Pengertian NPP Perusahaan Beserta Cara Daftar dan Manfaatnya

Kamu berencana mendirikan perusahaan, dengan jumlah karyawan yang cukup banyak? Jika iya, jangan lupa untuk membuat NPP perusahaan karena hal tersebut menjadi salah satu syarat perusahaan baru.

Berperan penting, apa itu Nomor Pendaftaran Perusahaan? Bagi pengusaha yang ingin mendirikan perusahaan baru, yuk ketahui pengertian NPP perusahaan, beserta cara daftar dan manfaatnya bagi perusahaan itu sendiri.

Pengertian NPP Perusahaan

Jadi, NPP Perusahaan adalah Nomor Pendaftaran Perusahaan, yang bisa digunakan untuk berbagai macam fungsi, salah satunya program perlindungan karyawan.

Nah, dengan program ini, perusahaan juga bisa merasa untung, karena tidak hanya karyawan saja yang mendapatkan keuntungan. Mengapa?

Karena di sini karyawan merupakan aset, agar sebuah perusahaan bisa berjalan. Nah, Nomor Pendaftaran Perusahaan ini bisa membantu meningkatkan perlindungan karyawan selama bekerja.

Bahkan, untuk soal perlindungan, perusahaan juga tidak perlu lagi membuat program baru lagi dan khusus. Pasalnya, kini hampir semua jenis jaminan sosial ada dalam program BPJS dari pemerintah.

Sebut saja, jaminan hari tua, jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, dan lain-lain. Semua ada dalam program BPJS, sehingga perusahaan hanya tinggal mendaftarkan NPP BPJS Perusahaan saja. Lantas, bagaimana cara mendapatkannya?

Apa Itu NPP BPJS Perusahaan?

Jadi, seperti yang diketahui, bahwa NPP adalah program yang digunakan perusahaan untuk mensejahterakan karyawan, termasuk NPP BPJS perusahaan.

Nah, untuk NPP BPJS Perusahaan sendiri merupakan program langkah awal yang dilakukan setiap perusahaan, untuk mendaftarkan setiap karyawannya, ke dalam program BPJS Ketenagakerjaan, agar mereka bisa menikmati fasilitas yang bersifat perlindungan.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya juga, bahwa BPJS Ketenagakerjaan terdiri dari program jaminan, yakni Jaminan tersebut yaitu:

  • Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)
  • Jaminan Kematian (JKM)
  • Jaminan Hari Tua (JHT)
  • Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK).

Bahkan perusahaan juga wajib mendaftarkan setiap karyawannya ke program NPP BPJS Perusahaan, sebagai bentuk dari kesejahteraan, yang diberikan oleh perusahaan, selain upah bulanan yang ada dalam payroll dan hak lainnya.

Perusahaan tidak bisa mengelak, karena hal tersebut disebutkan dalam Peraturan Presiden No. 109 Tahun 2013, tentang Tahapan Kepesertaan Program Jaminan Sosial yang berisikan sebagai berikut:

“Setiap perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya kepada BPJS Ketenagakerjaan untuk mengikuti program jaminan kecelakaan kerja,”

Nah, jika sudah paham apa itu NPP dan NPP BPJS yang wajib didaftarkan perusahaan baru, selanjutnya bisa kamu cek cara mendapatkan NPP Perusahaan BPJS, berikut ini.

Baca Juga : HRD Adalah: Pengertian, Fungsi, Tugas dan Ciri-Cirinya

Cara Mendapatkan Nomor Pendaftaran Perusahaan

1.Kunjungi Situs Resmi BPJS

Cara mendapatkan NPP Perusahaan BPJS yang pertama, kamu kunjungi website resmi BPJS: http://new.edabu.bpjs-kesehatan.go.id/new.

2. Registrasi

Setelah itu, muncul beberapa pilihan. Klik tombol “Register Badan Usaha Baru”. Setelah itu, kamu akan masuk pada halaman persetujuan. Namun sebelum itu, kamu harus baca dan pahami dengan seksama syarat dan ketentuannya, yakni sebagai  berikut:

Pengguna Portal Pendaftaran Badan

– Usaha/Badan Hukum Lainnya BPJS Kesehatan harus memiliki kewenangan secara hukum untuk mendaftarkan badan usaha/badan hukum lainnya.

