagus? Anda juga perlu memperhatikan itu semua.

Baca Juga: Net Present Value dan Cara Perhitungan Peluang Investasi

Perusahaan Sekuritas Bangkrut?

Saat memutuskan untuk berinvestasi dan memilih perusahaan sekuritas, mungkin Anda pernah merasakan khawatir dan bertanya-tanya, bagaimana kalau perusahaannya bangkrut? Apa kabar dana yang sudah saya investasikan?

Anda tidak perlu khawatir, kalau perusahaan efek atau broker mengalami bangkrut, dana yang sudah Anda investasikan tetap tersimpan di RDN dan saham yang Anda beli juga masih berada di KSEI.

Anda hanya perlu membuka rekening baru di perusahaan sekuritas yang lain dengan menyebutkan nomor SID, maka rekening baru akan aktif. Anda bisa memindahkan saham yang dimiliki dan bertransaksi seperti sedia kala.

Baca Juga: Cara Menghitung IRR (Internal Rate of Return) untuk Berinvestasi

Perusahaan Sekuritas di Indonesia

Berikut ini MASERP akan memberikan beberapa contoh perusahaan sekuritas yang terkenal di Indonesia, antara lain:

Indo Premier Sekuritas

Indo Premier Sekuritas mengantongi izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor KEP-11/PM/PPE/1996. Berdiri sejak tahun 1996, sekuritas yang sering disebut IPOT ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

  • investor bisa membuka akun secara online melalui aplikasi IPOTGO mulai dari Rp100.000,-
  • memiliki produk investasi banyak, dari konvensional hingga syariah
  • tidak memerlukan setoran modal minimum
  • fee jual saham sebesar 0.29% dan fee beli saham sebesar 0.19%.

Mandiri Sekuritas

Mandiri Sekuritas merupakan anak perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang berdiri sejak 1991. Perusahaan ini sudah memiliki izin pialang saham SK Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) No 12 Tahun 1992. Keunggulan yang dimiliki:

  • memiliki aplikasi MOST (Mandiri Sekuritas Online Trading)
  • pendaftaran secara online
  • memiliki banyak cabang di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakara dan lainnya
  • memiliki hasil riset dan update perdagangan secara harian
  • setoran awal sebesar Rp2.000.000,-.

BNI Sekuritas

Berdiri sejak 1995, BNI Sekuritas merupakan anak usaha dari PT Bank Negar Indonesia (Persero). Tentu saja BNI Sekuritas sudah memiliki izin OJK dan tercatat di Nomor KEP-19/PM/1995. Keunggulannya :

  • memiliki aplikasi BIONS
  • terjangkau di seluruh Indonesia
  • produk investasi beragam, dari konvensional sampai syariah
  • transaksi reksadana gratis
  • setoran awal Rp1.000.000,-
  • tidak ada minimal transfer pada deposit selanjutnya
  • fee jual saham sebesar 0.25% dan fee beli saham sebesar 0.15%, keduanya tanpa minimum transaksi.

Mirae Asset Sekuritas

Mirae Asset Sekuritas berdiri sejak tahun 1994, dan merupakan salah satu perusahaan terbaik karena bisa memiliki transaksi saham tertinggi per September 2020 sebesar Rp227,13 triliun. Keunggulan yang bisa menjadi pertimbangan Anda, antara lain:

  • Ada fasilitas trading online di HOTS (Home Online Trading System)
  • Produk investasi yang beragam
  • Memiliki banyak cabang di Indonesia
  • Tidak ada biaya admin bulanan
  • Memiliki rekening di bank besar seperti BCA, Bank Mandiri, Bank Permata, dan lainnya.
  • Fee jual sebesar 0.25% dan fee beli sebesar 0.19%.

Baca Juga: Daftar Perusahaan Sekuritas di Indonesia

Kesimpulan

Perusahaan sekuritas memiliki izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk melakukan kegiatan usaha antara lain sebagai perantara perdagangan efek (surat berharga) dan penjamin emisi efek. Anda perlu memperhatikan beberapa hal saat memilih perusahaan efek antara lain harus resmi terdaftar di OJK, memiliki rekam jejak yang bersih, biaya setoran awal dan fee transaksinya, kemudahan bertransaksi serta fitur yang ditawarkan.

Kalau perusahaan efek atau broker mengalami bangkrut, dana yang sudah Anda investasikan tetap tersimpan di RDN dan saham yang Anda beli juga masih berada di KSEI.

Berinvestasi maupun berbisnis, pasti dibutuhkan pengelolaan keuangan yang baik dan tepat. Ketika perusahaan efek yang Anda pilih sudah memiliki fitur teknologi yang canggih, sebaiknya bisnis Anda juga.

Software akuntansi MASERP bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk segala kebutuhan akuntansi usaha Anda. MASERP merupakan software ERP yang sudah terintegrasi dengan banyak fungsi bisnis lain seperti misalnya keuangan, pembelian, manufaktur, dan masih banyak yang lainnya. Dengan MASERP tentunya akan memudahkan untuk mencatat dan memantau laporan keuangan.

Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action