Antisipasi Rugi dengan 5 Cara Manajemen Biaya Ini!

Menjadi pelaku dalam bisnis atau menjalankan perusahaan tentu memerlukan banyak keterampilan. Salah satu keterampilan yang wajib dimiliki adalah keterampilan manajemen. Mengelola atau memutuskan tindakan dalam suatu aspek di perusahaan harus dilakukan dengan proses manajemen yang baik agar hasilnya bisa lebih mudah tercapai dan terukur. Keterampilan manajemen dalam suatu bisnis atau perusahan sangat beragam. Salah satunya adalah manajemen biaya.

Apabila sebuah bisnis melakukan manajemen biaya, rencana kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan akan menjadi lebih teratur dan sistematis Lalu, apa sih sebenarnya manajemen biaya itu? Artikel ini akan membahas lengkap mengenai manajemen biaya dari tujuan, konsep hingga cara melakukannya.

Pengertian Manajemen Biaya

Manajemen biaya adalah bentuk pengelolaan biaya dengan menggunakan suatu sistem yang direncanakan oleh suatu perusahaan. Manajemen biaya dilakukan untuk menyajikan segala informasi yang bersifat keuangan dan non keuangan bagi manajemen perusahaan.

Suatu sistem manajemen biaya disusun secara sempurna guna mendatangkan informasi yang lengkap bagi manajemen perusahaan untuk merencanakan strategi, menyempurnakan, hingga membuat keputusan terkait pemanfaatan sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Perbedaan Manajemen Biaya dan Manajemen Keuangan

Mungkin beberapa dari kita lebih mengenal mengenai manajemen keuangan. Manajemen keuangan adalah hal yang berbeda dengan manajemen biaya. Perbedaan keduanya bisa dilihat dari pengertian dan pengaplikasiannya di dunia bisnis atau perusahaan.

Manajemen keuangan berfokus pada pengelolaan keuangan suatu perusahaan. Maka dari itu, manajemen keuangan dilakukan pada perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, dan penyimpanan sumber dana perusahaan.

Sementara itu, manajemen biaya adalah pada proses identifikasi potensi, perencanaan strategi, dan pengambilan kebijakan yang berhubungan dengan pemanfaatan sumber daya perusahaan.

Baca Juga: Manajemen Strategi: Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Langkah Efektif Untuk Menerapkannya

Konsep Manajemen Biaya

Saat melakukan manajemen biaya, dikenal beberap konsep. Beberapa konsep ini tentu menitikberatkan pada upaya memaksimalkan pembiayaan yang harus dialokasikan perusahaan, diantaranya adalah:

Konsep Nilai Tambah

Dalam suatu perusahaan, manajemen biaya dilakukan untuk tujuan efektivitas dan efisiensi. Hal ini berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan secara menyeluruh.

Dengan memaksimalkan kegiatan yang memiliki nilai tambah dan mengurangi kegiatan yang tidak perlu, maka perusahaan akan melakukan perencanaan yang lebih baik dalam mengalokasikan biaya pada berbagai kegiatan. Selain itu, manajemen biaya dilakukan untuk memastikan biaya yang dikeluarkan untuk operasional dalam kegiatan tersebut.

Activity-Based Costing

Konsep ABC atau Activity Based Costing merupakan salah satu konsep manajemen biaya. Dalam konsep ABC, manajemen biaya suatu perusahaan dilakukan untuk menilai biaya dan performa suatu kegiatan.

Tak hanya itu, konsep ini juga bertujuan untuk mengelola sumber biaya dan objek biaya dari suatu kegiatan yang menggunakan sumber daya perusahaan. Di Indonesia, konsep ini dikenal dengan konsep Akuntansi Aktivitas.

Konsep Biaya Target

Biaya target dalam konsep manajemen biaya adalah sebuah tujuan untuk mencapai pasar dan laba yang dibutuhkan. Dengan kata lain, biaya target dalam konsep ini ialah harga pasar yang dimaksimalkan oleh suatu perusahaan dalam suatu kegiatan.

Tujuan lainnya adalah untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan dalam suatu kegiatan yang memanfaatkan sumber daya perusahaan.

Tujuan Manajemen Biaya

Melakukan manajemen biaya yang baik tentu dapat mendatangkan banyak keuntungan bagi perusahaan. Secara umum, tujuan manajemen biaya adalah sebagai berikut:

  • mengidentifikasi biaya operasional perusahaan,
  • memaksimalkan efisiensi, efektivitas, dan nilai ekonomi dari kegiatan perusahaan,
  • mendorong perkembangan kinerja perusahaan dalam jangka panjang.