– Lalu, melakukan pengisian formulir dan memberikan data secara lengkap dan benar serta dapat dipertanggungjawabkan.

– Selanjutnya, mengisi tanggal yang dapat dihubungi Petugas BPJS Kesehatan.

– Pihak perusahaan, menyetujui jika harus mengulang proses pendaftaran peserta apabila belum melakukan proses tersebut. Pembayaran iuran pertama sampai dengan 90 hari kalender, atau sejak pendaftaran pada portal ini.

3. Periksa Kembali Sebelum Menyetujui

Sebelum menyetujui, cermati dulu syarat dan ketentuan (seperti di atas), jika sudah yakin maka bisa langsung centang kotak bertuliskan “Saya menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Pendaftaran Badan Usaha BPJS Kesehatan”.

4. Isi Formulir Pendaftaran

Melakukan pengisian Formulir Pendaftaran Badan Usaha/Badan Hukum Lainnya. Mulai dari identitas perusahaan, alamat perusahaan, jumlah karyawan dan keluarga karyawan, nomor ijin usaha, NPWP, email perusahaan (untuk mengirim tagihan iuran dan link aktivasi), dan lain-lain.

5. Isi Kode Captcha

Jika semua data sudah lengkap terisi, maka kamu bisa langsung isi kode captcha yang diberikan. Kode ini diisi untuk memberitahu server bahwa kamu bukan robot, kemudian pilih tombol “Submit”.

6. Tunggu Email Untuk Aktivasi

Setelah itu, jangan pergi dulu karena kamu diminta untuk menunggu notifikasi aktivasi melalui email, atau bisa dilakukan aktivasi melalui link, adapun nantinya kamu akan mendapatkan :

– Lampiran berupa Cetak Formulir Registrasi Badan Usaha/Badan Hukum Lainnya terdaftar

– Nomor kode badan usaha/badan hukum lainnya terdaftar

– Nomor rekening pembayaran iuran JKN-KIS (virtual account-VA)

– Hak akses (username dan password) aplikasi yang digunakan untuk melakukan pendaftaran karyawan dan anggota keluarganya

7. NPP resmi dimiliki perusahaan

Nah, setelah kamu sudah mendapatkan dokumen-dokumen diatas, maka perusahaan kamu akan resmi mendapatkan NPP Perusahaan.

NPP Perusahaan yang sudah didapatkan, nantinya dapat langsung digunakan untuk melakukan pelaporan BPJS dan pembayaran iuran secara berkala.

Manfaat NPP Perusahaan

  • Nomor Pendaftaran Perusahaan tidak hanya berfungsi sebagai syarat pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan saja, tapi juga berfungsi sebagai salah satu syarat melakukan prosedur pembayaran iuran premi BPJS, yang biasa dilakukan setiap bulan.
  • Nomor Pendaftaran Perusahaan juga bisa digunakan untuk mengakses layanan tambahan BPJS, seperti BPJS Online sehingga perusahaan dan karyawan bisa mengakses informasi terkait BPJS (seperti mengontrol saldo BPJS), dengan mudah lewat smartphone.

Kesimpulan

Di sini ada banyak pihak perusahaan, yang juga sangat terbantu dengan NPP Perusahaan. Seperti bagian HRD hingga bagian finance.

Karena, dengan memiliki NPP tersebut, mereka bisa dengan mudah mengakses berbagai informasi terkait karyawan. Contohnya saja jumlah saldo BPJS masing-masing dari karyawan pada payroll dan karyawan juga bisa melihat potongan di slip gaji.

Perusahaan tanpa NPP, mungkin tidak bisa melihat data informasi BPJS karyawan dengan mudah, melalui online. Nah, agar lebih mudah lagi, kamu khususnya bagian finance juga bisa gunakan tambahan software akuntansi, seperti MASERP.

Dengan software akuntansi MASERP, kamu bisa bekerja lebih mudah dan cepat, dengan bantuan fitur NPP, untuk mendata setiap saldo BPJS karyawan.

Jadi, untungnya dobel deh. Yuk, coba konsultasikan terlebih dahulu terkait penggunaan MASERP di perusahaanmu, agar penerapannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Baca Juga : Payroll Sistem Modern untuk Penggajian Karyawan

New call-to-action