Software Komputer: Ketahui 5 Manfaatnya dalam Bisnis!

Membahas teknologi memang tak akan pernah ada habisnya. Setiap kegiatan kita, seperti bekerja, berkomunikasi, atau bahkan untuk kebutuhan hiburan, semua tak lepas dari peranan teknologi. Selain itu, teknologi juga mendatangkan banyak kemudahan lain dan selalu dapat kita andalkan. Salah satu teknologi yang biasa kita gunakan adalah software komputer.

Kita mungkin menggunakan software dalam berbagai kegiatan seperti bekerja, editing video, membuat desain, hingga bermain game. Dalam menjalankan seluruh aktivitas tersebut kita sudah pasti menggunakan sebuah program atau software. Sebenarnya bagaimana sih cara kerja dari program atau perangkat lunak tersebut? Simak penjelasannya berikut.

Pengertian Software Komputer

Secara pengertian software atau perangkat lunak diartikan sebagai suatu program yang terdiri dari kumpulan data. Data yang ada pada software tersebut diprogram, diformat, dan disimpan secara digital. Software tidak memiliki bentuk fisik tetapi dapat dioperasikan oleh penggunanya melalui perangkat komputer. Singkatnya, software adalah suatu perintah program yang terdapat pada sebuah komputer.

Fungsi software atau perangkat lunak komputer adalah sebagai berikut:

  • sebagai komponen utama dari komputer agar bisa dioperasikan,
  • mengkoordinasikan setiap hardware yang ada pada komputer sehingga bisa bekerja dengan baik,
  • proses translasi perintah software lain ke dalam bahasa komputer sehingga dapat dioperasikan,
  • mengidentifikasi suatu program komputer.

Baca Juga: Pentingnya Peran Teknologi Informasi dalam Bisnis

Jenis Software Komputer

Berdasarkan Fungsi

Ada beberapa jenis software atau perangkat lunak di dalam teknologi komputer, diantaranya:

Software Aplikasi

Software aplikasi biasanya mempunyai fungis dan tujuan tertentu, misalnya untuk pengolah angka dan data serta presentasi materi. Contoh aplikasi ini diantaranya adalah Microsoft Office.

Sistem Operasi (OS)

Sistem operasi atau operasi system merupakan komponen utama untuk mengkoordinasikan tiap komponen dan fungsi komputer. Contohnya adalah Windows dan Linux.

Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah software yang berfungsi untuk mengoperasikan kerja pada komputer. Contohnya adalah PHP, Java, dan Microsoft Visual Basic.

Berdasarkan Distribusi

Software komputer juga dapat dibagi berdasarkan distribusinya. Berikut jenis dari software tersebut:

Freeware

Software jenis ini dapat digunakan tanpa dipungut biaya dan tidak memiliki batas waktu. Namun, kebanyakan dari software ini tidak dilengkapi dengan fitur yang lengkap.

Adware

Sama seperti freeware, jenis software komputer satu ini dapat diperoleh dan digunakan tanpa biaya. Sebagai gantinya, software jenis ini akan memunculkan iklan pada komputer milik Anda.

Open Source

Open source adalah sejenis perangkat lunak yang dapat dibuka kode sumbernya. Selain itu, pengguna juga dapat mengubah, meningkatkan, hingga menyebarluaskan software jenis ini.

Malware

Malware adalah salah satu jenis software yang dianggap berbahaya dan bisa merusak apabila disalahgunakan penggunaannya. Salah satu jenis malware yang lazim dikenal adalah virus komputer.

Baca Juga: Cloud Computing: Iaas, Saas dan Paas

Contoh Software

Dalam realitanya, berbagai jenis software terbagi menjadi beberapa kategori. Setiap software digunakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan masing-masing untuk memenuhi penggunanya. Berikut beberapa contoh software yang biasa digunakan:

Software OS

Perangkat lunak ini berfungsi sebagai sistem operasi komputer yang bertugas menjalankan keseluruhan sistem pada komputer, contohnya seperti Windows, Linux, dan Mac.

Software Web Browser

Software ini memiliki fungsi sebagai mesin pencari situs untuk mendapatkan berbagai informasi melalui internet. Beberapa contoh dari software ini di antaranya adalah Chrome, Opera Mini, Mozilla Firefox, Internet Explorer, dan lainnya.

