5 Tips Lolos Seleksi Officer Development Program (ODP)

Setiap tahunnya, ada banyak sarjana muda yang bersaing untuk mendapatkan pekerjaan. Sebelum mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan, biasanya perusahaan menyelenggarakan pelatihan pra kerja atau yang biasa disebut officer development program adalah (ODP). Mengapa demikian? Sebab, terdapat banyak sarjana muda yang melamar kerja tetapi belum memiliki skill dan kompetensi yang mumpuni. Untuk informasi lebih lengkap, simak ulasan berikut ini!

Pengertian Officer Development Program

Officer development program adalah pelatihan karyawan perbankan yang masih fresh graduate untuk dididik dan ditempa sebagai manajer atau pimpinan di bidang-bidang perbankan. Tujuan dan konsepnya hampir sama seperti MT (Management Training) yaitu regenerasi pimpinan.

Dapat disimpulkan bahwa officer development program adalah training karyawan perbankan yang masih baru dengan masa yang cukup panjang sekitar 1 sampai 2 tahun. Tugas officer development program atau ODP adalah belajar.

Pada dasarnya program ODP dirancang dengan sistem terpadu yang melipiuti beberapa tahapan, seperti: sistem classical, on the job training dan proses mentoring saat peserta ditempatkan di sebuah lingkungan perusahaan nantinya. Di dalam setiap tahapan tersebut, setiap peserta akan dibekali dengan berbagai macam keahlian yang telah disesuaikan dengan dunia kerja yang akan dihadapi.

Baca Juga: Tips Strategi Employer Branding Bagi Perusahaan

Jenis ODP

Classical

Sistem classical atau in-class training adalah kondisi yang mana para peserta akan mendapatkan pelatihan pengetahuan dasar di dalam kelas. Pelajaran yang diberikan seputar pengenalan perusahaan, visi dan misi, hingga pelatihan material perusahaan. Ada pula yang menyertakan kegiatan role play sebagai bagian dari pendalaman materi yang diberikan.

On Job Training

Setelah melewati tahap classical atau in-class, selanjutnya para peserta akan memasuki tahap on job training. Seperti namanya, pada tahapan ini para peserta akan merasakan langsung pekerjaan yang akan terjadi nantinya kala menjadi karyawan. Pada program ini, Anda akan banyak berinteraksi dengan banyak sosok senior dan pimpinan perusahaan. Hal ini bermanfaat untuk menunjukkan potensi terbaik dari Anda untuk perusahaan

5 Tips Sukses Ikut Seleksi Officer Development Program

Sebelum mendaftar program ODP ini, ada baiknya Anda melakukan persiapan yang matang agar bisa lolos dalam tahap seleksi. Untuk itu simak 5 tips seleksi officer development program berikut.

Seleksi Perusahaan

Sebelum melakukan pendaftaran, ada baiknya Anda mempelajari perusahaan yang akan dilamar. Pastikan syarat-syarat yang dibutuhkan sesuai dengan kriteria Anda. Karena jika sebagai ODP berhenti sebelum waktu yang telah ditetapkan akan dikenakan sanksi berupa denda.

Lengkapi CV dan Kemampuan Diri

Untuk mendaftar program ODP ini secara umum terdapat beberapa syarat yang harus terpenuhi, diantaranya:

  • Minimal IPK 3.00
  • Minimal Tes TOEFL 500
  • Lolos seleksi matematika dasar
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  • Bisa berpikir secara logis, jujur, dan bisa bekerja dibawah tekanan
  • Siap untuk ditempatkan di mana pun
  • Pernah mengikuti organisasi akan menjadi nilai plus.
  • Pastikan Anda sudah memenuhi kriteria di atas agar bisa lolos pada seleksi administratif

Survei Perusahaan Melalui Job Fair

Agar proses pendaftaran program ODP bisa lebih cepat, Anda bisa langsung datang ke Job Fair dibandingkan dengan mendaftar melalui website. Namun, selama pandemi COVID-19 Anda bisa mengunjungi job fair secara virtual yang sering diadakan oleh berbagai lembaga pendidikan dan perusahaan.

Ikuti Tes Tulis dan FGD

Sebelum melakukan interview, biasanya perusahaan melakukan tes tertulis seperti tes psikotes, TOEFL, dan forum group discussion. Untuk  itu, jangan lupa untuk sering berlatih agar saat mengikuti tes Anda bisa menjawab dengan benar. Bila perlu Anda bisa membeli buku tes psikotes atau TOEFL yang bisa didapatkan di toko buku terdekat atau mencari dari sumber internet.

Jaga Kesehatan

Setelah melakukan tes tertulis adalah medical check up. Agar bisa lolos dalam tes ini, jangan lupa untuk rutin berolahraga dan mengkonsumsi suplemen vitamin. Usahakan Anda juga memiliki tinggi dan berat badan yang proporsional.

Kesimpulan

Officer development program (ODP) menjadi jalan bagi banyak lulusan baru karena menjanjikan jenjang karir yang gemilang. Anda bisa bekerja sekaligus menguasai hal-hal baru ketika mengikuti program ini. Dengan itu, kemampuan Anda pun juga semakin berkembang. Intinya, ODP sangat menarik bagi pencari kerja di level staff. Dengan mengikuti program ini, Anda berpeluang mendapat jenjang karir yang sangat menjanjikan.

Apabila sudah melewati tahap interview oleh HRD, selanjutnya Anda bisa diberi tugas atau tes untuk posisi yang Anda lamar seperti programmer atau digital marketer.

Mengingat tugas dan tanggung jawab HRD begitu banyak terhadap perusahaan dan karyawan, maka penggunaan software HR memang diperlukan. Perkembangan teknologi yang semakin pesat menawarkan kemudahan untuk para tim HRD di perusahaan dalam pengelolaan segala urusan administrasi yang berhubungan dengan karyawan.

Mulai dari data absensi dan cuti karyawan, sistem penggajian, dan lain sebagainya kini dapat dilakukan secara lebih mudah dan praktis.

New call-to-action