Cara Melakukan Manajemen Biaya

Dalam melakukan manajemen biaya, ada empat tahapan penting yang dilakukan oleh suatu perusahaan, yaitu:

Perencanaan Sumber Daya

Sumber daya menjadi aset penting bagi perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan suatu perencanaan terkait sumber daya tersebut. Perencanaan sumber daya dilakukan sebagai tahapan dalam melakukan manajemen biaya.

Pada suatu perusahaan, perencanaan sumber daya atau plan cost management dilakukan pada tahap awal kegiatan perusahaan. Pada tahapan ini, perusahaan melakukan perencanaan, pengelolaan, dan pengendalian biaya.

Baca Juga: Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian dan Penjelasan Lengkap

Perkiraan Biaya

Tahapan selanjutnya adalah melakukan perkiraan biaya. Pada tahap ini perusahan memperkirakan berapa besar sumber daya keuangan yang diperlukan untuk melakukan suatu kegiatan. Perkiraan biaya ini dilakukan sepanjang suatu kegiatan dilaksanakan. Tahap ini juga dikenal dengan istilah estimate cost.

Penganggaran Biaya

Penganggaran biaya atau determine budget adalah tahapan dalam manajemen biaya yang menyatukan perkiraan biaya untuk menetapkan cost baseline.

Maksudnya, penganggaran dilakukan untuk menentukan budget pada tiap proses kegiatan dalam perusahaan. Tahap ini bertujuan untuk memantau dan mengendalikan kinerja perusahaan dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

Pengendalian biaya

Tahapan selanjutnya pada manajemen biaya adalah cost control atau pengendalian biaya. Pada tahapan ini, perusahaan melakukan pengendalian biaya yang dianggarkan dan dikeluarkan. Hal ini bertujuan untuk memastikan setiap perubahan biaya dilakukan dengan tepat.

Tahapan ini sangat membantu perusahaan dalam memberikan informasi kepada stakeholder terkait perubahan biaya kegiatan yang sedang berlangsung.

Macam-Macam Manajemen Biaya

Perlu diketahui, terdapat beberapa jenis biaya yang menjadi fokus pada manajemen biaya, yaitu:

  • biaya bahan baku langsung dan tidak langsung,
  • biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung,
  • biaya tidak langsung lain,
  • biaya tetap,
  • biaya variabel,
  • biaya per unit.

Baca Juga: Apa itu Variable Cost dan Fixed Cost? (Dengan Contoh)

Kesimpulan

Manajemen biaya adalah bentuk pengelolaan biaya dengan menggunakan suatu sistem yang direncanakan oleh suatu perusahaan. Manajemen biaya dilakukan untuk menyajikan segala informasi yang bersifat keuangan dan non keuangan.

Manajemen biaya berbeda dengan manajemen keuangan dan dalam melakukannya perusahaan memerlukan beberapa konsep atau pendekatan, yaitu konsep nilai tambah, biaya target, dan konsep ABC.

Perusahaan perlu melakukan beberapa tahapan dalam melakukan manajemen biaya, yaitu dengan perencanaan terhadap sumber daya, memperkirakan dan menganggarkan biaya, serta pengendalian terhadap biaya.

Dalam melakukan manajemen biaya, perusahaan perlu melakukan pencatatan terhadap apa-apa yang dibutuhkan terkait pemanfaatan sumber daya hingga biaya yang digunakan. Saat melakukan pencatatan tersebut, tentu perusahaan akan lebih mudah melakukannya dengan bantuan teknologi seperti misalnya software akuntansi yang dapat membantu kinerja perusahaan dalam melakukan manajemen biaya.

Karena proses manajemen biaya memerlukan proses pemantauan keuangan yang baik dan secara langsung atau real-time. MASERP hadir untuk mengakomodasi keperluan tersebut. Tak hanya itu, MASERP dapat diandalkan sebagai accounting software dalam mencatat transaksi keuangan perusahaan.

MASERP juga sudah didukung dengan standar keuangan Multi Currency, Multi Warehouse, dan E-Faktur. Dengan menggunakan MASERP, perusahaan milikmu dapat melakukan kustomisasi sesuai dengan kebutuhan.

Dengan berbagai fitur dan kelengkapan yang ada dan dibutuhkan perusahaan dalam melakukan pencatatan keuangan, perusahaan akan lebih terbantu dalam melakukan pencatatan keuangan karena MASERP sudah terintegrasi dengan teknologi yang mampu memfasilitasi segala keperluan perusahaan.

MASERP memudahkan perusahaan dalam membuat laporan keuangan dan kegiatan akuntansi lainnya untuk membantu dalam melakukan manajemen biaya. Hal ini tentu akan menjadi penting mengingat manajemen biaya dilakukan sebagai bentuk laporan kepada stakeholder.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang memberikan banyak kemudahan, langsung saja konsultasikan kendala yang ada kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action