7 Fitur-Fitur ERP yang Wajib Digunakan Perusahaan

Software ERP merupakan solusi terbaik bagi manajemen data yang kuat dan menyeluruh. Bagi kebanyakan bisnis, ERP merupakan solusi untuk menganalisis data, membuat pekerjaan terotomatisasi dan integrasi antar departemen di perusahaan. Tetapi dengan banyak sistem yang ada di pasar saat ini, setiap sistem dapat disesuaikan dengan industri yang berbeda. Agar Anda tidak bingung lagi, fitur-fitur ERP apa saja yang harus ada di dalam software yang akan Anda beli, berikut ini saya berikan daftarnya!

Manufaktur

Fitur manufaktur mencegah downtime alat berat dan meningkatkan kualitas serta efisiensi produk yang dibuat oleh karyawan perusahaan Anda. Bagi perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, mungkin akan mengenal ERP sebagai software MRP, umumnya software manufaktur akan melacak bahan yang Anda beli untuk memastikan perusahaan selalu memiliki persediaan yang dibutuhkan dan tidak perlu menunggu bahan masuk terlebih dahulu untuk membuat pesanan baru.

Sejarah ERP sendiri itu berasal dari manufaktur, karena MRP (materials requirements planning) dikenal sebagai pendahulu software ERP. Software MRP dibuat oleh produsen untuk merencanakan kebutuhan bahan baku dengan lebih baik untuk pembuatan barang, pembelian dan pengiriman.

Fitur-fitur ERP di modul manufaktur akan membuat perusahaan Anda lebih unggul karena dapat meningkatkan efisiensi operasional, siklus pemesanan menjadi lebih pendek, dan membuka aliran pendapatan untuk perusahaan. Fitur manufaktur yang tepat juga bisa membantu perusahaan Anda memahami dan mengontrol proses kerja agar bisnis berjalan lancar.

Baca Juga: Software Inventory Terbaik: Fitur Inventory MASERP yang Terintegrasi

Supply Chain Management

Selanjutnya, software ERP umumnya memiliki fitur supply chain management (SCM) yang membantu para produsen, penyedia logistik, distributor, supplier dan bisnis retail dalam mengelola aliran barang dan jasa di tiap lokasi menjadi lebih efisien dan efektif dari segi biaya. ERP akan memberikan data dari mulai perolehan bahan baku hingga produk jadi yang dikirim ke pelanggan.

Fitur SCM dapat mengatasi urusan supply chain dari awal sampai akhir termasuk rencana permintaan, control dan pelaksanaan supply chain. Yang paling penting, fitur ini memaksimalkan peluang terjadinya pengurangan biaya dalam mendapatkan produk yang disediakan dari vendor atau supplier ke pelanggan.

Beberapa fitur inti dari modul manajemen supply chain meliputi manajemen permintaan dan persetujuan (approval), manajemen supplier, sales forecasting atau perkiraan penjualan, warehouse management atau manajemen gudang dan inventory control.

Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan membantu tracking pendapatan dan pengeluaran serta merencanakan pertumbuhan bisnis. Umumnya disebut sebagai akuntansi, modul manajemen keuangan dibuat untuk membantu bisnis membuat keputusan pengeluaran biaya yang lebih baik, membuat laporan keuangan yang akurat serta mengelola aset. Oleh karena itu, akuntansi merupakan fitur yang tidak terlepas dari software ERP.

Banyak orang awam beranggapan bahwa software ERP dan akuntansi adalah hal yang sama, padahal kenyataannya tidak. Software akuntansi cenderung menyediakan fitur utang (account payable), piutang (account receivable), general ledger dan pelaporan, serta payroll (penggajian).

Sementara itu, software ERP memiliki semua fitur yang disebutkan tersebut, beserta berbagai fitur powerful lainnya seperti manajemen supply chain, manajemen inventory atau persediaan barang, manajemen aset tetap, manufaktur, human resources, e-commerce dan masih banyak lagi.

Sistem ERP yang kuat menyediakan tools untuk mengelola setiap aspek penjualan dan pendapatan bisnis termasuk proses pembayaran, analisis penjualan, manajemen pengeluaran dan berbagai fitur lainnya. Software ERP meningkatkan akurasi dan menghemat waktu dalam memproses akuntansi perusahaan, serta mengurangi beban kerja karyawan dan jam kerja mereka.

Baca Juga: Cepat dan Mudah! Tutup Buku dengan Software Akuntansi MASERP

Penjualan

Sales forecasting atau perkiraan penjualan dan membuat sales quotation (penawaran penjualan) adalah bagian dari manajemen penjualan perusahaan. Aplikasi sales forecasting menggunakan data di waktu sebelumnya dan melacak status sales funnel untuk membuat perkiraan yang lebih baik untuk penjualan di masa mendatang. Sales quotation membantu Anda dalam membuat, share dan melacak dokumen penjualan yang dimiliki pelanggan.

Fitur penjualan dalam software ERP juga mencakup point of sales (POS) untuk memfasilitasi pembayaran pelanggan secara langsung atau berbasis register, menginput penjualan, komunikasi syarat pemesanan ke seluruh perusahaan, serta kemampuan e-commerce untuk membantu menjadi host online katalog dan shopping carts.

Fitur-fitur ERP

Sumber Daya Manusia (SDM)

Umumnya software SDM atau lebih dikenal dengan HRIS merupakan software berdiri sendiri atau tidak terintegrasi dengan software ERP. Tetapi ada juga beberapa vendor ERP menyertakan fitur satu ini. Fitur SDM dapat menyimpan informasi karyawan dan membuat tugas terotomatisasi seperti penjadwalan, perekrutan dan peningkatan produktivitas karyawan.

