Pentingnya Slip Gaji Karyawan di Setiap Perusahaan

Setiap pekerja tentu akan mendapatkan upah atas hasil kerja dan bantuan mereka yang disebut dengan gaji. Gaji diberikan oleh atasan kepada bawahannya yang telah bekerja kepadanya. Besaran gaji yang diperoleh karyawan dari perusahaan akan tertulis di slip gaji karyawan yang selalu dinantikan di setiap bulannya.

Slip gaji karyawan dari perusahaan berbentuk dokumen dalam selembar kertas dan di dalamnya tercantumnya perincian segala sesuatu mengenai pembayaran. Ini akan menjadi dokumentasi baik untuk pihak perusahaan maupun sebagai karyawan.

Oleh sebab itu perusahaan selaku pihak yang membayar gaji harus memahami seluk beluk slip gaji dengan benar. Pengetahuan mengenai slip gaji yang benar dan terperinci memang belum banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Maka bagi Anda yang ingin mengetahui apa itu slip gaji, kepentingan dan kegunaannya serta contoh slip gaji yang benar, simak artikel ini untuk mencari tahu lebih lanjut.

Pengertian Slip Gaji

Slip gaji adalah tanda bukti pemberian gaji dari perusahaan terhadap seorang karyawan. Banyak jenis slip gaji tergantung dengan isi dari gaji tersebut. Semakin tinggi jabatan seseorang dan semakin banyak intensif yang didapat, maka akan semakin banyak pula isi dari slip gaji tersebut.

Slip gaji karyawan diperlukan oleh kedua belah pihak karena penggunaannya yang penting. Untuk karyawan, slip gaji berguna untuk digunakan sebagai acuan gaji yang akan diterima beserta insentif dan beberapa potongan terkait gaji seperti pajak.

Untuk perusahaan, slip gaji berguna sebagai kontrol pada laporan keuangan perusahaan agar perusahaan dapat mengetahui pengeluaran perusahaan selama satu bulan.

Gaji merupakan penghasilan yang diterima oleh seseorang yang terdiri atas komponen penambahan dan pengurangan.

  • Komponen penambah adalah bentuk penghasilan yang bersifat tambahan. Diantaranya meliputi upah utama, tunjangan tetap, tunjangan kehadiran, upah lembur, dan THR serta bonus.
  • Komponen pengurang adalah bentuk penghasilan yang memberikan pengurangan atas gaji yang diterima pekerja. Di antaranya meliputi iuran BPJS, pinjaman karyawan, PPh 21, maupun denda atau pinalti.

Kedua komponen di atas secara langsung memberikan pengaruh pada jumlah nominal akhir penghasilan yang akan diberikan oleh perusahaan kepada para karyawan. Jadi karyawan akan melihat semua data dan hasil pembayaran akhir mereka pada slip gaji.

Manfaat Slip Gaji Bagi Karyawan

Setelah mengetahui pengertiannya, berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengapa dokumen yang satu ini sangat penting bagi karyawan.

Mengetahui Rincian Pendapatan

Fungsi pertama dari slip gaji tentu saja untuk mengetahui rincian komponen dari nominal gaji yang kita terima setiap bulannya. Komponen gaji tersebut berbeda-beda, tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.

Secara umum ada tiga bagian yang harus ada di dalam dokumen tersebut, antara lain:

  • Gaji pokok
  • Pajak, potongan, dan kontribusi
  • Jumlah gaji bersih yang diterima

Jadi selain jumlah gaji pokok, Anda juga akan melihat berapa jumlah uang hasil kontribusi misalnya saat mendapatkan bonus atau THR.

Begitu juga dengan informasi mengenai jumlah potongan misalnya untuk pajak atau bahkan karena adanya pelanggaran saat bekerja misalnya karena terlambat.

Dari informasi tersebut, Anda bisa melakukan introspeksi dan termotivasi untuk meningkatkan kualitas kerja di perusahaan.

