ISO 55001: Memahami Manajemen Aset Strategis

Pelaksanaan sistem manajemen aset yang berstandar internasional atau yang biasa kita kenal dengan ISO 55001 perlu dilakukan dengan terstruktur dan sistematis serta secara massif oleh organisasi.

ISO 55001

Januari 2014, International Organization for Standardization (ISO) menerbitkan ISO 55001 yaitu standar manajemen aset internasional yang baru.

Standar baru ini adalah hasil kolaborasi lebih dari 30 negara peserta yang dipimpin oleh Komite Proyek ISO 251 yang direncakan selama tiga tahun.

ISO adalah organisasi global badan standar nasional di seluruh dunia.

Pekerjaan mempersiapkan Standar Internasional biasanya dilakukan melalui komite teknis ISO.

Setiap anggota badan yang tertarik pada subjek yang komite teknisnya telah ditetapkan memiliki hak untuk diwakili di komite itu.

Meskipun ISO 55001 adalah standar baru tetapi standar tersebut diadopsi dari Publicly Available Specification (PAS) yang dikembangkan oleh Institut Manajemen Aset (IAM) di Inggris.

PAS 55 memiliki metodologi yang terbukti sukses dalam industri air, listrik dan gas di Inggris, Australia, Uni Emirat Arab (UEA) dan Amerika Serikat.

ISO ini adalah standar yang menetapkan syarat dalam sistem manajemen aset. Standar yang memberikan kerangka pekerjaan untuk membentuk peraturan tujuan, kebijakan, proses , pemerindah dan faslitas yang terlibat pada usaha organisasi.

ISO 55001 tidak mencantumkan dan memberikan spesifikasi finansial, teknis, atau akuntansi tertentu dalam mengelola berbagai jenis aset.

ISO tersebut menggunakan sistem yang sudah terorganisir dan efektif dalam mendorong peningkatan dan penciptaan nilai yang berkelanjutan.

Hal tersebut bisa memungkinkan mengelola semua aset secara efektif termasuk pada biaya, risiko dan kinerja yang terkait aset.

ISO menghasilkan tiga standar internasional yang berkaitan dengan manajemen aset. Berikut dengan masing-masing penjelasan singkatnya:

  • ISO 55000: Menyediakan gambaran dari prinsip-prinsip manajemen aset, konsep, istilah dan definisi, serta deskripsi manfaat manajemen aset. Di bawah ISO 55000, manajemen aset didefinisikan sebagai “kegiatan terkoordinasi dari suatu organisasi untuk menyadari nilai dari aset”. Standar ini mendefinisikan aset sebagai “sesuatu yang memiliki nilai potensial atau aktual untuk sebuah organisasi”
  • ISO 55001: Menyediakan persyaratan-persyaratan khusus yang harus dipenuhi organisasi dalam sistem manajemen pengelolaan aset.

Tujuan ISO 55001

Tujuan dari ISO 55001 yaitu untuk memberikan pendapat tentang manajemen aset.

Dengan adanya standar internasional tersebut, memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuan dengan melalui manajemen aset yang efektif dan efisien.

Penerapan sistem manajemen aset memberikan jaminan bahwa tujuan tersebut bisa dicapai dengan konsisten dan berkelanjutan dari waktu ke waktu.

Pentingnya ISO 55001 Bagi Perusahaan

Memahami dan bisa memenuhi ISO 55001 bisa memberikan dukungan kepada organisasi yang menginginkan budaya yang lebih proaktif dan ingin terus meningkatkan efesiensi dan efektifitas organisasi mereka, dengan menciptakan nilai maksimum dari aset mereka.

ISO 55001 juga bisa menunjukan komitmen dalam mengelola dan mengoptimalkan biaya, risiko, dan kinerja pada semua.

Karena ISO ini adalah standar yang sudah diakui secara global, maka standar ini bisa menyediakan organisasi di seluruh dunia.

Menggunakan bahasa yang umum dan struktur kerja yang konsisten dapat bersangkutan dengan standar manajemen lainnya. Hal ini memungkinkan terjadinya kerja sama antar departemen dari satu organisasi.

