SQL Adalah: Pahami Jenis dan Fungsinya Dalam Database

Structured Query Language atau SQL adalah perintah pemrograman yang digunakan untuk mengakses dan mengelola data pada sistem database. SQL merupakan salah satu poin penting yang ada pada studi teknik jaringan komputer. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang SQL.

Pengertian SQL

Standard Query Language atau SQL adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam mengakses serta mengelola informasi pada sebuah database. Standarisasi SQL sendiri telah ada sejak tahun 1986 dan diinisialisasi oleh ANSI (American National Standard Institute). Sebelum berubah nama menjadi SQL, awalnya menggunakan istilah SEQUEL (Structured English Query Language). Namun, karena pengejaan yang terlalu sulit, maka diubah menjadi SQL.

SQL dapat digunakan untuk membuat query, memperbarui dan mengatur ulang data, membuat, serta memodifikasi skema (struktur) dari sistem database dan mengontrol akses ke data. Beberapa file, masing-masing berisi tabel data yang dapat dihubungkan bersama oleh bidang yang sama. Database SQL dapat menangani jutaan, bahkan milyaran sel data.

Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, SQL dianggap lebih mudah. Hingga sekarang, banyak server yang bisa mengartikan SQL, baik database maupun software. Maka itu, ini menjadi ilmu penting buat kamu yang ingin terjun di dunia IT maupun hal yang bersinggungan dengan database relasional. SQL lebih disarankan untuk dipelajari bagi pemula sebelum belajar bahasa seperti Java, C++, PHP, atau C# yang jauh lebih kompleks.

Baca Juga: Jenis, Elemen dan Komponen Database Management System

Jenis Perintah Query Database SQL

Data Definition Language (DDL)

DDL pada SQL dipakai untuk perintah SQL tersebut yang fungsinya agar dapat melakukan pendefinisian awal suatu basis data serta tabel yang menggunakan konsep RDBMS. Sederhananya, penulisan SQL dengan perintah DDL bisa dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu Create, Alter, dan Drop.

Data Manipulation Language (DML)

Perintah SQL yang selanjutnya adalah DML, untuk melakukan sebuah pengolahan record. DML juga bisa dipakai untuk memanipulasi data pada sebuah tabel dalam database. Penulisan SQL dengan perintah DML dikelompokkan menjadi Insert, Select, Update, dan Delete.

Data Control Language (DCL)

Perintah ketiga ada DCL atau Data Control Language, yang dipakai untuk melakukan pengaturan hak akses pada sebuah objek data untuk penggunaan database. Penulisan SQL dengan perintah DCL terdiri dari Grant dan Revoke.

Fungsi SQL (Structured Query Language)

SQL biasanya digunakan untuk mengelola sebuah database dengan memberikan fungsi tersendiri dalam sebuah website. Bahasa SQL sering dipakai oleh programmer backend untuk mengolah data maupun informasi dari user. Berikut beberapa fungsi atau kegunaan dari SQL:

  • Mengakses dan memanipulasi database
  • Mampu mengeksekusi query terhadap database
  • Dapat mengambil data dari database
  • Menambahkan data ke dalam database
  • Dapat mengakses data yang ada di database
  • Memperbarui data dalam database
  • Dengan SQL, anda dapat membuat database baru
  • Membuat tabel baru didalam database
  • Membuat sebuah prosedur yang tersimpan didalam database
  • SQL dapat mengatur hak akses pada tabel, prosedur, dan pandangan

Penerapan SQL dalam DBMS

Database merupakan kumpulan informasi yang disimpan didalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari database tersebut. Nah, perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil query basis data disebut DBMS (database manajement system) atau sistem manajemen basisdata.

1. MySQL

MySQL merupakan salah satu DBMS multithread, multi-user dengan sekitar 6 juta instalasi diseluruh dunia. MySQL sendiri di miliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia yaitu MySQL AB. Perusahaan tersebut memegang penuh hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. 

Anda dapat menggunakan MySQL secara gratis (open source) dengan tingkat security yang bagus dan fleksibel dengan berbagai bahasa pemrograman. DBMS ini yang paling banyak digunakan diseluruh dunia sehingga banyak sekali dukungan komunitas yang mendukung perkembangan MySQL agar menjadi lebih stabil dan tangguh.

2. Microsoft SQL Server

Microsoft SQL Server merupakan salah satu jenis RDBMS (Relational Database Manajement System) yang dikembangkan oleh perusahaan besar Microsoft dan cukup scalable. Banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Microsoft SQL server ini. Antara lain, bekerja dengan sangat baik pada OS windows segala versi, dapat melakukan clustering data, pengendalian database secara terpusat, mampu melakukan recovery, backup data, restore data, dan masih banyak lagi kelebihan yang dimiliki Microsoft SQL server yang dapat anda nikmati.

3. Postgre SQL

Postgre SQL adalah relational management database system (RDBMS) yang menggunakan SQL sebagai bahasa query utamanya. Seperti RDBMS lainnya, PostgreSQL mendukung banyak tipe data seperti string, numerik, tanggal dan waktu seperti MySQL. PostgreSQL juga mendukung tipe data untuk bentuk geometris, gambar, alamat jaringan, string bit, pencarian teks, dan entri JSON, dll.

Kelebihan dari Postgre sql ini antara lain, anda dapat menggunakannya secara gratis, memiliki keamanan yang baik, memiliki fitur sistem pemberitahuan penerbitan-berlangganan sederhana berbasis topik. Pemberitahuan terdiri dari nama topik dan muatan (hingga sekitar 8000 karakter). Multi-Version Concurrency Control (MVCC). Dan masih banyak lagi kelebihan dari Postgre SQL.

Kesimpulan

SQL merupakan bahasa query yang digunakan untuk mengakses data, khususnya untuk data yang memiliki basis relasional. Bahasa yang dimaksud berupa query yang memiliki kemampuan untuk mengatur data mana yang perlu ditampilkan sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda dapat menggunakan beberapa platform untuk memudahkan anda belajar menggunakan SQL, seperti MySQL, MS SQL Server, Postgre SQL, dan lain sebagainya.

Untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan perusahaan, Anda bisa menggunakan software ERP dari MASERPSoftware ini bisa membantu menyediakan laporan keuangan dan kegiatan akuntansi lainnya sehingga jadi lebih efisien dan efektif. Sehingga alur kas perusahaan Anda bisa terlihat dan dilakukan evaluasi.

Software ini dilengkapi dengan banyak fitur dan juga sudah terintegrasi dengan banyak fungsi bisnis lainnya seperti keuangan, manufaktur, dan juga masih banyak lagi yang lainnya.

Software akuntansi MASERP bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk segala kebutuhan akuntansi usaha Anda. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action