Software Pengolah Kata

Software pengolah kata berfungsi untuk mempermudah pekerjaan dalam hal pengolahan kata. Contohnya adalah Ms. Word, OpenOffice, dan lainnya.

Software Pengolah Grafis

Software jenis ini umumnya digunakan untuk membuat dan editing suatu gambar atau foto. Contohnya adalah Adobe Photoshop dan Paint.

Software Anti Virus

Perangkat lunak ini berfungsi untuk mencegah komputer terserang dari virus-virus yang menjadi penyebab rusaknya sistem pada komputer. Contohnya adalah SMADAV dan McAfee.

Software Jenis Lain

Software jenis ini dikelompokkan sesuai dengan fungsinya. Contohnya adalah software akuntansi dan software pendidikan seperti kamus.

Manfaat Software dalam Bisnis

Dalam menjalankan suatu bisnis, peran software komputer amatlah penting, antara lain:

Menyederhanakan Pekerjaan Rumit

Fungsi utama sebuah software adalah untuk menyederhanakan aktivitas rumit menjadi lebih mudah. Contohnya software akuntansi, yang dapat membantu pencatatan kegiatan keuangan perusahaan.

Minimalisir Kesalahan

Dengan kemampuan dari suatu software, kesalahan dari suatu pekerjaan akan lebih bisa dihindari. Contohnya adalah penghitungan data atau angka menggunakan suatu software pada komputer dapat meminimalkan kesalahan yang terjadi apabila pebisnis mencatat dan menghitung secara manual.

Mengurangi Biaya Operasional

Dengan menggunakan software, berarti perusahaan telah bertransformasi dari proses manual ke otomatis. Sehingga, pengurangan biaya operasional pasti terjadi. Contohnya adalah pengurangan biaya untuk membeli ATK.

Membantu Pengambilan Keputusan

Dengan bantuan software, data yang disajikan dan diolah akan lebih cepat dan tepat. Hal tersebut tentu membantu perusahaan memutuskan langkah apa yang akan diambil dalam melakukan perkembangan perusahaan.

Menyediakan Informasi Akurat

Informasi dalam perusahaan merupakan hal penting dalam operasional perusahaan. Oleh karena itu, kesalahan dalam pelaporan harus dihindari sebisa mungkin. Dengan menggunakan software, maka informasi yang ada akan lebih akurat. Tidak hanya itu, keduanya juga harus bisa didapatkan secara cepat.

Baca Juga: Kenali 5 Software ERP Indonesia Terbaik Tahun 2021 (Dengan Harga)

Kesimpulan

Software komputer diartikan sebagai suatu program yang terdiri dari kumpulan data. Data yang ada pada software tersebut diprogram, diformat, dan disimpan secara digital. Software tidak memiliki bentuk fisik tetapi dapat dioperasikan oleh penggunanya melalui perangkat komputer.

Dalam menjalankan suatu bisnis, peran software amatlah penting, diantaranya adalah menyederhanakan pekerjaan rumit, minimalisasi kesalahan, mengurangi biaya operasional, membantu pengambilan keputusan secara cepat dan tepat, dan menyediakan Informasi secara akurat

Ada bermacam-macam software yang dapat digunakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan pengguna. Dalam konteks bisnis, salah satu penggunaan software yang lazim digunakan adalah software pengelola keuangan perusahaan atau bisa dibilang sebagai software akuntansi.

Sebagai contoh software akuntansi, anda dapat memilih MASERP. MASERP mampu mengakomodasi setiap kegiatan akuntansi perusahaan. Selain itu, dengan menggunakan MASERP perusahaan akan lebih terbantu dalam hal mengakses data akuntansi dari pengelolaan keuangan.

Dengan berbagai fitur dan kelengkapan yang ada dan dibutuhkan perusahaan dalam melakukan pencatatan keuangan MASERP hadir dengan pilihan kustomisasi yang bisa dipilih oleh setiap perusahaan di berbagai industri. Hal ini dikarenakan, MASERP sudah terintegrasi dengan teknologi yang mampu memfasilitasi segala keperluan perusahaan dalam mencatat kegiatan akuntansi.

Jadi, MASERP dapat memudahkan perusahaan dalam membuat laporan keuangan dan kegiatan akuntansi lainnya dimana saja dan kapan saja lewat perangkat apapun. Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang memberikan banyak kemudahan, langsung saja konsultasikan kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action