Cicilan Kendaraan Bermotor

Tidak hanya berguna untuk mengetahui jumlah pasti gaji saja, rupanya slip gaji juga sangat bermanfaat saat kita ingin mengambil kredit kendaraan.

Saat mengajukan kredit kendaraan, biasanya perusahaan kredit memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Selain dokumen seperti fotokopi KTP, kartu keluarga, surat nikah, rekening listrik atau PDAM, dan buku tabungan, biasanya slip gaji juga dibutuhkan sebagai salah satu persyaratannya.

Dokumen berisikan informasi gaji tersebut digunakan sebagai bukti bahwa kita mempunyai pekerjaan tetap yang bisa menjamin kemampuan dalam membayar tagihan cicilan.

Baca Juga : Perbedaan Debit dan Kredit

Kredit Peralatan Elektronik

Gadget keluaran terbaru baru saja dirilis, tapi tabungan Anda belum cukup untuk membelinya? Slip gaji yang Anda miliki bisa dimanfaatkan untuk bisa membeli gadget yang Anda sukai tersebut dengan kredit cicilan.

Fasilitas kredit cicilan ini sangat berguna bagi Anda yang ingin membeli beberapa alat elektronik sekaligus dalam satu waktu. Apalagi jika Anda sudah berumah tangga dan tinggal di rumah baru.

Perusahaan penyedia kredit akan mempertimbangkan kemampuan dalam membayar cicilan perbulan lewat informasi dalam dokumen tersebut. Selain itu, informasi tersebut juga akan mempengaruhi lamanya jangka waktu cicilan yang bisa diambil nantinya.

Kredit Tanpa Agunan

Salah satu manfaat lainnya adalah sebagai syarat pengambilan KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Kredit ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti pendidikan, pernikahan, kesehatan, renovasi rumah, serta kebutuhan keluarga lainnya.

Bank atau perusahaan pemberi kredit tersebut tentunya harus berhati-hati dalam memberi persetujuan kredit tanpa jaminan kepada calon kreditur. Jangan sampai orang yang diberi kepercayaan untuk mendapat kredit tanpa agunan nantinya tidak bisa membayar hingga jatuh tempo.

Salah satu persyaratan bagi bank untuk mengklasifikasi orang-orang yang akan mengajukan kredit adalah slip gaji. Nominal limit kredit yang bisa diambil juga tergantung pada jumlah gaji yang kamu terima setiap bulannya.

Sebagai contoh, kredit tanpa agunan di salah satu bank pemerintah di Indonesia membatasi kredit hingga sebesar lima kali gaji.

Cicilan Rumah Idaman

Sebagaimana alat elektronik atau kendaraan bermotor, Anda pasti sudah memiliki rumah yang Anda idam-idamkan untuk ditinggali.

Dengan harga rumah yang terus melambung tinggi, pasti sudah mempertimbangkan untuk membeli rumah dengan bantuan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah.

Informasi mengenai gaji juga sangat dipertimbangkan oleh Bank dalam mengambil KPR. Mereka biasanya meminta dokumen soal informasi gaji selama 3 hingga 6 bulan berturut-turun dengan masa kerja lebih dari setahun.

Jumlah gaji dari calon kreditur juga diperhitungkan dan umumnya harus memiliki jumlah minimal hingga 3 kali lipat dari angka cicilan tiap bulannya. Apa lagi saat ini pemerintah sudah menjalankan kerdit rumah DP 0 persen.

Negosiasi Gaji

Selain bermanfaat untuk syarat pengajuan kredit, slip gaji rupanya juga berguna untuk negosiasi gaji saat melamar kerja. slip gaji dapat membantu karyawan saat sedang negosiasi gaji dengan pemberi kerja.

Pasalnya, informasi gaji tersebut bisa membantu karyawan untuk meminta gaji yang lebih baik dari perusahaan sebelumnya. Bagi pemberi kerja, informasi tersebut juga dapat membantu menentukan kisaran gaji yang akan diberikan kepada calon karyawan.

