7 Alasan Beralih Ke Cloud Computing

Cloud computing adalah istilah yang sudah sering kita dengar. Namun, masih sedikit yang mengerti dalam kehidupan sehari-hari. Pada perusahaan maupun organisasi besar pengaruh cloud computing untuk memudahkan dalam berinteraksi dari satu komputer dengan komputer lainnya tanpa memakan banyak biaya.

Anda bisa meningkatkan produktivitas kerja tanpa perlu install software di komputer. Bahkan, Anda bisa menggunakan hardware dan software terbaru dengan lebih murah. 

Menariknya lagi, Anda bisa melakukan berbagai hal seperti membuat dan menyimpan dokumen atau mengetes aplikasi hanya dengan browser dan koneksi internet. Nah, Anda penasaran dengan apa itu cloud computing? Ingin menggunakannya juga? Mari kenali dulu penjelasannya di artikel ini!

Definisi Cloud Computing

Cloud computing adalah istilah dari cloud diartikan sebagai internet dan computing diartikan sebagai komputer. Definisi dari cloud computing adalah sebuah proses pengolahan daya komputasi  melalui jaringan internet yang memiliki fungsi agar dapat menjalankan program melalui komputer yang telah terkoneksi satu sama lain pada waktu yang sama.

Cloud computing merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Cloud tersebut memudahkan penggunanya untuk menjalankan program tanpa harus menginstall aplikasi terlebih dahulu dan memudahkan pengguna untuk mengakses data dan informasi melalui internet.

Baca Juga: Macam-Macam Software ERP: On-Premise, Cloud dan Hybrid

Fungsi Cloud Computing

Akses Data

Pernahkah Anda melakukan presentasi, tetapi flashdisk yang menyimpan file Anda tertinggal? Masalah seperti itu tidak akan terjadi apabila Anda menggunakan cloud computing. Layanan komputasi cloud memungkinkan Anda untuk menyimpan dan mengakses file secara online. Dengan demikian, file-file Anda selalu tersedia asal Anda terhubung dengan internet.

Skalabilitas Mudah

Ketika Anda butuh kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Jika menggunakan komputer atau server pribadi, Anda harus mengganti atau menambah komponen penyimpanannya sendiri, bukan? Dengan cloud computing, menambah penyimpanan atau meningkatkan kemampuan komputasi lainnya lebih praktis. Anda tinggal memilih paket layanan dengan spesifikasi yang lebih tinggi sesuai penyedia layanan cloud computing yang Anda gunakan.

Sarana Up to Date

Hardware dan software terbaru umumnya menawarkan kemampuan yang lebih baik. Sebagai contoh, prosessor terbaru, tentu akan memiliki performa yang lebih cepat dan efisien dari pendahulunya. Sayangnya, memperbarui hardware dan software tidak murah. Selain itu, Anda perlu menyisihkan waktu untuk instalasinya. Beda halnya jika Anda menggunakan cloud computing. Penyedia layanan komputasi cloud selalu memperbarui semua sarananya agar pengguna mendapatkan manfaat maksimal.

Kolaborasi

Dengan kemudahan akses data, kolaborasi dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan juga menjadi gampang. Sebagai contoh, ketika menggunakan Google Sheets, Anda dan rekan kerja bisa membuat dan mengedit sebuah dokumen yang sama di lokasi yang berbeda.

Bahkan, perubahan pada dokumen tersebut otomatis tersimpan dan bisa dilihat secara langsung jadi rekan Anda selalu mendapatkan versi terkini saat itu juga. Kalau menggunakan aplikasi di komputer, pekerjaan Anda dan rekan tidak sepraktis itu. Rekan Anda harus meminta dokumen yang Anda buat atau bekerja di satu tempat yang sama untuk mendapatkan versi terbarunya.

7 Alasan Beralih ke Cloud Computing

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, berikut adalah tujuh alasan umum mengapa orang beralih ke layanan cloud computing:

Kecepatan

Sebagian besar layanan cloud computing disediakan layanan mandiri dan sesuai permintaan, sehingga bahkan sejumlah besar sumber daya komputasi dapat disediakan dalam hitungan menit, biasanya hanya dengan beberapa klik, ini memberikan banyak fleksibilitas bagi bisnis dan mengurangi tekanan dari perencanaan kapasitas.

Biaya

Cloud computing meniadakan biaya modal untuk membeli perangkat keras dan perangkat lunak serta menyiapkan dan menjalankan pusat data di tempat atau rak server, listrik 24 jam untuk daya dan pendinginan, dan pakar IT untuk mengelola infrastruktur.

Skala Global

Manfaat layanan cloud computing termasuk kemampuan untuk menskalakan secara elastis. Di cloud, itu berarti memberikan jumlah sumber daya IT yang tepat misalnya, daya komputasi, penyimpanan, bandwidth yang lebih besar atau lebih kecil tepat saat dibutuhkan, dan dari lokasi geografis yang tepat.

Produktivitas

Pusat data di tempat biasanya memerlukan banyak “penyiapan dan penumpukan” pengaturan software, penambalan software, dan tugas manajemen IT lainnya yang memakan waktu. Cloud computing meniadakan kebutuhan akan banyak tugas ini, sehingga tim IT dapat meluangkan waktu untuk mencapai tujuan bisnis yang lebih penting.

Kinerja

Layanan cloud computing terbesar berjalan di jaringan pusat data aman di seluruh dunia, yang secara teratur ditingkatkan ke perangkat keras komputasi generasi terbaru yang cepat dan efisien. Ini menawarkan beberapa manfaat dibandingkan dengan satu pusat data perusahaan, termasuk pengurangan latensi jaringan untuk aplikasi dan skala ekonomi yang lebih besar. 

Keandalan

Cloud computing membuat pencadangan data, pemulihan bencana, dan kelangsungan bisnis menjadi lebih mudah dan lebih murah, karena data dapat dicerminkan di beberapa situs redundant di jaringan penyedia cloud.

Keamanan

Banyak penyedia cloud menawarkan serangkaian luas kebijakan, teknologi dan kontrol yang memperkuat postur keamanan secara keseluruhan, sekaligus membantu melindungi data, aplikasi dan infrastruktur Anda dari potensi ancaman.

Kesimpulan

Teknologi cloud computing mempunyai manfaat dan tujuan yang baik untuk perkembangan  teknologi yang kita gunakan saat ini, terutama penggunaannya dalam bisnis serta hal lain seperti dibidang perbankan, finance, internet of thing dan hal hal lainnya  yang dapat mempermudah banyak pekerjaan manusia.

Teknologi cloud computing sendiri akan terus berkembang seiringan dengan perkembangan zaman dan didukung juga dengan infrastruktur yang memadai diseluruh wilayah khususnya di Indonesia. Harapannya cloud computing bisa menjadi banyak solusi dan memberikan banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat modern saat ini.

Sistem ERP merupakan salah satu solusi bagi manajemen data dan bisa membantu proses bisnis Anda dengan sistem otomatis dan terintegrasi. Secara umum, sistem ERP mengintegrasikan beberapa fungsi bisnis seperti akuntansi, inventarismanufaktur, SDM, purchasing, SCM, penjualan dan CRM.

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action