Fitur-fitur ERP khususnya SDM membantu perusahaan mencapai tujuannya seperti manager yang dapat mengalokasikan waktu dan SDM dengan lebih baik sehingga bisnis menjadi lebih produktif dan menguntungkan melalui dokumentasi yang lebih baik dan peningkatan kinerja karyawan. 

SDM juga meliputi payroll atau penggajian termasuk perhitungan upah berkala, penerapan potongan, pemrosesan pembayaran serta pembuatan formulir payroll yang sesuai dengan peraturan perintah.

Customer Relationship Management (CRM)

Fitur-fitur ERP selanjutnya adalah CRM yang menyediakan seperangkat tools terintegrasi untuk mengelola data pelanggan dan melacak interaksi dengan pelanggan. Kompleksitas software CRM bervariasi antar program karena mencakup beberapa kombinasi khusus manajemen leads (prospek), tracking pelayanan, manajemen pesanan dan fungsionalitas marketing perusahaan.

Kemampuan CRM membantu memberikan insight terintegrasi mengenai pelanggan dan prospek sehingga bisnis Anda bisa mendapatkan perkiraan dan keputusan yang baik mengenai kegiatan marketing, penjualan dan customer service.

Pemakaian fitur CRM dalam software ERP dapat menghasilkan identifikasi leads baru yang lebih efektif, mengurangi waktu dan biaya karyawan yang berhubungan dengan pengelolaan informasi pelanggan, serta membantu meningkatkan penjualan.

Baca Juga: MASERP: ERP Terbaik dengan Fitur Lengkap dan Terpercaya

Reporting

Reporting atau pelaporan termasuk dalam kategori business intelligence atau tools yang dirancang untuk mengumpulkan dan mengurutkan historical data, membuat visual yang menarik dan membantu menganalisis dan melaporkan dokumentasi bisnis Anda. Fitur-fitur ERP reporting ini bisa saja disebut berbeda si tiap software ERP, bahkan bentuk pelaporannya pun bisa berbagai macam. Contoh dari fitur pelaporan dapat berbentuk dashboard, visualisasi data, Gantt chart, pie chart, grafik batang dan masih banyak lagi.

Fitur pelaporan dapat dibuat di semua software bisnis, dan laporan dapat dibuat dari hampir semua jenis data termasuk manajemen penjualan, persediaan barang, produksi atau manufaktur, keuangan, dan lain-lain.

Tujuan utama dari fitur reporting adalah meningkatkan kualitas laporan bisnis dengan menawarkan interface dan visual yang mudah dipahami dan menarik secara tampilan. Tools business intelligence membantu perusahaan memiliki dasar keputusan kunci dari kinerja keuangan dan non-keuangan.

Reporting yang baik dapat memberdayakan eksekutif dan stakeholder untuk membuat keputusan bisnis yang lebih tepat seperti peningkatan kinerja bisnis dan dapat mengidentifikasi masalah sebelum terjadi.

Umumnya, sistem ERP juga memiliki fitur hak akses yang dapat membatasi user untuk mengakses laporan tertentu untuk melindungi informasi dan data berharga milik perusahaan. Dengan ERP, Anda bisa melakukan tracking penjualan dari waktu ke waktu, memiliki nilai persediaan barang yang aman, tracking aset tetap milik perusahaan dan masih banyak lagi.

MASERP memiliki 300+ laporan bisnis siap cetak dan dapat dicustom tampilannya sesuai nama bisnis Anda. Laporan di MASERP tidak hanya laporan keuangan saja, tetapi juga meliputi laporan produksi, laporan penjualan, laporan persediaan barang, laporan gudang, laporan aset, laporan project yang sedang berjalan, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Fitur-fitur ERP yang umumnya ada di dalam sebuah sistem antara lain manufaktur, manajemen keuangan, supply chain management, penjualan, CRM, SDM, dan reporting. Manajemen keuangan juga meliputi general ledger, utang, piutang dan manajemen aset tetap. Umumnya, fitur reporting atau pelaporan di software ERP dapat menyajikan data yang dapat dianalisis dari berbagai departemen yang terintegrasi di sistem.

MASERP sebagai salah satu vendor ERP yang sudah dipercaya sejak 1984 oleh ribuan perusahaan manufaktur, retail, oil dan gas, food and beverage, konstruksi dan yang lainnya, memiliki segudang fitur yang powerful yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja perusahaan Anda. MASERP memiliki fitur manufaktur, penjualan, pembelian, manajemen keuangan, manajemen aset tetap, project management, inventory, 300+ laporan bisnis dan masih banyak lagi.

MASERP merupakan software ERP on-premise sehingga Anda tidak perlu lagi membayar secara bulanan, cukup sekali di awal saja dan dapat digunakan oleh berbagai departemen perusahaan. Dengan MASERP, Anda tidak perlu lagi membeli software atau program berbeda untuk tiap departemen di perusahaan dan ini dapat menghemat budget perusahaan.

Anda memiliki bisnis multi company, multi cabang, multi gudang dan multi currency? Jangan khawatir, MASERP dapat memfasilitasi itu semua tanpa perlu membayar biaya lagi. Anda dapat memonitor tiap cabang dan gudang hanya di satu sistem, pelaporannya pun dapat dibedakan.

Yang membedakan MASERP dengan vendor lain, MASERP dapat dicustom sesuai dengan flow bisnis perusahaan Anda. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai MASERP, segera konsultasikan kebutuhan perusahaan beserta kendalanya dengan konsultan ahli kami sekarang! Gratis!