Jadi, mereka akan menggunakan angka tersebut sebagai referensi untuk memperkirakan berapa nominal gaji yang pantas diberikan dengan kompetensi yang dimiliki karyawan itu.

Contoh Slip Gaji di Perusahaan

Contoh slip gaji setiap perusahaan itu berbeda-beda tergantung format yang mereka gunakan. Adapun format slip gaji itu sendiri adalah dibentuk dari komponen-komponen yang kemudian dicantumkan ke dalamnya. Mengenai bagian- bagian slip gaji itu antara lain :

Nama Perusahaan

Komponen awal yang membentuk dan harus ada pada slip gaji adalah nama perusahaan, instansi atau lembaga sebagai pihak yang mengeluarkan slip gaji tersebut. Ini akan menjadi poin atau cantuman keabsahan bahwa slip gaji tersebut memang dikeluarkan dari suatu perusahaan untuk para karyawan mereka.

Pernyataan Kerahasiaan Dokumen

Kalimat yang selalu menyangkut kerahasiaan slip gaji biasanya adalah “private and confidential”. Pernyataan ini menunjukkan bahwa tidak semua orang diluar pihak yang terkait boleh mengetahui dokumen rahasia tersebut. Jadi slip gaji hanya memang dikeluarkan untuk orang yang bersangkutan saja.

Tanggal Pembayaran dan Data Karyawan

Contoh slip gaji juga mencantumkan informasi berupa bagian tanggal pembayaran gaji kepada karyawan serta data karyawan yang meliputi nama, nomor pegawai dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Rician Gaji Karyawan

Satu lagi yang harus tercantum dalam contoh slip gaji perusahaan adalah jumlah besaran gaji karyawan, lengkap dengan rinciannya yakni tambahan maupun potongan yang dikenakan kepada karyawan.

Slip gaji tersebut akan dicetak setiap bulannya dan diberikannya kepada karyawan sebagai laporan tertulis. Namun ada juga perusahaan yang menggunakan slip gaji elektronik yang bisa di kirimkan ke akun emaing masing- masing karyawan.

Kesimpulan

Pada intinya slip gaji merupakan keterangan mengenai imbalan yang diberikan oleh pihak perusahaan kepada para karyawannya. Karyawan membutuhkan slip gaji tersebut untuk mendapatkan kejelasan berapa imbalan yang diterimanya ketika setelah berkeringat di perusahaan.

Slip gaji diberikan oleh perusahaan untuk karyawan adalah bentuk penghargaan atas kontribusi yang telah disalurkan dalam mendukung visi misi perusahaan dan bisa digunakan karyawan untuk mendapat bantuan kredit adalah slip gaji yang jelas, sah dan terperinci.

Selain itu untuk mempermudah proses pembuatan slip gaji ini ada benarnya jika kita memperhatikan perputaran ataupun laporan keuangan perusahaan.

Nah, jika Anda merasa kesulitan dalam mengelola proses keuangan dan harus terperinci, maka Anda bisa gunakan software akuntansi modern seperti MASERP.

MASERP bisa dicustom dengan fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Bahkan, penggunaannya juga sangat mudah dan tampilannya sangat sederhana.

Lalu dengan pembuatan contoh slip gaji karyawan yang bisa diedit ini dapat menggunakan aplikasi, karena dengan aplikasi bisa memudahkan dalam data mengenai slip gaji dan beberapa surat penting perusahaan lainnya menjadi lebih mudah dan efisien.

Itulah penjelasan mengenai gaji dan seputarnya yang diharapkan dapat berguna bagi Anda dan para pembaca lainnya yang sedang mencari dan membutuhkan informasi mengenai gaji, slip gaji, contoh slip gaji, maupun cara membuat slip gaji yang mudah.

Baca Juga : What is a Salary Slip?