Mengenal Jaringan Komputer Beserta Jenis dan Manfaatnya

Apakah Anda familiar dengan istilah fiber optic dan internet? Tahukah Anda kalau itu adalah dua istilah dalam jaringan komputer? Jaringan komputer adalah kondisi dua atau lebih device saling terhubung sehingga para penggunanya bisa saling berbagi informasi maupun data (resource).

Jaringan komputer di zaman yang serba canggih ini memiliki banyak sekali manfaat bagi penggunanya karena kegiatan bisa menjadi lebih efiesien dan efektif. Untuk lebih memahami mengenai jaringan komputer, terutama jenis-jenisnya, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sistem yang menghubungkan dua atau lebih komputer untuk berbagi data. Untuk bisa menghubungkan, diperlukan perangkat hardware dan software.

Dalam membangun jaringan komputer, switch dan router memakai berbagai protocol dan algoritma agar bisa bertukar dan membawa data sampai ke titik akhir atau bisa disebut host.

Host ini memiliki identitas unik yang dikenal sebagai alamat IP atau alamat Media Access Control yang menunjukkan sumber serta tujuan transmisinya. Titik akhir (host) bisa berupa server, komputer, telepon dan beberapa hardware yang memiliki jaringan.

Jaringan komputer bisa saja dibuat dengan menggunakan kabel atau wireless, semua perangkat akan melakukan komunikasi dengan media transmisi (penghantar) atau wireless.

Apa Anda sering mendengar optical fiber? Ya, itu adalah kabel yang menjadi media penghantar pada jaringan komputer. Selain optical fiber, biasanya juga digunakan kabel twisted pair (TP)  dan kabel coaxial. Untuk jenis wireless, jaringan komputer akan saling terhubung sampai titik akhirnya menggunakan koneksi data wireless.

Internet merupakan contoh dari jaringan publik karena tidak ada batasan untuk mengaksesnya, bisa diakses di manapun. Sedangkan jaringan private akan membutuhkan user untuk mengakses jaringannya. Umumnya, digunakan cara manual oleh administrator jaringan atau pengguna akan menginput password.

Baca Juga: Pentingnya Peran Teknologi Informasi dalam Bisnis

Jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer memiliki berbagai jenis berdasarkan jangkauan, pola pengoperasian dan media transmisi (penghantar). Berikut ini penjabaran singkatnya!

Berdasarkan Jangkauan

Jaringan komputer berdasarkan jangkauan atau cakupannya terdiri dari LAN, PAN, MAN, CAN, WAN, VPN dan Internet.

LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN memiliki fungsi menghubungkan perangkat jaringan yang memiliki cakupan jangkauan kecil. Jaringan LAN ini biasanya dipasang di area yang tidak luas seperti rumah, sekolah dan kantor.

Umumnya, pengguna LAN menggunakan koneksi tertentu seperti pada token ring dan ethernet. Jaringan LAN juga memiliki jaringan wireless menggunakan wifi atau dikenal dengan Wireless Local Area Network (WLAN).

PAN (Personal Area Network)

Seperti namanya yaitu personal, jaringan komputer satu ini mencakup wilayah yang cenderung kecil seperti rumah dan kantor. Biasanya juga digunakan hanya pada kebutuhan internet dan printer. Jaringan ini tidak membutuhkan resources yang besar untuk bisa diterapkan di rumah atau kantor Anda.

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN atau Metropolitan Area Network adalah jaringan yang dapat menghubungkan satu komputer dengan device lain dalam ruang lingkup kota yang memiliki jaringan sama.

Jaringan MAN juga bisa menghubungkan antar kantor satu dan yang lain dalam satu kota,  pabrik dengan kantor pusat, atau berbagai area yang masih berada di jangkauan jaringan. Jenis jaringan MAN lingkupnya lebih besar dari jaringan LAN, yaitu 10-50 KM.

CAN (Campus Area Network)

Jaringan komputer CAN memiliki ruang lingkup yang lebih terbatas yaitu di kampus atau akademisi. Jaringan ini umumnya digunakan untuk kebutuhan paraktikum laboratorium, email, website kampus, dan lain-lain.

WAN (Wide Area Network)

Jaringan komputer WAN adalah kumpulan dari LAN dan tersebar secara geografis seperti antar kota atau bahkan antar negara. Jaringan WAN umumnya menggunakan teknologi khusus untuk memfasilitasi koneksi jarak jauh seperti ATM dan Frame Relay.

VPN (Virtual Private Network)

Jaringan VPN dapat memfasilitasi jalur aman untuk kebutuhan transmisi data Anda. Ini adalah solusi untuk koneksi internet yang lebih aman. VPN yang tersedia saat ini pun bisa Anda akses secara gratis, ada juga yang sifatnya premium.

Internet

Internet merupakan jaringan terbesar yang ada saat ini karena ruang lingkupnya hampir mencakup berbagai area di dunia. Siapa pun dapat mengakses berbagai informasi dari berbagai device seperti komputer, tablet, laptop, HP, TV dan lain-lain. Internet memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk dapat berkomunikasi dan melakukan transfer data dengan cepat dan efisien.

Berdasarkan Pola Pengoperasian

Bedasarkan pola pengoperasiannya, jaringan komputer terbagi menjadi client to server dan peer to peer.

Jaringan Client to Server

Jaringan client to server adalah jaringan yang menggunakan prinsip pelayanan yang disediakan oleh server dan client sebagai pihak yang dilayani.

Perangkat client (misalnya browser pada komputer) meminta data melalui jaringan dan server yang akan memproses dan merespon data yang diminta oleh client.

