Pahami 6 Manfaat dan Jenis Cloud Computing

Saat ini tanpa internet kita tidak bisa melakukan aktivitas dengan sempurna karena semua hal saat ini kebanyakan menggunakan internet. Banyak orang mencari berbagai informasi melalui internet, bahkan informasi yang kecil sekali pun. Lebih dari itu internet juga bisa membantu seseorang dalam menyimpan dokumen dan melakukan berbagai pekerjaan. Semakin lama semakin canggih saja teknologi internet yang ada, salah satunya adalah dengan adanya cloud computing. Kali ini Anda pun bisa mengambil banyak manfaat cloud computing seperti yang tertulis di bawah ini.

Manfaat Cloud Computing

Pusat Penyimpanan Data

Manfaat cloud computing yang pertama yaitu data-data dalam jumlah besar seperti yang dimiliki oleh perusahaan tentunya membutuhkan tempat penyimpanan yang besar. Terkadang jika Anda menyimpan data-data tersebut di sebuah hard disk misalnya, tidak ada jaminan bahwa data tersebut bisa selalu tersimpan dengan baik, karena harddisk bisa saja rusak kapan saja.

Nah solusinya Anda bisa menggunakan cloud computing ini untuk menyimpan data-data tersebut. Nantinya data yang akan disimpan itu akan berada dalam satu server yang terpusat, cloud computing juga bisa memilah penyimpanan dokumennya menjadi lebih rapi. Anda bisa dengan mudah mengaksesnya pada saat membutuhkan data-data tersebut. Dipastikan data Anda bisa lebih aman karena disimpan secara virtual.

Penyimpanan Data Lebih Aman

Apabila Anda menyimpan data-data penting seperti data akademik dalam cloud computing ini maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan tentang keamanan penyimpanannya, karena cloud computing ini juga dilengkapi dengan jaminan data pribadi, jaminan platform dan jaminan keamanan lainnya.

Apalagi dikarenakan oleh penyimpanan datanya yang terpusat maka tentunya keamanannya juga dibuat dengan secanggih mungkin sehingga Anda tidak perlu khawatir saat menggunakan cloud computing untuk penyimpanan data penting.

Cloud Storage

Jika menggunakan layanan cloud computing, maka Anda tidak perlu menyiapkan storage tambahan berupa hardware eksternal (local harddisk) dengan kapasitas besar untuk menyimpan data-data serta file Anda. Dengan teknologi cloud, semua data dapat disimpan pada server storage cloud yang tidak terbatas kapasitasnya, namun sangat mudah diakses kapanpun dan dimanapun asalkan terkoneksi dengan internet.

Cloud storage beroperasi secara online, sehingga lebih mudah dalam pengambilan, pengelolaan, serta pengolahan data-datanya. Jika membutuhkan storage yang lebih besar untuk menyimpan file, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda cukup melakukan upgrade storage ke provider layanan cloud pilihan Anda. 

Fleksibel

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa cloud computing ini menggunakan jaringan internet untuk mengaksesnya, sehingga dengan demikian asalkan Anda memiliki jaringan internet yang baik, dimana saja dan kapan saja Anda bebas untuk mengakses data yang Anda simpan dalam cloud computing tersebut.

Tentunya dengan data yang tersimpan secara virtual ini Anda tidak perlu repot membawa perangkat hard disk atau bahkan laptop Anda kemana-mana, sungguh fleksibel bukan?

Lebih Hemat Biaya

Sudah tentu saat Anda menggunakan cloud computing ini untuk penyimpanan data Anda maka Anda tidak perlu lagi menggunakan tempat penyimpanan dengan kapasitas besar lainnya, sehingga sudah tentu Anda bisa menghemat biaya karena tidak perlu membeli hard disk atau perangkat lain untuk menyimpan data-data penting Anda.

Mendapatkan Kapasitas Penyimpanan Super Besar

Lalu manfaat cloud computing terakhir ini seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Anda pastinya akan mendapatkan kapasitas penyimpanan yang super besar. Tak perlu lagi harddisk atau perangkat lain, cukup dengan cloud computing saja Anda sudah bisa menyimpan data-data akademik kampus dan data lainnya di dalamnya.

Jenis-jenis Teknologi Cloud Computing

Teknologi cloud computing terbagi ke dalam beberapa jenis. Di bagian ini kami akan menjelaskan apa saja perbedaannya berdasarkan fungsinya.

Community Cloud

Platform kolaboratif multi-tenant yang digunakan oleh badan atau organisasi berbeda untuk berbagi aplikasi yang sama. Walau organisasi yang menggunakan cloud tersebut berbeda, biasanya mereka  bergerak di industri atau bidang yang sama.

Public Cloud

Biasanya memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang besar. Public cloud ini sangat direkomendasikan untuk software development maupun proyek kolaboratif yang membutuhkan kapasitas besar.

Private Cloud

Biasanya digunakan oleh perorangan atau satu organisasi saja. Private cloud berada di belakang firewall dan sangat cocok untuk digunakan oleh badan atau bisnis yang memerlukan peraturan ketat.

Hybrid Cloud

Gabungan dari public dan private cloud. Ini memungkinkan kedua platform dapat berjalan dengan mulus. Hybrid cloud sangat tepat untuk bisnis yang berkutat dengan analisis big data yang memiliki peraturan privasi yang ketat.

Kesimpulan

Pada cloud computing sendiri akan terus berkembang seiringan dengan perkembangan zaman dan didukung juga dengan infrastruktur yang memadai diseluruh wilayah khususnya di Indonesia. Manfaat cloud computing bisa dirasakan oleh masyarakat modern saat ini.

Sistem ERP merupakan salah satu solusi bagi manajemen data dan bisa membantu proses bisnis Anda dengan sistem otomatis dan terintegrasi. Secara umum, sistem ERP mengintegrasikan beberapa fungsi bisnis seperti akuntansi, inventarismanufaktur, SDM, purchasing, SCM, penjualan dan CRM.

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action