Manfaat ISO 55001

Kinerja Optimal

Sistem manajemen ini memungkinkan organisasi untuk mengelola peluang dan aset dalam jangka panjang dan pendek, efektif dan efisien.

Dengan cara ini, mereka dapat memenuhi atau bahkan melebihi ekspektasi kinerja dan menjadi lebih bertanggung jawab secara sosial.

Efisiensi Biaya

Sistem yang efektif untuk mengelola sistem seperti dapat meningkatkan ROI (Return On Investment) organisasi dan mengurangi biaya operasional.

Semua ini tercapai tanpa memengaruhi kinerja organisasi atau mengorbankan nilai dan komitmennya.

Manajemen Risiko yang Lebih Baik

Dengan secara teratur meninjau berbagai prosedur operasional, proses dan mengelola aset, organisasi dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dan mengurangi risiko yang terlibat.

Peningkatan Terjamin dan Pertumbuhan Bisnis

Sistem efektif untuk mengelola aset mendorong pertumbuhan dan peningkatan di semua sektor organisasi dan memfasilitasi koordinasi antar departemen.

Dengan demikian, meningkatkan komunikasi dan pemahaman tentang tujuan dan nilai-nilai organisasi.

Pengambilan Keputusan yang Efektif

Ketika semua aset dikelola secara efektif dan dioptimalkan untuk sejajar dengan standar manajemen lain serta dengan tujuan dan sasaran organisasi, maka organisasi dapat membuat keputusan yang lebih efektif dan praktis yang semakin meningkatkan kemungkinan mewujudkan sasaran.

Meningkatkan Reputasi Organisasi

Mematuhi ISO 55001 menunjukkan kepada pemangku kepentingan internal dan eksternal bahwa organisasi melakukan manajemen aset secara serius dan berkomitmen untuk meningkatkan kinerja.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, Anda sudah bisa memikirkan bahwa ISO 55001 juga penting diterapkan oleh perusahaan karena ISO ini berkaitan dengan manajemen aset pada perusahaan Anda.

Mengelola aset adalah suatu hal yang harus dipertimbangkan sebagai prioritas bagi setiap perusahaan.

ISO ini membantu organisasi mengoptimalkan kinerja, merampingkan produksi dan operasi, memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan, serta membantu mereka menjadi lebih proaktif dan bertanggung jawab secara sosial.

Oleh karena itu, ISO 55001 lebih kurang dapat diibaratkan sebagai barang pokok untuk setiap organisasi.

Dengan adanya tujuan untuk memberikan pendapat tentang manajemen aset tersebut, memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuan dengan melalui manajemen aset yang efektif dan efisien.

Setelah mengetahui tujuan tersebut Anda akan mendapatkan menfaat dari menerapkan ISO ini dengan kinera yang optimal, efesiensi biaya, manajemen risiko yang lebih baik, peningkatan pada pertumbuhan bisnis dan pengambilan keputusan yang efektif.

Selain itu, sertifikasi ISO ini juga akan membuat suatu perusahaan lebih menghemat keuangan karena bisa melakukan kontrol dan evaluasi dari manajemen aset tersebut.

Agar evaluasi manajemen aset sebuah perusahaan bisa tersusun dan bisa Anda cek kapan saja dan dimana saja, kamu butuh software akuntansi yaitu MASERP.

Dengan software akuntansi MASERP, segala data keuangan, stok bahan produksi, pasokan barang jadi hingga pemasukan keuangan bisa terlihat dengan jelas.

Fitur Fixed Asset di MASERP membantu Anda menghitung penyusutan aktiva tetap dengan akurat sehingga memudahhkan Anda dalam mentracking aset Anda seperti kendaraan, mesin, hardware, dan peralatan kantor.

Pada fitur Master Fixed Asset, Anda bisa mencatat informasi seperti lokasi, merk, spesifikasi dan penanggungjawab untuk history lengkap pemindahan aset dari tangan ke tangan.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda mengenai ISO 55001.

Baca Juga: ISO 28000 dalam Supply Chain Management