Client dan server biasanya akan memiliki hardware yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan tujuannya.

Jaringan Peer to Peer

Peer to peer (P2P) merupakan kumpulan beberapa komputer yang terhubung dalam jaringan yang terkoneksi untuk dapat berbagi data (sharing) dan menggunakan sumber daya (resource) komputer lain, seolah seperti data dan resourcenya milik komputer sendiri.

Dua komputer yang menggunakan jaringan P2P tidak perlu memakai switch, hanya memakai 1 kabel UTP yang dipasangkan

Berdasarkan Media Transmisi

Berdasarkan media transmisi, jaringan memiliki dua jenis yaitu wire network dan wireless.

Wire Network

Wire network adalah jenis jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai mendia transmisi atau penghantarnya. Dalam sebuah network, media transmisi berperan penting karena seluruh informasi dan data dibawa oleh media transmisi. Kabel yang digunakan wire network antara lain kabel fiber optic, kabel twisted pair (TP)  dan kabel coaxial.

Wireless

Kalau wire network menggunakan kabel, kalau jaringan wireless ini adalah jaringan yang tidak membutuhkan kabel dalam proses transfer informasi dan datanya.

Lalu pakai apa untuk bisa bertukar informasi dan data? Wireless menggunakan media seperti gelombang radio, infra merah, bluetooth dan lain-lain. Wireless bisa digunakan pada kebutuhan yang mobilitasnya tinggi dan bisa berfungsi juga pada jaringan LAN, MAN atau WAN.

Baca Juga: Software Komputer: Ketahui 5 Manfaatnya dalam Bisnis!

Manfaat Jaringan Komputer

Di tengah masifnya teknologi seperti saat ini, jaringan kompouter memiliki beberapa manfaat yang tentunya memudahkan kegiatan usernya menjadi lebih efisien dan efektif dalam berbagai bidang. Jaringan komputer memudahkan kegiatan Anda,baik di kantor maupun tidak. Apa saja manfaatnya?

Manajemen Data

Data yang dimiliki perusahaan akan lebih baik jika disimpan dalam kondisi terpusat atau satu tempat saja.

Sistem shared server memunginkan pengguna untuk mencari data yang akan mereka gunakan secara efisien. Karyawan tidak perlu lagi menghubungi bagian tertentu untuk meminta data dan menunggu mencari data.

Jaringan komputer juga memudahkan administrator untuk melakukan manajemen data perusahaan.

Berbagi Dokumen

Jaringan komputer juga memberikan manfaat sebagai media untuk berbagi dokumen yang dibutihkan ke device lain dengan jaringan internet. Anda juga bisa berbagi dokumen menggunakan nirkabel maupun kabel data.

Informasi Cepat

Manfaat selanjutnya dari jaringan komputer adalah mempercepat proses penyampaian data dari mana saja dan kapan saja. Kalau Anda saat sering menggunakan browser di laptop atau HP untuk mencari informasi tertentu, berarti Anda sedang merasakan salah satu manfaat dari jaringan komputer.

Hemat Pengeluaran

Salah satu manfaat jaringan komputer adalah Anda dapat menghemat pengeluaran untuk membeli barang tertentu seperti tidak perlu lagi mengeluarkan uang banyak untuk membeli pulsa kalau mau menelepon orang atau tidak perlu mencetak banyak berkas untuk keperluan administrasi karena sudah bisa mengakses data secara digital.

Kemudahan Berkomunikasi

Kemudahan lain yang bisa dirasakan dengan adanya jaringan komputer adalah Anda bisa berkomunikasi cepat dengan siapa pun tanpa harus bertatap muka.

Bahkan, dengan orang yang berbeda wilayah geografis, Anda bisa berkomunikasi untuk keperluan Anda.

Dengan komunikasi yang cepat, dapat membantu dalam memecahkan masalah yang sedang dialami perusahaan.

Baca Juga: Sistem Manajemen Informasi (SMI): Pengertian, Fungsi, Jenis Laporan dan Contohnya

Kekurangan Jaringan Komputer

Di balik manfaatnya, kehadiran jaringan komputer saat ini juga ternyata memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  • data yang dishare bisa memiliki risiko terkena virus atau spam di komputer,
  • memerlukan biaya manajemen dan maintenance jaringan secara berkala oleh tim profesional,
  • memerlukan biaya awal untuk pembelian hardware, software beserta rencana network design,
  • risiko keamanan jaringan seperti penyebaran data ilegal dan pencurian data.

Baca Juga: Cloud Computing: Iaas, Saas dan Paas

Kesimpulan

Jaringan komputer adalah sistem yang menghubungkan dua atau lebih komputer untuk berbagi data. Untuk bisa menghubungkan, diperlukan perangkat hardware dan software. Jaringan komputer memiliki berbagai jenis berdasarkan jangkauan, pola pengoperasian dan media transmisinya.

Internet merupakan salah satu jenis jaringan publik, sedangkan untuk jaringan yang bersifat private harus membutuhkan persetujuan terlebih dahulu dari administrator untuk bisa mengaksesnya.

Hadirnya jaringan komputer yang baik pada perusahaan tentu saja bisa memudahkan dalam hal manajemen informasi dan data.

Sistem ERP bisa menjadi solusi bagi manajemen data dan bisa membantu proses bisnis Anda dengan sistem otomatis dan terintegrasi.

Secara umum, sistem ERP mengintegrasikan beberapa fungsi bisnis seperti akuntansi, inventarismanufaktur, SDM, purchasing, SCM, penjualan dan CRM.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action